Permendagri 112 Tahun 2014



Kontrak Payung Kendaraan No 112 Tahun 2014 Pt Yamaha

Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pilkades

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa diterbitkan untuk melaksanakan Ketentuan pasal 46 Peraturan Pemerintah Republik Indoneisa Nomor 43 Tathun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang menyebutkan perlunya menetapkan Permendagri tentang Pemilihan Kepala Desa.

Status Permendagri Nomor 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa ini diubah dengan Permendagri Nomor 65 tahun 2017 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

Permendagri 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa ini ditunggu-tunggu Pemerintah Daerah untuk dapat mengisi kekosongan posisi Kepala Desa sekaligus dalam rangka implementasi Undang-Undang Desa. Dengan terbitnya Permendagri tentang Pemilihan Kepala Desa ini akan menjadi dasar hukum pemerintah daerah Kabupaten/Kota untuk dapat melakukan Pemilihan Kepala Desa diaderahnya secara berbarengan ataupun bergelombang mulai di tahun 2015. Sebab jika tidak ada kepala desa Definitif maka syarat-syarat untuk dapat menginmlementasikan UU Desa di tahun 2015 menjadi agak kurang lengkap dan menjadi dasar alasan pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk tidak dapat melakukan implementasi UU Desa di tahun 2015.

Permendagri 112/2014 ini terdiri dari 50 pasal dan 7 Bab, diantaranya adalah Ketentuan Umum, Pemilihan Kepala Desa, Pelaksanaan, Pencalonan, Kepala Desa, Perangkat Desa dan Pegawai Negeri Sipil sebagai Calon Kepala Desa, Pembiayaan, Ketentuan Lain-lain dan Penutup.

Dalam BAB I Ketentuan Umum Pasal 1 disebutkan tentang :

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:

  1. Desa adalah desa atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa.
  3. Badan Permusyawaratan Desa yang selanjutnya disingkat BPD atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.
  4. Musyawarah Desa adalah musyawarah yang diselenggarakan oleh BPD khusus untuk pemilihan Kepala Desa antarwaktu.
  5. Pemilihan kepala desa adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
  6. Kepala Desa adalah pejabat Pemerintah Desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga Desanya dan melaksanakan tugas dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah;
  7. Panitia pemilihan Kepala Desa tingkat desa yang selanjutnya disebut Panitia Pemilihan adalah Panitia yang dibentuk oleh BPD untuk menyelenggarakan proses Pemilihan Kepala Desa;
  8. Panitia pemilihan Kepala Desa tingkat kabupaten/kota yang selanjutnya disebut Panitia Pemilihan Kabupaten/Kota adalah panitia yang dibentuk Bupati/Walikota pada tingkat Kabupaten/kota dalam mendukung pelaksanaan pemilihan Kepala Desa.
  9. Calon Kepala Desa adalah bakal calon Kepala Desa yang telah ditetapkan oleh panitia pemilihan sebagai calon yang berhak dipilih menjadi Kepala Desa;
  10. Calon Kepala Desa Terpilih adalah calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Desa.
  11. Penjabat Kepala Desa adalah seorang pejabat yang diangkat oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan tugas, hak dan wewenang serta kewajiban Kepala Desa dalam kurun waktu tertentu;
  12. Panitia pemilihan Kepala Desa di desa adalah panitia yang dibentuk BPD untuk melaksanakan pemilihan Kepala Desa.
  13. Pemilih adalah penduduk desa yang bersangkutan dan telah memenuhi persyaratan untuk menggunakan hak pilih dalam pemilihan Kepala Desa;
  14. Daftar Pemilih Sementara yang selanjutnya disebut DPS adalah daftar pemilih yang disusun berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum terakhir yang telah diperbaharui dan dicek kembali atas kebenarannya serta ditambah dengan pemilih baru;
  15. Daftar Pemilih Tambahan adalah daftar pemilih yang disusun berdasarkan usulan dari pemilih karena yang bersangkutan belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara;
  16. Daftar Pemilih Tetap yang selanjutnya disebut DPT adalah daftar pemilih yang telah ditetapkan oleh Panitia Pemilihan sebagai dasar penentuan identitas pemilih dan jumlah pemilih dalam pemilihan Kepala Desa;
  17. Kampanye adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Calon Kepala Desa untuk meyakinkan para pemilih dalam rangka mendapatkan dukungan.
  18. Tempat Pemungutan Suara, selanjutnya disingkat TPS, adalah tempat dilaksanakannya pemungutan suara.

Pemilihan Kepala Desa

Dalam BAB 2 Pemilihan Kepala Desa disebutkan bahwa (Pasal 2) Pemilihan Kepala Desa dilakukan secara serentak satu kali atau dapat bergelombang. (Pasal 3) Pemilihan Kepala Desa satu kali sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dilaksanakan pada hari yang sama di seluruh desa pada wilayah Kabupaten/Kota.

Pasal 4 Ayat (1) menyatakan bahwa Pemilihan Kepala Desa secara bergelombang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dapat dilaksanakan dengan mempertimbangkan:

  1. pengelompokan waktu berakhirnya masa jabatan Kepala Desa di wilayah Kabupaten/Kota;
  2. kemampuan keuangan daerah; dan/atau;
  3. ketersediaan PNS di lingkungan Kabupaten/Kota yang memenuhi persyaratan sebagai penjabat Kepala Desa.

Dalam Ayat (2) Pemilihan Kepala Desa secara bergelombang sebagai mana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan paling banyak 3 (tiga) kali dalam jangka waktu 6 (enam) tahun.

Batas waktu Pilkades bergelombang di batasi dengan waktu paling lama dua tahun dijelaskan dalam Ayat (3) Pemilihan Kepala Desa bergelombang sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilakukan dengan interval waktu paling lama 2 (dua) tahun.

Panitia Pemilihan Kepala Desa

Panitia Pemilihan Kepala Desa dibentuk oleh Bupati/Walikota serta tugas-tugasnya disebutkan dalam Pasal 5 Permendagri 112/2014 tentang Pemilihan Kepala Desa:

Pasal 5

  1. Bupati/Walikota membentuk panitia pemilihan di Kabupaten/Kota.
  2. Panitia pemilihan di Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai tugas meliputi:
    1. merencanakan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan semua tahapan pelaksanaan pemilihan tingkat kabupaten/kota;
    2. melakukan bimbingan teknis pelaksanaan pemilihan kepala desa terhadap panitia pemilihan kepala desa tingkat desa;
    3. menetapkan jumlah surat suara dan kotak suara;
    4. memfasilitasi pencetakan surat suara dan pembuatan kotak suara serta perlengkapan pemilihan lainnya;
    5. menyampaikan surat suara dan kotak suara dan perlengkapan pemilihan lainnya kepada panitia pemilihan;
    6. memfasilitasi penyelesaian permasalahan pemilihan kepala desa tingkat kabupaten/kota;
    7. melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pemilihan; dan
    8. melaksanakan tugas dan wewenang lain yang ditetapkan dengan keputusan Bupati/Walikota.

    Aturan pelaksanaan pemilihan kepala Desa terbagi dalam 5 bagian besar mulai dari Pasal 6 sampai dengan Pasal 44. Bagian pertama adalah tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa diatur dalam Pasal 6 Permendagri 112/2014 yaitu:

    Pasal 6

    1. Persiapan,
    2. Pencalonan,
    3. Pemungutan Suara, dan
    4. penetapan.

    Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa

    Bagian Persiapan Pemilihan Kepala Desa terdapat dalam pasal 7 - 9 Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

    Bagian kedua Persiapan

    Paragraf 1 Umum

    Pasal 7

    Persiapan pemilihan di Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf a, terdiri atas kegiatan:

    1. pemberitahuan badan permusyawaratan desa kepada kepala desa tentang akhir masa jabatan yang disampaikan 6 (enam) bulan sebelum berakhir masa jabatan;
    2. pembentukan panitia pemilihan kepala desa oleh badan permusyawaratan desa ditetapkan dalam jangka waktu 10 (sepuluh) hari setelah pemberitahuan akhir masa jabatan;
    3. laporan akhir masa jabatan kepala desa kepada bupati/walikota disampaikan dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah pemberitahuan akhir masa jabatan;
    4. perencanaan biaya pemilihan diajukan oleh panitia kepada bupati/walikota melalui camat atau sebutan lain dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah terbentuknya panitia pemilihan; dan
    5. persetujuan biaya pemilihan dari bupati/walikota dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) Hari sejak diajukan oleh panitia.

    Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa

    Pasal 8

    Pembentukan panitia pemilihan kepala Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf b disampaikan secara tertulis oleh BPD kepada Bupati/Walikota melalui camat.

    Tugas Panitia Pemilihan Kepala Desa

    Pasal 9

    Panitia pemilihan kepala desa mempunyai tugas:

    1. merencanakan, mengkoordinasikan, menyelenggarakan, mengawasi dan mengendalikan semua tahapan pelaksanaan pemilihan;
    2. merencanakan dan mengajukan biaya pemilihan kepadaBupati/Walikota melalui camat; c. melakukan pendaftaran dan penetapan pemilih;
    3. mengadakan penjaringan dan penyaringan bakal calon;
    4. menetapkan calon yang telah memenuhi persyaratan;
    5. menetapkan tata cara pelaksanaan pemilihan;
    6. menetapkan tata cara pelaksanaan kampanye;
    7. memfasilitasi penyediaan peralatan, perlengkapan dan tempat pemungutan suara;
    8. melaksanakan pemungutan suara;
    9. menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dan mengumumkan hasil pemilihan;
    10. menetapkan calon Kepala Desa terpilih; dan
    11. melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pemilihan.

    Penetapan Pemilih

    Paragraf 2 persiapan pemilihan kepala desa mengatur tentang penetapan pemilih kepala desa yang ada pada pasal 10 - 20 Permendagri 112/2014 tentang Pemilihan Kepala Desa:

    Paragraf 2 Penetapan Pemilih

    Pasal 10

    1. Pemilih yang menggunakan hak pilih, harus terdaftar sebagai pemilih.
    2. Pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi syarat:
      1. penduduk Desa yang pada hari pemungutan suara pemilihan Kades sudah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau sudah/pernah menikah ditetapkan sebagai pemilih.
      2. nyata-nyata tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya;
      3. tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap; dan
      4. berdomisili di desa sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sebelum disahkannya daftar pemilih sementara yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau surat keterangan penduduk.
    3. Pemilih yang telah terdaftar dalam daftar pemilih ternyata tidak lagi memenuhi syarat sebagaimana dimaksud pada ayat (2), tidak dapat menggunakan hak memilih.

    Pasal 11

    1. Daftar pemilih dimutakhirkan dan divalidasi sesuai data penduduk di desa.
    2. Pemutakhiran sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dilakukan karena:
      1. memenuhi syarat usia pemilih, yang sampai dengan hari dan tanggal pemungutan suara pemilihan sudah berumur 17 (tujuh belas) tahun;
      2. belum berumur 17 (tujuh belas) tahun, tetapi sudah/pernah menikah;
      3. telah meninggal dunia;
      4. pindah domisili ke desa lain; atau
      5. belum terdaftar.
    3. Berdasarkan daftar pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Panitia pemilihan menyusun dan menetapkan daftar pemilih sementara.

    Pasal 12

    1. Daftar pemilih sementara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (3), diumumkan oleh panitia pemilihan pada tempat yang mudah dijangkau masyarakat.
    2. Jangka waktu pengumuman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) selama 3 (tiga) hari.

    Pasal 13

    1. Dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2), pemilih atau anggota keluarga dapat mengajukan usul perbaikan mengenai penulisan nama dan/atau identitas lainnya.
    2. Selain usul perbaikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pemilih atau anggota keluarga dapat memberikan informasi yang meliputi:
      1. Pemilih yang terdaftar sudah meninggal dunia;
      2. Pemilih sudah tidak berdomisili di desa tersebut;
      3. Pemilih yang sudah nikah di bawah umur 17 tahun; atau
      4. Pemilih yang sudah terdaftar tetapi sudah tidak memenuhi syarat sebagai pemilih.
    3. Apabila usul perbaikan dan informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diterima, panitia pemilihansegera mengadakan perbaikan daftar pemilih sementara.

    Pasal 14

    1. Pemilih yang belum terdaftar, secara aktif melaporkan kepada Panitia Pemilihan melalui pengurus Rukun Tetangga/Rukun Warga.
    2. Pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didaftar sebagai pemilih tambahan.
    3. Pencatatan data pemilih tambahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dilaksanakan paling lambat 3 (tiga) hari.

    Pasal 15

    1. Daftar pemilih tambahan diumumkan oleh Panitia Pemilihan pada tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat.
    2. Jangka waktu pengumuman daftar pemilih tambahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dilaksanakan selama 3 (tiga) hari terhitung sejak berakhirnya jangka waktu penyusunan tambahan.

    Pasal 16

    Panitia pemilihan menetapkan dan mengumumkan Daftar pemilih sementara yang sudah diperbaiki dan daftar pemilih tambahan sebagai daftar pemilih tetap.

    Pasal 17

    1. Daftar pemilih tetap sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16, diumumkan di tempat yang strategis di desa untuk diketahui oleh masyarakat.
    2. Jangka waktu pengumuman daftar pemilih tetap sebagaimana dimaksud pada ayat (1), selama 3 (tiga) hari terhitung sejak berakhirnya jangka waktu penyusunan daftar pemilih tetap.

    Pasal 18

    Untuk keperluan pemungutan suara di TPS, Panitia menyusun salinan daftar pemilih tetap untuk TPS.

    Pasal 19

    Rekapitulasi jumlah pemilih tetap, digunakan sebagai bahan penyusunan kebutuhan surat suara dan alat perlengkapan pemilihan.

    Pasal 20

    Daftar pemilih tetap yang sudah disahkan oleh panitia pemilihan tidak dapat diubah, kecuali ada pemilih yang meninggal dunia, panitia pemilihan membubuhkan catatan dalam daftar pemilih tetap pada kolom keterangan "meninggal dunia".

    Pencalonan Kepala Desa

    Bagian ketiga Bab Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa adalah Pencalonan Kepala Desa yang terdiri atas Pendaftaran Calon (Pasal 21), Penelitian Calon, Penetapan dan Pengumuman Calon (Pasal 22, 23, 24, dan 25):

    Bagian ketiga Pencalonan

    Paragraf 1 Pendaftaran Calon

    Pasal 21

    Calon Kepala Desa wajib memenuhi persyaratan:

    1. warga negara Republik Indonesia;
    2. bertakwa kepada tuhan yang maha esa;
    3. memegang teguh dan mengamalkan pancasila, melaksanakan undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan negara kesatuan republik indonesia dan bhinneka tunggal ika;
    4. berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah pertama atau sederajat;
    5. berusia paling rendah 25 (dua puluh lima) tahun pada saat mendaftar;
    6. bersedia dicalonkan menjadi kepala desa;
    7. terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di desa setempat paling kurang 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran;
    8. tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara;
    9. tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahunatau lebih, kecuali 5 (lima) tahun setelah selesai menjalani pidana penjara dan mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik bahwa yang bersangkutan pernah dipidana serta bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang;
    10. tidak sedang dicabut hak pilihnya sesuai dengan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;
    11. berbadan sehat;
    12. tidak pernah sebagai Kepala Desa selama 3 (tiga) kali masa jabatan; dan
    13. syarat lain yang diatur dalam Peraturan Daerah.

      Paragraf 2 Penelitian Calon, Penetapan dan Pengumuman Calon

      Pasal 22

      1. Panitia pemilihan melakukan penelitian terhadap persyaratan bakal calon meliputi penelitian kelengkapan dan keabsahan administrasi pencalonan.
      2. Penelitian kelengkapan dan keabsahan administrasisebagaimana dimaksud pada ayat (1) disertai klarifikasi pada instansi yang berwenang yang dilengkapi dengan surat keterangan dari yang berwenang.
      3. Panitia pemilihan mengumumkan hasil penelitian sebagaimana dimaksud pada ayat (1), kepada masyarakat untuk memperoleh masukan.
      4. Masukan masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (3), wajib diproses dan ditindak lanjuti panitia pemilihan.

      Pasal 23

      (1) Dalam hal bakal calon kepala desa yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 berjumlah paling sedikit 2 (dua) orang dan paling banyak 5 (lima) orang, Panitia pemilihan kepala desa menetapkan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa. (2) Calon kepala desa yang ditetapkan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diumumkan kepada masyarakat.

      Pasal 24

      1. Dalam hal bakal calon yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam pasal 21 kurang dari 2 (dua) orang, panitia pemilihan memperpanjang waktu pendaftaran selama 20 (dua puluh) hari.
      2. Dalam hal bakal calon yang memenuhi persyaratan tetap kurang dari 2 (dua) setelah perpanjangan waktu pendaftaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bupati/Walikota menunda pelaksanaan pemilihan Kepala Desa sampai dengan waktu yang ditetapkan kemudian.
      3. Apabila dalam tenggang waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (1)masa jabatan Kepala Desa berakhir, Bupati/Walikota mengangkat penjabat Kepala Desa dari pegawai Negeri Sipil dilingkungan pemerintah Kabupaten/Kota.

      Pasal 25

      Dalam hal bakal calon yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada Pasal 21 lebih dari 5 (lima) orang, panitia melakukan seleksi tambahan dengan menggunakan kriteria pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, usia dan persyaratan lain yang ditetapkan Bupati/Walikota.

      Pasal 26

      1. Penetapan calon kepala desa disertai dengan penentuan nomor urut melalui undian secara terbuka oleh Panitia pemilihan.
      2. Undian nomor urut calon sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dihadiri oleh para calon.
      3. Nomor urut dan nama calon yang telah ditetapkan disusun dalam daftar calon dan dituangkan dalam berita acara penetapan calon Kepala Desa.
      4. Panitia pemilihan mengumumkan melalui media masa dan/atau papan pengumuman tentang nama calon yang telah ditetapkan, paling lambat 7 (tujuh) hari sejak tanggal ditetapkan.
      5. Pengumuman sebagaimana dimaksud pada ayat (4) bersifat final dan mengikat.

      Kampanye Pemilihan Kepala Desa

      Kampanye pemilihan kepala desa diatur dalam pasal 27 - 32 Permendagri 112 tahun 2014 tentang Kepala Desa, pedoman aturan kampanye pemilihan kepala desa adalah sebagai berikut:

      Paragraf 3 Kampanye

      Pasal 27

      1. Calon Kades dapat melakukan kampanye sesuai dengan kondisi sosial budaya masyarakat Desa.
      2. Pelaksanaan kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dalam jangka waktu 3 (tiga) Hari sebelum dimulainya masa tenang.
      3. Kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan prinsip jujur, terbuka, dialogis serta bertanggung jawab.

      Pasal 28

      1. Kampanye sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (1) memuat visi dan misi bila terpilih sebagai kepala desa.
      2. Visi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan keinginan yang ingin diwujudkan dalam jangka waktu masa jabatan kepala desa.
      3. Misi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berisi program yang akan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi.

      Pasal 29

      Kampanye sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1) dapat dilaksanakan melalui:

      1. pertemuan terbatas;
      2. tatap muka
      3. dialog;
      4. penyebaran bahan Kampanye kepada umum;
      5. pemasangan alat peraga di tempat Kampanye dan di tempat lain yang ditentukan oleh panitia pemilihan; dan
      6. kegiatan lain yang tidak melanggar peraturan perundang-undangan.

      Pasal 30

      1. Pelaksana Kampanye dilarang:
        1. mempersoalkan dasar negara Pancasila, Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia;
        2. melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
        3. menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan/atau Calon yang lain;
        4. menghasut dan mengadu-domba perseorangan atau masyarakat;
        5. mengganggu ketertiban umum;
        6. mengancam untuk melakukan kekerasan atau menganjurkan penggunaan kekerasan kepada seseorang, sekelompok anggota masyarakat, dan/atau Calon yang lain;
        7. merusak dan/atau menghilangkan alat peraga Kampanye Calon;
        8. menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan;
        9. membawa atau menggunakan gambar dan/atau atribut Calon lain selain dari gambar dan/atau atribut Calon yang bersangkutan; dan
        10. menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta Kampanye.
      2. Pelaksana Kampanye dalam kegiatan Kampanye dilarang mengikutsertakan :
        1. kepala desa;
        2. perangkat desa;
        3. anggota badan permusyaratan desa.

      Pasal 31

      Pelaksana Kampanye yang melanggar larangan Kampanye sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (1) dikenai sanksi:

      1. peringatan tertulis apabila pelaksana Kampanye melanggar larangan walaupun belum terjadi gangguan; dan
      2. penghentian kegiatan Kampanye di tempat terjadinya pelanggaran atau di suatu wilayah yang dapat mengakibatkan gangguan terhadap keamanan yang berpotensi menyebar ke wilayah lain.

      Pasal 32

      1. Masa tenang selama 3 (tiga) hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara.
      2. Hari dan tanggal pemungutan suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh Bupati/Walikota.

      Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Kepala Desa

      Panduan pemungutan dan penghitungan suara hasil pemilihan Kepala Desa diatur dalam Pasal 32 - 43 Permendagri 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa:

      Bagian keempat Pemungutan dan Penghitungan Suara

      Pasal 33

      1. Pemungutan suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32 ayat (2), dilakukan dengan memberikan suara melalui surat suara yang berisi nomor, foto, dan nama calon atau berdasarkan kebiasaan masyarakat desa setempat.
      2. Pemberian suara untuk pemilihan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan mencoblos salah satu calon dalam surat suara.

      Pasal 34

      Pengadaan bahan, jumlah, bentuk, ukuran, dan warna surat suara, kotak suara, kelengkapan peralatan lainserta pendistribusiannya diatur lebih lanjutdalam Peraturan Bupati/Walikota.

      Pasal 35

      1. Jumlah pemilih di TPS ditentukan panitia pemilihan.
      2. TPS sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ditentukan lokasinya di tempat yang mudah dijangkau, termasuk oleh penyandang cacat, serta menjamin setiap pemilih dapat memberikan suaranya secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
      3. Jumlah, lokasi, bentuk, dan tata letak TPS ditetapkan oleh panitia pemilihan.

      Pasal 36

      1. Pemilih tunanetra, tunadaksa, atau yang mempunyai halangan fisik lain pada saat memberikan suaranya di TPS dapat dibantu oleh panitia atau orang lain atas permintaan pemilih.
      2. Anggota panitia atau orang lain yang membantu pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (2), wajib merahasiakan pilihan pemilih yang bersangkutan.

      Pasal 37

      Pemilih yang menjalani rawat inap di rumah sakit atau sejenisnya, yang sedang menjalani hukuman penjara, pemilih yang tidak mempunyai tempat tinggal tetap, yang tinggal di perahu atau pekerja lepas pantai, dan tempat-tempat lain memberikan suara di TPS khusus.

      Pasal 38

      1. Sebelum melaksanakan pemungutan suara, panitia pemilihan melakukan kegiatan:
        1. pembukaan kotak suara;
        2. pengeluaran seluruh isi kotak suara;
        3. pengidentifikasian jenis dokumen dan peralatan; dan
        4. penghitungan jumlah setiap jenis dokumen dan peralatan.
      2. Kegiatan panitia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dihadiri oleh saksi dari calon, BPD, pengawas, dan warga masyarakat.
      3. Kegiatan panitia sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dibuatkan berita acara yang ditandatangani oleh Ketua panitia, dan sekurang-kurangnya 2 (dua) anggota panitia serta dapat ditandatangani oleh saksi dari calon.

      Pasal 39

      1. Setelah melakukan kegiatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38 ayat (1), panitia memberikan penjelasan mengenai tata cara pemungutan suara.
      2. Dalam pemberian suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pemilih diberi kesempatan oleh panitia berdasarkan prinsip urutan kehadiran pemilih.
      3. Apabila menerima surat suara yang ternyata rusak, pemilih dapat meminta surat suara pengganti kepada panitia, kemudian panitia memberikan surat suara pengganti hanya satu kali.
      4. Apabila terdapat kekeliruan dalam cara memberikan suara, pemilih dapat meminta surat suara pengganti kepada panitia, panitia memberikan surat suara pengganti hanya satu kali.

      Pasal 40

      Suara untuk pemilihan Kepala Desa dinyatakan sah apabila:

      1. surat suara ditandatangani oleh ketua panitia; dan
      2. tanda coblos hanya terdapat pada 1 (satu) kotak segi empat yang memuat satu calon; atau
      3. tanda coblos terdapat dalam salah satu kotak segi empat yang memuat nomor, foto dan nama calon yang telah ditentukan; atau
      4. tanda coblos lebih dari satu, tetapi masih di dalam salah satu kotak segi empat yang memuat nomor, foto, dan nama calon; atau
      5. tanda coblos terdapat pada salah satu garis kotak segi empat yang memuat nomor, foto, dan nama calon.

      Pasal 41

      1. Penghitungan suara di TPS dilakukan oleh panitia setelah pemungutan suara berakhir.
      2. Sebelum penghitungan suara dimulai sebagaimana dimaksud pada ayat (1), panitia pemilihan menghitung:
        1. jumlah pemilih yang memberikan suara berdasarkan salinan daftar pemilih tetap untuk TPS;
        2. jumlah pemilih dari TPS lain;
        3. jumlah surat suara yang tidak terpakai; dan
        4. jumlah surat suara yang dikembalikan oleh pemilih karena rusak atau keliru dicoblos.
      3. Penghitungan suara sebagaimana dimaksud pada ayat (2), dilakukan dan selesai di TPS oleh panitia pemilihan dan dapat dihadiri dan disaksikan oleh saksi calon, BPD, pengawas, dan warga masyarakat.
      4. Saksi calon dalam penghitungan suara sebagaimana dimaksud pada ayat (3), harus membawa surat mandat dari calon yang bersangkutan dan menyerahkannya kepada Ketua panitia.
      5. Panitia membuat berita acara hasil penghitungan suara yang ditandatangani oleh ketua dan sekurang-kurangnya 2 (dua) orang anggota panitia serta dapat ditandatangani oleh saksi calon.
      6. Panitia memberikan salinan Berita Acara hasil penghitungan suara sebagaimana dimaksud pada ayat (5) kepada masing-masing saksi calon yang hadir sebanyak 1 (satu) eksemplar dan menempelkan 1 (satu) eksemplar sertifikat hasil penghitungan suara di tempat umum.
      7. Berita acara beserta kelengkapannya sebagaimana dimaksud pada ayat (6), dimasukkan dalam sampul khusus yang disediakan dan dimasukkan ke dalam kotak suara yang pada bagian luar ditempel label atau segel.
      8. Panitia menyerahkan berita acara hasil penghitungan suara, surat suara, dan alat kelengkapan administrasi pemungutan dan penghitungan suara kepada BPD segera setelah selesai penghitungan suara.

      Pasal 42

      1. Calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak dari jumlah suara sah ditetapkan sebagai calon Kepala Desa terpilih.
      2. Dalam hal jumlah calon Kepala Desa terpilih yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari 1 (satu) calon pada desa dengan TPS lebih dari 1 (satu), calon terpilih ditetapkan berdasarkan suara terbanyak pada TPS dengan jumlah pemilih terbanyak.
      3. Dalam hal jumlah calon terpilih yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari 1 (satu) calon pada desa dengan TPS hanya 1 (satu), calon terpilih ditetapkan berdasarkan wilayah tempat tinggal dengan jumlah pemilih terbesar.

      Pasal 43

      Perlengkapan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS, disimpan di kantor desa atau di tempat lain yang terjamin keamanannya.

      Penetapan Kepala Desa

      Pada bagian Kelima Proses Pemilihan Kepala Desa adalah Penetapan Kepala Desa terpilih yang ada pada pasal 44 Permendagri 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

      Pasal 44

      1. Panitia pemilihan kepala desa menyampaikan laporan hasil pemilihan kepala desa kepada BPD.
      2. BPD berdasarkan laporan hasil pemilihan kepala desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyampaikan calon kepala desa terpilih berdasarkan suara terbanyak kepada Bupati/Walikota melalui camat dengan tembusan kepada kepala desa.
      3. Bupati/Walikota menetapkan pengesahan dan pengangkatan kepala desa dengan keputusan Bupati/Walikota.

      Aturan untuk Calon Kepala Petahana, Perangkat Desa, dan Pegawai Negeri Sipil

      Bagi calon Kepala Desa yang berasal dari Kepala Desa Petahana, ataupun Perangkat Desa akan diberi cuti untuk melaksanakan proses pencalonan dirinya sebagai kepala desa, sementara untuk PNS - Pegawai Negeri Sipil harus mendapatkan izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian dan dibebaskan sementara dari jabatannya. Hal ini diatur dalam pasal 45 - 47 Permendagri 112/2014.

      BAB IV KEPALA DESA, PERANGKAT DESA DAN PEGAWAI NEGERI SIPIL SEBAGAI CALON KEPALA DESA

      Paragraf 1 Calon Kepala Desa dari Kepala Desa atau Perangkat

      Pasal 45

      1. Kepala Desa yang akan mencalonkan diri kembali diberi cuti sejak ditetapkan sebagai calon sampai dengan selesainya pelaksanaan penetapan calon terpilih.
      2. Selama masa cuti sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Desa dilarang menggunakan fasilitas pemerintah desa untuk kepentingan sebagai calon Kepala Desa.
      3. Dalam hal Kepala Desa cuti sebagaimana dimaksud pada ayat (1), sekretaris Desa melaksanakan tugas dan kewajiban Kepala Desa.

      Pasal 46

      1. Perangkat Desa yang mencalonkan diri dalam pemilihan Kepala Desa diberi cuti terhitung sejak yang bersangkutan terdaftar sebagai bakal calon Kepala Desa sampai dengan selesainya pelaksanaan penetapan calon terpilih.
      2. Tugas perangkat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dirangkap oleh perangkat Desa lainnya yang ditetapkan dengan keputusan Kepala Desa.

      Paragraf 2 Calon Kepala Desa dari PNS

      Pasal 47

      1. Pegawai negeri sipil yang mencalonkan diri dalam pemilihan Kepala Desa harus mendapatkan izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian.
      2. Dalam hal pegawai negeri sipil sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terpilih dan diangkat menjadi Kepala Desa, yang bersangkutan dibebaskan sementara dari jabatannya selama menjadi Kepala Desa tanpa kehilangan hak sebagai pegawai negeri sipil.
      3. Pegawai negeri sipil yang terpilih dan diangkat menjadi Kepala Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berhak mendapatkan tunjangan Kepala Desa dan penghasilan lainnya yang sah.

      Pembiayaan Pemilihan Kepala Desa

      Pembiayaan Pemilihan kepala desa diatur dalam pasal 48

      BAB V PEMBIAYAAN

      Pasal 48

      1. Biaya pemilihan Kepala Desa dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota.
      2. Dana bantuan dari Angaran Pendapatan dan Belanja Desa untuk kebutuhan padapelaksanaanpemungutan suara.

      Selanjutnya pada BAB Ketentuan lain-lain disebutkan bahwa ketentuan lebih lanjut akan diatur dengan Perda dan Perda tersebut akan diterbitkan selambat-lambatnya 2 tahun semenjak Permendagri 112 tahun 2014 ini diundangkan.

      Pasal 49

      1. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pemilihan Kepala Desa secara serentak diatur dengan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota.
      2. Peraturan Daerah Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diterbitkan selambat-lambatnya 2 tahun sejak peraturan menteri ini diundangkan.

      Update Permendagri 112/2014 tentang Pilkades

      Permendagri 112 tahun 2014 tentang Pilkades diperbaharui dan diubah menjadi Permendagri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan aturan Pilkades.

      Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pilkades diperbaharui denggan Permendagri Nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan aturan Pilkades

Gallery Permendagri 112 Tahun 2014

Permendagri No 112 Tahun 2014 Tentang Pilkades Pemerintah

Kumpulan Permendagri

Uu 6 Desa Dan Turunannya For Android Apk Download

Bagi Yang Minat Ikut Pilkades Baca Dulu Permendagri 65 Tahun

Terbaru Permendagri 112 Tahun 2018 Tentang Pembentukan

Permendagri Nomor 112 Tahun 2014

Website Desa Gondosari

1 09 05 Undang Undang No 6 Tahun Pp No 43 Tahun

Donwload Permendagri Nomor 65 Tahun 2017 Tentang Pemilihan

Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan

Uud No 6 Dan Turunannya 1 0 Download Apk For Android Aptoide

Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala

67 Kepala Kampung Di Wondama Dipilih Serentak Tahun Ini

Bupati Faida Mangkane Ojo Bengak Bengok Pak Rohim Sing

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 112

Permendagri No 65 Th 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan

Kontrak Payung Kendaraan No 112 Tahun 2014 Pt Yamaha

Jadi Kades Tak Perlu Warga Setempat Berikut Syarat

Permendagri Nomor 112 Tahun 2014

Kecamatan Pollung Perlu Implementasikan Permendagri Nomor

Desa Sambiduwur Posts Facebook

Uud No 6 Dan Turunannya 1 0 Download Apk For Android Aptoide

Regulasi Desa For Android Apk Download

Aturan Terbaru Tentang Pemilihan Kepala Desa Juragan Desa

Pemilihan Kepala Desa Panitia Pemilihan Melakukan

Ingin Tau Jadwal Pilkades 162 Desa Berikut Penjelasanya

Download Legal Formal Uu Desa Apk Latest Version 2 0 For


0 Response to "Permendagri 112 Tahun 2014"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel