Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013
Standar Kompetensi Lulusan Skl Kompetensi Inti Ki
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) DAN KOMPETENSI INTI (KI) JENJANG SMP/MTS KURIKULUM 2013
A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Jenjang SMP/MTs
Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah sebagai berikut.
Dimensi | Kualifikasi Kemampuan |
Sikap | Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
Pengetahuan | Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. |
Keterampilan | Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis. |
B. Kompetensi Inti (KI) Jenjang SMP/MTs
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu: (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Keempat kompetensi tersebut selanjutnya disebut kompetensi inti.
Kompetensi inti Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMP/MTs pada setiap tingkat kelas. Kompetensi inti dirancang untuk setiap kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula.
Kompetensi inti yang bersifat generik mencakup 3 (tiga) ranah yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ranah sikap dipilah menjadi sikap spiritual dan sikap sosial. Pemilahan ini diperlukan untuk menekankan pentingnya keseimbangan fungsi sebagai manusia seutuhnya yang mencakup aspek spiritual dan aspek sosial sebagaimana diamanatkan dalam tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian, kompetensi yang bersifat generik terdiri atas 4 (empat) dimensi yang merepresentasikan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dituangkan dalam Kompetensi Inti.
Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Kompetensi inti untuk jenjang SMP/MTs dapat dilihat pada tabel berikut.
KOMPETENSI INTI KELAS VII | KOMPETENSI INTI KELAS VIII | KOMPETENSI INTI KELAS IX |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
Sumber: Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2016
Gallery Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013
Naskah Akademik Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar
Standar Kompetensi Lulusan Skl Kompetensi Inti Ki
Permendikbud 11 Tahun 2019 Tentang Standar Kompetensi
Desain Instruksional Standar Kompetensi Lulusan Skl
Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Perlambang Fisika
Ppt Dr La Maronta Galib M Pd Powerpoint Presentation
Pendidikan Dan Kebudayaan Ri Ppt Download
Permendikbud Tahun 2016 Tentang Standar Kurikulum 2013
Satu Harapan Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013 Dan
Telaah Buku Pelajaran Ipa Smp Mts Kelas Viii Semester 1
Skl Ki Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian
Doc Perbedaan Ktsp Dan Kurikulum 2013 Deaz Arsityawati
Standar Kompetensi Lulusan Skl Kompetensi Inti Ki Dan
Download Standar Kompetensi Lulusan Skl Sd Mi Smp Mts Sma
Standar Kompetensi Lulusan Skl Kompetensi Inti Ki
Doc Tugas Kurikulum Bapak Rizky Rahmawati Academia Edu
Analisis Skl Pkn Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Elemen Perubahan Kurikulum 2013 Kompasiana Com
Kurikulum 2013 Sudah Direvisi Bagaimana Kurikulum
Pdf Tantangan Pengembangan Dimensi Keterampilan Standar
1 3 Skl Ki Kd Rev Pptx Powerpoint
Standar Kompetensi Lulusan Skl Kompetensi Inti Ki
Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013
0 Response to "Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013"
Post a Comment