Penyebab Laptop Mati Total



Pulsa Klinik Trik Perbaikan Mati Total Oppo Neo 5

4 Penyebab Laptop Mati Sendiri & Cara Mengatasinya

Siapa yang setuju kalau laptop jadi gadget paling dibutuhkan setelah smartphone?

Apalagi buat kamu yang aktivitas sehari-harinya memerlukan bantuan benda yang satu ini tentunya laptop jadi benda wajib yang harus kamu jaga kondisinya supaya nggak cepet rusak.

Tapi sayangnya, terkadang walaupun sudah kita rawat dengan baik tetap saja barang elektronik seperti laptop mengalami masalah.

Salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan adalah laptop yang tiba-tiba mati total. Kalau sudah begini buat kamu yang awam tentu akan sangat merepotkan dan bikin khawatir, ya, geng!

Nah, oleh karena itu di sini Jaka akan kasih tau beberapa faktor atau penyebab kenapa laptop mati total sekaligus cara mengatasinya.

Penyebab Laptop Mati Total

Laptop yang mati total secara tiba-tiba tentunya disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Beberapa penyebab yang sering ditemukan adalah seperti yang Jaka sebutkan berikut ini.

1. Masalah Pada Baterai

Permasalahan pada baterai menjadi penyebab yang paling sering ditemukan ketika laptop mati total, geng.

Seperti yang kita tahu bahwa sama seperti manusia, baterai pun memiliki umur terbatas yang lama kelamaan akan berakibat pada penurunan kapasitas dan kinerja, geng

Nah, jika laptop kamu mati total meskipun baterainya sudah diisi daya dengan cukup, maka hal yang menjadi penyebab utamanya adalah baterainya.

Kalau sudah gitu, kamu harus beli baterai baru supaya laptop bisa nyala lagi tanpa perlu repot-repot mencolokkannya ke adapator listrik setiap kali mau dipakai.

2. Masalah Pada RAM

Nggak sedikit ditemukan kondisi di mana baik lampu indikator, kipas, dan mesin laptop yang tampak berjalan dengan baik tapi layar nggak menampilkan apapun alias blank.

Meskipun nggak mati secara total, tapi hal ini tentunya membuat kamu nggak bisa menggunakan laptop dengan normal lagi.

Nah, jika permasalahan ini terjadi pada laptop kamu biasanya hal ini disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada RAM laptop kamu, geng.

3. Masalah Pada Prosesor

Ibarat jantung pada manusia, prosesor juga menjadi komponen inti atau sering disebut sebagai otak dari sebuah laptop lho, geng.

Kalau prosesor laptop mengalami kerusakan maka hal itu juga akan memengaruhi keseluruhan sistem pada laptop. Jika sudah begitu maka biasanya laptop pun nggak akan berjalan dengan baik atau bahkan mati total, geng.

4. Masalah Pada Motherboard

Motherboard atau mainboard adalah papan sirkuit utama tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung.

Motherboard atau biasa disingkat dengan kata mobo ini menghubungkan semua komponen laptop dan membuatnya bekerja sama sehingga laptop berjalan dengan lancar.

Salah satu ciri kerusakan pada motherboard biasanya ditandai dengan adanya bunyi "bip" berkali-kali pada laptop.

Cara Mengatasi Laptop Mati Total

Jika tadi kamu sudah mengetahui beberapa penyebab laptop mati total, selanjutnya Jaka akan bahas mengenai cara untuk mengatasi masalah ini, geng.

Banyak orang awam yang beranggapan jika laptop sudah mati total maka sudah nggak bisa diperbaiki lagi alias harus ganti baru. Ternyata hal itu nggak selamanya benar lho!

Nah, sekarang sudah tau kan apa penyebab laptop mati total yang sebenarnya?

Sekarang, kamu harus tahu cara untuk mengatasi kerusakan pada laptop yang mati, geng! Berikut ini beberapa cara yang mungkin saja bisa untuk membuat laptop kamu nyala kembali.

1. Nyalakan Laptop Tanpa Baterai

Jika yang menjadi penyebab laptop kamu mati total adalah karena kerusakan pada baterai, maka cara tepat untuk mengatasinya yaitu dengan melepaskan baterai kemudian colokkan laptop ke adaptor listrik.

Meskipun cara ini cukup merepotkan karena itu artinya kamu harus selalu membutuhkan adaptor listrik untuk meyalakan laptop, tapi cara ini bisa kamu coba untuk sementara sambil kamu menabung untuk membeli baterai baru.

2. Bersihkan Debu

Tanpa kita sadari, debu seringkali menempel dan menumpuk di sela-sela komponen laptop yang dapat membuat kinerja laptop melambat bahkan lama-kelamaan bisa overheat dan mati total.

Oleh karena itu membongkar dan membersihkan debu yang ada pada laptop menjadi salah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang mati, geng.

Kalau perlu kamu juga bisa melepas terlebih dahulu setiap komponen-komponennya seperti hard disk, RAM, ataupun prosesor agar "dalaman" laptop benar-benar bersih dan laptop bisa berjalan dengan normal.

3. Cek Pasta Thermal Prosesor

Nggak banyak yang tahu kalo prosesor juga membutuhkan pasta yang berfungsi untuk mendinginkan prosesor agar tidak mengalami overheat.

Karena ketika pasta thermal pada prosesor mengering karena suhu panas dari prosesor, maka hal ini bisa menyebabkan laptop mati, geng.

Oleh karena itu, sebaiknya cek apakah pasta thermal harus sudah diganti atau nggak.

4. Lepas Beberapa Komponen Laptop

Melepas beberapa komponen komputer seperti hard disk, WiFi card, atau lainnya ternyata bisa jadi solusi untuk mengatasi laptop yang mati lho, geng.

Biarkan laptop kamu menyala hanya dengan komponen memori dan prosesor. Hal ini dikarenakan pada beberapa kasus komponen-komponen tersebut mengalami korsleting yang menyebabkan laptop mati dan nggak bisa dinyalakan.

Akhir Kata

Itulah beberapa penyebab dari laptop yang mati total juga solusi untuk mengatasinya, geng.

Kalau sudah melakukan cara-cara di atas tapi laptop kamu masih mati, itu artinya kamu memang harus mengganti laptop dengan yang baru.

Baca juga artikel seputar Gadget menarik lainnya dari Shelda Audita.

Gallery Penyebab Laptop Mati Total

Selamat Datang Di Blog Ini Tutorial

Penyebab Laptop Mengalami Mati Total Asc Computer

Memperbaiki Laptop Toshiba L510 Mati Total Seputar

7 Penyebab Laptop Mati Total Yang Wajib Anda Ketahui

Biaya Atau Harga Servis Laptop Mati Total

Lenovo G40 30 Mati Total Permasalahan Dokter Laptop

Perbaiki Notebook Acer Aspire 4741 Je40 Cp Mati Total

Cara Mengatasi Laptop Mati Total V Tiga Kursus Hp Dan Laptop

Laptop Heal Service Sparepart Laptop Jakarta Servis

Cara Memperbaiki Laptop Hp 430 Mati Total Service Dan

Bagaimana Cara Memperbaiki Laptop Hp Yang Tidak Mau Nyala

Laptop Mati Total Karena Konslet Ugd Services

Pulsa Klinik Trik Perbaikan Mati Total Oppo Neo 5

Penyebab Laptop Mati Page 3 Of 4 V Tiga Kursus Hp Dan Laptop

Jangan Lakukan Ini 6 Penyebab Laptop Mati Klikfix

Mainboardlaptop Hash Tags Deskgram

Blog Spesialis Servis Laptop Macbook Mangga Dua

Solusi Laptop Mati Total Tidak Mau Hidup Repair Laptop

8 Ciri Ciri Dan Penyebab Kerusakan Layar Monitor Lcd Led


0 Response to "Penyebab Laptop Mati Total"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel