Rumus Hlookup Dan Vlookup



Vlookup In Excel Vba How To Write Vlookup Code In Vba

Cara Menggunakan Rumus Excel VLOOKUP dan HLOOKUP

Rumus Excel VLOOKUP dan HLOOKUP adalah rumus yang paling sering digunakan membuat lookup function untuk melihat data secara vertikal dan horizontal. Berbeda dengan rumus LOOKUP yang dapat mencocokkan data teks maupun numerik, sedangkan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP khusus untuk mencocokkan data numerik. Penggunaan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan kompleksitas numerik terhadap rumus LOOKUP yang sederhana. Berikut cara menggunakan VLOOKUP dan HLOOKUP beserta contohnya.

Navigasi Cepat:

B. Cara VLOOKUP pada Microsoft Excel

Rumus Excel VLOOKUP adalah rumus yang digunakan melihat data secara vertikal (data diurutkan secara vertikal), dengan mengambil nilai dari suatu table_array dimana data range referensi terletak pada kolom pertama.

Cara Menggunakan VLOOKUP

=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num,[range_lookup])
  1. lookup_value adalah sel yang akan dicocokkan dengan table_array.
  2. table_array adalah tabel array yang menjadi referensi lookup_value serta data sel yang dilihat. Kolom pertama akan menjadi sel referensi (pencocokan).
  3. col_index_num adalah urutan kolom yang akan dilihat atau ditampilkan hasilnya.
  4. [range_lookup] adalah argument opsional (bisa diisi/tidak) yang dapat didefinisikan sebagai boolean TRUE atau FALSE.
    • TRUE berarti fungsi melakukan pencocokan data berdasarkan aproksimasi matematika. Secara default fungsi bernilai TRUE. Untuk bekerja, kolom pertama (referensi) table_array harus berisi data numerik yang diurutkan dari kecil ke besar.
    • FALSE berarti fungsi melakukan pencocokan data secara numerik dan harus sama. Jika data yang diuji tidak ada yang cocok, maka hasil yang ditampilkan #N/A.

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

Contoh:

Diketahui pada tabel pertama, merupakan table_array yang berisi peraturan suatu perusahaan kopi kepada salesnya dengan range referensi yang telah urut dari kecil ke besar. Akan dihitung bonus penjualan dan penghargaan yang didapatkan sales-salesnya dalam sebulan pada tabel kedua adalah sebagai berikut.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan

  1. Membuat nama range dari table_array A3:C9, misalnya dengan nama “sales”
  2. Membuat formula pada penjual pertama
    1. Untuk bonus digunakan index kolom 2
      =VLOOKUP(B12,sales,2,TRUE)
    2. Untuk penghargaan digunakan indek kolom 3
      =VLOOKUP(B12,sales,3,FALSE)
  3. Melakukan Autofill

Terlihat:

  • Kolom bonus menampilkan data berdasarkan aproksimasi (TRUE) pencocokan penjualan sales, dimana Wikan (1200  ≥ 1000 ), Julia (1000 = 1000), Nary (300 ≥ 200), Sani (490 ≥ 400) dan Ade (88 ≥ 50). Sehingga dapat diketahui interval aproksimasi setiap sel referensi adalah lebih dari nilainya dan kurang dari nilai sel referensi berikut.
  • Kolom Penghargaan menampilkan data dengan pencocokan data sama (FALSE) dengan sel referensi, sehingga Wikan, Nary, Sani dan Ade menampilkan #N/A sedangkan karena hanya penjualan Julia yang identik dengan referensi table_array (nilai 1000 ada dalam tabel referensi) menampilkan data dari table_array.

Baca Juga: Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP Antar Sheet

C. Cara HLOOKUP pada Microsoft Excel

rumus yang digunakan melihat data secara horizontal (data diurutkan secara horizontal), dengan mengambil nilai dari suatu table_array dimana data range referensi terletak pada baris pertama.

Cara Menggunakan HLOOKUP

=HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num,[range_lookup])
  1. lookup_value adalah sel yang akan dicocokkan dengan table_array.
  2. table_array adalah tabel array yang menjadi referensi lookup_value serta data sel yang dilihat. Baris pertama akan menjadi sel referensi (pencocokan).
  3. row_index_num adalah urutan baris yang akan dilihat atau ditampilkan hasilnya.
  4. [range_lookup] adalah argument opsional (bisa diisi/tidak) yang dapat didefinisikan sebagai boolean TRUE atau FALSE.
    • TRUE berarti fungsi melakukan pencocokan data berdasarkan aproksimasi matematika. Secara default fungsi bernilai TRUE. Untuk bekerja, baris pertama (referensi) table_array harus berisi data numerik yang diurutkan dari kecil ke besar.
    • FALSE berarti fungsi melakukan pencocokan data secara numerik dan harus sama. Jika data yang diuji tidak ada yang cocok, maka hasil yang ditampilkan #N/A.

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

Contoh:

Seorang dosen membuat jadwal ujian praktikum pemrograman komputer pada tabel pertama. Karena praktikum tersebut membutuhkan waktu yang lama. Sehingga dosen tersebut membuat jadwal khusus pada seluruh mahasiswa berdasarkan kebiasaan bangun pagi. Untuk mempercepat pekerjaan, dosen tersebut menggunakan HLOOKUP untuk membuat jadwal khusus itu adalah sebagai berikut.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Baca juga: 3 Cara Memberi Nama Range dan Menggunakan Name Manager Excel

  1. Membuat nama range dari table_array B2:E4, misalnya dengan nama “ujian”
  2. Membuat formula pada mahasiswa pertama
    1. Untuk pukul digunakan index baris 2
      =HLOOKUP(B7,ujian,2,FALSE)
    2. Untuk ruangan digunakan indek baris 3
      =HLOOKUP(B7,ujian,3,FALSE)
  3. Melakukan Autofill

Catatan: Tipe data waktu perlu menggunakan argumen FALSE, karena aproksimasi waktu menggunakan rumus standar VLOOKUP dan HLOOKUP tidak dapat bekerja.

Anda juga dapat melakukan aproksimasi seperti contoh VLOOKUP menggunakan HLOOKUP, yang membedakan hanya orientasi table_array.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial Excel

Sekian artikel Pengertian Rumus Excel VLOOKUP dan HLOOKUP Beserta Contohnya. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

Gallery Rumus Hlookup Dan Vlookup

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel

Contoh Soal Xl Terupdate

Tutorial Rumus Vlookup Dan Hlookup

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel

Lookup Reference Functions In Excel Easy Excel Tutorial

Rumus Hlookup Dan Vlookup Xlsx Document

Iferror With Vlookup Formula Examples How To Use

Vlookup Dan Hlookup

Belajar Rumus If Vlookup Excel J3nozkp9r34d

Mencari Dan Mengambil Data Dari Suatu Tabel Referensi

Tutorial Cara Menggunakan Rumus Vlookup Hlookup Dan Sum Di Microsoft Excel

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms

Excel Functions Offset Match

How To Vlookup Importrange In Google Sheets Formula Examples

Penggunaan Rumus Vlookup Dan Hlookup Rizfirdaoes

Rumus Hlookup Excel Contoh Dan Cara Menggunakan Fungsi

How To Use Vlookup Hlookup And Index Match In Excel Excel

Rumus Vlookup Dan Hlookup Excel Cara Menggunakannya Wiki

Using Excel Vlookup And Pivot Tables In Data Analysis

Fungsi Vlookup Dan

Fungsi If Hlookup Dan Vlookup

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel

Cara Menggunakan Rumus Kombinasi Excel Dengan Contoh Kasus

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Di Excel


0 Response to "Rumus Hlookup Dan Vlookup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel