Cara Crop Gambar Di Photoshop



How To Crop And Trim A Photo In Adobe Illustrator Astute

√ Cara Crop Foto di Photoshop dengan Cepat (Untuk Pemula)

Penggunaan Adobe Photoshop sebagai aplikasi edit foto, memang masih menjadi primadona saat ini. Terdapat jutaan pengguna Photoshop di dunia ini, mulai dari yang masih pemula, hingga yang sudah mahir.

Adobe Photoshop sendiri memiliki segudang fitur demi menunjang kebutuhan editing yang maksimal. Dalam menggunakannya, tentu saja penggunanya harus memiliki skill yang mana mesti dipelajari terlebih dahulu.

Nah, salah satu fitur dasar yang dimiliki Photoshop adalah cropping atau memotong foto. Di sini, kita akan coba mempelajari fitur ini, supaya nantinya bisa kita gunakan di saat mengedit suatu foto atau gambar.

Yuk, kita pelajari bagaimana cara crop foto di Adobe Photoshop.

Cara Crop Foto di Photoshop

Di aplikasi edit foto instan, mungkin menggunakan fitur untuk cropping foto itu sangat mudah dilakukan. Akan tetapi, ceritanya akan lain saat Anda menggunakan Photoshop untuk melakukannya.

Cara crop foto di Photoshop mungkin agak sedikit terasa membingungkan. Selain karena user interface yang terlihat kompleks, Photoshop juga didesain untuk mengedit lebih detail dan advanced, sehingga tidak bisa dilakukan secara instan.

Salah satu hal yang membedakannya dengan aplikasi edit foto instan, Photoshop ini tidak hanya mampu memotong foto dalam bentuk kotak saja, melainkan kita juga bisa menyeleksi objek tertentu untuk dipotong, dengan menyesuaikan bentuk objek tersebut.

Meskipun begitu, teknik crop foto di Photoshop sebenarnya tidak terlalu sulit, kok. Sebab, Photoshop juga memiliki beberapa tools dasar yang bisa membantu Anda dalam memotong foto sederhana.

Nah, berikut ini, saya akan membagikan tutorial dasar mengenai cara memotong foto di Photoshop yang saya tujukan untuk pemula. Sebab, saya sendiri juga masih pemula dalam hal ini.

Baca juga: Cara Memperkecil File JPG dengan Mudah (100% Berhasil).

Persiapan

Sebelum memulai proses pemotongan foto menggunakan Photoshop, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, di antaranya:

  • Software Adobe Photoshop itu sendiri. Anda bebas menggunakan versi yang mana saja. Tapi, kalau bisa, sih, pakai versi CS4 ke atas. Alasannya, karena di sini saya menggunakan CS6, agar tidak ada perbedaan langkah yang signifikan.
  • Foto atau gambar yang ingin Anda crop tentunya. Bisa menggunakan foto Anda, foto dengan objek tertentu, gambar vektor, animasi, atau apapun itu.

Nah, kalau sudah, kita bisa lanjut ke tutorialnya.

Cara Potong Foto di Photoshop

Seperti yang sudah saya singgung tadi, meski menawarkan hasil yang lebih, cara melakukan crop lewat aplikasi Photoshop tidak sulit dilakukan. Langkahnya relatif sederhana, dan yang pasti bisa dipelajari.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama, silakan Anda buka aplikasi Adobe Photoshop terlebih dahulu di PC atau laptop Anda. Jika sudah, Anda bisa buka foto yang sudah Anda siapkan tadi dengan cara klik File > Open > Kemudian silakan cari gambarnya.

2. Selanjutnya, silakan Anda pilih opsi Quick Selection Tool yang terdapat pada menu bagian sebelah kiri. Klik kanan icon tool tersebut untuk melihat submenu yang tersedia.

Quick Selection Tool ini adalah fitur yang berfungsi untuk menyeleksi secara otomatis pada objek foto. Dengan tool ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengatur garis seleksi pada objek secara manual yang mungkin akan memakan waktu.

3. Lakukan seleksi dengan Quick Selection Tool tadi. Klik objek yang ingin Anda potong. Silakan sesuaikan kembali sampai objek tersebut sudah terseleksi dengan sempurna.

4. Jika sudah rapi terseleksi, sekarang foto ini siap untuk dipotong. Anda bisa meng-cut foto tersebut dengan cara klik CTRL + X.

5. Maka, hasilnya akan jadi seperti ini:

6. Meski sudah terpotong, tutorial ini belum beres. Langkah selanjutnya, silakan Anda buat canvas baru dengan cara klik CTRL + N. Atur canvas tersebut seukuran hasil crop atau buat lebih besar lagi.

7. Nah, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Objek yang tadi diseleksi dan dipotong, akan terletak pada canvas yang baru Anda buat.

NB: Kalau Anda belum rapi dalam memotong objeknya, Anda bisa merapikannya kembali dengan penghapus atau tools lainnya yang tersedia di sana.

Akhir Kata

Nah, demikianlah artikel singkat kali ini tentang tutorial cara memotong foto di Photoshop.

Tutorial ini saya buat untuk Anda yang sedang belajar tentang Photoshop, khususnya dalam hal cropping foto. Sebab, kebetulan masih lumayan banyak, nih, orang-orang yang belum tahu cara bagaimana crop gambar di photoshop.

Tentunya, saya harap artikel yang singkat ini bisa membantu Anda.

Baca juga: Membuat Garis di Photoshop, Ini Caranya.

Oh ya, terkait fitur Photoshop dalam hal crop foto, selain Quick Selection Tools tadi, sebenarnya masih ada beberapa cara lagi untuk melakukan hal ini agar jauh lebih rapi hasilnya.

Akan tetapi, cara-cara tersebut memerlukan step-step yang lebih panjang dibanding ini, sehingga tentunya nanti jadi tidak relevan dengan tema kita kali ini, yang saya tujukan untuk pemula.

Jadi, kita cukupkan sampai di sini saja, ya. Jika Anda punya pertanyaan terkait tutorial kali ini, Anda sangat diperkenankan bertanya melalui kolom komentar yang tersedia.

Satu lagi, jika ternyata ada ahli Photoshop kebetulan mampir di artikel ini, dan mungkin menemukan kekurangan dalam pembahasan kita kali ini, jangan sungkan untuk mengoreksinya, ya. Masukan yang Anda berikan akan sangat berarti tentunya.

Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat.

Gallery Cara Crop Gambar Di Photoshop

Cara Membuat Ukuran Pas Foto Seperti 2x3 3x4 4x6 Di

Custom Image Cropping In Powerpoint Brightcarbon

How To Crop And Trim A Photo In Adobe Illustrator Astute

Tutorial Powerpoint 2007 Cara Memotong Gambar Dengan Shapes

How To Crop In Illustrator With Pictures Wikihow

Crop And Straighten Your Photos Adobe Photoshop Lightroom

Flip Rotate And Mirror Image Designs And Patterns In Photoshop

Cara Memotong Crop Objek Foto Di Photoshop

How To Crop An Image In Inkscape Goinkscape

Begini Cara Crop Foto Di Photoshop Untuk Pemula Lengkap Gambar

How To Make A Pattern In Photoshop To Use As A Pattern Fill

Cara Crop Foto Menjadi Lingkaran A Little Sprinkle

Cara Crop Foto Menjadi Lingkaran A Little Sprinkle

Cara Ganti Background Foto Cara Ganti Background Foto Di

Andie Sharing And Download Cara Crop Gambar Dan Foto Dengan

Tutorial Photoshop Memotong Gambar Dan Mengganti Background

Cara Memotong Objek Dengan Cepat Di Photoshop

How To Crop An Image In Mac Os X With Preview Osxdaily

How To Flip An Image In Adobe Photoshop 8 Steps With Pictures

Adobe Photoshop Express Photo Editor Collage Maker Apps On

How To Crop Images In A Circle Shape With Photoshop

Cara Memotong Objek Dengan Cepat Di Photoshop

Mudah Cara Crop Foto Di Photoshop Cs4 Cs5 Cs6

Cara Crop Gambar Menyesuaikan Bentuk Di Photoshop


0 Response to "Cara Crop Gambar Di Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel