Uu 14 Tahun 2005



2 Uu No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Ppt

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005

1

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 14 TAHUN 2005

TENTANG

GURU DAN DOSEN

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

Menimbang:

a.   bahwa  pembangunan  nasional  dalam  bidang  pendidikan  adalah  upaya  mencerdaskan

kehidupan   bangsa  dan   meningkatkan  kualitas  manusia  Indonesia  yang   beriman,

bertakwa,  dan  berakhlak  mulia  serta  menguasai  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  dan  seni

dalam  mewujudkan  masyarakat  yang  maju,  adil,  makmur,  dan  beradab  berdasarkan

Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

b.   bahwa   untuk   menjamin   perluasan   dan   pemerataan   akses,   peningkatan   mutu   dan

relevansi, serta tata pemerintahan yang baik dan akuntabilitas pendidikan yang mampu

menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan

global  perlu  dilakukan  pemberdayaan  dan  peningkatan  mutu  guru  dan  dosen  secara

terencana, terarah, dan berkesinambungan;

c.   bahwa  guru dan  dosen  mempunyai  fungsi,  peran, dan  kedudukan yang  sangat  strategis

dalam  pembangunan  nasional  dalam  bidang  pendidikan  sebagaimana  dimaksud  pada

huruf a, sehingga perlu dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat;

d.   bahwa  berdasarkan  pertimbangan  sebagaimana  dimaksud  pada  huruf  a,  huruf  b,  dan

huruf c perlu dibentuk Undang-Undang tentang Guru dan Dosen;

Mengingat:

1.   Pasal  20,  Pasal  22  d,  dan  Pasal  31  Undang-Undang  Dasar  Negara  Republik  Indonesia

Tahun 1945;

2.   Undang-Undang  Nomor  20  Tahun  2003  tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional  (Lembaran

Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik

Indonesia Nomor 4301);

Dengan Persetujuan Bersama

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA dan

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

MEMUTUSKAN:

Menetapkan :

UNDANG-UNDANG TENTANG GURU DAN DOSEN.

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:

1.   Guru   adalah   pendidik    profesional   dengan   tugas   utama   mendidik,   mengajar,

membimbing,   mengarahkan,   melatih,   menilai,  dan   mengevaluasi   peserta   didik   pada

pendidikan  anak  usia  dini  jalur  pendidikan  formal,  pendidikan  dasar,  dan  pendidikan

menengah.

2.   Dosen     adalah    pendidik     profesional    dan     ilmuwan    dengan     tugas     utama

mentransformasikan, mengembangkan,  dan   menyebarluaskan  ilmu   pengetahuan,

teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

2

3.   Guru  besar  atau  profesor  yang  selanjutnya  disebut  profesor  adalah  jabatan  fungsional

tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi.

4.   Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi

sumber  penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan

yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

5.   Penyelenggara pendidikan adalah Pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat yang

menyelenggarakan pendidikan pada jalur pendidikan formal.

6.   Satuan   pendidikan   adalah   kelompok   layanan   pendidikan   yang   menyelenggarakan

pendidikan pada jalur pendidikan formal dalam setiap jenjang dan jenis pendidikan.

7.      Perjanjian  kerja  atau  kesepakatan  kerja  bersama  adalah  perjanjian  tertulis  antara  guru

atau  dosen  dengan  penyelenggara  pendidikan  atau  satuan  pendidikan  yang  memuat

syarat-syarat  kerja  serta  hak  dan  kewajiban  para  pihak  dengan  prinsip  kesetaraan  dan

kesejawatan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

8.   Pemutusan  hubungan  kerja  atau  pemberhentian  kerja  adalah  pengakhiran  perjanjian

kerja   atau   kesepakatan   kerja   bersama   guru   atau   dosen   karena   sesuatu   hal   yang

mengakibatkan  berakhirnya   hak   dan   kewajiban   antara  guru   atau  dosen   dan

penyelenggara pendidikan atau satuan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-

undangan.

9.   Kualifikasi akademik adalah ijazah jenjang pendidikan akademik yang harus dimiliki oleh

guru  atau  dosen  sesuai  dengan  jenis,  jenjang,  dan  satuan  pendidikan  formal  di  tempat

penugasan.

10.  Kompetensi  adalah  seperangkat  pengetahuan,  keterampilan,  dan  perilaku  yang  harus

dimiliki,   dihayati,   dan   dikuasai   oleh   guru   atau   dosen   dalam   melaksanakan   tugas

keprofesionalan.

11.  Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen.

12.  Sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru

dan dosen sebagai tenaga profesional.

13.  Organisasi  profesi  guru  adalah  perkumpulan yang  berbadan hukum  yang didirikan  dan

diurus oleh guru untuk mengembangkan profesionalitas guru.

14.  Lembaga  pendidikan  tenaga  kependidikan  adalah  perguruan  tinggi  yang  diberi  tugas

oleh  Pemerintah  untuk  menyelenggarakan  program  pengadaan  guru  pada  pendidikan

anak  usia   dini   jalur  pendidikan   formal,  pendidikan   dasar,   dan/atau  pendidikan

menengah, serta untuk menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu kependidikan dan

nonkependidikan.

15.  Gaji  adalah  hak   yang   diterima  oleh   guru   atau  dosen   atas  pekerjaannya  dari

penyelenggara pendidikan atau satuan pendidikan dalam bentuk finansial secara berkala

sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

16.  Penghasilan  adalah  hak  yang   diterima   oleh   guru   atau   dosen   dalam  bentuk  finansial

sebagai  imbalan  melaksanakan  tugas  keprofesionalan  yang  ditetapkan  dengan  prinsip

penghargaan  atas  dasar  prestasi  dan  mencerminkan  martabat  guru  atau  dosen  sebagai

pendidik profesional.

17.  Daerah  khusus  adalah  daerah  yang  terpencil  atau  terbelakang;  daerah  dengan  kondisi

masyarakat  adat  yang  terpencil;  daerah  perbatasan  dengan  negara  lain;  daerah  yang

mengalami  bencana  alam,  bencana  sosial,  atau  daerah  yang  berada  dalam  keadaan

darurat lain.

18.  Masyarakat  adalah  kelompok  warga  negara  Indonesia  nonpemerintah  yang  mempunyai

perhatian dan peranan dalam bidang pendidikan.

19.  Pemerintah adalah pemerintah pusat.

20.  Pemerintah daerah adalah pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, atau pemerintah

kota.

21.  Menteri adalah menteri yang menangani urusan pemerintahan dalam bidang pendidikan

nasional.

3

BAB II

KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN TUJUAN

Pasal 2

1.   Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar,

pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang

diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

2.   Pengakuan  kedudukan  guru  sebagai  tenaga  profesional  sebagaimana  dimaksud  pada

ayat (1) dibuktikan dengan sertifikat pendidik.

Pasal 3

1.   Dosen   mempunyai   kedudukan   sebagai   tenaga   profesional   pada   jenjang   pendidikan

tinggi yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

2.   Pengakuan  kedudukan  dosen  sebagai  tenaga  profesional  sebagaimana  dimaksud  pada

ayat (1) dibuktikan dengan sertifikat pendidik.

Pasal 4

Kedudukan  guru  sebagai  tenaga  profesional  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  2  ayat  (1)

berfungsi   untuk   meningkatkan   martabat   dan   peran   guru   sebagai   agen   pembelajaran

berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Pasal 5

Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1)

berfungsi   untuk   meningkatkan   martabat   dan   peran   dosen   sebagai   agen   pembelajaran,

pengembang  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  dan  seni,  serta  pengabdi  kepada  masyarakat

berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Pasal 6

Kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem

pendidikan  nasional  dan  mewujudkan  tujuan  pendidikan  nasional,  yaitu  berkembangnya

potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang

Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,  cakap,  kreatif,  mandiri,  serta  menjadi  warga

negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

BAB III

PRINSIP PROFESIONALITAS

Pasal 7

1.   Profesi guru dan profesi dosen merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan

berdasarkan prinsip sebagai berikut:

a.   memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme;

b.   memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan

akhlak mulia;

c.   memiliki  kualifikasi akademik  dan  latar  belakang  pendidikan  sesuai  dengan  bidang

tugas;

d.   memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;

e.   memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan;

f.    memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja;

g.   memiliki  kesempatan  untuk  mengembangkan  keprofesionalan  secara  berkelanjutan

dengan belajar sepanjang hayat;

h.   memiliki  jaminan  perlindungan  hukum  dalam  melaksanakan  tugas  keprofesionalan;

dan

4

i.    memiliki  organisasi  profesi  yang  mempunyai  kewenangan  mengatur  hal-hal  yang

berkaitan dengan tugas keprofesionalan guru.

2.   Pemberdayaan profesi guru atau pemberdayaan profesi dosen diselenggarakan melalui

pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif,

dan  berkelanjutan  dengan  menjunjung  tinggi  hak  asasi  manusia,  nilai  keagamaan,  nilai

kultural, kemajemukan bangsa, dan kode etik profesi.

BAB IV

GURU

Bagian Kesatu

Kualifikasi, Kompetensi, dan Sertifikasi

Pasal 8

Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan

rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Pasal 9

Kualifikasi  akademik  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  8  diperoleh  melalui  pendidikan

tinggi program sarjana atau program diploma empat.

Pasal 10

1.   Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik,

kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh

melalui pendidikan profesi.

2.   Ketentuan lebih lanjut mengenai kompetensi guru sebagaimana dimaksud pada ayat (1)

diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 11

1.   Sertifikat  pendidik  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  8  diberikan  kepada  guru  yang

telah memenuhi persyaratan.

2.   Sertifikasi   pendidik   diselenggarakan   oleh   perguruan   tinggi   yang   memiliki   program

pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Pemerintah.

3.   Sertifikasi pendidik dilaksanakan secara objektif, transparan, dan akuntabel.

4.   Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  sertifikasi  pendidik  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat

(2) dan ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 12

Setiap  orang  yang  telah  memperoleh  sertifikat  pendidik  memiliki  kesempatan  yang  sama

untuk diangkat menjadi guru pada satuan pendidikan tertentu.

Pasal 13

1.   Pemerintah  dan  pemerintah  daerah  wajib  menyediakan  anggaran  untuk  peningkatan

kualifikasi akademik dan sertifikasi pendidik bagi guru dalam jabatan yang diangkat oleh

satuan   pendidikan   yang   diselenggarakan   oleh   Pemerintah,   pemerintah   daerah,   dan

masyarakat.

2.   Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  anggaran  untuk  peningkatan  kualifikasi  akademik  dan

sertifikasi   pendidik   sebagaimana   dimaksud   pada   ayat   (1)   diatur   dengan   Peraturan

Pemerintah.

5

Bagian Kedua

Hak dan Kewajiban

Pasal 14

1.   Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak:

a.   memperoleh  penghasilan   di    atas   kebutuhan   hidup   minimum  dan   jaminan

kesejahteraan sosial;

b.   mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja;

c.   memperoleh   perlindungan   dalam   melaksanakan   tugas   dan   hak   atas   kekayaan

intelektual;

d.   memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi;

e.   memperoleh  dan   memanfaatkan sarana  dan   prasarana  pembelajaran  untuk

menunjang kelancaran tugas keprofesionalan;

f.    memiliki  kebebasan  dalam  memberikan  penilaian  dan  ikut  menentukan  kelulusan,

penghargaan,  dan/atau  sanksi   kepada   peserta   didik   sesuai   dengan   kaidah

pendidikan, kode etik guru, dan peraturan perundang-undangan;

g.   memperoleh rasa aman dan jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugas;

h.   memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi;

i.    memiliki kesempatan untuk berperan dalam penentuan kebijakan pendidikan;

j.    memperoleh   kesempatan   untuk   mengembangkan   dan   meningkatkan   kualifikasi

akademik dan kompetensi; dan/atau

k.   memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.

2.     Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  hak  guru  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)  diatur

dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 15

1.   Penghasilan  di  atas  kebutuhan  hidup  minimum  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  14

ayat (1) huruf a meliputi gaji pokok, tunjangan yang melekat pada gaji, serta penghasilan

lain  berupa  tunjangan  profesi,  tunjangan  fungsional,  tunjangan  khusus,  dan  maslahat

tambahan  yang  terkait  dengan  tugasnya  sebagai  guru  yang  ditetapkan  dengan  prinsip

penghargaan atas dasar prestasi.

2.   Guru yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau

pemerintah daerah diberi gaji sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

3.    Guru   yang   diangkat   oleh   satuan   pendidikan   yang   diselenggarakan   oleh   masyarakat

diberi gaji berdasarkan perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.

Pasal 16

1.   Pemerintah  memberikan  tunjangan  profesi  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  15  ayat

(1)   kepada   guru   yang   telah   memiliki  sertifikat  pendidik   yang   diangkat   oleh

penyelenggara   pendidikan   dan/atau   satuan   pendidikan   yang   diselenggarakan   oleh

masyarakat.

2.   Tunjangan profesi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan setara dengan 1 (satu)

kali  gaji  pokok  guru  yang  diangkat  oleh  satuan  pendidikan  yang  diselenggarakan  oleh

Pemerintah atau pemerintah daerah pada tingkat, masa kerja, dan kualifikasi yang sama.

3.   Tunjangan  profesi  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (1)  dialokasikan  dalam  anggaran

pendapatan   dan   belanja   negara   (APBN)   dan/atau   anggaran   pendapatan   dan   belanja

daerah (APBD).

4.   Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  tunjangan  profesi  guru  sebagaimana  dimaksud  pada

ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Gallery Uu 14 Tahun 2005

Kementerian Ppn Bappenas Competitors Revenue And Employees

Pemberlakuan Uu Nomor 14 Tahun 2005 Dan Pp 74 Tahun 2008 Tentang Kualifikasi Akademik Dan Rasio Guru

2 Uu No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Ppt

Undang Undang Uu Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan

Bimsus Pdf Google Drive

Undang Undang Uu Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan

Komite Iii Dpd Ri Uji Sahih Ruu Tentang Perubahan Uu No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dosen

Uu No 14 2005 Guru Dan Dosen

Uu 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik

Undang Undang Uu Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan

Perhatikan Guru Dan Dosen Liow Minta Uu No 14 Tahun 2005 Di

San Francisco Wikidata

Download Uu No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Jual Buku Uu Ri Nomor 14 Tahun 2005 Dan Peraturan Presiden Perpres Ri Tahun 2016 Tentang Guru Dan Dosen Di Lapak Bukusap Bukusap2

Tugas Akhir Modul 2 Pengembangan Profesi Guru Ibrahim Aji

Kampung Pendidik Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang

Download Uu No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Sistem Informasi Pustaka

Download Uu No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Implikasi Regulasi Pendidikan Terhadap Guru Dan Dosen Ppt

Ppt Implementasi Sistem Beban Kerja Dosen Online Pasca

Arif Rahman 14144600180 Eny Andarningsih 14144600179


0 Response to "Uu 14 Tahun 2005"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel