Low Back Pain Adalah



Ditjen Yankes

Mengatasi Low Back Pain, Apa Saja yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan?

Pernahkah Anda mengalami low back pain? Low back pain atau nyeri punggung bawah, adalah sakit di bagian bawah tulang belakang atau punggung. Bagian belakang ini terdiri dari susunan tulang belakang, cakram antara vertebrata, sumsum tulang belakang (fungsi saraf), otot, dan ligamen.

Trauma di daerah ini bisa menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit bisa berlangsung beberapa hari atau bahkan terjadi dalam jangka waktu yang lama. Lalu, hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mengalami low back pain?

Yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi low back pain

1. Memberikan kompresan

Saat Anda mengalami nyeri punggung bawah, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengompres. Dengan mengompres bagian nyeri, itu akan meredakan saraf dan otot yang menegang hingga menimbulkan rasa nyeri.

Pertama, Anda bisa mengompres bagian yang sakit selama 1 sampai 2 hari, selama 20 menit tiap sesinya. Mengapa begitu lama? Karena tahap ini merupakan tahap peradangan awal yang butuh diberikan penanganan sederhana. Setelah rasa nyeri mulai mereda, barulah boleh Anda menggunakan kompresan hangat pada bagian punggung yang sakit.

2. Tidur di posisi dan kasur yang nyaman

Atur posisi tidur Anda dengan nyaman, tempatkan punggung Anda pada posisi tegak dan lurus. Usahakan leher, punggung, dan tulang ekor bawah sejajar, maksudnya adalah jangan gunakan bantal atau penyangga di kepala dahulu.

Mengapa posisi dan alas tidur penting? Karena tiap jenis-jenis tiap orang berbeda, disesuaikan dengan struktur tubuh, ukuran tubuh, dan kenyamanan yang didapat, sehingga penting dalam masa pemulihan low back pain tersebut.

3. Minum obat pereda rasa nyeri

Jika dirasa nyeri punggung bawah yang Anda alami sakit tak tertahankan, boleh Anda meminum obat pereda nyeri yang dijual di apotek. Obat jenis ini memang diperlukan untuk menghilangkan nyeri saraf pada tubuh. Tapi ingat, obat ini tidak bisa Anda gunakan terus menerus. Anda harus mulai membenahi gaya hidup dan kesehatan Anda, contohnya dengan melakukan peregangan pada otot-otot bagian belakang setelah Anda selesai berolahraga.

Yang sebaiknya dihindari saat low back pain

1. Jangan duduk dan diam saja

Kalau Anda pikir low back pain bisa disembuhkan dengan mengistirahatkan tubuh, Anda salah kaprah. Tubuh, saraf, dan otot belakang Anda memerlukan peregangan ketika mereka meradang. Bangun dan regangkan badan Anda setiap 20 menit sekali. Jangan lupa regangkan kaki dan bagian tangan Anda.

2. Makan terlalu banyak

Nyatanya, makan terlalu banyak bisa membuat low back pain makin parah. Tubuh yang kian meningkat bobotnya, dapat memberikan kontribusi untuk gejala yang berhubungan dengan tulang belakang, seperti osteoporosis, osteoarthritis, reumatik, dan stenosis tulang belakang.

3. Mengangkat barang berat

Seperti yang diketahui, low back pain bisa disebabkan gaya, daya, dan posisi yang salah saat Anda mengangkat barang berat. Sangat tidak dianjurkan untuk mengangkat barang terlalu berat. Kalaupun Anda terpaksa, lakukan dengan posisi seperti yang dianjurkan di bawah ini:

  • Ketika ingin mengangkat, angkat dari jarak yang dekat
  • Posisikan siku Anda menekuk, dan tekuk lutut Anda.
  • Angkat berawal dari kaki dan naik ke otot perut
  • Saat benda telah berada di dekapan, jangan sekali-kali memutar-mutar badan

4. Jangan duduk dengan posisi sembarangan

Kalau pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk dan berdiam dalam jangka waktu yang lama, pastikan kursi Anda memiliki sandaran yang lurus, sesuaikan dengan sandaran lengan juga agar nyaman. Berikan bantalan di bagian punggung bawah. Jangan lupa untuk meregangkan tubuh Anda setiap 30 menit sekali.

Baca Juga:

Gallery Low Back Pain Adalah

Referat Low Back Pain

Low Back Pain

Sakit Pinggang Low Back Pain

Nyeri Pinggang Bawah

About Lumbar Spinal Canal Stenosis Otsuka Pharmaceutical

Kesehatan Itu Penting Low Back Pain

Makalah Pbl 28 Pak Low Back Pain Mqej5674vxl5

Pdf A Longitudinal Study Of Low Back Pain As Associated

Lower Back Injuries

Psoas Muscle Why It S The Most Vital Muscle In Your Body

Mechanical Low Back Pain American Family Physician

Fisioterapisurabaya Com Low Back Pain Nyeri Punggung

Referat Low Back Pain

Low Back Pain And Sciatica Overview Pathophysiology

What Is Central Sensitization

Discogenic Low Back Pain

Rs Lira Medika Low Back Pain

Mechanical Low Back Pain American Family Physician

How To Fix Lumbar Hyperlordosis Excessively Arched Low Back

Musculoskeletal Pain And Exercise Challenging Existing

Sakit Pinggang Low Back Pain Referensi Penyakit


0 Response to "Low Back Pain Adalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel