Materi Kultum Singkat Yang Menarik



70 Contoh Materi Kultum Dan Ceramah Ramadhan Singkat Edisi

42 Kultum Ramadhan Terbaru 2019, Singkat, Padat dan Jelas !

Kultum Ramadhan 2019 - Seperti yang kita ketahui pada umumnya sebelum berbuka puasa kita dibiasakan untuk mendengarkan kultum, baik itu kultum untuk bulan puasa yang lucu ,singkat , jelas, padat dan terbaik. Untuk itu jika kalian adalah salah satu orang yang mendapatkan kesempatan untuk memberikan kultum di bulan ramadhan ini. Dibawah ini sudah saya siapkan berbagai macam materi kultum terbaik yang singkat , padat dan jelas, yang cocok untuk pemula dan bisa kamu bawakan secara lucu ataupun sesuai yang kamu inginkan.

Apa itu Kultum ?

Jujur saja kalian pasti sering sekali mendengar kata-kata kultum saat di masjid ketika ustadz ,ulama, iman ataupun dai ketika menyampaikan sesuatu kepada jamaahnya. Pasalnya kata kultum masih awam saya dengar di konteks yang lain. menurut beberapa sumber yang saya dapat di internet kultum ialah penyampaian ajaran keagamaan yang di batasi oleh tempo waktu yang singkat ataupun tertentu. Maklum saja pasalnya dalam penyampaiaan resmi layaknya pidato, khotbah dan sejenisnya , terlebih lagi di indonesia masih jarang sekali mereka mampu menyampaikannya dalam waktu yang singkat. Kebali ketopik utama tentang kultum , Kata ini terdiri layaknya singkatan yang mirip seperti kata rudal yang pasti tak akan pernah lagi kamu kenali, jika mereka menyebutnya "peluru kendali" Nah jadi kepanjangan dari kultum itu sendiri ialah kuliah tujuh menit, meskipun ia berasal dari kata kuliah yang mempunyai hubungan sebagai layaknya pengajar (dosen) di kampus/ universitas, kata kultum tidak di gunakan dalam konteks perkuliahan.
Jadi kata ataupun kalimat kultum ini hanya digunakan dalam konteks pengajian.
Oh iya walaupun namanya kuliah tujuh menit , tentu saja ia tidak harus berdurasi 7 menit , bisa saja 5 menit atau bahkan lebih dari 7 menit pasalnya tak mudah dalam mnyampaikan sesuatu yang singkat, padat dan jelas dalam waktu yang cepat. nah setelah mengetahui apa itu kultum pendek mari kita lanjut ketopik utama , yaitu contoh materi kultum singkat yang menarik dan kultum terbaik dan lucu yang sudah saya siapkan di bawah ini

Contoh Materi Kultum Tentang Bulan Ramadhan 2019

Materi Kultum yang saya bagikan di bawah ini berupa file yang berformat PDF, jadi untuk membacanya kamu bisa mengeklik salah satu judul dibawah ini dan mendownloadnya lewat google drive. Sebagai bonus , sudah saya siapkan dibawah ini cara ceramah / kultum yang baik dan benar

Cara Menyampaikan Ceramah ataupun Kultum Untuk Pemula

- Ceramah Ramadhan Singkat dan Lucu Terbaru Sebagai pemula ataupun seseorang yang baru pertama kalinya menyampaikan kultum ramadhan, tentu kita akan dibuat deg-degan ataupun gugup. maka dari itu belajar cara menyampaikan materi kultum singkat yang baik dan benar sangat diperlukan , agar contoh meteri kultum yang kalian buat dapat dimengerti oleh semua orang.

1. Strategi Kultum Dalam bentuk Gambar

Sebelum kalian menyampaikan kultum , persiapkanlah strategi dalam membuat wacana sesuai materi yang akan disampaikan. Mirip dengan teknik ekstemporan pidao, yaitu pidato standar yang menggunakan kerangka pidato. Ringkasan materi dari kultum yang ingin kalian sampaikan bisa seperti ini.

A. Pembuka

pada tahapan pembuka ini hal yang perlu kalian persiapkan ialah salam pembuka kepada setiap jemaah yang hadir, tanyakan jelas bagaimana individu kultum dan ucapan terimakasih karena sudah diberi kesempaan untuk memberikan kultum.

B. Pengantar Materi Kultum

Pada kerangka ini , bisa kamu isi judul kultum, konten, dan rlevansi dari materi yang akan kamu bahas.

C. Materi Kultum / Bahan inti

Pada kerangka ini berisi semua ide pokok ataupun konsep ituama dari apa yang ingin kamu sampaikan kepada para jemaah.

D. PENUTUP

Nah di kerangka ini kalian harus menyiapkan kalimat penutup dengan relevansi dari materi yang telah kamu sampaikan

2. Cari Bahan Bantuan Kultum Tentang Bulan Puasa 2019

Pada cara kedua ini harus kita gunakan sebagi wawasan tambahan , sebagai pemberi kulum

3. Berdakwahlah Sesuai Apa yang Ada di Dalam AL-QURAN

kita tidak boleh mengejek,menghina dan memaki agama lain dan baiknya kita saling menghargai walaupun berbeda kepercayaan (agama) [QS. Al Anam 6:107-108] Dan apa bila jika ingin berdakwah maka berdakwahlah dengan cara yang baik [QS. An Nahl 16:125]. Gunakanlah bahasa jelas dan gampang dipahami oeleh mereka [QS. Ya Sin 36:17] Tidak boleh memaksa [QS. Al Baqarah 2:256] , Pasalnya kwajiban seorang muslim hanyalah menyampaikan pesan allah swt yang ada di dalam Al-Quran dan jika mereka tidak mau beriman tidak bleh ngotot QS. Al Anam 6:91]

4. Jangan Terlalu Terpaku dengan Materi

Jika kalian berceramah dan selalu membaca text ataupun materi yang sudah kalian siapkan jauh-jauh hari pasti ceramah akan terasa membosankan dan akhirnya terkesan tidak natural. jadi solusinya ialah cukup pahami ide-ide poko yang ada di materi kamu , lalu sampaikan sesuai gaya bahasa kamu sendiri , dengan bigitu ceramah akan mengasikkan dan tidak membosankan

5. Jangan Berdiri Statis

Saat kalian sedang melakukan ceramah jangan pernah kalian hanya berdiri di satu tempat saja, pasalnya jika kamu hanya berdiri statis audience tidak akan memperhatikanmu , maka dari itu untuk merebut perhatian audience kamu perlu bergerak ke kiri, kanan , atas dan bawah

6.  Berinteraksi dengan Audience

Janganlah kamu berceramah layaknya sedang menceramahi batu ataupun dinding yang hanya diam saja, pasalnya yang ada di hadapan kamu itu adalah manusia yang bisa merespon dan brinteraksi secara langsung. Kamu bisa menanyakan apa kabar, kalaupun sedikit yang merespon tidak apa-apa pasalnya bisa diulangi lagi sapaannya.

7. Buatlah Audience Tertawa

Dalam melakukan ceramah ataupun kultum singkat janganlah terlalu serius , pasalnya jika kamu terlalu serius dapat dipastikan audience akan merasa bosan dan ngantuk. Bahkan lebih parahnya lagi mereka tidak akan mendengarkan materi kamu , maka ada baiknya kamu menyiapkan sedikit materi kultum yang lucu, yang bisa kamu gunakan untuk menyisipkan sedikit candaan untuk mengatasi rasa bosan ataupun ngantuk.

PENUTUP

Nah jadi itulah beberapa Materi kultum singkat yang menarik, yang bisa kamu gunakan sebagai bahan refrensi kamu dalam menyampaikan ceramah tentang bulan puasa di tahun 2018 ini, mohon maaf jika terjadi banyak kesalahan dalam penulisan kata ataupun huruf yang saya buat di artikel materi kultum ramdhan 2019. Pasalnya saya bukan orang yang ahli dalam agama , namun semua informasi yang saya bagikan di artikel ini, saya kutip dari berbagai macam website terkenal yang insyallah dapat dipercaya. Dan jika ada kesalahan informasi dari materi ceramah ramadhan 2019 ini harap berkomentar di kolom komentar yang sudah saya sediakan agar dapat segera saya perbaiki.

Gallery Materi Kultum Singkat Yang Menarik

15 Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa Singkat Krama Inggil

Kumpulan Kultum Dan Ceramah Khutbah Jumat Singkat Apps On

Contoh Kultum Singkat Tentang Syukur Materi Kultum Singkat

Contoh Pidato Singkat Visi Misi Calon Ketua Osis

7 Contoh Khutbah Jumat Singkat Dalam Berbagai Tema Lengkap

Kultum Khitbah Dan Ta Aruf

Kultum Ramadhan 3 Obat Untuk Penyakit Hati Konsultasi

Materi Kultum Singkat Dan Menarik Latihan Soal Dan Materi

Materi Kultum Singkat Yang Menarik Berhari Raya Bersama

Materi Kultum Singkat Untuk Remaja Padat Jelas 2020

Bacaan Doa Sholat

Kultum Singkat Ramadhan Keutamaan Sholat Dhuha Zonakeren Com

10 Kumpulan Kultum Ramadhan 2019 Terbaik Singkat Padat

Ceramah Agama Archives Page 6 Of 10 Ngaji Id

Materi Kultum Singkat Tentang Pacaran Docx Materi Kultum

Kultum Ramadhan Menjalin Cinta Abadi Dalam Rumah Tangga

Kultum Bahasa Inggris Dan Indonesia Dengan Judul Akhlaq

Doc Kumpulan Kultum Ceramah Singkat Pengajian Tpa Desa

Kultum Ramadhan Singkat Jelas Untuk Tarawih 30 Hari

Hj Docx Kumpulan Materi Kultum Singkat Yang Menarik Tips

Kultum Ramadhan 3 Obat Untuk Penyakit Hati Konsultasi

Kumpulan Contoh Kultum Singkat Terbaik Sepanjang Masa

Doc Materi Kultum Ramadhan 3 Obat Untuk Penyakit Hati

Kumpulan Contoh Kultum Singkat Terbaik Sepanjang Masa

Download Kultum Singkat Ramadhan 2019 Tarawih Subuh Puasa


0 Response to "Materi Kultum Singkat Yang Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel