Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif



Pengertian Dan Contoh Susunan Sederhana Kerangka Penelitian

Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Sebuah Penelitian

By Unknown Jumat, 01 Maret 2019 Edit
Dalam sebuah penelitian memiliki dua buah metode yakni kualitatif dan juga kuantitatif. Apakah perbedaan kualitatif dan kuantitatif dalam sebuah metode penelitian tersebut. Kedua metode penelitian tersebut pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yakni sama-sama digunakan untuk mengumpulkan data. Selain itu dengan metode tersebut, peneliti juga bisa mempertanggung jawabkan datanya karena langsung melakukan penelitian dan observasi. Lalu, jika sama-sama memiliki tujuan akhir yang sama dimanakah perbedaan keduanya? Agar lebih jelas mengenai perbedaan kedua metode penelitian tersebut, Anda bisa langsung simak ulasannya berikut ini.
Dari segi data yang diambil kedua hal ini memiliki perbedaan pada hasil data yang didapatkan. Pada metode kualitatif hasil yang didapat berupa penjelasan, catatan observasi, dokumen, dan juga wawancara atau angket. Sedangkan jika melakukan penelitian menggunakan metode kuantitatif data yang didapat biasanya berupa angka, koding, perhitungan, pemetaan dan lainnya. Tujuan dari kedua metode ini tentu saja untuk mendapatkan data yang valid untuk melakukan pengkajian terhadap beberapa hal dengan observasi secara langsung. Dengan data yang valid dan pasti, maka bisa dihasilkan sebuah penelitian yang baik dan juga bisa dipertanggungjawabkan.
Dari segi tujuan penelitiannya, kedua metode ini juga memiliki perbedaan, pada metode kualitatif sebuah penelitian dilakukan untuk mengembangkan sebuah konsep yang sebelumnya sudah ada. Selain itu, penelitian kualitatif juga bertujuan untuk membuat orang lebih paham akan sebuah teori dan juga mengembangkan teori yang sudah ada. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif memiliki tujuan untuk melakukan pengujian akan sebuah teori. Selain itu, dengan penelitian kuantitatif juga bisa dihasilkan pemetaan untuk memberikan gambaran berupa angka dan juga statistik. Metode kuantitatif juga bisa digunakan untuk meyakinkan sebuah fakta atau juga membuat prediksi akan sebuah teori yang dikeluarkan.
Dari segi sampling antara dua metode ini memiliki perbedaan yang cukup jelas pula. Jika pada metode kualitatif sampling dilakukan dengan metode non representatif jadi peneliti bisa langsung observasi bisa juga lewat telepon atau hal lainnya. Responden untuk penelitian kualitatif biasanya juga lebih sedikit sehingga tidak terlalu repot dalam melakukan penelitian. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif sampling dilakukan dengan metode representatif yakni peneliti langsung datang untuk melakukan observasi. Cakupan penelitian kuantitatif juga lebih luas dengan jumlah responden yang jauh lebih banyak. Dengan demikian bisa dihasilkan data yang valid untuk melakukan sebuah pemetaan.
Perbedaan kualitatif dan kuantitatif terakhir bisa dilihat dari segi pengumpulan data yang dilakukan. Karena metode penelitian kualitatif lebih bersifat pengujian dan pengembangan maka pengumpulan data bisa dengan melakukan wawancara. Selain itu metode kualitatif juga memungkinkan kita melakukan observasi partisipatif. Sedangkan untuk metode penelitian kuantitatif karena bersifat pembuktian metode pengumpulan data biasanya menggunakan eksperimen. Selain itu, survey juga sangat tepat digunakan dalam sebuah penelitian kuantitatif.

Gallery Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif

Apa Itu Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Menurut Para

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dengan Penelitian Kuantitatif

Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif

Perspektif Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif

Perbedaan Kuantitatif Dan Kualitatif

Perbedaan Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Neori My Id

Cerita Pujangga Perbedaan Penelitian Kuantitatif Dan

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Menurut

Doc Dalilah Asmarani Dalilah Asmarani Academia Edu

Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dan R Nd

Pendekatan Penelitian Kuantitatif Kualitatif Datakampus Com

16 Jenis Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan Fungsi Dan

Perbedaan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif

Perbedaan Kualitatif Dan Kuantitatif Tempat Berbagi

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Penelitian Kualitatif Ciri Jenis Metode Tujuan Manfaat

Jenis Penelitian Kuantitatif Adalah Crimsonjames

Pengertian Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli Pdf

Jenis Metode Penelitian Yang Digunakan Saat Penyusunan Karya


0 Response to "Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel