Gambar Telinga Dan Bagiannya



Telinga Word

Bagian Bagian Pada Telinga Beserta Gambar dan Fungsinya

Bagian – Bagian Pada Telinga – Rangkuman makalah materi tentang telinga. Pada kesempatan sebelumnya kita juga telah membahas tentang sistem gerak pada manusia nah untuk saat ini materi lengkap tentang bagian – bagian pada telinga.

Mendengar merupakan salah satu kemampuan yang di miliki oleh telinga manusia yang menunjang komunikasi satu sama lain. Selain itu, telinga juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Bila telinga kalian mengalami gangguan, tentu aktivitas yang kalian lakukan juga mengalami hambatan. Untuk mengetahui lebih jauh, simak ulasan mengenai bagian – bagian pada telinga berikut ini.

Memahami Anatomi Pada Telinga Manusia :

Telinga manusia terdiri dari 3 macam bagiannya, yaitu telinga luar ( outer ear ), telinga tengah ( middle ear ), dan yang terakhir adalah telinga bagian dalam ( inner ear ).

Lihat contoh bagian telinga berdasarkan tiga bagiannya berikut ini :

Bunyi termasuk ke dalam jenis gelombang longitudinal. Agar sebuah bunyi dapat terdengar, diperlukan medium perantara sebagai tempat untuk merambat, misalnya ialah udara, air, dan yang lainnya.

Selain itu, sumber bunyi dapat di dengar oleh manusia dalam keadaan normal jika memiliki kekuatan bunyi sebesar 20 Hz sampai dengan 20.000 Hz dinamakan bunyi audiosonik.

Bunyi yang kurang dari 20 Hz disebut dengan bunyi infrasonik dan hanya dapat di dengar oleh jangkrik, laba – laba, dan yang lainnya.

Sedangkan bunyi yang lebih besar dari 20.000 Hz di sebut dengan bunyi ultrasonik dan hanya dapat di dengar oleh kelelawar dan lumba – lumba.

Bagian – Bagian Telinga dan Fungsinya :

Telinga terdiri atas beberapa bagian sehingga dapat bekerja dengan baik. Bagian – bagian telinga tersebut meliputi daun telinga, lubang telinga, liang telinga, gendang telinga, 3 macam tulang pendengaran, 3 macam saluran setengah lingkaran, saraf pendengaran, saluran eustachius, dan rumah siput ( koklea ).

Semua bagian tersebut mempunyai perannya masing – masing sehingga dapat menghasilkan informasi ke otak dan akhirnya mampu mendengar bunyi dengan baik.

Telinga luar (outer ear)

Bagian telinga ini terbentuk dari auricula ( daun telinga ) dan kanal pendengaran eksternal ( liang telinga atau ear canal ). Auricula terbentuk dari tulang rawan elastis yang melekat erat pada kulit yang miring.

Ini berfungsi untuk menangkap suara dan melokalisasi suara. Bagian dari auricula membentuk cekungan yang disebut dengan concha dan bagian pinggirannya dinamakan dengan heliks.

Bagian – bagian dari daun telinga terdiri dari :

  1. Heliks
  2. Spiral
  3. Antiheliks
  4. Fosa skafoid
  5. Fosa segitiga
  6. Crura antiheliks
  7. Antitragus
  8. Lobule
  9. Tragus

Liang telinga ( ear canal ) dibentuk dari tulang rawan dan tulang temporal. Ukurannya sekitar 4 cm dari tragus ke membran timpani ( tympanic membrane ) yang juga disebut dengan gendang telinga dan melengkung membentuk huruf S.

Lengkungan ini berguna untuk mencegah benda asing mencapai membran timpani. Terdapat juga kondil mandibula di bagian depan tulang liang telinga dan sel udara mastoid di bagian ujungnya.

Ada beberapa saraf sensori di bagian telinga luar, seperti :

  1. Saraf aurikular.
  2. Saraf oksipital.
  3. Saraf ariculotemporal.
  4. Cabang aurikular saraf fagus ( saraf arnold ).

Telinga tengah (middle ear)

Fungsi telinga di bagian ini adalah untuk menghantarkan suara yang telah dikumpulkan oleh auricula ke telinga bagian dalam.

Bagian dari telinga ini memanjang dari rongga ke membran timpani ke jendela oval yang terdiri dari tulang malleus, incus, stapes dan banyak dinding yang rumit lainnya.

Misalnya dinding lateral, dinding medial, dinding tagmental, dan dinding jugularis. Membran timpani berbentuk tipis dan semi transparan yang memisahkan telinga luar dengan telinga tengah yang terdiri dari pars flaccida dan pars tensa.

Manubrium malleus melekat kuat pada membran timpani dengan bentuk cekungan yang disebut dengan umbo. Bagian yang lebih tinggi dari umbo inilah yang disebut dengan flaccida pars dan sisanya disebut dengan pars tensa.

Ada 3 macam saraf sensori pada membra timpani, yaitu saraf auriculotemporal, saraf arnold, dan cabang saraf timpanik. Pada permukaan dalam membran timpani terdapat sebuah rantai tulang yang bergerak yang disebut ossicles.

Yaitu malleus ( palu ), incus ( landasan ), stapes ( sanggurdi ). Unsur – unsur tulang ini berfungsi untuk menghantarkan dan memperkuat gelombang suara hingga mencapai 10 kali lebih kuat dari udara ke perilymph telinga dalam.

Selain itu, terdapat juga saluran eustachius yang menghubungkan telinga tengah dengan bagian hulu kerongkongan dan hidung ( nasofaring ). Yang fungsinya adalah untuk menyamakan tekanan udara dengan gerakan buka tutup.

Otot penting yang terdapat di telinga tengah meliputi otot stapedius dan tendon tensor tympani. Bagian horizontal saraf wajah melintasi rongga timpani.

Oleh karena itu, bila terjadi kelumpuhan pada saraf atau otot wajah maka akan menyebabkan ketajaman suara terhalang dan kerusakan pada telinga bagian dalam.

Telinga bagian dalam (inner ear)

Inner Aer disebut dengan nama rongga labirin yang berfungsi untuk membantu keseimbangan dan menyalurkan suara ke sistem saraf pusat.

Rongga ini terbentuk dari labirin osseus, yakni sebuah rangkaian tulang temporal dan labirin membran ( kantung dan saluran membran ). Labirin membran juga memiliki suatu komponen koklea, vestibular, dan semisirkular ( setengah lingkaran ).

Koklea ( cohclea ) adalah sebuah organ penting pada telinga dalam yang berbentuk cangkang siput. Bentuknya seperti tabung yang membengkok ke arah belakang sejauh 2,5 lingkaran dengan bentuknya kerucut di ujungnya.

Pada bagian ini memiliki 3 macam bilik, yaitu skala vertibuli, saluran koklear, dan skala timpani. Pada koklea ini, terdapat sebuah organ korti yang berfungsi untuk mengubah gelombang suara menjadi impuls saraf.

Vestibuli merupakan sebuah bagian penghubung antara koklea dan saluran semisirkular. Ini terdiri dari sakula dan utrikula, yakni sebuah sel rambut yang menjaga keseimbangan posisi kepala terhadap gaya gravitasi pada saat tubuh dalam keadaan diam.

Sementara semisirkular adalah sebuah saluran setengah lingkaran dari 3 macam saluran berbeda, yakni kanalis semisirkularis horizontal, kanalis semisirkularis vertikal atas, dan kanalis semisirkularis vertikal belakang yang berisi ampula.

Yang berfungsi untuk menentukan kesadaran posisi kepala saat terjadi gerakan rotasi atau memutar.

Sekian dari penjelasan tentang materi telinga ini, semoga bermanfaat…

Baca Juga :

Gallery Gambar Telinga Dan Bagiannya

Bagian Bagian Pada Telinga Beserta Gambar Dan Fungsinya

Adjenk Lbm1 Modul Tht

Doc Telinga Dan Bagian Bagiannya Rudiana Sukmara

Telinga Dan Bagian Bagiannya Kenali Pendengaranmu

Bagian Bagian Telinga Dan Fungsinya Genggam Internet

Bio Biology 2015

Telinga Bagian Bagian Dan Fungsinya Portal Gallery

Bagian Bagian Telinga Dan Fungsinya Kependidikan Com

Telinga Dan Bagian Bagian Telinga Serta Proses Mendengar Dan

Perhatikan Gambar Irisan Telinga Berikut Ini Gendang

Panca Indera Pengertian 6 Jenis Bagian Dan Fungsinya

Mekanisme Pendengaran Pada Telinga Manusia Dan Perancangan

Bagian Bagian Telinga Fungsi Struktur Gangguan Infeksi

Benda Asing Di Telinga Sandurezu D Syandrez

Anatomi Telinga Manusia Bagian Bagian Dan Fungsinya

Bagian Bagian Telinga Pengertian Fungsi Beserta Gambar

Anatomi Telinga Manusia Bagian Bagian Fungsi Dan Struktur

9 Bagian Bagian Telinga Fungsi Dan Gambar Bagian Telinga

Gangguan Telinga Pada Lansia

Bagian Bagian Telinga Pengertian Fungsi Cara Kerja Dan


0 Response to "Gambar Telinga Dan Bagiannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel