Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013



Bank Soal Bahasa Inggris Smp Kelas 8 Semester 1 2 Dan Pembahasan

SOAL PAT (UKK) BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP/MTS KURIKULUM 2013

Latihan Soal PAT (UKK) BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013. Sebagaimana di ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) sekarang sudah diganti dengan PAT atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap. Jadi silahkan konfirmasikan kepada guru kamu apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan tersebut.
Berdasarkan ketentuan tersebut maka materi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau PAT (Penilaian Akhir Tahun) Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 atau Soal Latihan PAT (UKK) BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 adalah Materi atau Kompetensi dasar yang diajarkan pada semester genap. Adapun meteri Bahasa Indonesia yang diajar di kelas 8 pada semester genap antara lain tentang Teks eksplanasi, Teks Ulasan, Teks Persuasi, Drama.
New Latihan Soal PAT PPKN Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
New Latihan Soal PAT PAI Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
New Latihan Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
New Latihan Soal PAT Matematika Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
New Latihan Soal PAT IPA Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
New Latihan Soal PAT IPS Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
New Latihan Soal PAT Bahasa Inggris Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
New Latihan Soal PAT Penjas (PJOK) Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
New Latihan Soal PAT Prakarya Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
New Latihan Soal PAT Seni Budaya Kelas 8 (VIII) SMP-MTS Kurikulum 2013 Tahun 2020 (Disini)
Berikut ini kumpulan contoh latihan Soal PAT (UKK) BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013
Berilah tanda silang (X) pada lembar jawaban A, B, C, D yang dianggap benar.
1. Dibawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah ….
2. Jika Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana, maka uraiannya akan bersifat …..
3. Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi  adalah …
4. Teks eksplanasi bertujuan …
a. menyatakan hasil laporan observasi
c. menyajikan informasi berupa fakta secara jelas kepada pembacanya
d. menjelaskan langkah-langkah dalam menghasilkan suatu hal
Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 5 – 6!
Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.
5. Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari …
a. Kronologis (urutan peristiwa)
Jawaban C (bahasan tentang teks eksplanasi)
6. Pada teks eksplanasi di atas terdapat kata yang menjadi penunjuk waktu. Kata tersebut ialah …
7. Perhatikan kutipan teks berikut ini
Semua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotrof. Sebagai produsen, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain, yaitu konsumen.
Penggambaran rangkaian kejadian dalam kutipan teks di atas disusun dengan pola
8. Perhatikan kutipan teks berikut ini
Otak anak-anak menyerap radiasi ponsel dua kali [...] banyak [...] orang dewasa. Radiasi ponsel memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan terutama anak-anak, [...] temuan penelitian tersebut belum final. Ada baiknya [...] kita menjauhkan ponsel dari anak-anak sejak dini.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
a. Sama, dengan, untuk, kalau
b. Lebih, daripada, bagi, jika
c. Sama, dengan, kepada, apabila
d. Lebih, daripada, meskipun, jika
Jawaban: D (bahasan tentang konjungsi)
9. Cermati kutipan berikut! 
Beberapa kawasan di Kalimantan Tengah masih tertutup kabut asap, [...] Pemerintah sudah menurunkan hujan buatan untuk mengurangi ketebalan kabut. Kabut asap yang terjadi di Kalimantan Tengah dan menutupi beberapa negara tetangga menunjukkan [...] sistem pembakaran untuk pembukaan lahan baru masih buruk [...] tidak segera diantisipasi, dampak kabut asap akan semakin meluas.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....

b. walaupun, bagi, bilamana
d. walaupun, karena, seandainya
Jawaban: C (bahasan tentang konjungsi)
10. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi adalah …
a. simpulan / intisari dari gagasan yang dibahas
b. konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
c. peryataan tantang topik yang sedang dibahas
d. informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topic
11. Urutan struktur teks ulasan yang benar adalah …
a. Orientasi -  Identitas karya -  Sinopsis -  Analisis -  Evaluasi
b. Identitas karya -  Orientasi -  Sinopsis -  Analisis -  Evaluasi
c. Identitas karya -  Orientasi -  Sinopsis -  Evaluasi - Analisis
d. Orientasi -  Identitas karya -  Sinopsis -  Evaluasi - Analisis
12. Berikut unsur identitas/data buku,kecuali...
13. Cermati kutipan berikut! 
Sejak awal sudah muncul tebakan seputar ke mana alur cerita akan berjalan, mungkin karena formula yg digunakan terasa begitu akrab bagi penonton film Indonesia. Tentunya formula mujarab ini tidak berhenti sampai sini. Konon sederet film – film adaptasi berpola sama diluncurkan tahun 2012 ini. Setidaknya keakraban 6 sekawan “Negeri 5 Menara ” masih sangat nikmat untuk diikuti meski formula filmnya sendiri sudah terlalu familiar.
Struktur teks di atas bagian dari …
14. Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Aspek menarik patut dicatat adalah kesadaran Raditya Dika terhadap plot film sebagai entitas berbeda dan merdeka dari jajahan sumber adaptasinya. [.....] Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli cerita sampai tataran karakterisasinya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.
Kalimat tepat untuk melengkapi ulasan/resensi rumpang tersebut adalah....
A. Dika ingin semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh.
B. Dika memisahkan beberapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan dalam pembuatan film.
C. Semua unsur canda dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak utuh. 
D. Dika merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita terjaga.
E. Semua komedian, termasuk Dika, menyadari bahwa mengulang-ulang guyonan tidak akan membuatnya bertambah lucu.
15. Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Buku Remaja Membangun Kepribadian menarik untuk dibaca semua kalangan. Buku Remaja Membangun Kepribadian memiliki ciri khas dibandingkan buku lain psikologi remaja. Gaya bahasa penulis mudah dipahami oleh pembaca. [....] Sebagian besar buku psikologi remaja menyampaikan gagasan secara berbelit-belit.
Kalimat tepat untuk melengkapi resensi rumpang di atas adalah....
a. Berbagai jenis kecerdasan dan kemampuan dalam diri manusia dapat digunakan untuk mengembangkan diri.
b. Tidak hanya itu, pembahasan dalam Buku Remaja Membangun Kepribadian singkat sehingga pembaca mudah memahami maksudnya.
c. Dalam buku ini dibahas visi dan misi yang harus ada dalam setiap diri manusia agar dapat mengembangkan potensinya.
d. Gambar ilustrasi yang digunakan masih kurang sehingga memungkinkan terjadinya kepenatan pembaca.
16. Teks yang tidak termasuk dalam kategori ulasan adalah ....
17. Bagian terakhir dalam menyusun teks ulasan adalah …………
a.   Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi buku.
b.   Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
c.   Merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku itu secara keseluruhan.
d.   Membuat saran-saran untuk pembaca
18. Perhatikan kutipan kalimat berikut!
Hasan merasa  bahwa  semua itu terjadi karena perbuatan Anwar. Ia menaruh dendam kepada Anwar dan berniat membunuhnya.
Kata bahwa dalam kutipan di atas konjungsi ….
19. Perhatikan kutipan kalimat berikut!
Lama-kelamaan Hasan cemburu  karena  hubungan Kartini  dengan Anwar semakin dekat.
Kata karena dalam kutipan di atas konjungsi ….
20 . (1) Suatu hari di sekolah diadakan diskusi bertema "Pengaruh rokok terhadap kesehatan". (2) Moderator mempersilakan pemrasaran, pemrasaran berpendapat bahwa rokokmerupakan teman akrab yang merugikan bagi pengisap atau pencandu. (3) Sebab dengan merokok, kesehatan kita dirongrong pelan-pelan sehingga nantinya dapat mengurangi usia kita. (4) Di samping itu, menambah pengeluaran yang seharusnya ditabung untuk hari esok. (5) Oleh karena itu kurangi atau berhentilah merokok! 5) Kalimat persuasif dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
21. Bacalah paragraf berikut ini !
Kebersihan sangatlah penting untuk dijaga. Karena dengan kebersihan, akan tercipta kesehatan. Sebaliknya, jika kita tidak menjaga kebersihan, maka penyakit akan mengintai kita. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kebersihan dengan cara membersihkan lingkungan sekitar kita.
Paragraf di atas termasuk ke dalam jenis paragraf ?
22. Urutan struktur teks persuasif yang tepat adalah …
a. Pengenalan isu -  Ajakan-ajakan -  Rangkaian argument -  Penegasan kembali
b. Pengenalan isu -  Rangkaian argument -  Ajakan-ajakan -  Penegasan kembali
c. Pengenalan isu -  Rangkaian argument -  Penegasan kembali -Ajakan-ajakan
d. Rangkaian argument -  Pengenalan isu -  Ajakan-ajakan -  Penegasan kembali
Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal no 22 – 23 :
 (1) Sebagai seorang sastrawan, pekerjaan Djenar Mahesa Ayu menulis novel atau cerita pendek. (2) Dari karya tersebut tentu pembaca memproleh berbagai manfaat. (3). Penyajian pesan penulis sastra halus dan sopan. (4) Hasil penulisannya jarang menimbulkan hal-hal yang berbau SARA (5) Oleh karena itu, novel Djenar Mahesa Ayu diajurkan untuk dibaca.
22. Kalimat persuasive dalam kutipan di atas di tandai dengan nomor ..
23. Kalimat fakta dalam paragraf  tersebut di tandai dengan nomor…..
24. Rangkaian peristiwa dan konflik yang menggerakkan jalan cerita disebut….
25. Tokoh yang tidak mengalami perubahan karakter dari awal hingga akhir dalam dalam suatu drama dinamakan …
26.    Yoga:    kamu sudah degar berita tentang Rury?
Pohan:   belum, memang ada apa dengan Rury?
Yoga :    Kemaren ia jatuh dari pohon mangga Kakinya patah dan sekarang dirawat di rumah sakit.
Danu :    ah, biarkan saja biar dia tahu rasa kerena mengambil mangga orang
Watak tokoh Yoga pada kutipan drama tersebut adalah….. a.    tidak peduli.
27.    Munawardi    :    Toloong ada yang mau jahat kepada saya
Orang-orang:    Mana…..mana orangnya ?
Dudi :    Ayo kita haajar biar kapok !
Kurdi:    Jangan…..jangan ! Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti watak Kurdi dalam kutipan  drama tersebut bijaksana adalah…..
a.    Dia mau membantu orang yang berbuat jahat
b.    Dia membertahukan orang yang berbuat jahat
c.    Dia mengajak orang orang untuk menghajas perampok
d.    Dia mengingatkan orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.
28.  Tokoh penentang disebut juga….
30. Berikut yang bukan unsur intrinsik drama adalah….
31. Bagian pertama yang dicantumkan pada format ringkasan isi buku nonfiksi adalah....
32. Perhatikan data daftar pustaka berikut!
Penulisan daftar pustaka yang tepat yaitu denga urutan nomor....
32.     Perhatikan wacana berikut ini!     
Buku ini berjudul Matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk SMA dan MA kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran   matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S, dimana dalam buku ini, siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath dan siapa berani.
Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik.Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa.Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Kutipan resensi di atas memaparkan tentang ...
a. Identitas buku dan Ikhtisar isi buku
b. Ikhtisar isi buku dan kekurangan buku
c. Identitas buku dan kelebihan buku
d. Ikhtisar isi buku dan kelebihan buku
33.  Perhatikan wacana berikut ini!  
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halaman 47, Bab IV berisi “Melejitkan Potensi Diri” tertulis pada halaman 73. Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kretivitas, Bab VI membahas tentang “Budaya Daerah”. Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas tentang “Menguasai Ilmu Pengetahuan”, Bab VIII membahas tentang “Kegiatan Berkesan”. Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang.
Kutipan resensi di atas memaparkan tentang ...
C. Kelebihan dan kekurangan buku
34.   Perhatikan wacana berikut ini!
 Selain itu, semua tulisan yang terdapat dalam buku ini mempunyai banyak manfaat yang akan kita peroleh jika kita membacanya. Akan terlihat buku ini sangat kaya cakupannya. Bahasanya mudah dimengerti dan mudah untuk dipahami. Dalam buku ini banyak manfaat yang akan kita peroleh, seperti kompos yang bermanfaat bagi penyuburan tanah, penggemburan tanah, pengisian pot tanaman, mengurangi pencemaran lingkungan dan menambah pendapatan.
Buku di atas membahas bidang ...
c.  Wirausaha di bidang tanaman dalam pot
d.  Teknik melestarikan lingkungan
35.   Perhatikan wacana berikut ini!
Di dalam buku ini terdapat berbagai keterampilan dasar dalam bercocok tanam. Seharusnya anak – anak itu sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaaat jika anak itu sendiri sering membaca buku ini dan berbagai buku pengetahuan lainnya. Mereka akan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga dapat memanfaatkan buku ini sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari.
Paragraf di atas memaparkan tentang ...
c.  Kesesuaian kelompok umur pembaca
36.  Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Pemkab Temanggung memprediksi lahan tanaman tembakau di wilayah itu pada masa tanam 2018 akan mencapai 13.000 hektar, yang tersebar di 14 kecamatan.
Kalimat di atas mengandung unsur-unsur fakta ...
A.    tokoh, tempat, waktu, kejadian
B.    waktu, kejadian, alasan, tempat
C.    peristiwa, waktu, alasan, tempat
D.    alasan, waktu, kejadian, tempat
37.  Perhatikan kutipan cerpenberikut ini!
 (1) Ketika itu pula ibu menceritakan bahwa kakanya Narothama lulus sebagai letnan muda dan dua minggu lagi akan diwisuda. (2). Suasana keluarga menjadi ceria mendengar kabar itu. Sambil bekerja tak henti-hentinya mereka memebicarakan Narothama. (3). Santi mewaili keluargana untuk menghadiri wisuda. (4). Malam keberangkatan santi tidak dapat tidur nyenak, banyak yang direncanakan dan yang diharapkannya.
Bukti suasana yang harap-harap cemas dan gelisah pada kutiban cerpen tersebut adalah pada kalimat nomor ……..
38.    Perhatikan kutipan cerpenberikut ini!
Dua minggu setelah telegram dari Imam datang pula wesel dan surat dari santo, ibu sangat bangga sampai meneneskan air mata bahagia ibu menyatakan pada anak-anak nya agar tetap hidup seperti apa yang dilakukan selama ini.  Jangan congkaka karena kakak mereka banyak membantu.
Pesan atau amanat yang terkandung dalam cuplikan cerpen tersebut adalah…..
a.    Hidup ini hendaknya penuh prihatin dan dijalani apa adanya.
b.    Dalam hidup ini harus menunjukan kemampuan pada oranag lai .
c.    Dalam memberikan bantuan harus iklas
d.    Hendaknya tetap hidup dalam kesederhanaan.
39. Perhatikan kutipan cerpen berikut ini!
(1) Wulan heran, mengapa lelaki itu begitu baik mau membayarkan ongkos busnya. Padahal wualn tidak kenal sama sekali. (2). “Astaga , jangan-jangan……” melintas pikiran buruk dibenaknya, (3) jangan-jangan leleki itu amau menculiknya, dia membayariku supaya dia tidak curiga kepadanya.” (4). Jantung wulan kembali berdegup kencang. (5). Baru kemarin , ia  membaca tentang penculikkan anak-anak .(6). Seingat wulan lelaki itu juga dari sekolahnya.
Pesan tersirat dari kutiban cerpen tersebut adalah….
a.    kita harus mencurigai seseorang yang belum kita kenal
b.    kita harus waspada di setiap kesempatan.
c.    Kita tidak bisa membedakan orang baik dan orang jahat.
d.    Kita harus berbuat kepada siapa saja
40.  Perhatikan kutipan cerpen berikut ini!
Bacalah penggalan cerpen  berikut dengan saksama! …….Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebun keliling seperti dia. Dua hari yang lalu itu kukemas pakaian-pakaian bekas anak-anak yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian tua milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan kepadanya, disamping upah yang dia terima. Kami sebenarnya bukanlah orang yang mampu. Tapi kebiasaan seperti itu telah ditanamkan orang tuaku  sejak aku masih kecil.

(Malam Takbir, Hamsat Rangkuti)

Sudut pandang pengarang dalam penggalan cerpen diatas adalah…
a.    Orang pertama sebagai pelaku utama
b.    Orang pertama sebagai pelaku sampingan
d.    Orang ketiga sebagai pengamat
41.   Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Monpera atau monumen perjuangan rakyat merupakan salah satu bangunan ke banggaan warga palembang betapa tidak monumen yang memanjang patung bururng garuda di dinding depanya ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat sumantara selatan melawan penjajah pada masa fisikyang dikeel dalam Pertempuran Lima Malam, di sinilah basis para pejuang menggalang kekuatan dalam pertempuran. Melawan penjajah belanda.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah…..
a.    pemanjang patung garuda pada Monpera
b.    bangunan kebanggaan warga Palembang
c.    perjuangan rakyat sumanterselatan dalam monpera
d.    penaggalangan rakyat palembang dalam monpera
42.  Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Pasar jamu dan obat tradisional di sejumlah Negara ASEAN masih sangat terbuka lebar. Termasuk di antaranya negara Malaysia dan Singapura yang masyarakatnya tergolong gemar mengonsumsi jamu dan obat tradisional. Produsen jamu asal Indonesia dengan dukungan tanaman obat melimpah, sangat berpotensi mengembangkan sayap ke berbagai negara dunia, termasuk kawasan ASEAN.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah……..
a.    Negara Malaysia dan Singapura gemar mengonsumsi jamu.
b.    Pasar jamu dan obat tradisional masih sangat terbuka lebar.
c.    Indonesia sebagai produsen jamu.
d.    Indonesia terdapat banyak tanaman obat.
43. Mereka melaksanakan daripada kegiatan rutin yang sering dilaksanakan setiap tahun.
Bagian kalimat yang menyebabkan ketidak efektifan kalimat tersebut adalah….
44.    (1). Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam laut yag dapat memancing keindahan wisatawan  yang mendambakan suasana nyaman tenang dari hiruk pikuk kota. (2). Khusus bagi mereka yang hobi menyelam . Pantai Nusa Penida merupakan aqurium alam seukuran raksasa. (3). Pantai penida, tempat yang cocok untuk berternak penyu.
Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat perbaikan terhadap nomer 3 adalah….
a.    Pantai Nusa Penida tidak jauh dari kota
b.    Pantai Nusa Penida tempat meneliti tempat luas.
c.    Pantai Nusa Penida segera dibangun sebagai tempat riset.
d.    Pantai Nusa Penida tempat yang tepat bagi yang menyukai wisata
45. Peristiwa berebut air bersih sering terjadi pada saat musim kemarau, …. hal ini terjadi semakin minimnya jumlah air bersih yang ada disumur-sumur.
Isilah bagian yang rumpang itu dengan memberikan konjungsi….
46.    Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah…
a. Indonesia terus bekerja keras untuk memajukan teknologinya.
b. Penulis sudah pernah mengkaji hasil penelitiannya dengan seksama.
c. Indonesia belum juga menemukan langkah konkret untuk mengatasi masalah pengangguran.
d. Untuk menjaga kedaulatannya, Indonesia menambah kuantitas Armada di Kawasan Ambalat.
47.        Pada era global, sumber daya manusia (SDM) andai merupakan kebutuham yang mendasar. Usaha untuk mendapatkan (SDM) andal dapat dilakukan melalui berbagai cara misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar atau kegiatan sejenis, cara yang efektif untuk menghasilkan SDM andal yaitu melalui jalur pendidikan dengan mengikuti pendidikan tertentu. Seseorang dapat belajar berdasarkan kurikulum yang terprogaram dan hari efektif yang pasti.
Simpulan tersirat dari paragraf tersebut adalah…..
a.   Pada era global, sumber daya manusia (SDM) andai merupakan kebutuham yang mendasar.
b.   Jalur pendidikan dianggap lebih efectif untuk menghasilkan SDM andal.
c.   SDM andal dapat dilakukan melalui berbagai cara antara cara pendidikan dan  pelatihan.
d.  SDM yang andal menjadi kebutuhan mendasar bagi setipa negara baik negara maju dan berkembang.
48.        Musik berirama dangdut banyak penggemarnya dewasa ini. Jenis musik tersebut tidak hanya di senangi oleh masyaraakat pedesaaan tatapi juga masyarakat perkotaan. Oleh sebab itu tidaklah berlebihan jiak semua stasiun TV yang ada di negeri ini memprogramkan paket khusus penayangan musik berirama dangdut meskipun dengan jam tayang yang berbeda-beda. Banyak pengusaha rekaman memanfaatkannya.
Rangkuman yang tepat untuk paragraf tersebut adalah…..
a.    Musik dangdut digemari berbagai kalangan sehingga di programkan oleh stasion televisi.
b.    Musik dangdut berkembang pesat berkat pengusaha rekaman serta  stasion televise
c.    Kini penggemar musik dangdut masyarakat pedesaan, tetapi juga masyrakat perkotaan.
d.    Masyarakat pada umumnya senang tayangan musik dandut karena mudah dinikmati.
49.  Bagian akhir cerita yang menggambarkan penyelesaian atas konflik-konflik yang dialami para tokohnya disebut …
50.    Perhatikan pernyataan berikut
(2) Menarik untuk ditonton
(4) Bertujuan untuk dipentaskan.
(5) Ditayangkan melalui TV
Ciri utama drama ditunjukkan nomor …
Latihan Soal PAT (UKK) PAI Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) PPKn (PKn) Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) IPA Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) IPS Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Matematika Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Inggris Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Seni Budaya Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Penjasorkes Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Prakarya Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Demikian info tentang Soal Latihan PAT / UKK Bahasda Indonesia Kelas VIII (8) SMP/ MTS Kurikulum 2013, semoga bermanfaat. 

Blog, Updated at: 9:17:00 PM

Gallery Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal Uts Bahasa Inggris Semester 2 Smp Kelas 7 Belajar

Prota Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp Mts K13 Revisi 2019

Soal Ukk Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013

Buku Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp Mts Kurikulum 2013

Evaluasi Ulangan Umum Lengkap Smp Kelas 8 Kurikulum 2013

Lengkap 40 Contoh Soal Uas Bahasa Inggris Kelas 8 Smp Mts

Pdf Kunci Jawaban Intan Pariwara Kelas 12 Bahasa Inggris

Kegiatan 8 4 Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Operator

Soal Dan Kunci Jawaban Pat Bahasa Indonesia Smp Kelas 8

All Categories Dearcrise

Blog Archives Totalgoo

Naskah Soal Uts Kelas 7 Bahasa Inggris

Soal Pts Uts Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp Mts Semester 2

Soal Pat Ukk Kelas 8 K13 Tahun 2019 Beserta Jawabannya

Soal Pts Pai Smp Kelas 8 Semester 2 Jawaban Youtube

Buku Bahasa Indonesia Kelas Vii 7 Kurikulum 2013 Revisi

Kkm Bahasa Jawa Smp Kelas 8 Kurikulum 2013 Kurikulum Belajar

Promes Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp Mts K13 Revisi 2019

Soal Bahasa Inggris Kelas 2 Sd Mi Pg Essay 2020 Semester 1 2

Buku Bahasa Inggris Kelas 8 Revisi 2017

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Bab 6 Portal Edukasi


0 Response to "Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel