Ciri Ciri Bunga Matahari



Bunga Matahari Macam Macam Cara Budidaya Manfaat Biji Dan

Bunga Matahari, Asal-Usul, Ciri-Ciri dan Keterangan Lainnya

ekor9.com. Bunga matahari iyalah tumbuhan yang semusim dari suku kenikir-kenikiran yang sangat popular baik untuk tanaman hias ataupun tanaman sebagai penghasil minyak, bunga ini sebenarnya bunga yang majemuk yang tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga yang berbentuk kecil pada satu bongkol.

Pada tahun 1800-an Bunga ini sudah tersebar misalnya di Indonesia, bunga matahari ini merupakan bunga khas amerika serikat, bunga ini tersusun sangat majemuk dan terdapat dua tipe bunga:bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning yang sangat cerah dan steril dan bunga tabung yang menghasilkan biji bunga tabung ini bisa mencapai jumlahnya 2000 kuntum dalam satu tandan bunga, penyerbukannya silang dan dibantu oleh serangga, karena pergerakan bunga matahari ini tumbuhan mendapatkan keuntungan 10% lebih.

Pemanfaatan yang sangat penting dari bunga matahari ini yaitu sumber minyak, minyak yang dihasilkan dari bunga matahari ini bisa digunakan untuk menggoreng, serta campuran salad. Serta menghasilkan biji yang sangat disukai hamster yaitu kuaci, dalam hal penyerbukannya bunga matahari ini memanfaatkan lebah madu untuk terjadinya pemrosesan pembuahan putik.

Pada sekitar abad ke 16 tanaman ini semakin menyebar ke daratan eropa dan semakin menyebar lagi ke seluruh daerah di dunia.

Legenda Yunani Tentang Bunga Matahari

Menurut legenda yunani, bunga matahari ini berasal dari wujud seorang nimfa yang sangat jatuh cinta terhadap dewa matahari, dan nimfa merupakan salah satu kaum dari makhluk legendaris yang wujudnya wanita, nimfa ini tinggal di tempat-tempat tertentu dan menyatu dengan alam, dikisahkan seorang nimfa yang bernama clytie jatuh cinta terhadap helios, yaitu seorang dewa matahari, dan setiap harinya helios selalu mengelilingi angkasa dengan kegagahannya, tanpa memperdulikan clytie yang sangat jatuh cinta kepada dirinya, yang selalu memperhatikannya di pagi, siang maupun malam hari.

Kesetiaan clytie sangat terbukti kepada helios, iya tidak berpindah tempat dari pagi hingga malam menjelang hanya ingin memandang helios, iya terus menunggu lagi dan lagi helios mengelilingi angkasa, clytie hanya ingin helios mengerti perasaan clytie , dan tiba-tiba keajaiban muncul kepada clytie lama kelamaan kakinya menjadi akar dan tubuhnya menjadi tubuh pohon dan kecantikan wajahnya berubah menjadi keanggunan dari sebuah Bunga yang menghadap matahari. Oleh karena itu asal usulnya yang bercerita tentang kesetiaan jadi sebagian orang menganggapnya bunga matahri sebagai lambing kesetiaan.

Manfaat Bunga Matahari

Bunga matahari ini juga memiliki fungsi untuk tanaman obat seluruh bagian tubuhnya hamper menghasilkan obat, bunga matahari ini juga bisa mengobati tekanan darah tinggi, dan bisa mengurangi nyeri pada kepala, dan mempunyai manfaat lainnya contohnya:

  1. Untuk kecantikan, pada biji bunga matahari ini menghasilkan minyak dan minyak itu bisa dimanfaatkan untuk wajah, rambut, kulit dll. Dan sangat baik juga apabila dikonsumsi dengan campuran salad.
  2. Diet, bagian bijinya dapat dikonsumsi sebagai santapan diet, kandungan nabati dan serat yang terdapat pada bunga matahari ini mampu mengontrol rasa lapar.
  3. Peradangan, bunga matahari ini terutama pada bijinya dapat mengurangi peradangan, karena biji pada bunga matahari ini flavonoid dan senyawa tanaman lain dengan khasiat serupa.
  4. Diabetes, menambahkan biji bunga matahari ke makanan lainya seperti roti sangat membantu mengurangi efek karbohidrat.

Setiap tumbuhan tentunya dapat memiliki manfaat berbeda-beda tergantung apa yang terkandung didalam tumbuhan itu sendiri, dan Bunga matahari ini memiliki segudang vitamin, mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Bunga matahari ini sangat membutuhkan banyak sinar matahari agar dapat berkembang dan tumbuh dengan baik dan tumbuh sekitar 6-8 jam, dan baik pula untuk diolah menjadi bahan makanan ataupun membuat cemilan, dan bunga matahari ini juga bisa berguna sebagai sabun cuci muka.

Ciri-Ciri Tanaman Bunga Matahari

Ciri-ciri bunga matahari ini yaitu Bunga yang tumbuh di iklim tropis dan tidak dikenal dengan keindahannya Bunga matahari ini mempunyai bentuk daun yang lebar, batangnya sering di tumbuhi rambut yang kasar sering kali tegak dan condong ke arah matahari dan sering kali mengikuti pergerakan arah matahari. Tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Tanaman bunga ini termasuk kedalam tanaman dikotil.

Bunga matahari ini mampu hidup pada ketinggian 1500 mdpl, bunga matahari ini akan maksimal pertumbuhannya pada ph 6,5-7,5. Bunga matahari mampu tumbuh hingga 1-3 meter tergantung variasinya, batangnya sangat tebal dan kuat, kepala bunga matahari ini besar dan mempunyai diameter 30 cm, ditengahnya terdapat bunga-bunga kecil berwarna coklat.

Bunga matahari ini mempunyai buah yang berbentuk kurung, biji buah matahari yang sebenarnya ada didalam buah lain yang melindunginya yang memiliki kulit tebal dan keras, bunga matahari ini bunganya sangat besar dengan berbentuk pita kuning di sepanjang cawannya.

Bunga matahari ini juga bisa digunakan resep obat:

Untuk mengobati rasa sakit kepala, ambil 30gram bunga matahari setelah itu direbus dengan satu butir telur, direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa ½ gelas. Untuk mengobati disentri , seduh 30 gram biji bunga matahari setelah itu di tim hingga 1 jam terus di dinginkan setelah itu diminum. Untuk infeksi saluran kencing, ambil akar bunga matahari sebanyak 30 gram setelah itu rebus setelah mendidih langsung diangkat dan di minum selagi waktu masih hangat. Mengobati rematik, ambil 1 tangkai kepala bunga matahari lalu direbus sampai menjadi kanji setelah itu tempelkan kanji itu kebagian yang sakitnya.

Bunga matahari ini mempunya nama lain yaitu ;

Indonesia: bunga matahari Bahasa Inggris: sunflowers Pilipina: mirasol Cina: xiang ri kui

Jepang: koutjisuki.

Seperti itulah pengertian dan ciri-ciri lainnya tentang bunga matahari jika bisa bermanfaat bisa di share.

Gallery Ciri Ciri Bunga Matahari

Klasifikasi Dan Morfologi Bunga Matahari Ilmu Pengetahuan

Ternyata Mudah Begini Cara Menanam Bunga Matahari

14 Jenis Jenis Bunga Matahari Ini Melambangkan Kesetiaan

Bunga Matahari Ragam Manfaat Sang Penyerap Energi Surya

Manfaat Bunga Matahari Bagi Kesehatan

123 Gambar Bunga Dan Macam Macam Jenis Indah Langka

Ciri Ciri Bunga Tulip Dari Akar Batang Daun Bunga Dan

8000 Gambar Bunga Matahari Satu Tangkai Terbaik Infobaru

Bunga Matahari Ciri Ciri Tanaman Serta Khasiat Dan

Ciri Khas Dan Manfaat Bunga Matahari Botaniku Com

Ini Alasan Bunga Matahari Selalu Menghadap Matahari

Ciri Ciri Bunga Matahari Bibit Online

Lks Rpp Bahasa Indonesia

Jenis Jenis Bunga Matahari Tercantik Lengkap Dengan Manfaat

Cara Menanam Bunga Matahari Sampai Berbunga Indriani

Gambar Bunga Matahari Dan Berbagai Jenisnya Yang Perlu

Ciri Khusus Bunga Matahari Selalu Ikuti Arah Cahaya

400 Gambar Bunga Matahari Dan Ciri Cirinya Gambar Id

Minyak Bunga Matahari Komposisi Produk Dan Ciri Ciri Berguna

Gambar Bunga Matahari Dan Berbagai Jenisnya Yang Perlu

4 Tahap Mudah Menanam Bunga Matahari Dari Biji Pak Tani

Jenis Jenis Bunga Matahari Tercantik Lengkap Dengan Manfaat

Indahnya Hamparan Ribuan Bunga Matahari Di Sunflower

Ciri Khusus Tumbuhan Sd

Contoh Gejala Alam Biotik Dalam Kehidupan Laboratorium Smk

Bunga Matahari Jenis Klasifikasi Morfologi Budidaya

Apa Yang Bisa Dipelajari Dari Bunga Matahari Untuk Anak Usia

Gambar Bunga Matahari Dan Berbagai Jenisnya Yang Perlu

Daftar Nama Bunga Lengkap Beserta Gambar Dan Penjelasannya


0 Response to "Ciri Ciri Bunga Matahari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel