Hukum Tata Negara Adalah



Hukum Tata Negara Siyasah Home Facebook

Pengertian Hukum Tata Negara dan Contohnya

Pengertiandefinisi.com – Kali ini kami akan membahas tentang pengertian hukum tata negara dan contohnya. Hukum merupakan salah satu unsur penting dalam suatu negara. Hukum ada untuk menjadi salah satu aturan hidup bertingkah laku di dalam masyarakat. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis hukum salah satunya adalah hukum tata negara. Hukum tata negara merupakan salah satu dari hukum publik di Indonesia yang mengatur kehidupan bernegara. Tentu istilah hukum tata negara sudah seringkali kita dengar. Jika dilihat dari namanya, maka kita bisa menduga-dugan bahwa hukum tata negara adalah hukum untuk mengatur sebuah negara. Namun apa sih pengertian dari hukum tata negara sendiri baik secara umum maupun menurut para ahli. Pengertian tersebut yang kali ini akan kita bahas. Kemudian selain itu kita akan membahas contoh dari hukum tata negara.

Pengertian Hukum Tata Negara

Hukum tata negara dapat diartikan sebagai salah satu cabang hukum yang mengatur mengenai norma dan prinsip hukum yang tertulis dalam praktek kenegaraan. Hukum tata negara mengatur hal-hal terkait kenegaraan seperti bentuk-bentuk dan susunan negara, tugas-tugas negara, perlengkapan negara, dan hubungan alat perlengkapan negara tersebut.  Selain pengertian secara umum, ada pula pengertian menurut para ahli. Salah satu ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian hukum tata negara adalah Van der Pot, dimana ia mengatakan bahwa hukum tata negara adalah peraturan-peraturan yang menentukan badan-badan yang diperlukan serta wewenang masing-masing, hubungannya satu dengan yang lain dan hubungan dengan individu yang lain.

Selain Van der Pot ahli lain yang mengemukakan pendapatnya adalah Scholten. Hampir mirip dengan Van der Pot, ia mengatakan bahwa hukum tata negara adalah hukum yang mengatur organisasi dari pada Negara. Kesimpulannya, menurut Scholten bahwa dalam organisasi negara itu telah dicakup bagaimana kedudukan organ-organ dalam negara itu, hubungan, hak dan kewajiban, serta tugasnya masing-masing.pendapat dari ahli yang terakhir sebelum kita sampai pada contoh hukum tata negara adalah pendapat menurut Apeldoorn. Menurutnya Hukum tata negara dalam arti sempit yang sama artinya dengan istilah hukum tata nhgara dalam arti sempit, adalah untuk membedakannya dengan hukum negara dalam arti luas, yang meliputi hukum tata negara dan hukum administrasi negara itu sendiri.

Setelah membahas pengertian secara umum dan menurut para ahli selanjutnya kita akan membahas contoh dari hukum tata negara.  Seperti yang sudah dibahas ada pengetian bahwa hukum tata negara mengatur tentang bentuk-bentuk dan susunan negara, dan sebagainya. Maka jika kita melihat di Indonesia ada banyak lembaga-lembaga seperti Presiden, DPR, DPD, dan sebagainya maka itulah salah satu contoh dari hal yang diatur dalam hukum tata negara. Selain itu dalam hukum tata negara juga diatur hubungan pemerintah pusat dan daerah. Kurang lebih seperti itulah gambaran contoh hal yang diatur dalam hukum tata negara. Demikianlah pengertian hukum tata negara dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Gallery Hukum Tata Negara Adalah

Hukum Tata Negara Indonesia Dalam Perspektif Pancasila Pasca

Departemen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas

Mari Berkenalan Dengan Hukum Tata Negara Jurusan Yang

Pin On Buku Hukum

Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara Jimly Asshiddiqie

Jual Buku Hukum Tata Negara Indonesia Edisi Revisi Di Toko

Hukum Tata Negara By Irvin Sihombing

Buku Hukum Tata Negara Dan Pilar Pilar Demokrasi

Hukum Tata Negara Indonesia Prof Sri Soemantri

Hukum Tata Negara Dan Pilar Pilar Demokrasi

Buku Hukum Tata Negara Dan Pilar Pilar Demokrasi Prof Dr Jimly Asshiddiqie S H

Hukum Tata Negara Indonesia Edisi Revisi

Bung Serang Banten Mahasiswa Hukum Tata Negara Menawarkan

Hukum Tata Negara Indonesia

Hukum Tata Negara

Perbandingan Hukum Tata Negara

Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara

Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia By Kusnardi

Hukum Tata Negara Indonesia Pemikiran Dan Pandangan

Hukum Tata Negara For Android Apk Download

Buku Ajar Perbandingan Hukum Tata Negara Pustaka Bangsa

Pengertian Hukum Tata Negara Sarnoid

Hukum Tata Negara

Hukum Tata Negara Terbaru Co Id

Siyasah Jurnal Hukum Tata Negara

Konferensi Nasional Hukum Tata Negara Ke 6 Dibuka Presiden


0 Response to "Hukum Tata Negara Adalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel