Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil



Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Sistem Peredaran Darah

Skema dan Perbedaan Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil

Peredaran Darah Besar dan Kecil – Apa sih skema peredaran darah itu? Ada berapa jenis peredaran darah itu? Dan apa perbedaanya dari kedua jenis peredaran darah? Pasti banyak sekali pertanyaan yang muncul mengenai peredaran darah ini, jangan khawatir berikut penjelasannya. Sebelum jauh membahas mengenai peredaran besar dan besar dan kecil maka simak penjelasan berikut.

Sistem Peredaran Darah

Darah adalah pembawa dari molekul oksigen yang penting, sistem peredaran darah adalah sistem organ yang kompleks menjadi peran utama dan pemasok oksigen, nutrisi ke seluruh sel dan jaringan tubuh. Peredaran darah manusia biasa disebut peredaran darah ganda karena melewati jantung dua kali. Peredaran darah merupakan proses penting dalam memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh.

Dengan adanya peredaran darah tubuh memperoleh zat – zat yang dibutuhkan, dam bisa membuang zat – zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh supaya tidak berbaya bagi tubuh. Selain itu peredaran darah juga dapat mengontrol suhu tubuh dan menuebarkan hormon kepada organ yang membutuhkannya.

Jika peredaran darah berjalan dengan baik itu karena adanya bantuan dari jantung, jantung akan memompa darah ke semua bagian tubuh. Biasanya denyut jantung berdenyut sekitar 72 denyut permenit. Denyut ini melemah seiring bertambahnya umur. Saatnya pembahasan sudah sampai pada topic utama yaitu tentang skema peredaran darah berikut ulasannya.

Skema Peredaran Darah Besar dan Kecil

Berikut penjelasan mengenai skema peredaran darah besar dan kecil. Berikut penjelasnnya bisa dilihat pada gambar di bawah :

  1. Peredaran darah kecil bisa disebut dengan peredaran darah pendek karena peredaran darah dari jantung mengankut karbondioksida ke paru – paru agar dilepaskan ke udara lalu mengambil oksigen kemudian diangkut ke jantung. Secara singkat skema peredaran darah kecil yaitu jantung – paru – paru – jantung serambi kiri.
  2. Peredaran darah besar disebut dengan perdara panjang karena peredaran yang berasal dari jantung yang banyak mengandung oksigen dan sari makanan di sebarkan kesemua tubuh kecuali paru – paru dan kembali lagi ke jantung yang membawa karbondioksida. Secara singkat skema peredaran darah kecil yaitu jantung bikik kiri – seluruh tubuh – jantung serambi kanan.

Setelah membahas mengenai skema peredaran darah besar dan kecil, berikut penjelasan mengenai cara kerja jantung sebagai berikut :

  1. Saat serambi kiri dan serambi kanan mengembang, sehingga darah dari pembuluh balik atau vena akan menuju ke serambi.
  2. Saat serambi kiri dan serambi kanan menutup, sehingga bagaian bilik akan mengembang. Lalu darah dari serambi akan masuk menuju bilik.
  3. Apabila bilik kiri dan bilik kanan menutup, sehingga dara keluar dari bilik lalu menuju ke pembulh Aorta.

Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil

Perederan darah dibedakan menjadi dua peredaran darah kecil dan besar berikut penjelasnnya.

Peredaran darah kecil adalah peredaran yang berasal dari jantung ke paru – paru lalu kembali lagi ke jantung.

Peredaran darah besar adalah peredaran darah yang berasalah dari jantung kemudian keseluruh tubuh lalu kembali lagi ke jantung.

Itulah penjelasan mengenai dua peredaran darah kecil dan besar sekaran berlanjut membahas sistem peredaran darah besar dan kecil sebagai berikut :

  1. Sistem peredaran darah besar

Sistem peredaran darah besar dimulai dari jantung bilik kiri nanti akan mengeluarkan darah yang mengandung oksigen kemudian diberikan kepada oarta. Oarta kemudian oarta akan mengalirkan darah kepada arteri bagian atas dan arteri bagain bawah. Saat pross ini jantung memompa sangat kuat agar memberikan tekanan lebih pada darah, tekanan ini dibantu denyutan otot arteri. Yang akan terjadi selama perjalanan darah di saluran ini.

Setelah selalu darah mengerjakan tugasnya yaitu menyebarkan oksigen ke organ di dalam tubuh dengan baik, kemudian daran memasuki arteriol kemudian menuju pembuluh kapiler. Di pembuluh darah kapiler darah mengandung oksigen akan bertukar dengan darah yang mengandung karbondioksida, lalu darah masuk ke saluran venul dan mengalir di vbena.

Pada vena bagian bawah dan bena bagian atas kemudian bertemu di vena cava memasuki serambi kanan dan berjalan lagi menuju bilik kanan melalui katup tricuspid, sedangkan karbondioksida dari sel menyebar di dalam darah. Saat pertukaran gas dibantu oleh kapiler kecil yang mengelilingi sel – sel tubuh.

  1. Sistem peredaran darah kecil

Sistem peredaran darah keil berawal dari bilik kanan jantung,bilik kanan mengeluarkan darah melalui arteri pulmonal memiliki cabang yang mempunyai nama arteriol. Pembuluh darah ini adalah penghubung antar anteri pulmonan dan pembuluh darah kapiler di paru – paru.

Darah yang mengalir melalui pembuluh ini menuju jantung saat sudah di jantung, jantung mengeluarkan karbondioksida dengan bentuk udara dan menghirup lagi udara yang mengandung oksigen. Oksigenyang sudah dihirup paru – paru akan diangkut ke vena pulmonal agar di alirkan ke serambi kiri dan menuju bilik kiri dengan melalui karup biksispid, menjalanin lali sestem peredaran darah besar.

Urutan Sistem Peredaran Darah

Tak sedikit penjelasan mengenai sistem peredaran darah kecil dan besar berikutnya akan membahas mengenai urutan peredaran darah besar dan kecil sebagai berikut :

  1. Urutan peredaran darah besar

Berikut urutan proses peredaran darah dari ventrikel kiri – aorta atau nadi – seluruh tubuh – vena cava – atrium kanan

  1. Urutan peredaran darah kecil

Berikut urutan proses peredaran dari dari ventrikel – dexter atau bilik kanan – pembuluh arteri – paru – paru – vena – pulmonalis – atrium sinister atau serambi kiri.

Perbedaan Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil

Perdaran darah kecil dan besar memiliki beberapa perbedaan, berikut penjelasan mengenai perbedaan darah kecil dan besar :

Peredaran darah kecil disebut peredaran darah pulmonalis. Jalur peredaran darah kecil yaitu jantung lalu ke paru – paru kan ke jantung lagi. Lebih umumnya darah mengalir ke bilik kanan jantung, lalu ke arteri pulmonalis, lalu mengalir melewati vena pulmonalis ke jantung , masuk ke serambi kiri. Lalu dari serambi kiri darah akan dipompa masuk ke bilik kiri dan masuk pada sistem peredaran darah besar.

Peredaran darah besar disebut peredaran darah sistemik. Peredaran darah besar memilih jalur dari jantung ke seluruh tubuh lalau kembali lagi ke jantung. Peredaran darah besar manusia setelah darah dari peredaran darah kecil sampai ke bilik kiri jantung, bilik kiri memompa kesemua tumbuh lalu aorta ke atas seperti kepala, otak dan sebagainya dan kebawah yaitu tangan, perut, kaki, dan lain sebagainya, lalu darah terpompa kembali mask ke serambi kanan melewati vena siap masuk ke persedaran darah kecil.

Baca juga : Sistem Adalah

Setelah membahas mengengai sistem peredaran darah besar dan kecil dan semua yang mengenai peredaran darah besar dan kecil, semoga penjelasn di atas bisa membantu dan menambah pengetahuan bagi pembaca dan sesoga dapat dengan mudah di pahami. Selamat belajar kawan.

Gallery Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Skema Urutan Sistem Peredaran Darah Kecil Dan Besar Pak Mono

Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Sistem Urutan Serta Fungsi Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Riolan

Lks 4 Sistem Peredaran Darah

Alur Peredaran Darah Pada Manusia Pembelajar Net

Sistem Peredaran Darah Manusia Dan Penyakit Yang Mengganggunya

Peredaran Darah Besar Dan Peredaran Darah Kecil Definisi

Pengertian Dan Perbedaan Sistem Peredaran Darah Besar Dan

Sistem Peredaran Darah Manusia Pdf

Peredaran Darah Besar Idschool

Perbedaan Fungsi Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Terdapat Dua Mekanisme Peredaran Darah Pada Manusia Yaitu

Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil Pada Jantung Beserta

Sistem Peredaran Darah Kardiovaskular Besar Dan Kecil

Jual Alat Peraga Sekolah Gambar Sistem Peredaran Darah

Kelainan Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Peredaran Darah Pada Manusia Peredaran Darah Besar Dan Kecil

Sistem Peredaran Darah Terbuka Tertutup Kecil Besar Fungsi


0 Response to "Sistem Peredaran Darah Besar Dan Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel