Pengertian Haji Dan Umroh



Penjelasan Haji Dan Umroh Berita Umroh Haji

Haji dan Umrah: Pengertian, Hukum, Syarat, dan Rukunnya Lengkap

Haji dan umroh adalah pemnbahasan yang sangat penting untuk di ketahui. Karena haji adalah rukun islam terakhir yang wajib dijalankan bagi muslim yang mampu. Didalam ibadah ke tanah suci tersebut juga wajib melaksanakan serangkaian amal ibadah menurut syarat, rukun, serta waktu yang sudah ditentukan.

Pengertian Haji dan Umrah, Hukum, Syarat, dan Rukunnya

Bagi yang mampu dan muslim, wajib menjalankan ibadah haji. Pengertian mampu disini punya bekal cukup untuk keluarga yang ditinggal dan bekal pergi haji. Sementara ibadah umroh, bisa dilakukan dibulan- bulan lain disamping bulan Zulhijah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang haji dan umroh dibawah ini.

Pengertian Haji dan Umrah

Pengertian haji sesuai bahasa atau etimologi ialah pergi ke Baitullah atau Kakbah untuk menjalankan ibadah yang sudah ditetapkan Allah SWT. Sementara itu, pengertian haji menurut istilah (terminologi) ialah pergi ketanah suci (mekkah) untuk beribadah, menjalankan tawaf, sa’i, serta wukuf di Arafah maupun menjalankan seluruh ketentuan-ketentuan ibadah haji pada bulan Zulhijah lainnya.

Sementara itu, pengertian umrah sesuai bahasa (etimologi) ialah dari kata “i’tamara” artinya berkunjung. Dalam syariat islam, ibadah umrah berarti berkunjung ke Baitullah atau (Masjidil Haram) yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada sang kuasa yakni Allah SWT dengan memenuhi seluruh syarat syaratnya dengan waktu tak ditentukan seperti pada ibadah haji.

Hukum Haji dan Umrah

Hukum menjalankan ibadah haji ialah wajib terhadap setiap muslim dengan syarat dirinya mampu, berdasarkan firman Allah pada Surah Ali Imran 97. Artinya: “Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata (di antaranya) maqam Ibrahin, barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia. Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari (kewajiban haji) maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS Ali Imran: 97).

Bagi sebagian ulama berpendapat jika umrah memiliki hukum mutahabah yakni baik untuk dilakukan serta tidak diwajibkan. Didalam sebuah Hadis Nabi Muhammad saw juga menyatakan dasar hukumnya dengan arti berikut ini. Artinya: Haji adalah fardu sedangkan umrah adalah “tatawwu.” (A1 Hadis)

Dalam istilah tatawwu disini artinya tidak diwajibkan, namun baik dilakukan guna mendekatkan diri pada Allah. Sehingga melakukannya lebih utama dibandingkan meninggalkannya karena tatawwu memiliki ganjaran berupa pahala yang didapatkan.

Syarat, Rukun, dan Wajib Haji dan Umrah

a. Syarat Haji

Salah satu syarat wajib haji ialah islam, mampu (kuasa), berakal, balig, ada bekal, merdeka, dan juga aman pada perjalanannya.

b. Rukun Haji

Didalam haji juga terdapat rukun haji yang harus dilakukan diantaranya:

Ihram Rukun haji yang pertama adalah ihram yakni berniat dalam mulai mengerjakan haji dengan menggunakan kain putih dan tidak dijahit. Selain itu, ibadah ihram ini dimulai sesudah tiba di miqat atau (batas-batas yang sudah ditentukan).

Miqat Miqat ada dua macam yakni miqat zamani dan miqat makani. Pada mikat zamani ialah batas yang sudah ditetapkan sesuai waktu. Mulai dari bulan Syawal hingga terbit fajar 10 Zulhijah. Jadi, di masa itulah haji dapat dilaksanakan.

Yang kedua adalah miqat makani yaitu, batas yang sudah ditetapkan sesuai tempat. Miqat makani dapat dibagi menjadi beberapa temjat diantaranya.

Gallery Pengertian Haji Dan Umroh

Pengertian Haji Dan Umrah

Pengertian Haji Dan Syarat Syaratnya Youtube

Pengertian Haji Dan Umrah Pengertian Hukum Jenis Dan

Pengertian Haji Menurut Bahasa Dan Istilah Hukum

Haji Dan Umroh Panduan Lengkap By Kajian Islam 2

Seputar Pengertian Haji Dan Umroh Downlodo Ent

Umrah Wikipedia

Manasik Umrah Haji Pt Solusi Balad Lumampah Ppt Download

Pahami Pengertian Haji Dan Umroh Serta Rukun Dan Syaratnya

Ibadah Haji Dan Umroh Pengertian Perbedaan Dan

Pengertian Haji Dan Umrah Muriz Travel

Haji Dan Umroh For Android Apk Download

Pengertian Haji Dan Umroh Baik Secara Bahasa Maupun Istilah

Haji Dan Umroh

Umroh Hemat Dan Terpercaya Pengertian Haji Dan Umroh

Melihat Perbedaan Haji Dan Umroh Menurut Mazhab Syafi I Andy S

Umroh Dan Haji Pengertian Berita Umroh Haji

Sekedar Berbagi Pengertian Haji Dan Umroh

Haji Dan Umrah Tekpen Ppt


0 Response to "Pengertian Haji Dan Umroh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel