Yesus Memberi Makan 5000 Orang



Renungan Harian Katolik 7 Agustus 2017 Mat 14 13 21

Yesus Memberi Makan 5000 Orang Laki-Laki

Senin Biasa Pekan XVIII (H)

Bil. 11:4b-15

Mzm. 81:12-13,14-15,16-17

Mat. 14:13-21

Bil. 11:4b-15

11:4b"Siapakah yang akan memberi kita makan daging?

11:5 Kita teringat kepada ikan yang kita makan di Mesir dengan tidak bayar apa-apa, kepada mentimun dan semangka, bawang prei, bawang merah dan bawang putih.

11:6 Tetapi sekarang kita kurus kering, tidak ada sesuatu apa pun, kecuali manna ini saja yang kita lihat."

11:7 Adapun manna itu seperti ketumbar dan kelihatannya seperti damar bedolah.

11:8 Bangsa itu berlari kian ke mari untuk memungutnya, lalu menggilingnya dengan batu kilangan atau menumbuknya dalam lumpang. Mereka memasaknya dalam periuk dan membuatnya menjadi roti bundar; rasanya seperti rasa panganan yang digoreng.

11:9 Dan apabila embun turun di tempat perkemahan pada waktu malam, maka turunlah juga manna di situ.

11:10 Ketika Musa mendengar bangsa itu, yaitu orang-orang dari setiap kaum, menangis di depan pintu kemahnya, bangkitlah murka TUHAN dengan sangat, dan hal itu dipandang jahat oleh Musa.

11:11 Lalu berkatalah Musa kepada TUHAN: "Mengapa Kauperlakukan hamba-Mu ini dengan buruk dan mengapa aku tidak mendapat kasih karunia di mata-Mu, sehingga Engkau membebankan kepadaku tanggung jawab atas seluruh bangsa ini?

11:12 Akukah yang mengandung seluruh bangsa ini atau akukah yang melahirkannya, sehingga Engkau berkata kepadaku: Pangkulah dia seperti pak pengasuh memangku anak yang menyusu, berjalan ke tanah yang Kaujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyangnya?

11:13 Dari manakah aku mengambil daging untuk diberikan kepada seluruh bangsa ini? Sebab mereka menangis kepadaku dengan berkata: Berilah kami daging untuk dimakan.

11:14 Aku seorang diri tidak dapat memikul tanggung jawab atas seluruh bangsa ini, sebab terlalu berat bagiku.

11:15 Jika Engkau berlaku demikian kepadaku, sebaiknya Engkau membunuh aku saja, jika aku mendapat kasih karunia di mata-Mu, supaya aku tidak harus melihat celakaku."

Mat. 14:13-21

14:13 Setelah Yesus mendengar berita itu menyingkirlah Ia dari situ, dan hendak mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mendengarnya dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat dari kota-kota mereka.

14:14 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.

14:15 Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa."

14:16 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan."

14:17 Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan."

14:18 Yesus berkata: "Bawalah ke mari kepada-Ku."

14:19 Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak.

14:20 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh.

14:21 Yang ikut makan kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak.

Yesus Memberi Makan 5000 Orang Laki-Laki

Saudara terkasih, kita belajar dahulu mengenai tradisi Yahudi sebelum merenungkan sabda Yesus lebih jauh. Mengapa disebutkan 5000 laki-laki? Dahulu, saat itu perempuan dan anak-anak tidak terhitung dalam masyarakat Yahudi, termasuk pula dalam memakan apa yang telah Yesus sediakan ini. Bisa dikatakan dengan singkat bahwa lima roti dan dua ikan ini sebagai yang sedikit untuk memenuhi begitu banyak orang dan bahkan ada sisanya.

Panggilan dan perutusan Yesus adalah terlibat penuh dalam umat beriman, namun para murid ternyata belum mengerti dengan tepat apa yang Ia kehendaki. Para murid masih berorientasi pada diri sendiri, yaitu hendak meminta orang-orang agar pergi dan “mengurus” kepentingan mereka sendiri. Yesus bertolak belakang dengan pemikiran para murid. Yesus meminta para murid untuk menyediakan makan bagi mereka semua. Ada keterlibatan penuh akan hidup dan keprihatinan di kalangan umat, bukan justru melemparkan tanggung jawab. Yesus mengajak mereka terlibat.

Saudara  terkasih, panggilan dan perutusan Yesus bagi kita juga hingga hari ini ialah terlibat penuh bukan hanya sebatas ide dan gagasan, aplikatif apa yang paling umat perlukan. Mengulurkan tangan untuk membantu bukan meminta mereka mencari pemecahannya sendiri. Para murid diajak untuk tidak kasih yang egois dan terbatas. Kita paham tentu saja mereka letih dan capek seharian mendengarkan pengajaran, mengelola sekian banyak orang, dan tentu mereka lapar dan mengantuk. Yesus masih mengajak mereka melihat, merasakan, dan tahu bagaimana para pendengar itu juga mengalami yang sama. Memberikan kepada mereka makanan bagi bekal jasmani mereka, agar mereka bisa lebih mengenal siapakah DIA.

Pemikiran bahwa orang lain memerlukan kita, keterbukaan akan yang lain, serta kasih Yesus yang membuat mereka semua kenyang. Sekat-sekat egoisme, mencari enaknya sendiri, serta mau berbagi membantu kita melangkah bersama-sama dengan lebih ringan dan semua bisa teratasi. BD.eLeSHa.

Gallery Yesus Memberi Makan 5000 Orang

Jual Gambar Yesus Memberi Makan 5000 Orang Seri Jesus Miracle Gym 58 Harga Murah Jakarta Oleh Pt Heracipta Sinar Lestari

Superbook

Yesus Memberi Makan 5000 Orang Digital Ministry Gki

Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang Wikiwand

Yesus Pakan Lima Ribu

Immanuel Book Store

Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang Stand To Jesus

Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang Wikipedia Bahasa

Katolik Garis Lucu On Twitter Andai Saja Jaman Yesus Sudah

Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang 5000 Cerita Anak Sekolah Minggu Kids

Bl 2 3 3 Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang Youtube

Yesus Memberi Makan 5000 Orang Pdf Free Download

Yesus Memberi Makan Empat Ribu Orang Wikipedia Bahasa

The Big Picnic Yesus Memberi Makan 5000 Orang

Sekolah Minggu Ceria Tuhan Yesus Memberi Makan Lima Ribu

The Freethinker Blog 5 Roti Dan 2 Ikan Yang Makan 5000 Orang

Bab 28 Yesus Memberi Makan 5 000 Orang

Mujizat Tuhan Yesus Di Dunia

Memberi Makan 5000 Orang Solomon S Porch Indonesia


0 Response to "Yesus Memberi Makan 5000 Orang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel