Cara Mencari F Tabel



Tabel T

Urut-urutan Cara Mencari F Tabel secara Manual

Cara Mencari F Tabel secara Manual - Bagi sebagian orang, ilmu statistik kerap diidentikkan sebagai sesuatu yang sulit dipelajari. Kendala dalam belajar statistik lebih disebabkan cabang ilmu ini memang berkaitan langsung dengan ilmu matematika yang terkenal sulit. Statistik menjadi alat bantu untuk menganalisis kumpulan data berbentuk angka. Acapkali data yang ada tak memberikan arti ke penggunanya. Maka dengan perhitungan statistik, data tadi akan tersusun dengan baik dan sederhana sehingga bisa ditarik kesimpulan dari situ.
Baca juga : Cara Mengetahui BI Cheking atau Sistem Informasi Debitur (SID)
Salah satu fungsi statistika adalah mencari F tabel untuk kemudian dibandingkan dengan nilai statistik hitung. Pada pengujian hipotesis apakah memakai analisis mean misalnya uji t maupun analisis varian (ANAVA), pengambilan keputusan selalu berdasar dari perbandingan nilai statistik hitung dengan statistik tabel. Nilai statistik hitung memanfaatkan berbagai rumus tertentu, sementara nilai statistik tabel menurut tabel yang disusun para ahli. Bagaimana cara mencari F tabel secara manual?

Dalam mencari F tabel secara manual berhubungan dengan derajad kebebasan (dk). Pada uji t, menghitung derajad kebebasan cukup mudah yaitu dengan mengurangkan jumlah sampel yang ada dengan 1 (n – 1). Contohnya jumlah sampel yang dimiliki 60 sehingga nilai dk yaitu 60 – 1 = 59. Namun untuk F tabel, kita harus menghitung dua derajad kebebasan terdiri dari derajad kebebasan pembilang (numerator) yang ada di sebelah atas tabel dan derajad kebebasan penyebut (denuminator) di sisi kiri tabel. Pada analisis varian, derajad kebebasan pembilang (numerator) atau dinamakan derajad kebebasan antar perlakuan ditulis (k - 1). Dimana ‘k’ merupakan jumlah perlakuan sementara derajad kebebasan penyebut dinamakan derajad kebebasan kekeliruan eksperimen yang ditulis (ni – 1).

Contohnya kita mempunyai 15 murid yang dikelompokkan dalam 3 grup dengan 5 orang/grup. Maka nilai numeratornya yaitu k – 1 atau 3 -1 = 2. Sementara untuk menghitung nilai denominator dengan menjumlah df tiap grup. Dari tiap grup kita memperoleh nilai df sebesar 4 yaitu jumlah anggota tiap grup dikurangi satu. Mengingat terdapat 3 grup, sehingga jumlahnya yaitu 3 x 4 = 12. Dengan begitu cara mencari F tabel secara manual dengan = 0,01, pertama yaitu memperhatikan kolom numerator (pembilang) di sebelah atas kemudian cari angka 2. Sesudah itu perhatikan kolom denominator (penyebut) di sebelah kanan kemudian cari angka 12.

Selanjutnya tarik garis lurus mulai angka 2 dan 12 hingga bertemu pada satu titik yang sama. Titik itu adalah angka 6,93 sebagai nilai F tabel. Lalu berapa nilai F bila kita mempunyai sampel sejumlah 60 (n = 60)? Hal tersebut ditentukan oleh berapa perlakuan yang digunakan. Sebab jumlah perlakuan akan mempengaruhi nilai derajad kebebasan baik pada numerator ataupun denominator.

Urut-urutan Cara Mencari F Tabel secara Manual

4/ 5 dari 1001 ulasan

Gallery Cara Mencari F Tabel

Cara Mencari F Tabel Menggunakan Ms Exel Music Jinni

Uas Stapel Docx Bab 10 2 3 Pembahasan Koifisien Korelasi

Cara Menentukan Nilai T Tabel Dan F Tabel Dengan Excel

Cara Mencari Nilai T Tabel Dan F Tabel Menggunakan Microsoft

Cara Membaca Atau Melihat Tabel F Dengan Excel Portal

How To Read A Steam Table Tlv A Steam Specialist Company

How To Find Overlapping Pivot Tables Excelerator Bi

20 Awesome Google Sheets Spreadsheet Tips Tricks

How To Load Data From A Folder In Power Bi Insightsoftware

How To Sort Filter Data In Google Sheets

F Tabel Lengkap Beserta Cara Mencari Dan Membacanya Dan

Formula To Calculate Net Promoter Score Nps In Excel Hotjar

Checklist In Excel Easy Excel Tutorial

Tabel Profil Konstruksi Baja

Tabel T Statistik Pengertian Rumus Contoh Soal Nilai

Tabel T Statistik Pengertian Rumus Contoh Soal Nilai

Cara Membaca F Tabel Menggunakan Excel

Cara Mencari Nilai F Tabel Menggunakan Gretl Mag Learning

Rijndael S Box Wikipedia

Cara Membaca Tabel F Junaidi

Cara Membaca F Tabel Pada Uji Hipotesis

One Way Anova Multiple Comparisons In Excel Tutorial

How To Create Flow Charts In Draw Io Draw Io


0 Response to "Cara Mencari F Tabel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel