Iso 9001 Tahun 2015 Adalah
7 Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
Prinsip Manajemen dalam kaitannya dengan Sistem Manajemen Mutu tertuang dalam ISO 9001. Arti prinsip sendiri merupakan suatu kebenaran umum maupun individu yang dijadikan seseorang atau kelompok sebagai pedoman dalam berpikir dan bertindak.
Begitu juga halnya Prinsip Manajemen Mutu dalam ISO 9001 tahun 2015, yang menjadi pedoman bagi siapa saja yang menerapkannya. Berbeda dengan ISO 9001:2008 yang memiliki 8 Prinsip Mutu, pada ISO 9001:2015 hanya terdapat 7 Prinsip Manajemen Mutu.
No | ISO 9001:2008 | ISO 9001:2015 |
1 | Customer Focus | Customer Focus |
2 | Leadership | Leadership |
3 | Involvement of People | Engagement of People |
4 | Process Approach | Process Approach |
5 | System Approach to Management | Improvement |
6 | Continual Improvement | Evidance Based Decision Making |
7 | Factual Approach Decision Making | Relationship Management |
8 | Mutual Beneficial Suppliers |
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu, apa saja pengertian dari 7 Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.
1. Customer FocusFokus Customer adalah prioritas utama dari Sistem Manajemen Mutu. Bentuk aplikasinya adalah dengan memberikan semua kebutuhan yang melebihi harapan Customer untuk ketercapaian kepuasan pelanggan. Sehingga keberlangsungan hidup perusahaan akan terjamin dalam jangka waktu yang panjang.
2. LeadershipSetiap pimpinan yang ada di perusahaan memiliki peran sebagai pelatih yang memiliki target sesuai sasaran perusahaan melalui pemberdayaan karyawan, pembuat keputusan berdasarkan data dan fakta (decision maker) serta membuat standard sistem manajemen perusahaan yang diwariskan untuk genarasi berikutnya.
3. Engagement of PeopleMenciptakan dan memberikan nilai lebih kepada Customer akan lebih mudah bila didukung oleh personal yang kompeten, mampu diberdayakan dan terlibat di semua tingkatan di seluruh Perusahaan. Bentuk aplikasinya adalah dengan mempromosikan pendekatan proses dan pentingnya kontribusi setiap tingkatan di Perusahaan.
4. Process ApproachSistem manajemen mutu yang telah ditetapkan di perusahaan bukan dibuat berdasarkan pendekatan departemen, akan tetapi berdasarkan proses murni yang ada di perusahaan dengan melibatkan seluruh pihak yang terkait.
5. ImprovementPerusahaan yang sukses dan mampu bertahan dalam persaingan adalah Perusahaan yang fokus dalam improvement (peningkatan). Bentuk aplikasinya adalah dengan selalu melakukan perubahan melalui peningakatan berkelanjutan baik internal dan eksternal yang disesuaikan dengan iklim perubahan terkini. Sehingga perusahaan akan selalu siap menghadapi persaingan dengan para kompetitor.
6. Evidence Based Decision MakingMembuat keputusan berdasarkan data dan fakta. Bentuk aplikasinya adalah setiap menetapkan kesimpulan dari sebuah permasalahan ditetapkan berdasarkan analisis fakta dan data yang diperoleh selama melakukan analisa. Sehingga keputusan yang diambil akan menghasilkan keputusan yang produktif dan tepat sasaran.
7. Relationship ManagementUntuk mempertahankan kesuksesan Perusahaan harus mengelola hubungannya dengan pihak-pihak yang berkepentingan (interested parties) diantaranya adalah para pemasoknya, mitra kerja, karyawan, pemerintah, masyarakat, dll.
Baca juga:
----
Sentral Sistem merupakan Konsultan Strategi Manajemen yang fokus pada Peningkatan Kinerja Perusahaan, yakni Kinerja Bisnis, Mutu, Produktivitas, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan. Servis lainnya berupa konsultasi dan training ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, IATF 16949, ISO 17025, ISO 13485, ISO 27001, ISO 50001, ISO 22000, GMP, AS 9100, AS 9120, dll. Hubungi kami di sini atau telepon 021-29067201-3.
Mendapat manfaat dari artikel ini? Klik like & share
What do you think? Leave your comment here...
Gallery Iso 9001 Tahun 2015 Adalah
Iso 9001 2015 Document And Record Control The New Approach
Iso 9001 2015 The Future Standard Bsn Badan
10 Perubahan Utama Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015
Penjelasan Mengenai Iso 9001 2015 Tri Nusa Verivy
Iso 9001 Dan Iso 31000 Dapat Diintegrasikan Kah
Iso 9001 2015 Document And Record Control The New Approach
Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 Tahun 2015 Era Konsultan
Persyaratan Iso 9001 Dinamika Consulting Jasa Pelatihan
Wa0877 8810 0016 Biaya Pengurusan Sertifikasi Iso 9001 2015
0877 8810 0016 Wa Call Biaya Pengurusan Sertifikasi Iso
Zulkifli Nasution S Blog Ini Dia Tabel Iso 9001 Tahun 2015
Pdf Iso 9001 Versi 2015 Sintegral Hand Handayanto
10 Klausul Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015 Konsultan
10 Klausul Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015 Konsultan
Gen Konsultan Konsultan Iso Gen Konsultan Konsultan
26 Best Sertifikasi Iso Images Civil Engineering Works
Board Independence And The Accounting Performance Download
0877 8810 0016 Wa Call Harga Pembuatan Iso 9001 Tahun
Accountant General S Department Of Malaysia Agd
26 Best Sertifikasi Iso Images Civil Engineering Works
Magnetic Ink Character Recognition Wikipedia
Iso 9001 Dan Iso 31000 Dapat Diintegrasikan Kah
Sistem Manajemen Mutu Iso 9001 2015 Cognoscenti Consulting
Pdf Factors Affecting The Adoption Of Quality Assurance
Iso 9001 Certification Wo Tuv Rheinland
Pdf Iso 9001 2015 Edition Management Quality And Value
Ini Dia Daftar Dokumen Wajib Dalam Iso 9001 2015 Free Pdf
0 Response to "Iso 9001 Tahun 2015 Adalah"
Post a Comment