Membuat Daftar Pustaka Otomatis



Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Ms Word Kang Ghani

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Cukup menyita waktu jika kita harus mempelajari lagi bagaimana cara membuat daftar pustaka. Namun, tahukah anda bahwa Microsoft Word bisa membuat daftar pustaka otomatis? Bahkan bagi seseorang yang sudah lama menggunakan aplikasi pengolah kata ini, mungkin masih banyak yang belum menggunakan fitur ini. Lalu, bagaimana cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word?

1. Menambahkan citasi

Daftar pustaka terdiri dari berbagai referensi yang harus anda tambahkan ketika anda mengutip informasi tertentu. Informasi yang anda dapatkan dari buku, majalah, maupun dari web pun bisa anda masukkan agar makalah atau dokumen apapun yang anda buat lebih relevan yang biasa dinamakan citasi. Jadi, sebelum membuat daftar pustaka, tentu anda harus membuat citasi terlebih dahulu yang menunjukkan bahwa ada informasi tertentu yang diambil dari referensi lain.

Untuk menambahkan citasi di kalimat atau paragraf, klik kalimat atau paragraf yang sudah anda copy atau ambil dari sumber referensi anda. Biasanya, anda masukkan citasi di akhir kalimat atau paragraf. Kemudian, klik tab References (1) > Insert Citation (2) > Add New Source… (3)

Kemudian, isi informasi mengenai sumber referensi anda. Anda tidak perlu mengisi semuanya seperti diatas, hanya yang penting-penting saja seperti tipe sumber referensi apakah informasi tersebut diambil dari buku, web, atau lainnya. Sebagai contoh, penulis memasukkan website sebagai referensi. Masukkan informasi lainnya seperti judul artikel, kapan dibuat, alamat situsnya, dan lain-lain. Jika sudah, klik OK.

Gambar diatas menunjukkan bahwa kalimat atau paragraf tersebut diambil dari citasi yang sudah kita buat.

2. Menambahkan daftar pustaka otomatis

Jika sudah menambahkan citasi, barulah kita bisa membuat daftar pustaka. Untuk membuat daftar pustaka otomatis, klik tab References > Bibliography > dan pilih jenis daftar pustakanya. 

Pada gambar diatas, ada 2 jenis sumber referensi yang penulis gunakan. Yang pertama dari buku dan yang kedua adalah website. Bisa anda lihat bahwa formatnya berbeda sesuai dengan jenis referensinya.

Jika formatnya bukan seperti itu, anda bisa mengubah format atau gaya daftar pustaka dengan cara klik tab References dan pilih formatnya di “Style” seperti gambar diatas.

Pada awalnya, penulis menggunakan format “APA”. Kemudian setelah penulis ganti menjadi “ISO 690”, hasilnya menjadi seperti diatas. Silahkan pilih format daftar pustaka seperti kebutuhan anda.

3. Mengatur sumber referensi

Jika citasi yang anda gunakan semakin banyak, akan sulit mengatur citasi-citasi tersebut. Namun anda tak perlu khawatir, anda bisa mengaturnya dengan mudah. Klik saja “Manage Sources” untuk melakukannya.

Anda bisa menambahkan, mengubah, dan menghapus citasi jika diperlukan serta tersedia juga preview dari daftar pustaka. Ketika anda menghapus citasi, tentu daftar pustaka anda akan di-update.

Bagaimana menurut anda artikel Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word?

Selesai membaca artikel ini, anda sudah mahir membuat daftar pustaka otomatis. Sekarang, anda tidak perlu lagi membuat daftar pustaka secara manual dan mengatur citasi juga bisa lebih mudah. Lalu, apakah anda menyukai fitur Microsoft Word yang satu ini? Apakah ada yang masih belum dipahami? Silahkan tulis pertanyaan atau komentar anda di bawah ya.

Gallery Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Ms Word 100 Rapi

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word 2010

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Ms Word Catatan El

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word 2010

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Ms Word Catatan

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis Dalam Sebuah

2 Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word Gambar

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley

Mendeley Aplikasi Untuk Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Cara Membuat Citasi Dan Daftar Pustaka Otomatis Menggunakan

Tutorial Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word Mitra Kuliah

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Kompasiana Com

Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis Daftar Pustaka Otomatis Dan Diagram Alir Menggunakan Ms Visio

Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka Pada Ms Word 2016 Blog On

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word 2007 2010 Lebih

Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka Pada Ms Word 2016 Blog On

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

8 Contoh Daftar Isi Serta Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word 2007 2010 Lebih

Cara Membuat Daftar Pustaka Yang Benar Secara Otomatis

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Word 2007 2010 Lebih

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Sesuai Eyd Di Microsoft

Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Ms Word 2016

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Ms Word 100 Rapi


0 Response to "Membuat Daftar Pustaka Otomatis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel