Data Primer Dan Data Sekunder Menurut Sugiyono 2012



Blog Posts Clubpolv

Metode Penelitian Menurut Sugiyono (2013)

Pengertian Metode Penelitian

Menurut Sugiyono (2013:2) metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. 

Menurut Sugiyono (2013:224) teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis dalam penelitian, karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data.

  1. Teknik Wawancara, Menurut Esterberg dalam Sugiyono (2013:231) wawancara merupakan pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab, sehingga dapat dikontruksikan makna dalam suatu topik tertentu.
  2. Teknik Pengamatan/Observasi, Sutrisno Hadi dalam Sugiyono (2013:145) mengemukakan bahwa, observasi merupakan suatu proses yang kompleks, suatu proses yang tersusun dari berbagai proses biologis dan psikhologis. Dua di antara yang terpenting adalah proses-proses pengamatan dan ingatan.
  3. Teknik Dokumentasi, Menurut Sugiyono (2013:240) dokumen merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seorang. Dokumen yang berbentuk tulisan misalnya catatan harian, sejarah kehidupan (life histories), ceritera, biografi, peraturan, kebijakan. Dokumen yang berbentuk gambar misalnya foto, gambar hidup, sketsa dan lain-lain. Dokumen yang berbentuk karya misalnya karya seni, yang dapat berupa gambar, patung, film dan lain-lain. Studi dokumen merupakan pelengkap dari penggunaan metode observasi dan wawancara dalam penelitian kualitatif.
  4. Triangulasi, dalam teknik pengumpulan data, triangulasi diartikan sebagai teknik pengumpulan datayang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada.

Pengertian Populasi dan Sampel

Terdapat perbedaan yang mendasar dalam pengertian antara pengertian "populasi dan sampel" dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, populasi diartikan sebagai wilayah generalisasi yang terdiri atas: obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karateristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Sedangkan sampel adalah sebagian dari populasi itu. Populasi itu misalnya penduduk di wilayah tertentu, jumlah pegawai pada organisasi tertentu, jumlah guru danmurid di sekolah tertentu dan sebagainya (Sugiyono, 2013:215).

Menurut Sugiyono (2013:218-219) purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu ini, misalnya orang tersebut yang dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan, atau mungkin dia sebagai penguasa sehingga akan memudahkan peneliti menjelajahi obyek atau situasi sosial yang diteliti.

Pengertian Analisis Data

Analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain, sehingga dapat mudah dipahami, dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain (Bogdan dalam Sugiyono, 2013:244). 

Untuk sumber lebih jelas dan lengkap bisa dicari di buku,

Berjudul : METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D

Penulis : Prof. Dr. Sugiyono

Cetakan Ke-19, Oktober 2013

Penerbit Alfabeta, CV. Bandung

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA

Judul: Metode Penelitian Menurut Sugiyono (2013) Ditulis oleh Unknown Rating Blog 5 dari 5

Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://rayendar.blogspot.com/2015/06/metode-penelitian-menurut-sugiyono-2013.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

Gallery Data Primer Dan Data Sekunder Menurut Sugiyono 2012

Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi

Analisis Pengaruh Experiential Marketing Analisis

Afbe 2015 Conference Udayana University Issn Pdf Free

Bab Iii Metlit Pdf Document

Tugas Metode Penelitian

3 Pelaksanaan Kegiatan 3 Menurut Roscoe 1982 Dalam

Skripsi Pbb Kuesioner 30j7nkmwkw0w

Palastren Volume 3 No 1 Juli 2010 Pages 151 200 Text

Page 20 Index

Blog Posts Clubpolv

Bab Iii

Relative Mrna Level Of Sus2 Sus3 And Sus4 In Ss And Is

Case Study Research 7l5rm3vdz1qk

Bab Iii

Skripsi By Shmily Normz On Prezi

Summit

Bab Iii Adt Fix

Bab 3 Seminar Nasional

Metodologi Penelitian Perpajakan Suatu Mafiadoc Com

Pdf Disaster And Tourism How Tourism Responds To Disasters

The Influence Of Teachers Professional Competence And

Foreword Welcome To The 3 International Conference On


0 Response to "Data Primer Dan Data Sekunder Menurut Sugiyono 2012"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel