Istilah Istilah Dalam Internet



Istilah Umun Yang Sering Digunakan Dalam Berinternet

ISTILAH – ISTILAH DASAR DALAM INTERNET

Ada banyak istilah yang akan kita temui pada saat kita menjelajahi Internet.

Istilah-istilah tersebut perlu kita pahami dengan baik sehingga kita tidak akan menemui banyak kesulitan pada saat bekerja dengan internet. Beberapa istilah internet yang umum adalah sebagai berikut :

a. Intranet

Adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil. Biasanya dibangun dan dimiliki oleh sebuah organisasi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di organisasi tersebut.

b. Web Browser

Web Browser atau Browser adalah program yang digunakan untuk mengakses intenet, seperti ; Internet Explorer dan Netscape Navigator.

c. HTML

Merupakan singkatan dari Hypertext Mark-Up Language yaitu kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.

d. Server

Komputer server adalah komputer yang memberi layanan kepada komputer lain (Client). Karena berfungsi memberikan layanan, maka komputer server biasanya mempunyai kemampuan yang lebih handal dibandingkan dengan komputer lain sebagai client. Di internet, komputer server berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen web dari website tertentu. Komputer server tersebut melayani komputer yang mengakses website yang disimpannya.

e. Client

Adalah komputer yang terdapat dala sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan. Komputer client biasanya mempunyai kemampuan yang lebih rendah dibandingkan dengan komputer server.

f. Bandwidth

Bandwidth adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu.

g. Search Engine

Adalah program pada website tertentu yang kita gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Contoh-contoh  seacrh engine seperti ;  Yahoo, Google,  Opentext, Altavista, Lycos, Webcrawler, dan masih banyak lagi.

h. URL (Uniform Resource Locator)

Adalah sistem pemberian nama alamat website. Alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web.

i. Website

Merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang mempunyai hubungan saling keterkaitan. Website sering juga disebut dengan Situs, Situs web, Site, atau Portal.

j. Homepage

Adalah halaman web pertama yang terdapat pada sebuah website. Homepage biasanya berisi ucapan selamat datang, beberapa ringkasan isi website dan beberapa link ke bagian penting lain dari website tersebut. Homepage sering juga digunakan untuk website pribadi dari seseorang dalam bentuk halaman web.

k. Web Page

Web Page merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu pada sebuah halaman web. Sebuah Web page merupakan sebuah file HTML.

l. Hypertext Link (Hyperlink) atau Link

Adalah sebuah teks, gambar atau tombol pada halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file lain. Link pada halaman web mempunyai tanda dan warna yang berbeda, biasanya disertai dengan garis bawah. Untuk mengetahui teks merupakan link atau tidak, dapat kita lakukan dengan cara mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda mouse pointer berubah, maka teks tersebut merupakan link.

m. ISP (Internet Service Provider)

Adalah perusahaan yang berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi internet. Jika kita ingin terhubung ke internet, maka kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP.

n. Program Dial-Up

Adalah program yang terdapat di komputer berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer dengan ISP.

o. Offline dan Online

Offline merupakan kondisi dimana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan terputus. Sedangkan Online merupakan kebalikan dari Offline yaitu komputer kita dalam keadaan terhubung ke internet.

p. Log In dan Log Out

Log In adalah proses pemasukan User-id dan Password dan Log Out adalah kebalikan dari Log In yaitu proses keluar dari halaman web. Log out diperlukan agar orang lain tidak dapat mengakses halaman tersebut.

q. Protokol

Adalah aturan-aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya di internet ada protokol untuk mengirim pesan ke komputer lain seperti E-mail dan sebagainya.

r. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Adalah protokol yang digunakan untuk mempertukarkan informasi di internet. Komputer kita menerima file-file HTML dari sebuah server internet dengan menggunakan protokol HTTP.

s. POP (Post Office Protocol)

POP merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil E-mail yang disimpan di server internet atau di sebuah ISP.

t. Download dan Upload

Download adalah proses pengambilan file dari komputer server internet. Sedangkan Upload adalah proses penempatan file dari komputer kita ke sebuah komputer server internet.

u. Freeware dan Shareware

Adalah program yang ada di internet dan dibagikan secara gratis kepada setiap pengguna internet. Sedangkan Shareware adalah program komputer di internet yang dapat kita download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu.

v. GIF (Graphical Interchange Format)

Suatu format file gambar yang mempunyai ukuran file kecil sehingga lebih banyak digunakan sebagai format gambar yang ditempatkan di internet.

w. JPEG (Joint Photographic Group)

Sebuah format gambar yang membutuhkan warna lebih banyak seperti foto, sedangkan GIF digunakan untuk gambar dengan jumlah warna yang lebih sedikit, seperti logo suatu organisasi.

x. SPAM

SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan seperti E-mail yang tidak penting, E-mail berantai, iklan, dan sebagainya.

Gallery Istilah Istilah Dalam Internet

Daftar Lengkap Istilah

Tik Istilah Istilah Dalam Internet

Istilah Istilah Dalam Internet Tik

Istilah Istilah Dalam Internet Marketing Bloger Harrytha

Ppt Pengenalan Internet Powerpoint Presentation Id 929842

Istilah Istilah Dalam Internet Blog Ananda

Istilah Istilah Penting Dalam Internet Sman 15 Bandar Lampung

Istilah Istilah Dalam Internet My Blog

Istilah Istilah Dalam Internet Pqn8v052dk41

Istilah Istilah Dalam Internet Istilah Dalam Internet

Daftar Lengkap Istilah Pada Internet

Tik Istilah Istilah Dalam Internet

Istilah Istilah Dalam Internet Dan Komputer Wahana Edukasi

Istilah Istilah Dalam Internet Bagian I Cuap Cuap Yummy

Istilah Istilah Dalam Internet Ovuzza Informasi Wow

Mari Belajar Istilah Istilah Dalam Internet

Beberapa Istilah Dalam Internet Dari A Sampai Z

Waring Wera Wanua Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia

Istilah Istilah Jaringan Komputer Softwaretoko Net

20 Istilah Dalam Internet Yang Penting Anda Ketahui Teknoiot

Doc Istilah Istilah Dalam Internet Desinta Ramadhina

Istilah Istilah Yang Ada Di Dunia It

Istilah Istilah Dalam Internet

Tugas Tik Istilah Istilah Dalam Internet By Yana

Istilah Istilah Penting Dalam Internet Marketing

Istilah Dalam Internet Dan Kegunaannya Cakkhoir1927 S Blog

Ini Dia 24 Istilah Istilah Dalam Internet Coretanvai


0 Response to "Istilah Istilah Dalam Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel