Perbedaan Data Dan Informasi



Perbedaan Data Dan Informasi K6nq53kqvpnw

Perbedaan Data, Informasi dan Pengetahuan

Perbedaan Data, Informasi dan Pengetahuan

Di susun untuk melengkapi Tugas Aplikasi Data Processing

Oleh :

Rita Sri Jayanti           (125245013)

D4 Manajemen Aset

Politeknik Negeri Bandung

2013

Pengertian

1.       Pengertian Data

·         Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Dalam penggunaan sehari – hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variable yang bentuknya dapat berupa angka, kata – kata atau citra. (sumber  : http//id.m.wikipedia.org. data. 2013. Diakses pada 25 Januari 2013. 22.07).

·         Menurut Bergeron (2003) yang di maksud dengan data adalah bilangan, terkait dengan angka – angka atau atribut – atribut yang bersifat kuantitas, yang berasal dari hasil observasi, eksperimen, atau kalkulasi. (sumber : http//ipb.ac.id. data, informasi dan pengetahuan. 2013. Diakses pada 27 Januari 2013. 22.30).

·         Pengertian Data merupakan fakta, rangkaian fakta yang mewakili suatu kejadian, fakta singkat, atau dapat di sebut dengan simbol yang terekam.

Misalnya : umur, nilai test, kode mata kuliah, nama orang tua, ukuran tanah, dll. (Sumber : lecturer.ukdw.ac.id. datainfoknow. 2013. Diakses pada 28 Januari 2013. 17.42).

2.       Pengertian Informasi

·         Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari symbol, atau makna yang dapat di tafsirkan dari pesan atau kumulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda – tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu Negara dari sistem dinamis. Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, persepsi, stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

(sumber : http//id.m.wikipedia.org. informasi. 2013. Diakses pada 25 Januari 2013. 22.12).

·         Menurut Bergeron (2003) Informasi adalah data di dalam satu konteks tertentu. Informasi merupakan kumpulan data dan terkait dengan penjelasan, interpretasi, dan berhubungan dengan materi lainnya mengenai objek, peristiwa – peristiwa atau proses tertentu.

·         Informasi merupakan :

a.       hasil pemrosesan data;

b.      data yang terkumpul;

c.       terproses dan bermakna;

d.      properti terstruktur hasil dari proses data;

e.      data yang memiliki arti;

f.        data dalam suatu konteks.

Misalnya : lulusan paling muda periode wisuda april, jadwal kuliah semester genap, peringkat mobil terlaris tahun 2008, dll. (Sumber : lecturer.ukdw.ac.id. datainfoknow. 2013. Diakses pada 28 Januari 2013. 17.42).

3.    Pengertian Pengetahuan

·      Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip, dan prosedur yang secara probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna. Dalam pengertian lain, pengetahuam adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. (sumber : http//id.m.wikipedia.org. pengetahuan. 2013. Diakses pada 25 Januari 2013. 22.18).

·      Menurut Bergeron (2003) Pengetahuan adalah informasi yang telah di organisasi, disintesiskan, diringkaskan untuk meningkatkan pengertian, kesadaran atau pemahaman.

·      Pengetahuan merupakan :

a.       Hasil internalisasi informasi;

b.      Informasi yang tersimpan tentang area perhatian tertentu;

c.       Informasi dengan arah atau maksud yang mendukung suatu keputusan atau aksi;

d.      Hasil perkembangan dari hubungan orang dan hal yang dipahaminya;

e.      Hasil dari memahami informasi

Misalnya :

Data : Suhu udara ruang kelas adalah 200 C.

Informasi : Ruang kelas dingin.

Pengetahuan : Mahasiswa membawa jaket ke kelas.

(Sumber : lecturer.ukdw.ac.id. datainfoknow. 2013. Diakses pada 28 Januari 2013. 17.42).    

     Analisa :

        Sebelum membahas mengenai perbedaan, maka terlebih dahulu saya akan membahas mengenai persamaan dari beberapa pendapat di atas, mengenai :

1.       Data

Dari tiga sumber di atas dapat ditarik kesimpulan persamaan bahwa data merupakan kumpulan dari beberapa fakta dan angka.

2.       Informasi

Dari tiga sumber di atas dapat ditarik kesimpulan persamaan dari informasi adalah sama – sama memiliki proses dalam menghantarkan (mengirim) data atau pesan.

3.       Pengetahuan

Dari tiga sumber di atas dapat ditarik kesimpulan persamaan dari pengetahuan adalah informasi yang diterima oleh orang atau organisasi yang disadari dan dipahami.

        Dari persamaan di atas dapat saya simpulkan bahwa dari data (yang berupa fakta atau angka – angka) kemudian di proses dan dihantarkan (dikirim) dalam bentuk pesan sehingga dapat berupa informasi, dan dari kumpulan – kumpulan informasi tersebut bila di sadari dan dipahami akan menjadi pengetahuan oleh diri manusia (individu).

        Setelah mentransmisikan persamaan dari data, informasi dan pengetahuan maka saya akan menyimpulkan perbedaan tentang data, informasi dan pengetahuan. Adapun dapat digambarkan sebagai berikut :

 

        Memahami perbedaan dari data, informasi dan pengetahuan dalam terminologi ketiganya bahwa data berada di dunia yang nyata (real) memahami bahwa data ada, sementara informasi adalah kumpulan dari data yang dikirim atau diterima oleh individu atau organisasi, sedangkan pengetahuan berada di dalam diri individu tersebut melalui proses diterima, disadari dan dipahami hasil dari informasi tersebut.

        Data dapat di ubah menjadi informasi, informasi tersebut yang berupa (angka-angka atau fakta – fakta). Data bisa menjadi informasi apabila data tersebut diberi makna. Informasi tercipta ketika data dinilai melalui berbagai cara antara lain pengkategorisasian, penyaringan, atau penyusunan. Sedangkan pengetahuan merupakan informasi yang telah dievalasi, disusun, atau dikelola untuk diterapkan dalam mendukung keputusan atau memahami suatu konsep.

Daftar Pustaka

http//id.m.wikipedia.org. data. 2013. Diakses pada 25 Januari 2013. 22.07

http//ipb.ac.id. data, informasi dan pengetahuan. 2013. Diakses pada 27 Januari 2013. 22.30

lecturer.ukdw.ac.id. datainfoknow. 2013. Diakses pada 28 Januari 2013. 17.42

Gallery Perbedaan Data Dan Informasi

Perbedaan Data Dan Informasi Docx

Jadwal Perguruan Tinggi Facebook

Putri Hafidzoh Do Your Best And You Never Know What You Re

Pengertian Data Dan Informasi Perbedaan Ciri Dan Contohnya

Pengertian Perbedaan Data Dan Informasi Secara Lengkap

The Impact Of The Bantuan Operasional Sekolah Bos Program

Perbedaan Data Dan Informasi Lengkap Dan Terbaru

Pengertian Dan Perbedaan Data Dan Informasi

Digital Signage Software Solutions Windows

Index Of Wp Content Uploads 2019 03

Kaspersky Internet Security 2020 Internet Protection

Pengertian Dan Perbedaan Data Dan Informasi

Apache Sqoop Overview Apache Sqoop

Perbedaan Antara Data Dan Informasi Ppt Download

Perbedaan Data Dan Informasi Menurut Karakteristiknya Lengkap

Apa Perbedaan Antara Data Dan Informasi Sistem Informasi

Perbedaan Data Dan Informasi Contoh Dan Pengertian Menurut

Module Lkt Insane Battery Life Fast Buttery Smooth

4 Perbedaan Data Dan Informasi Beserta Contohnya Ngobrol

Kaspersky Internet Security 2020 Internet Protection

Pengenalan Sistem Informasi Pemasaran Sip

Accounting Information System Ppt Download

Data Warehouse Konsep Konsep Dasar Data Warehouse Adalah

19 Perbedaan Antara Data Dan Informasi Hisham Id

Data Informasi Pengertian Contoh Perbedaan Lengkap

Ethernet Repeater

Erly Wahyu Tristanti Pengantar Komputer Konsep Basis Data

Perbedaan Waktu Kedatangan Pendamping Dan Satu Jenazah Di


0 Response to "Perbedaan Data Dan Informasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel