Membandingkan Data Di Excel Dengan Vlookup



Administrasi Perkantoran Lembar Kerja Ms Excel Terdiri

Cara Mencari Data Yang Sama di Excel dengan Vlookup

Excel adalah salah satu software yang biasa digunakan untuk analisis suatu data khususnya yang berhubungan dengan angka. Soft file ini bisa digunakan untuk segala macam keperluan seperti olah data, hingga membandingkan dua buah data yang sama menggunakan cara mencari data yang sama di excel dengan vlookup.

Saat melakukan olah data, terkadang kita dihadapan pada tugas untuk membandingkan antara dua buah macam data di kolom yang berbeda dan mencari persamaanya. Jika datanya sedikit, maka hal tersebut bukanlah hal yang sulit namun, jika data yang Anda miliki sangat banyak, maka tak mungkin Anda dapat mengeceknya satu per satu.

Saat ini telah terdapat cara yang lebih mudah digunakan yaitu dengan cara mencari data yang sama di excel dengan vlookup. Menu ini sudah disediakan dalam excel secara sempurna sehingga tinggal digunakan saja sesuai dengan kebutuhan masing-masing dari Anda.

Pengertian Rumus Vlookup dan Kegunaanya

Sebelum mengetahui secara lebih detail terkait vlookup, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaiana dasar dari vlookup ini. Vlookup adalah sebuah fungsi dalam excel yang biasa digunakan dan termasuk ke dalam kategori lookup dan juga reference.

Rumus ini merupakan rumus yang berfungsi dalam mengambil satu nilai dari suatu tabel berdasarkan keyword atau penggunaan kata kunci tertentu. Jadi, rumus ini adalah rumus yang digunakan untuk mencari data yang ada pada kolom pertama sebuah data dan akan mengambil data yang memiliki nilai yang sama yang berasal dari baris atau pun kolom mana pun.

Dengan adanya rumus ini, maka nantinya kita dapat melakukan pengisian data sebuah tabel yang didasarkan pada data tabel lain yang dijadikan sebagai referensi yang menggunakan kata kunci secara lebih spesifik.

Arti Kata Vlookup yang Sering Ditemui

Vlookup ini biasanya akan selalu dijejerkan dengan hlookup. Awalan huruf v ini berarti vertikal yaitu data yang berada dan terususun secara tegak ke atas dengan nantinya harus merujuk pada referensi yang digunakan. Dalam penyusunan data ini, judul tabel atau header harus ditaruh di bagian paling atas dan data yang lainnya ditaruh pada bagian bawah.

Fungsi Vlookup Yang Paling Nyata dan Utama

Saat berbicara masalah fungsi vlookup, maka Anda harus mengerti terlebih dahulu fungsi utama dari rumus ini. Dalam vlookup, terdapat 4 jenis fungi yang menjadi fungsi utama dari rumus ini.

  • Nilai yang akan dicari
  • Tabel referensi
  • Nomor kolom
  • Range lookup

Nilai yang akan dicari

Hal pertama yang paling penting dan harus ada adalah nilai yang dicari. Nilai ini adalah nilai yang diletakkan pada kolom pertama tabel atau biasa terletak pada kolom yang paling kanan dari sebuah atbel referensi. Nilai yang dicari ini tak hanya terbatas pada angka saja namun termasuk di dalamnya teks, tanggal, atau berbagai macam nilai tertentu yang dituliskan secara langsung atau menggunakan referensi sel.

Tabel referensi

Fungsi kedua yang harus ada adalah tabel referensi. Tabel ini adalah tabel yang terdiri atas 2 buah kolom atau boleh juga lebih. Nilai yang dicari nantinya akan ditempatkan pada tabel dengan posisi pertama di kolom pertama.

Nomor kolom

Unsur yang ketiga adalah nomor kolom yang menjadi nomor yang mengandung nilai data dan juga nantinya akan diambil nilai yang sebaris dengan nilai yang dicari di kolom pertama.

Range lookup

Unsur terakhir yang harus adalah range lookup. Range ini diisi dengan kondisi true atau pun false. Kedua nilai ini adalah nilai pencarian. Nilai ini nantinya akan dijadikan sebagai nilai acuan yang digunakan untuk menetapkan nilai yang didapatkan adalah yag sama persis atau hanya untuk nilai yang mendekati saja.

Fungsi True dan False dalam Vlookup

Saat menggunakan kondisi dalam vlookup, terdapat dua buah kondisi yaitu true dan false yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Saat menggunakan vlookup, maka nantinya akan mencari nilai yang paling persis atau yang paling mendekati dengan data yang diinginkan. Jika nantinya tidak akan terdapat nilai yang sma persis, maka nilai yang paling besar adalah nili yang akan dihasilkan.

Pada keadaan ini, nantinya vlookup akan mencari nilai yang sama persis saja dengan nilai acuan. Jika tidak terdapat nilai yang sama persis, maka nantinya akan didapatkan hasil eror atau #NA.

Salah satu kegunaan vlookup yang paling utama adalah untuk membandingkan dua buah data dengan tabel refrensi. Saat akan membandingkan ini, maka terdapat rumus yang juga harus diperhatikan. Rumus ini akan sennatiasa digunakan jika Anda ingin membandingkan dua buah refrensi data.

Rumus Untuk Cara Mencari Data Yang Sama di Excel dengan Vlookup

Saat akan mencari data yang memiliki persamaan atau bahkan data yang memiliki nilai yang unik, maka ada rumus excel untuk mencari data yang sama dalam dua kolomyang harus digunakan. Rumusnya adalah:

=IF(ISNA(MATCH (C2;SBS2;SBS11;0);”Unik”;”Duplikat”

Setelah menuliskanrumus excel untuk mencari data yang sama dalam dua kolom, maka selanjutnya Anda harus mengkopy rumus tersebut ke sel yang ada di bawahnya dengan menggunakan auto fill atau pun bisa memasukkanya secara manual. Rumus yang bisa digunakan ini tak hanya fungsi ISNA saja namun, ada juga fungsi rumus ISERROR yang bisa digunakan utnuk membandingkan 2 buah data dalam excel.

Rumus excel untuk mencari data yang sama dalam dua kolomini memiliki fungsi untuk mengetahui jika pencarian data dengan menggunakan fungsi MATCH akan menghasilkan nilai kesalahan atau eror atau tidak ditemukan.

Jika data yang dicari tidak akan ditemukan, maka nantinya akan keluar nilai error #NA. Dari data inilah nantinya akan didapatkan kesimpulan yaitu data tersebut unik atau tidak.

Selain untuk membandingkan, vlookup juga masih memeiliki fungsi lain yaitu untuk mencocokkan data yang ada di excel. Caranya, menggunakan rumus excel untuk mencari data yang sama dalam dua kolomyang disediakan sehingga, Anda hanya tinggal melanjutkannya saja.

Rumus Untuk Cara Mencari Data Yang Sama di Excel dengan Vlookup di Excel

Vlookup juga bisa digunakan untuk mencocokan antara dua buah data di excel. Rumus memanggil data di excel yang digunakan tentunya berbeda dengan yang berfungsi untuk membandingkan. Berikut adalah rumus memanggil data di excel yang digunakan.

=IF(ISERROR(MATCH(C2;SBS2;SBS11;0));C2””)

Setelah menuliskan rumus memanggil data di exceltersbut, maka Anda harusnya segera mengcopy dan juga paste as value sehingga hasilnya akan bisa didapatkan dengan segera. Selanjutnya, anda bisa menggunakan fitur remove duplikat pada excel sehingga akan bisa mendapatkan list berupa data kelompok yang tidak terdapat pada kelompok satunya yang dibandingkan.

Jika ingin membalik fungsi keadaanya, maka Anda bisa saja dengan membalik nilai true yang ada dan juga false pada rumus excel mencari data yang samadi atas.

Penggunaan rumus excel mencari data yang sama ini akan berbeda sesuai dengan masing-masing fungsinya. Sehingga, mulai pahami sejak dini terkait penggunaan fungsi IF, MATCH, ISERROR dan juga fungsi yang lainya untuk cara mencari data yang sama di excel dengan vlookupyang akan memudahkan segala penggunaan Anda.

Gallery Membandingkan Data Di Excel Dengan Vlookup

Tujuh Jenis Hubungan Oleh Zodiac Sign

Rumus Excel Digunakan Untuk Tes Kerja Gitgets

Officeexcel Hashtag On Twitter

Bagaimana Untuk Excel Two Way Lookup Formula Menggunakan

3 Cara Mencari Data Yang Sama Di Excel Dengan Vlookup Cepat

3 Cara Untuk Membandingkan Data Di Dalam Excel Wikihow

Perbedaan Microsoft Excel 2003 Dan Microsoft Excel 2007

Mencari Nilai Dengan Vlookup Index Atau Match Excel

Cara Cepat Mengetahui Data Ganda Pada Excel Emis By Videoku 89

Rumus If Excel Untuk Uji Logika Jangan Salah Lagi Ya M

Fungsi Vlookup Dengan 2 Data Lookup Value Atau Lebih

Membandingkan Data Dengan Menggunakan Fungsi Vlookup Excel

Microsoft Office Excel 2010 K5466j30xx48

How To Work With Date And Time Formulas In Excel

Excel Pivot Tables Tutorial 1 0 Apk Download Android

3 Ways To Compare Data In Excel Wikihow

Mencari Nilai Dalam Daftar Data Excel

Fungsi If Hlookup Dan Vlookup

How To Work With Excel Date And Time Formulas

Mengelompokan Data Beda Sheet Di Excel Baskara Tutorial

How To Work With Date And Time Formulas In Excel

Kelas Excel Kelasexcel On Pinterest

Fungsi Vlookup

Fungsi Vlookup Dengan 2 Data Lookup Value Atau Lebih

Cara Cepat Mengetahui Data Ganda Pada Excel Emis By Videoku 89


0 Response to "Membandingkan Data Di Excel Dengan Vlookup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel