Metode Penulisan Karya Ilmiah



Sistematika Penulisan Karya Ilmiah

Jenis-Jenis Metode Penelitian dalam Karya Ilmiah

Assalamualaikum wr.wb. pembaca sekalian. Terima Kasih atas kunjungan anda, pada kesempatan kali ini, kami akan menjabarkan beberapa macam metode penelitian yang sering digunakan dalam karya ilmiah. metode penelitian sangat penting dalamsebuah karya ilmiah,karena memiliki fungsi sebagai cara dan metode untuk menganalisa sebuah permasalahan

Eksperimen

Penelitian eksperimental merupakan bentuk penelitian percobaan yang berusaha untuk mengisolasi dan melakukan kontrol setiap kondisi-kondisi yang relevan dengan situasi yang diteliti kemudian melakukan pengamatan terhadap efek atau pengaruh ketika kondisi-kondisi tersebut dimanipulasi. Dengan kata lain, perubahan atau manipulasi dilakukan terhadap variabel bebas dan pengaruhnya diamati pada variabel terikat. Menurut Emzir (2008:96-103) desain penelitian ekperimen dibagi menjadi empat bentuk yakni, pre-experimental design, true experimental design, quasy experimental designdan factorial design.

Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah suatu metode  penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Penelitian ini tidak mengadakan manipulasi atau pengubahan pada variabel-variabel bebas, tetapi menggambarkan suatu kondisi apa adanya. Penggambaran kondisi bisa individual atau menggunakan angka-angka. (Sukmadinata, 2006:5)

Penelitian deskriptif, bisa mendeskripsikan suatu keadaan saja, tetapi bisa juga mendeskripsikan keadaan dalam tahapan-tahapan perkembangannya, penelitian demikian disebut penelitan perkembangan (Developmental Studies). Dalam penelitian perkembangan ini ada yang bersifat longitudinal atau sepanjang waktu dan ada yang bersifat cross sectional atau dalam potongan waktu.

Korelasional

Penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Adanya hubungan dan tingkat variabel yang penting, karena dengan mengetahui tingkat hubungan yang ada, peneliti akan dapat mengembangkannya sesuai dengan tujuan penelitian. (Sukardi, 2003:166)

Penelitian korelasi merupakan bentuk penelitian untuk memeriksa hubungan diantara dua konsep. Secara umum ada dua jenis pernyataan yang menyatakan hubungan, yaitu: (1) gabungan antara dua konsep, ada semacam pengaruh dari suatu konsep terhadap konsep yang lain; (2) hubungan kausal, ada hubungan sebab akibat. Pada hubungan kausal, penyebab diferensikan sebagai varibel bebas dan akibat direferensikan sebagai variabel terikat. Pada penelitian korelasi tidak ada kontrol atau manipulasi terhadap variabel.

Komparatif

Penelitian kausal komparatif atau penelitian ex post facto adalah penyelidikan empiris yang sistematis dimana ilmuan tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung karena eksistensi variabel tersebut telah terjadi. Pendekatan dasar klausa komparatif melibatkan kegiatan peneliti yang diawali dari mengidentifikasi pengaruh variabel satu terhadap variabel lainnya kemudian dia berusaha mencari kemungkinan variabel penyebabnya.

Penelitian komparatif membandingkan situasi masa lalu dan saat ini atau situasi-situasi paralel yang berbeda, khusunya apabila peneliti tidak memiliki kontrol terhadap situasi yang diteliti. Penelitian ini bisa memiliki perspektif makro (misal: internasional,nasional) dan mikro (misal: komunitas, individu).

Evaluasi

Penelitian evaluasi merupakan bentuk penelitian yang bertujuan untuk memriksa proses perjalanan suatu program  sekaligus menguraikan fakta-fakta yang bersifat kompleks dan terlibat di dalam program. Misalnya adalah keefektifan, efisiensi  dan kemenarikan suatu program (Mukhadis, 2013:61).

Simulasi

Penelitian simulasi merupakan bentuk penelitian yang bertujuan untuk mencari gambaran melalui sebuah sistem berskala kecil atau sederhana (model) dimana di dalam model tersebut akan dilakukan manipulasi atau kontrol untuk melihat pengaruhnya. Penelitian ini mirip dengan penelitian eksperimental, perbedaannya adalah di dalam penelitian ini membutuhkan lingkungan yang benar-benar serupa dengan keadaan atau sistem yang asli.

Survey

Survey research designs are procedures in quantitative research in which investigators administer a survey to a sample or to the entire population of people to describe the attitudes, opinions, behaviors, or characteristics of the population. (Creswell, 2012: 376)

Penelitian survey digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relatif kecil. Populasi tersebut bisa berkenaan dengan orang, instansi, lembaga, organisasi dan unit-unit kemasyarakatan dan lain-lain, tetapi sumber utamanya adalah orang. Desain survey tergantung pada penggunaan jenis kuisoner. Survey memerlukan populasi yang besar jika peneliti menginginkan hasilnya mencerminkan kondisi nyata, semakin besar sample survey semakin memberikan hasil akurat. Penelitian survei memiliki tiga tujuan utama yaitu menggambarkan keadaan saat itu, mengidentifikasi secara terukur keadaan sekarang untuk membandinkan, menentukan hubungan kejadian yang spesifik.

Demikian dahulu, artikel iniakan bersambung pada artikel macam macam metode penelitian berikutnya, Insya Allah.

Terima Kasih.

Waasalamualaikum Wr.Wb

Gallery Metode Penulisan Karya Ilmiah

Buku Metode Penulisan Karya Ilmiah

Panduan Penulisan Catatan Kaki Pdf Document

Jurnal Teknik Penulisan Karya Ilmiah Pdf

Lks2

Metode Penulisan Karya Ilmiah Seri Mimbar Akademik 46

Pemilihan Portofolio Menggunakan Beta Terbaik

Karya Tulis Ilmiah Sistematika Kaidah Struktur

Materi Inti 5 Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Pdf

Sistematika Atau Cara Penulisan Makalah Studi Kasus Karya

Sistematika Penulisan Karya Ilmia1

Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Kary I Ilmiai Il

3 Narasi Metode Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Piaud

Doc Ketentuan Peserta Dan Sistematika Penulisan Lomba Karya

Metode Penulisan Ilteks Tata Tulis Karya Ilmiah Books

Metode Penulisan Dan Penyajian Karya Ilmiah

Karya Ilmiah Oteh

Etika Penulisan Karya Ilmiah Mqej7yv21pl5

Metode Penulisan Penyajian Karya Ilmiah Drg Haryanto Ag Sppros Ficd

Sistematika Penulisan Karya Ilmiah Kti Yang Sistematis Dan

Presentasi Mata Kuliah Bahasa Indonesia Hukum Ppt Download

4 Bab Iii Metode Penulisan


0 Response to "Metode Penulisan Karya Ilmiah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel