Soal Un Smp 2016 Dan Pembahasannya



Contoh Soal Segiempat Dan Segitiga Matematika Smp 3 Idschool

SOAL LATIHAN UN IPA SMP 2016 DAN PEMBAHASANNYA

PREDIKSI SOAL UN ATAU UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN IPA TAHUN PELAJARAN 2016 ATAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016 . Soal Latihan UN IPA 2016 ini disusun berikut Pembahasannya

Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Soal  :

Disajikan gambar alat ukur (mistar, neraca, stopwatch, gelas ukur, termometer), peserta didik dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar tersebut

1.        Sebuah bejana diukur massanya, kemudian diisi zat cair P dan Q secara bergantian. Hasil pengukurannya seperti pada gambar.

Berdasarkan data yang tampak tersebut, disimpulkan ....

Massa

Zat cair P

Zat cair Q

A.

200 gram

240 gram

B.

280 gram

160 gram

C.

200 gram

160 gram

D.

280 gam

240 gram

Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Soal  :

Disajikan gambar bebrapa logam yang besarnya sama tetapi massanya berbeda peserta didik mampu menentukan jenis masing-masing logam.

2.        Perhatikan gambar berikut! 

               96,5 gram,     42,5 gram,       52,5 gram

Nama Zat

Massa Jenis

Emas

19,3 g/cm3

Timbal

11    g/cm3

Perak

10,5  g/cm3

Kuningan

 8,4   g/cm3

Besi

7,9 g/cm3

Aluminium

2,7 g/cm3

Tiga benda tersebut dicat dengan warna yang sama, masing-masing memiliki bentuk dan volum yang sama. Apabila masing-masing memiliki volume 5 cm3, dengan memperhatikan tabel massa jenis berbagai zat, maka ketiga benda tersebut secara berturut-turut terbuat dari ...

A.        emas, perak, alumunium

Benda I

m= 96,5 g 

V= 5 cm3

r = m  =  96,5 gram  = 19,3 g/cm3

      V        5 cm3

Benda II

m=42 g

V= 5 cm3

r = m  =  42 gram  = 8,4 g/cm3

      V        5 cm3

Benda III

m= 52,5 g

V= 5 cm3

r = m  =  52,5  = 10,5g/cm3

      V        5 cm3

Benda I, Benda II, dan Benda III berturut-turut terbuat dari bahan emas, kuningan, dan perak.

Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik dapat memberikan contoh masalah pemuaian yang terjadi di sekitar kehidupan sehari- hari, dan memberikan alasannya

3.        Perhatikan beberapa perilaku yang berkaitan dengan pemuaian berikut!

(1)  Memberikan celah pada sambungan rel kereta api

(2)  Memasang kabel transmisi listrik tidak kendor di saat cuaca panas

(3)  Membuat ukuran bingkai jendela lebih besar dari ukuran kacanya

(4)  Merangkaikan bimetal pada seterika listrik otomatis

Masalah-masalah yang timbul akibat pemuaian dapat diatasi oleh perilaku yang ditunjukan oleh nomor

A.      (1), (2), dan (3)                          C.   (3), (4), dan (1)  

B.       (2), (3), dan (4)                          D.   (4), (1), dan (2)

(1)  Memberikan celah pada sambungan rel kereta api merupakan cara untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian. Yaitu jika tidak diberi celah, maka rel kereta api yang terbuat dari besi ketika siang hari panas terik rel bisa melengkung (bengkok).

(2)  Memasang kabel transmisi listrik tidak kendor di saat cuaca panas, merupakan cara untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian. Yaitu jika pemasangan kabel listrik yang dilakukan pada siang hari tidak kendor, maka kanel listrik akan putus ketika malam hari suhu menjadi dingin (menyusut).

 (3) Membuat ukuran bingkai jendela lebih besar dari ukuran kacanya, merupakan cara untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian. Yaitu jika bingkai tidak dibuat lebih besar dari kacanya , maka kaca bisa pecah karena memuai ketika siang hari panas.

(4)  Merangkaikan bimetal pada seterika listrik otomatis, ini merupakan manfaat pemuaian. Ketika seterika panas bimetal akan membengkok ke arah logam yang koefisien muainya lebih kecil, sehingga arus listrik terputus seterika pun menjadi dingin dan seterusnya.

Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Soal  :

Peserta didik dapat menyebutkan contoh pemanfaatan perubahan wujud dalam kehidupan sehari-hari.

4.        Perhatikan rangkaian percobaan tampak pada gambar berikut!

Dari data yang tampak tersebut, dibuat  kesimpulan bahwa zat (x) dan zat (y) adalah....

Zat (x)

Zat (y)

Bentuk

Volum

Bentuk

Volum

A.

berubah

berubah

berubah

tetap

B.

tetap

berubah

berubah

berubah

C.

berubah

berubah

tetap

berubah

D.

berubah

tetap

berubah

berubah

Zat (x) adalah zat cair. Zat cair memiliki sifat bentuk selalu berubah sesuai dengan wadah atau tempat yang ditempatinya. Sedangkan Zat (Y) adalah gas memiliki sifat bentuk dam volumenya selalu berubah a (memenuhi ruangan).

Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hokum Newton dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Soal  :

Peserta didik dapat memberikan contoh penerapan jenis gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari.

5.        Perhatikan grafik  dan pernyataan berikut!

Pernyataan:

1.        Gerak lurus dipercepat beraturan

2.        Gerak lurus diperlambat beraturan

3.        Gerak lurus dengan kecepatan tetap

4.        Jarak perpindahan 150 m

Grafik tersebut di atas merupakan diagram sebuah benda yang bergerak, pernyataan yang sesuai untuk menjelaskan diagram tersebut ditunjukkan pada nomor….

Kunci             : C

Grafik tersebut menggambarkan sebuah benda yang bergerak selama 15 detik memiliki kecepatan tetap yaitu 10 m/s.

Perpindahan yang dialami benda= 10 m/s x 15 detik = 150 m

Indikator SKL  :

Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.

Indikator Soal  :

Peserta didik dapat menghitung besarnya usaha atau gaya pada benda diangkat vertikal ke atas.

6.        Seorang siswa sedang menarik beban dari dalam sumur seperti pada gambar berikut :

Jika percepatan gravitasi bumi sebesar 10 m/s² dan antara katrol dan tali tidak terjadi gesekan, maka beban (timba) bergerak ….

A.        ke bawah, dengan percepatan 10 m/s²

B.        ke atas, dengan percepatan 10 m/s²

C.        ke bawah, dengan percepatan 2 m/s²

D.       ke atas, dengan percepatan 2 m/s²s

Kunci                         : B

Pembahasan            :

Kerekan timba merupakan katrol tunggal yang memiliki keuntungan mekanis satu, dimana gaya yang diberikan untuk mengangkat beban adalah sebesar berat benda. Mengapa dengan kerekan timba mampu mengankat beban tearsa lebih ringan, karena mengankat atau menarik ke bawah lebih mudah daripada ke atas.

Indikator SKL  :

Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Soal  :

Peserta didik mampu menjelakan prinsip kerja pesawat sederhana.

Untuk  mengangkat beban ke atas, agar lebih mudah maka menggunakan papan miring. Hal ini disebakan karena ….

A.        usaha yang dilakukan menjadi lebih kecil

B.        gaya yang dilakukan menjadi lebih kecil

C.        jarak perpindahan menjadi lebih kecil

D.       gravitasi bumi menjadi kecil

Kunci             : B

Bidang miring merupakan pesawat sederhana, yaitu suatu alat yang dilakukan untuk memudahkan melakukan kerja. Namun pesawat sederhana tidak mengubah usaha (usaha tetap). Pada bidang miring gaya yang dialkukan memang kecil tetapi jarak perpindahan menjadi besar, sehingga usaha tetap.

Indikator SKL  :

Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat

Indikator Soal  :

Disajikan gambar dua bejana yang berisi zat cair yang berbeda, Peserta didik  dapat menentukan besarnya tekanan zat cair pada dasar masing-masing bejana,

Apabila ikan-ikan pada dua bejana tersebut berada pada dasar  wadah, maka tekanan air yang dialami ikan pada ….

A.        wadah I sama besar daripada ikan pada wadah II

B.        wadah I lebih besar daripada ikan pada wadah II

C.        wadah I lebih kecil daripada ikan pada wadah II

D.       bergantung pada massa ikannya

Tekanan dalam cair= ρ x g x h. artinya tekanan zat cair hanya  bergantung pada massa jenis zat cair, percepatan gravitasi dan kedalaman zat cair. Tekanan zat cair tidak bergantung pada massa benda yang tercelup dalam zat cair maupun tidak bergantung pada bentuk wadah. Sehingga pada jenis zat cair yang sama, meskipin bentuk wadah berbeda, tekanan pada kedalaman yang sama akan sama besar.

Indikator SKL  :

Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.

Indikator Soal  :

Disajikan grafik gelombang , peserta didik dapat menentukan nilai salah satu  besaran gelombang

9.        Grafik berikut menampilkan simpangan dari sebuah titik dalam satu medium sebagai fungsi waktu ketika sebuah gelombang lewat melalui medium.

Jika panjang gelombang tersebut 6 m, maka cepat rambat gelombangnya adalah ….

Indikator SKL  :

Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Soal  :

Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta penerapannya dalam  kehidupan sehari hari, melalui gambar.

10.    Seorang siswa melakukan percobaan di lab-IPA dengan menggunakan penggaris plastik yang dijepitkan salah satu ujungnya pada meja seperti gambar  berikut :

Ketika panggaris digetarkan ternyata menghasilkan 1.000 getaran setiap menitnya, namun siswa tersebut tidak mendengar getaran bunyi yang dihasilkan. Hal ini disebabkan ....

A.        dinding lab-IPA tidak dapat memantulkan bunyi

B.        bunyi yang dihasilkan diserap oleh dinding lab-IPA

C.        frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz

D.       frekuensi bunyi yang dihasilkan lebih dari 20 Hz

Frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz, sehingga tidak dapat didengar oleh manusia.

Indikator SKL  :

Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan  penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator Soal  :

Siswa dapat menentukan sifat bayangan pada alat optic tertentu.

11.    Bayangan akhir yang dibentuk oleh mikroskop bersifat ….

A.        maya, tegak diperbesar

B.        maya, terbalik diperbesar

C.        nyata, terbalik diperbesar

D.       nyata, tegak, diperbesar

Mikroskop terdiri dari 2 buah lensa yaitu lensa obyektif dan lensa okuler. Benda (obyek) diletakkan diantara f obyektif dengan 2f. Diperoleh bayangan nyata, terbalik diperbesar. Bayangan yang dibentuk oleh lensa obyektif, diterima oleh lensa okuler sebagai benda nyata. Okuler berfungsi sebagai lup, sehingga bayangan obyektif harus jatuh di antara fokus dengan okuler atau paling jauh di titik fokus okuler. Bayangan okuler bersifat maya diperbesar dan tegak terhadap bayangan obyektif. Jadi bayangan akhirnya bersifat : maya, terbalik dan diperbesar.

Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari                                

Indikator soal  :

Siswa dapat menentukan nilai gaya elektrostika antara 2 benda bermuatan listrik jika jarak kedua  benda dijauhkan atau didekatkan pada kelipatan tertentu dari jarak semula dengan muatan tetap.

12.    Dua buah muatan masing-masing Q1 dan Q2 berada di udara terpisah pada jarak 2r sehingga terjadi gaya tarik sebesar F seperti tampak pada gambar.

Jika kedua muatan dipindahkan sehingga berjarak 2 kali jarak mula-mula, maka gaya tarik antara  kedua muatan menjadi....

Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda bermuatan berbanding terbalik dengan kuadrat  jarak antara dua benda bermuatan tersebut.

Karena jarak diperbesar menjadi 2 kali, maka  besarnya gaya tarik menarik antara 2 benda tersebut menjadi ¼ kali gaya semula.

Indikator SKL  :      

Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian    (seri / paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari                                        

Indikator soal  :      

Disajikan gambar rangkaian beberapa penghamaba tsecara seri paralel yang  diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus yang mengalir  jika ggl dan hamabatan dalam   sumber tegangan diketahui.

13.    Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut !

Kuat arus  pada amperemeter adalah ....

Penjelasan   :

Indikator SKL  :

Menentukan besarnya energi atau daya listrik dala kehidupan sehari-hari                                                                              

Indikator soal          :          

Disajikan gambar alat listrik yang diketahui daya dan tegangannya, siswa dapat menentukan hambatan alat tersebut   

14.    Perhatikan gambar alat listrik berikut !

Jika mikrowave memiliki daya 400 watt dan  bekerja dengan sempurna saat dipasang pada sumber tegangan 200 volt, maka hambatan pada mikrowave sebesar....

Kunci             :B

Pembahasan            :

Diket : P = 400 W,  V= 200 watt

Ditanya : R

P = V . I,  I = ,  P =

R =         

R = 100 Ώ      

Indikator SKL  : 

Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan                                                                     

Indikator soal  : 

Disajikan gambar pembuatan magnet dengan  cara menggosok  siswa dapat  menentukan kutub magnet.

15.    Perhatikan pembuatan magnet seperti gambar berikut!

Ujung B dan C menjadi kutub magnet ....

Dengan menggunakan kaidah tangan kanan maka kutub-kutub magnet yang terbentuk adalah  A kutub Selatan,  B kutub Utara, C kutub Selatan dan D kutub Utara

Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada      transformator.                                                                     

Disajikan gambar skema trafo siswa dapat menentukan  salah satu variabel pada rumus trafo jika variabel lainnya diketahui.

Transformator menghasilkan tegangan 0ut put 20 volt, maka tegangan input pada transformator sebesar . . . .

Np / Ns = Vp / Vs

500 / 50 = Vp / 20

Vp = 500 x 20 / 50

Vp = 200  volt                                               

Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau  peredaran bumi-bulan terhadap matahari      

Indikator soal  : 

Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi

17.    Salah satu akibat dari rotasi bumi adalah ....

B.        terjadinya siang dan malam

C.        perbedaan lamanya malam dengan siang

D.       gerak semu tahunan matahari dari utara ke selatan

Rotasi bumi dari arah barat ke timur. Rotasi bumi menyebabkan beberapa fenomena alam antara lain : terjadinya perubahan malam dengan siang, gerak semu harian bneda langit dari timur ke barat, perbedaan waktu dibelahan bumi berbeda, penggembungan bumi di katulistiwa dan pepat di kutub.

Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator soal  :

Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok campuran.

18.    Berikut ini adalah nama beberapa zat.

Diantara zat-zat tersebut yang termasuk campuran adalah ... .

1 dan 3 merupakan campuran

2 dan 4 merupakan senyawa

Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan

Siswa dapat menentukan sifat fisika atau kimia dari percobaan sederhana/pengamatan

19.    Diketahui sifat-sifat zat dari dari hasil pengamatan beberapa zat :

(2)  mempunyai titik didih yang tinggi

(4)  mudah dialiri listrik

Kunci : B

Berdasarkan pernyataan di atas, yang termasuk sifat kimia adalah pasangan nomor ...

Indikator SKL  :

Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.

Indikator soal  : 

Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat  mengelompokkan perubahan kimia dari percobaan tersebut

(1)  air dipanaskan akan menguap

(2)  logam dipanaskan akan membara

(3)  besi dibiarkan di tempat terbuka mengalami korosi

(4)  garam dibuat dengan mencampurkan asam dan basa

Berdasarkan data di atas, yang termasuk perubahan kimia adalah pasangan nomor ....

Perubahan kimia adalah proses prubahan suatu benda yang menghasilkan zat jenis baru, dan zat tersebut tidak dapat kembali lagi ke zat semula, terjadinya melalui proses reaksi kimia.

Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan  lingkungannya.

Siswa dapat menjelaskan pengaruh  zat aditif dengan kesehatan

Obat nyamuk bakar yang digunakan secara terus menerus dapat menyebabkan efek samping terhadap fungsi organ-organ tubuh. Sistem organ yang dipengaruhi secara langsung adalah….

A.        sistem peredaran darah

B.        sistem pencernaan makanan

Obat nyamuk bakar menghasilkan asap, di dalam asap tersebut terdapat bahan kimia  seperti CO2, CO, zat racun dan berbagai zat berbahaya lainya, zat tersebut sangat berbahaya bagi tubuh, terutama pada system pernapasan

Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia,

Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri fisiologis pengaruh zat adiktif

Dampak fisiologi penggunaan zat adiktif dan psikotropika pada pemakai adalah ….

A.        kulit menjadi cepat keriput

B.        menurunya fungsi alat reproduksi

C.        merasa nyaman dalam pergaulan

D.       susah dalam menerima pelajaran

Salah satu dampak fisiologis akibat pemakaian zat adiktif psikotropika pada manusia adalah menurunya fungsi alat reproduksi untuk menghasilkan sperma maupun sel telur, akibatbya akan mengalami kemandulan

Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

Diberikan gambar ciri mahluk hidup siswa dapat menentukan ciri yang benar

Perhatikan gambar berikut ini:

Gambar diatas menunjukan bahwa makhluk hidup memilki ciri ....

D.       peka tehadap rangsangan

Gambar tersebut merupakan proses metamorphosis pada hewan katak, dari mulai telur sampai dewasa. Secara morfologi terjadi proses pertumbuhan, sejalan dengan itu juga mengalami perkembangan

Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.

Diberikan gambar tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan tumbuhan  tinggi/tendah

Perhatikan gambar berikut!

Ciri yang tidak dimiliki oleh tumbuhan seperti pada gambar tersebut adalah ….

A.        susunan tulang daun sejajar

C.        memiliki jaringan kambium

D.       jaringan pembuluh tersebar

Gambar tersebut adalah salah satu tumbuhan monokotil. Cir-ciri tumbuhan monokotil adalah: akar serabut, batang tidak berkambium, susunan jaringan pembuluh tersebar, susunan tulang daun daun sejajar berbentuk pita, jumlah bagian bunga berkelipatan 3 

Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem

Diberikan gambar pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan  interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)

Perhatikan gambar berikut!

Pola interaksi antara tumbuhan pada gambar tersebut adalah ….

Gambar tersebut adalah tumbuhan paku tanduk rusa  (Platycerium bifurcatum) yang hidup menenpel pada tumbuhan inang, pada pola interaksi ini tanaman paku hanya menempel untuk hidup dan tidak merugikan tumbuhan yang di tempelinya, makanan di cari sendiri dan di fotosintesis .

Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia untuk mengatasi pencemaran tanah (daur ulang)

Akibat kemajuan dalam bidang industri, maka hampir semua kemasan produk menggunakan bahan yang terbuat dari plastik, hal ini bedampak pada pencemaran tanah. Usaha yang di lakukan untuk menanggulangi hal tersebut adalah ….

A.        mengubur sampah plastik di dalam tanah

B.        mendaur ulang limbah plastik menjadi bahan baru

C.        membakar sampah plastik

D.       menimbun dengan sampah organik

Plastik merupakan polietilen yang merupakan bahan pencemar bagi tanah karena tidak dapat di uraikan oleh bakteri dalam waktu yang cepat, tapi baru dapat terurai dalam waktu lebih dari 150n tahun, hal ini akan mengakibatkan pencemaran bagi tanah. Salah satunusaha yang dim lakukan untuk mengetasi hal tersebut adalah mendaur ulang sampah bahan-bahan yang terbuat dari plastic menjadi bahan yang bisa di pakai lagi.

Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus

Disajikan grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah, siswa dapat menjelaskan hubungan tersebut

Perhatikan grafik berikut.

Grafik yang menunjukan pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan hijau di pemukiman, adalah....

X: kepadatan populasi manusia

Y: jumlah sampah di lingkungan

Ketersediaan lahan hijau tetap atau bahkan menurun, sejalan dengan semakin bertambahnya jumlah populasi manusia. Meningkatnya kepadatan populasi menusia diikuti dengan semakin banyaknya lahan yang diperlukan untuk remah, jalan, dan kebutuhan lainnya, yang banyak memobgkar lahan hijau.

Menjelaskan system peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya

Disajikan data, siswa dapat membedakan pembuluh darah (arteri dan vena)

5.        letak dekat permukaan kulit

ciri yang di miliki oleh pembuluh arteri adalah ….

Pembuluh darah arteri memiliki ciri-ciri: mengalirkan darah bersih, mengadung oksigen, letaknya lebih dalam dari kulit, denyutnya terasa, memiliki katup sedikit, pembuluh bersifat elatis

Menjelaskan system pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan

Disajikan tabel enzim dan fungsinya, siswa dapat menetukan  nama enzim serta fungsinya dengan benar

Perhatikan tabel berikut!

No

Nama enzim

Fungsi

I

Pepsin

Mengubah protein menjadi pepton

II

Amilase

Mengubah maltosa menjadi glukosa

III

Renin

Menggumpalkan protein susu (kasein)

IV

Tripsin

Mengubah protein menjadi asam amino

Berdasarkan tabel di atas, nama enzim yang di hasilkan oleh pankreas beserta fungsinya adalah….

Dalam pankrean ada 3 macam enzim yang berperan mengubah makanan yang masuk dalam tubuh antara lain:

Tripsin    : mengubah pepton menjadi asam amino

Amylase  : mengubah amilum / amatosa menjadi glukosa

Lipase     : mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol

Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya

Disajikan gambar alat pernapasan, siswa dapat menentukan organ dengan fungsi tertentu

Perhatikan gambar berikut!

Proses yang terjadi pada organ  X terhadap udara pernafasan menuju paru-paru adalah ….

A.        penyesuaian suhu udara

B.        penyerapan oksigen oleh dinding

C.        penyaringan udara oleh cilia

D.       pelepasan uap air melalui lender

Bagian yang tunjuk tanda panah adalah batang tenggorok (trachea) pada dindingnya terdapat cilia, fungsi utamanya adalah menyaring kotoran yang masuk bersama udara, dimana dalam rongga hidung belum tersaring, maka di trachea akan di saring kembali oleh cilia.  

Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya..

Disajikan gambar salah satu jenis  otot,  siswa  dapat menentukan fungsi jenis otot tersebut

Perhatikan gambar jenis otot berikut!

Fungsi dari jenis otot seperti ditunjuk gambar adalah....

A.        menyusun organ jantung

B.        menggerakkan tulang paha

C.        membentuk persendian tertentu

D.       menyusun organ lambung

Struktur otot seperti ditunjuk pada gambar adalah jenis otot jantung berfungsi menyususn organ jantung. Ciri khas dari otot jantung adalah antara sel yang dengan yang lainnya saling berhubungan, berseran melintang, berinti, kerja tak sadar.

Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan 

dengannya.

Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi bagian alat reproduksi pada manusia

Fungsi dari ovarium pada organ reproduksi manusia adalah...

A.        menghasilkan hormon testosteron

B.        tempat tumbuhnya embrio

C.        memproduksi sel sperma

D.       menghasilkan sel telur (ovum)

Jumlah ovarium adalah 1 pasang, terletak di dalam rongga perut, berfungsi untuk pembentukan sel telur dan menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Pembentukan sel telur terjadi melalui pembentukan folikel. Hormon estrogen berfungsi untuk menimbulkan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, di antaranya: payudara membesar, suara semakin tinggi, kulit semakin halus, panggul membesar dan lain-lain.

Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.

Disajikan salah satu gambar indera, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk 

Bagian yang ditunjuk dengan tanda S berfungsi ....

A.        menangkap bayangan benda yang masuk

B.        mempertajam bayangan benda yang masuk

C.        menghantarkan rangsang cahaya ke otak

D.       memperkecil bayangan benda yang masuk

gambar yang ditunjukkan pada soal adalah mata. Bagian yang ditunjuk tanda panah adalah bagian retina mata. Fungsi bagian ini adalah menangkap bayangan benda yang masuk. Bayangan benda ini kemudian akan dilanjutkan oleh serabut sarah dihantarkan menuju ke otak untuk diterjemahkan.

Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.

Siswa dapat menentukan pembeda antara tumbuhan dikotil dan monokotil

Salah satu bagian yang membedakan struktur organ tumbuhan dikotil dengan monokotil diantaranya adalah...

A.        susunan berkas pengangkutnya yang menyebar

B.        memiliki jumlah stomata yang banyak

C.        tulang daunnya  yang menjari dan menyirip

D.       jenis  akarnya adalah serabut

Perbedaan umum tumbuhan monokotil dan dikotil dapat dilihat dari gambar berikut.

Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar

Siswa dapat menentukan bentuk respon yang dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan luar

Respon Chlamidomonas saat diberi rangsang cahaya adalah ...

A.        bergerak mendekati sumber cahaya

B.        bergerak menjauhi arah cahaya

C.        menggulungkan tubuhnya

D.       diam tidak memberikan respon

Chlamydomonas adalah genus dari ganggang hijau. Mereka uniselular dan bergerak dengan flagelata. Chlamydomonas digunakan sebagai model organisme untuk biologi molekular, terutama pembelajaran pergerakkan flagellar dan pergerakan kloropas. Karena memimiliki kloroplas maka Chlamidomonas melakukan proses fotosintesis. Ganggang hijau ini memerlukan cahaya untuk proses tersebut.

Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut

Disajikan gambar percobaan Ingenhousz, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada percobaan tersebut

Perhatikan gambar percobaan Ingenhousz berikut ini!

Pada proses percobaan di atas pernyataan berikut yang sesuai adalah...

A.        Pada tabung X  terdapat senyawa glukosa hasil fotosintesis.

B.        Hidrilla akan bereaksi dengan air untuk berfotosintesis.

C.        Air dalam bejana berubah warna hijau seperti hidrilla.

D.       Akhir dari proses tersebut dihasilkan gas CO2.

Percobaan Ingenhousz adalah salah satu contoh percobaan yang dilakukan untuk mengetahui hasil proses fotosintesis. Pada percobaan ini tumbuhan yang dipergunakan adalah tumbuhan air (misal: Hidrilla) yang dimasukkan dalam bejana berisi air. Corong yang digunakan dimanfaatkan untuk mengarahkan gas hasil proses fotosintesis agar mengalir menuju tabung reaksi yang diposisikan tertelungup. Gas  hasil proses fotosintesis diharapkan tertampung pada bagian pangkal tabung reaksi (ditunjuk X). Untuk membuktikan apakah gas tersebut adalah oksigen maka setelah tabung reaksi diangkat dan bagian mulut tabung didekatkan dengan bara api maka bara api membesar. Hal ini terjadi karena pada proses pembakaran diperlukan oksigen.

Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

Siswa dapat membedakan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan

Contoh bentuk pertumbuhan sekunder sehingga membedakan dengan pertumbuhan primer pada tumbuhan adalah....

A.        munculnya bunga pada ketiak daun atau ujung batang

B.        bertambahnya diameter batang pada tanaman dikotil

C.        batang yang tumbuh tinggi karena pembelahan sel apikal

D.       tumbuhnya ujung akar ke arah dalam tanah

Pertumbuhan sekunder terjadi pada tanaman Dikotil maupun Gymnospermae terjadi karena adanya proses pembelahan pada jaringan meristem lateral/sekunder pada kambium. Pertumbuhan dari jaringan meristem ini menyebabkan bagian kambium mengalami pertumbuhan ke arah samping (pertambahan diameter) sehingga batang dikotil/gymnospermae dapat membesar.

Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup

Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendukung seleksi alam

Faktor-faktor yang mempengaruhi seleksi alam diantaranya adalah....

A.        genetik, banjir, dan gempa bumi

B.        perubahan iklim, bencana alam, dan badai

C.        hormon, nutrisi, dan kesehatan lingkungan

D.       kelembaban tinggi, kekeringan dan keturunan

Seleksi alam adalah proses atau gejala alam yang menyebabkan makhluk hidup dapat bertahan hidup atau tidak. Proses atau gejala alam yang dimaksud diantarnya: perubahan lingkungan (iklim, cuaca, badai, bencana alam dll), persaingan antarorganisme (kompetisi) dan proses makan dimakan

Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.

siswa dapat menentukan perbandingan/persentase genotip/fenotip filial dari hasil persilangan dihibrid dominasi penuh.

Persilangan antara tanaman ercis berbiji bulat warna kuning (BbKK) dengan tanaman ercis berbiji kerut warna kuning (bbKK) maka akan dihasilkan tanaman ercis berbiji bulat warna kuning sebesar....

Perbandingan fenotipnya adalah Bulat Kuning: kerut kuning = 1: 1 atau 50%: 50%, jadi fenotipbulat kuning adalah 50%

Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

Siswa dapat memberi contoh jenis mikroba yang dimanfaatkan dalam bioteknologi pada bidang pertanian

Mikrobia yang dimanfaatkan dalam bidang pertanian diantaranya adalah....

Penjelasan: Rhizobium radicicola adalah  jenis bakteri  yang dapat hidup pada bintil akar khususnya kacang-kacangan (Rhizobium radicicola). Bentuk simbiosis antara bakteri ini dengan tanaman inang adalah bakteri menyuburkan tanaman karena bakteri mendapatkan zat hara yang kaya energi dari tanaman inang sedangkan tanaman inang mendapatkan senyawa nitrogen dari bakteri untuk melangsungkan kehidupannya. Untuk menambat nitrogen, bakteri ini menggunakan enzim nitrogenase, dimana enzim ini akan menambat gas nitrogen di udara dan merubahnya menjadi gas amoniak.

Rhizopus oryzae adalah jenis dari kelompok jamur yang biasa dimanfaatkan dalam teknologi pangan terutama dalam pembuatan tempe

Acetobacter xylinum: Jenis mikrobia yang dimanfaatkan dalam pembuatan nata de coco (sari kelapa)

Ascaris lumbricoides: adalah jenis cacing gilig yang bersifat parasit bagi manusia. Hidup dalam perut manusia

Gallery Soal Un Smp 2016 Dan Pembahasannya

Prediksi Soal Un Smp Ipa Paket B Dan Kunci Jawaban

Soal Latihan Us Dan Un Smp Tahun 2017 Yang Disertai Kunci

Un Sma Biologi 2016 Dan Pembahasan

Contoh Soal Un Smp Bahasa Indonesia Pembahasan Soal Cari

Ptk Ipa Smp Doc

Un Smp 2016 Matematika Hasilnya Dengan Bilangan Kedua

Un Hots 4

Un Sma Biologi 2016 Dan Pembahasan

Contoh Soal Perbandingan Matematika Smp 2 Idschool

Search Soal Un Ipa Smp Dan Pembahasannya Slidept Net

Unsmp2016ing999 Pdf Foods Nature

Pembahasan Soal Un Bahasa Inggris Smp 2012 Paket Soal E45

Soal Pengayaan Un 2016 Smp Mts Giri Widodo

Try Out Un Bahasa Inggris Smp 2016

Www M4th Lab Net

Uncategorized Smp Negeri 4 Samigaluh Laman 2

Www M4th Lab Net

Pembahasan Soal Un 2016 2017 Bahasa Indonesia Smp Mts

Soal Un Bahasa Inggris Smp Doc

Latihan Soal Un Bahasa Inggris Smp 2016 Paja Tapuih


0 Response to "Soal Un Smp 2016 Dan Pembahasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel