Cara Membuat Laporan Keuangan Di Excel



Cara Cepat Membuat Laporan Kas Di Excel Jagoan Excel

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana dengan Excel

Rumus Excel [.] com - Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial cara membuat laporan keuangan sederhana dengan menggunakan Excel atau istilahnya buku kas sederhana. Saya bilang sederhana karena Laporan keuangan ini hanya terdiri dari beberapa kolom saja yaitu kolom:
    1. No
    2. Tanggal
    3. Keterangan
    4. Debet
    5. Kredit
    6. Saldo
Meski sederhana laporan ini saya kira sudah cukup bagi yang kurang begitu mengerti dengan pembukuan atau akuntasi.Kelebihan laporan keuangan dengan menggunakan Excel adalah pada Saldo akan otomatis bertambah jika kolom debet di isi dan otomatis berkurang jika kolom kredit yang di isi.

Langsung saja kita mulai pembuatan laporan keuangan dengan excel, Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1Buatlah Format Laporan Keuangan seperti gambar dibawah ini:
2Selanjutnya tinggal memasukkan rumus pada kolom Saldo (F4 s.d F13) agar nantinya bisa bertambah dan berkurang secara otomatis. Untuk itu kita akan menggunakan kombinasi Rumus IF, OR dan Rumus SUM.

3Pada kolom F4 masukkan rumus:

=IF(OR(D4<>0;E4<>0);SUM(D$4:D4)-SUM(E$4:E4);0)
Penulisan rumusnya ada yang menggunakan rumus semi ablosut (D$4 dan E$4) jadi perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan dalam penjumlahannya.

Salin atau copy rumus pada F4 ke baris selanjutnya dengan cara drag drop pada Fill Handle-nya atau bisa juga dengan cara copy paste biasa.

4Selanjutnya tinggal memasukkan rumus pada kolom Jumlah, rumusnya adalah:

 - Pada cell D14 masukkan rumus: =SUM(D4:D13)

 - Pada cell E14 masukkan rumus: =SUM(E4:E13)  - Pada cell F14 masukkan rumus: =D14-E14

5Hasilnya seperti gambar berikut ini.

Buku Kas Sederhana Excel Workbook (xlsx)

Sekian tutorial cara membuat laporan keuangan sederhana dengan Excel, Semoga bermanfaat...

Gallery Cara Membuat Laporan Keuangan Di Excel

Membuat Neraca Saldo Dan Laporan Keuangan Madridista7

4 Template Ms Excel Yang Bisa Di Pakai Pengusaha Umkm Untuk

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Pada Excel Excel

Inilah Contoh Laporan Keuangan Excel

Otomatisasi Laporan Keuangan Sederhana Menggunakan Ms Excel

Excel Akuntansi Indonesian Edition Hendra Wijaya

Latihan Membuat Pembukuan Sederhana Menggunakan Excel

Rumus Microsoft Excel Terlengkap Yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Membuat Grafik Laporan Penjualan Sales Per Wilayah

Cara Menyusun Laporan Keuangan Dengan Excel Pivottable

10 Rumus Untuk Membuat Laporan Keuangan Excel

Cara Menggunakan Rumus Microsoft Excel Dalam Membuat Laporan

7 Langkah Menyenangkan Mudah Membuat Laporan Keuangan

Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan Dgn Pembukuan Instan

Pembukuan Sederhana Menggunakan Microsoft Excel

Cara Bikin Laporan Keuangan Lengkap Dengan Rumus Excel

Menghitung Total Data Dalam Tabel Excel Dukungan Office

Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Dengan Excel 2010

Cara Mudah Membuat Aplikasi Form Di Ms Excel

Restaurant Profit And Loss Statement Template For Excel

Cara Mudah Membuat Garis Border Di Excel 2007 Untuk Pemula

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Usaha Kecil Ukm Cara Buat

Otomatisasi Laporan Keuangan Sederhana Menggunakan Ms Excel

Inilah Contoh Laporan Keuangan Excel

Cara Menggunakan Rumus Microsoft Excel Dalam Membuat Laporan

Cara Membuat Pie Chart Grafik Yang Elegan Di Excel


0 Response to "Cara Membuat Laporan Keuangan Di Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel