Langkah Langkah Merakit Komputer



Cara Merakit Komputer Nusa Komputer

Langkah-langkah Cara Merakit Komputer

Cara Merakit Komputer, haloo sobat di tulisan kali ini saya akan menjelaskan tentang merakit komputer, pada dasarnya merakit pc atau komputer tidaklah terlalu sulit, tetapi mungkin bagi para pemula mungkin ini adalah hal yang sulit, maka dari itu pada kesempatan ini.

Saya akan membahas tentang cara merakit komputer untuk pemula. Dalam tutorial ini anda akan dipandu secara step by step dari komponen yang disiapkan dan cara merakit dan sampai komputer bisa digunakan.

Dalam materi postingan ini hanya diperuntukan bagi pemula yang belum mempunyai pengetahuan dalam merakit komputer, yang semoga saja dapat bermanfaat menambah pengetahuan tentang apa itu komponen komputer dan bagaimana cara merakit komputer sendiri, siapa tahu anda bisa merakitnya sendiri bukan.

Jika suatu hari anda ingin mengupgrade atau mengganti salah satu komponen komputer anda. Maka anda bisa mengikuti petunjuk atau panduan-panduan dibawah. Misalnya saja anda ingin mengganti hardisk komputer saja.

Maka anda dapat mengikuti cara memasang hardisk pada panduan yang tersedia dibawah. Baiklah berikut adalah cara merakit komputer dengan benar, panduan berikut disertai dengan gambar, agar anda tidak bingung nantinya.

Artikel Terkait : Pengertian Perangkat Keras komputer Beserta Fungsinya

Langkah-langkah Merakit Komputer :

1. Menyiapkan Komponen dan Alat untuk Merakit Komputer.

Hal dasar sebelum kita memulai merakit sebuah komputer adalah menyediakan semua komponen-komponen dan alat yang dibutuhkan untuk merakit komputer. Komponennya seperti Motherboard, Processor, Casing, Heatsink dan kipasnya, VGA Card/Kartu Grafis(PCI/AGP), Memori/RAM, CDROM/DVDROM, Harddisk, Monitor, Keyboard, Speaker dan Mouse.

Selain komponen diatas sediakan juga CD driver, CD Sistem Operasi dan Software yang dibutuhkan. Dan alat yang dibutuhkan untuk merakit seperti obeng, tang dan alat pendukung lainnya.

2. Siapkan Motherboard dan Pasang Procesoor, CPU cooler dan RAM.

Processor merupakan komponen penting atau otak dalam sebuah sistem komputer yang berfungsi untuk memproses dan menjalankan perintah keseluruhan sistem. Processor ini berada pada socket di Motherboard dan dapat digonta-ganti dengan processor lain yang sesuai dengan socket pada Motherboard. Kecepatan komputer sebagian besar tergantung pada jenis dan kapasitas processor.

Siapkan Motherboard

  • Cara memasang procesor 1. pertama bukalah tempat processor(pengunci socket) pada motherboard. 2. pasangkan processor dengan tepat. Cocokan tanda (panah, lubang atau lekukan) agar procesor dapat dimasukan dengan baik dan benar.

    3. kemudian pasang pengunci socket processor dengan menekan tuas ke bawah kencangkan.

  • Cara Memasang CPU cooler (pendingin CPU) 1. lapisi processor yang sudah terpasang dengan pasta yang sudah disediakan. 2. letakan dan pasangkan CPU cooler tepat diatas processor. Lalu kencangkan pengunci pada CPU cooler.

    3. sambungkan daya CPU cooler pada motherboard.

  • Cara Memasang RAM 1. cek memory atau RAM yang ingin digunakan.

    2. pasang RAM pada slot yang sudah disediakan pada motherboard, Kemudian kencangkan pengait pada masing-masing ujung RAM,

  • Cara Memasang Hardisk dan CD/DVD Drive Hardisk mempunyai 2 jenis yaitu Hardisk ATA dan SATA. Jika anda menggunakan hardisk ATA maka kabel yang harus di gunakan adalah kabel IDE, dan jika anda menggunakan hardisk SATA maka kabel yang digunakan adalah kabel SATA. Perbedaan kabel ATA dan SATA terdapat pada fisiknya. Kabel ATA lebih besar daripada kabel SATA. Dan Kabel ATA sering digunakan pada perangkat yang lain seperti CD/DVD-ROM.

    Berikut Cara memasang Hardisk dan CD/DVD Drive

  • aturlah jemper hardisk, jemper terletak pada belakang hardisk dan memiliki 3 sampai 5 pasang pin. Jika memasang hardisk cuma satu maka set jemper pada master, jika memasang 2 hardisk pasang jemper kedua pada slave. 1. pasang kabel data SATA port data dibelakang hardisk. Sambungkan pada primary SATA pada Motherboard.

    2. tempatkan Hardisk ke tempat yang sudah disediakan dicasing lalu kencangkan skrup. pasanglah kabel power dari Power Supply ke Hardisk. Jika power supply anda model lama dan tidak mempunyai kabel SATA, anda dapat menggunakan kabel power konverter.

Cara pemasangan cd/dvd, pada dasarnya sama dengan cara pemasangan hardisk. Cuma penempatannya yang berbeda, CD/DVD Drive biasanya ditempatkan pada bagian teratas pada casing. Langkahnya buka penutupnya yang terbuat dari plastik, lalu tekan penutupnya dari bagian dalam.

4. Merakit Kabel komputer

Setelah semua komponen-komponen terpasang, sambungkan semua kabel secara benar. Teliti dengan seksama kabel yang anda pasang, apakah sudah cocok atau belum, sebab langkah ini merupakan langkah central merakit komputer.

Jika salah menyambungkan akan berakibat fatal. Namun kabel dalam komputer jenis dan bentuknya berbeda, maka anda dapat mudah mecocokannya, perhatikan dari kabel power supply, kabel harddisk, kabel kipas/fun dan lain lain.

5. Menginstal Sistem Operasi yang dibutuhkan

Saat anda sudah merakit semua dengan benar, saatnya sekarang anda menginstal sistem operasi atau windows, anda bisa memilih OS seperti Windows 7, Windows 8, Instalah sistem operasi windows komputer sesuai kebutuhan anda.

sistem operasi adalah sekumpulan program yang mengelola dan meproses datata dari sumber daya perangkat keras komputer (Hardware), dan menyediakan layanan untuk Software atau perangkat lunak aplikasi.

Di sarankan menggunakan Sistem Operasi dari jenis Microsoft, sebab Sistem Operasi ini masih paling populer dan banyak digunakan (umum). dan ketika anda sudah menginstal sampai dengan selesai maka anda telah berhasil merakit komputer dari awal hingga akhir.

Tutorial singkat tentang cara merakit komputer.

Gallery Langkah Langkah Merakit Komputer

Memasang Processor Dan Heatsink Fan

Cara Merakit Komputer Pptx Powerpoint

Cara Merakit Komputer Yang Benar Berserta Gambarnya

Cara Merakit Komputer Cara Mudah Merakit Komputer Komponen

Cara Merakit Komputer Ferry Acmad

10 Langkah Merakit Komputer Sendiri Adsdsd Computer

Cara Merakit Komputer Dengan Benar Isp Bnet Karawang Pel

Cara Merakit Komputer Cpu Sederhana Beserta Gambarnya

Tutorial Cara Merakit Komputer Pc Yang Benar Dan

Cara Merakit Komputer Yang Baik Dan Benar Comtelindo

Cara Merakit Komputer Ppt Powerpoint

Langkah Langkah Merakit Komputer Praktisi Komputer

Cara Merakit Komputer Sendiri Lengkap Dengan Gambar Terbaru Docx

9 Cara Paling Mudah Dan Panduan Merakit Komputer Lengkap

Ppt Cara Merakit Komputer Powerpoint Presentation Free

Langkah Langkah Merakit Komputer Personal Komputer Pdf

Game Pc Bulan Ini Cara Merakit Komputer Lengkap Dengan Gambar

Tips Cara Merakit Komputer Dengan Baik Dan Benar Smk Tekno Sa

Langkah Merakit Pc Komputer Dengan Mudah Dan Benar Serta Di

Cara Merakit Komputer Pc Jasa Instalasi Jaringan

Cara Merakit Komputer Gaming

Panduan Lengkap Cara Merakit Komputer Beserta Gambarnya

Cara Merakit Komputer Lengkap Dengan Gambarnya Untuk Pemula

Doc Langkah Langkah Merakit Komputer Rahmad Haryadi

Langkah Langkah Merakit Komputer Lengkap Dengan Gambar

Cara Merakit Komputer Sendiri Dengan Benar Pc Hardware

Cara Merakit Komputer


0 Response to "Langkah Langkah Merakit Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel