RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017-Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun harus memuat komponen-komponen sebagai berikut: a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan; b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian hasil pembelajaran.
Secara singkat format RPP dapat dilihat pada skema berikut ini:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN A. Identitas Program Pendidikan, meliputi: Nama Sekolah : …........................................................................... Mata Pelajaran : …........................................................................... Komp. Keahlian : .............................................................................. Kelas/Semester : ……........................................................................ Tahun Pelajaran: .............................................................................. Alokasi Waktu : …........................................................................... B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 1. KD pada KI pengetahuan 2. KD pada KI keterampilan C. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Indikator KD pada KI pengetahuan 2. Indikator KD pada KI keterampilan (Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran) F. Pendekatan, Strategi dan Metode a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit) b. Kegiatan Inti (... menit) a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (… menit) b. Kegiatan Inti (... menit) dan pertemuan seterusnya. H. Alat/Bahan dan Media Pembelajaran J. Penilaian Pembelajaran |
Kepala …….......................... | ______________, _________ |
*) KI dan KD Sikap Spritual dan Sikap Sosial ditambahkan untuk mata pelajaran Pendididkan Agama dan PPKn.
**) Semua sintaksis/langkah model pembelajaran dapat lengkap pada setiap pertemuan, atau dapat lengkap pada beberapa pertemuan.
1. Langkah-langkah Penyusunan RPP
RPP disusun melalui langkah-langkah berikut.
a. Analisis Program Semester
Analisis program semester merupakan langkah awal sebelum menyusun RPP. Analisis ini dikembamgkan berdasarkan alur pencapaian kompetensi, dimaksudkan untuk menentukan urutan pembelajaran kompetensi dasar (KD) per semester yang dikembangkan berdasarkan silabus. Analisis program semester juga dilakukan untuk menentukan alokasi waktu yang digunakan untuk setiap pasangan kompetensi dasar (KD). Tabel 1 berikut merupakan contoh analisis program semester pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.
Tabel 1. Hasil Analisis Program Semester/Pasangan KD
| | | |
menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi. menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi. | 1. Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring asinkron 2. Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring sinkron | | |
| | | |
| | | |
Jumlah JP/KD per semester | | |
Berdasarkan Tabel diatas, guru membuat Analisis Program Semester mengacu pada dokumen silabus.
b. Mengembangkan RPP dengan menggunakan format RPP yang pengisiannya mengikuti rambu-rambu yang tercantum pada Tabel 2.
Tabel 2. Rambu-rambu Pengembangan RPP
| | |
| | a. Diisi nama satuan pendidikan. b. Diisi dengan Kompetensi Keahlian tempat mata pelajaran tersebut diajarkan c. Diisi nama Mata Pelajaran, seperti tertera pada Struktur Kurikulum. d. Diisi kelas dan semester; ganjil/genap. e. Diisi dengan tahun pelajaran yang sedang berlangsung |
| | Diisi jumlah jam pelajaran hasil analisis program semester. |
| | Disalin dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI keterampilan. |
| | a. KD disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK dan SK Dirjen Nomor ……….tentang Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3) SMK/MAK. b. Rumusan KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan KD dari keterampilan. |
| Indikator Pencapaian Kompetensi | Dirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD Contoh IPK KD Pengetahuan 3.2 Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut: 3.2.1 Menjelaskan simbul yang digunakan pada komunikasi daring online; 3.2.2 Menjelaskan pengertian komunikasi daring online; 3.3.3 Mendeskripsikan jenis-jenis komunikasi daring online; 3.3.4 Menentukan teknik komunikasi daring online yang akan digunakan sesuai jenis alat yang disediakan Contoh IPK KD Keterampilan 4.2 Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online.. Berdasarkan KD 4.2 tersebut, kata “menyajikan” adalah dimensi keterampilan konkret pada gradasi minimal P1 = level keterampilan konkret imitasi. Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah: 4.2.1 Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh. 4.2.2 Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas |
| | Tujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan tujuan pembelajaran. Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu: 1. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring online sesuai dengan buku teks secara santun. 2. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi digital daring online sesuai dengan buku teks secara santun. 3. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan santun. 4. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri. 5. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan komunikasi daring online dengan percaya diri. 6. Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diri. 7. Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri. |
| | Materi Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan materi pembelajaran Berdasarkancontoh tujuan pembelajaran diatas maka materi pembelajarannya adalah: 1. Pengertian komunikasi daring online 2. Simbol pada digital daring online 3. Jenis komunikasi daring online 4. Kebutuhan pokok fasilitas komunikasi daring online 5. Cara melakukan komunikasi daring online Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan (dapat dikembangkan berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang terintegrasi dengan muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada kegiatan ekstrakurikuler. |
| Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran | Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan pendekatan (proses berfikir dan bertindak sainitifik ). |
| | a. Diisi mengacu sintaks model pembelajaran yang ditetapkan. b. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas: Pada kegiatan pendahuluan guru: · Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan. · Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari. · Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan. · Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan. · Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. · Diisi dengan kegiatan siswa dan guru, dapat mengikuti urutan sintaks model belajar yang dipadukan dengan pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik (hasil analisis pemaduan model tugas sesi 3). · Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang sedang dibahas. Catatan: sintaksis (langkah-langkah) model pembelajaran dan langkah pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik (5M) dapat menggunakan hasil penataan dari format perancah. Kegiatan penutup meliputi antara lain: · membuat rangkuman/simpulan pelajaran. · refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. · merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan). · menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
| Alat/Bahan dan Media Pembelajaran | a. Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada proses pembelajaran di setiap RPP. | Media/Alat , Bahan, dan Sumber Belajar | KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online.. | Fasilitas komunikasi daring dan jaringan internet | Sumber belajar: buku teks pembelajaran, buku referensi lain | |
| | a. Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap pertemuan sesuai dengan tuntutan KD. b. Sumber belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan literatur/referensi. |
| a. Penilaian (KD 3 dan KD 4) | b. Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen penilaian (hasil pembelajaran sesi sebelumnya). | | | KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring | | 2. Lembar tugas dan Lembar penilaian tugas | Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online.. | 1. Tes praktik/ unjuk kerja | 1. Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja | c. Diisi dengan program remedial dan pengayaan. |
| | Dibuatkan jurnal harian tantang kejadian istimewa yang dilalukan oleh siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Contoh: Jurnal Penilaian Sikap: | | | Rencana Tindakan/Pembinaan | | | | | | | | | | | | | |
1. Lakukanlah analisis program semester berdasarkan alur pencapaian kompetensi untuk satu semester.
2. Susunlah RPP berdasarkan hasil “Analisis KD Pengetahuan dan Keterampilan” serta “Pemaduan Sintaks Model Pembelajaran dan pendekatan sainitifik” sesuai dengan format RPP yang tertuang pada Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum SMK tentang RPP.
Mampu memvalidasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Melalui kegiatan telaah RPP, peserta mampu menganalisis RPP yang menerapkan pendekatan sainitifik dan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan RPP. a. Kerjakan tugas ini secara kelompok. Kelompok pada tugas ini sama dengan kelompok penyusun RPP. a. Pelajari format telaah RPP. Cermati maksud dari setiap aspek dalam format.
b. Cermati RPP hasil kelompok lain yang akan ditelaah.
c. Isilah format sesuai dengan petunjuk pada format telaah RPP.
d. Berikan catatan khusus atau alasan Anda memberi skor pada suatu aspek pada RPP.
e. Berikan masukan atau rekomendasi secara umum sebagai saran perbaikan RPP pada kolom yang tersedia.
Berilah tanda cek (V) pada kolom skor 1, 2, 3 sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut.
Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Anda
Isilah Identitas RPP yang ditelaah.
Nama Guru :.............................................
Mata pelajaran :.............................................
Topik/Subtopik :.............................................
| Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran | Hasil Penelaahan dan Skor | |
| | |
| | | Kurang Lengkap/Kurang Sesuai | Sudah Lengkap/Sudah Sesuai | |
| satuan pendidikan, kelas, semester, tahun pelajaran, mata pelajaran, kompetensi keahlian, jumlah pertemuan | | | | |
| Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| | | | | |
| Kesesuaian dan ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek pengetahuan dengan Kompetensi Dasar | | | | |
| Kecukupan jumlah indikator aspek pengetahuan | | | | |
| Kesesuaian dan ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek keterampilan dengan Kompetensi Dasar. | | | | |
| Kecukupan jumlah indikator aspek keterampilan | | | | |
| Perumusan Tujuan Pembelajaran | | | | |
| Menggambarkan lingkup materi dalam KD pengetahuan dan KD keterampilan | | | | |
| Rumusan tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan atau diukur, mencakup ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan | | | |
| Rumusan tujuan pembelajaran mengandung komponen Audience, Behaviour, Condition, dan Degree | | | |
| | | | | |
| Kesesuaian dengan kedalaman KD | | | | |
| Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran | | | |
| Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik | | | |
| Keruntutan uraian materi ajar | | | |
| | | | | |
| Kesesuaian dengan Tujuan pembelajaran | | | | |
| Kesesuaian dengan materi pembelajaran | | | |
| Kesesuaian dengan pendekatan sainitifik | | | |
| Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik | | | |
| | | | | |
| Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran | | | | |
| Kesesuaian dengan materi pembelajaran | | | |
| Kesesuaian dengan pendekatan sainitifik | | | |
| Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik | | | |
| | | | | |
| Kesesuaian model yang dipilih dengan arah pernyataan KD3 dan KD4 (pencarian/penemuan atau jasa/produk) | | | | |
| Kesesuaian model yang dipilih dengan tingkatan dimensi pengetahuan KD3 | | | | |
| Kesesuaian model yang dipilih dengan tingkatan taksonomi KD4 | | | | |
| | | | | |
| Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran | | | | |
| Kesesuaian dengan karakteristik materi | | | | |
| Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik | | | | |
| | | | | |
| Kegiatan pendahuluan berisi: apersepsi (menghubungkan dengan materi terdahulu atau kejadian sehari-hari), ruang lingkup, tujuan pembelajaran, teknik penilaian | | | | |
| | | | | |
| a. Memfasilitasi kegiatan siswa untuk mengamati, mendengar, menonton dan/atau melihat | | | | |
| b. Mendorong siswa untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana berbentuk perumusan masalah | | | | |
| c. Membimbing siswa untuk mengumpulkan informasi/ eksplorasi dalam rangka menjawab pertanyaan | | | | |
| d. Membimbing siswa untuk menyimpulkan/mensintesia data atau informasi yang terkumpul | | | | |
| e. Memotivasi siswa untuk mengomunikasikan | | | | |
| Kegiatan penutup berisi rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut | | | | |
| a. Memfasilitasi dan membimbing siswa merangkum materi pelajaran | | | | |
| b. Memfasilitasi dan membimbing siswa merefleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan | | | | |
| c. Memberikan umpan balik terhadap hasil pembelajaran | | | | |
| Rancangan Penilaian Pembelajaran | | | | |
| Kesesuaian bentuk, teknik dan instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi | | | | |
| Kesesuaian antara bentuk,teknik dan instrumen Penilaian Sikap | | | | |
| Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen Penilaian Pengetahuan | | | | |
| Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen Penilaian Keterampilan | | | | |
| | |
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Rubrik Penilaian RPP ini digunakan peserta pada saat penelaahan RPP peserta lain dan digunakan fasilitator untuk menilai RPP yang disusun oleh masing-masing peserta. Selanjutnya nilai RPP dimasukan kedalam nilai portofolio peserta. a. Cermati format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai;
b. Berikan nilai pada setiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom pilihan (skor = 1) , (skor = 2), atau (skor = 3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai;
c. Berikan catatan khusus atau saran perbaikan perencanaan pembelajaran;
d. Setelah selesai penilaian, hitung jumlah skor yang diperoleh, dan
e. Tentukan nilai menggunakan rumus di bawah.
Berikut ini link download RRP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 dari beberapa Mata Pelajaran:
1. RPP Pendidikan Agama Kurikulum 2013 Revisi 2017
2. RPP PPKn Kurikulum 2013 Revisi 2017
4. RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017
5. RPP Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017
6. RPP Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017
7. RPP Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya Kurikulum 2013 Revisi 2017
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Smk"
Post a Comment