Surat Ar Rum Ayat 41



Surah Ar Rum Ayat 21 Hd Youtube

Tafsir Surat Ar Ruum ayat 41

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (Q.S: Ar Ruum: 41)

Ath Thobari menjelaskan didalam kitabnya”Jami’ Al Bayan Fii Ta’wiil Al Qur’an”: Allah SWT mengingatkan manusia bahwa, Sudah nampak kemaksiatan di daratan bumi dan lautnya dan itu semua akibat dari perbuatan manusia padahal Allah sudah melarangnya. Para Ulama’ berbeda pendapat menafsirkan ayat

Qotadah dan As-Suddiy mengatakan: “yang dimaksuda kerusakan adalah Syirik, dan itu merupakan kerusakan yang paling besar”

Ibnu Abbas, ‘Ikrimah dan Mujahid mengatakan: “yang di maksud kerusakan di daratan yaitu seseorang membunuh saudaranya (saling membunuh diantara mereka), sedangkan kerusakan yang berada di lautan adalah  mereka yang membawa kapal-kapal (mencari hasil laut) dengan paksa”.

Ada yang mengatakan kerusakan di sini adalah kekeringan dan sedikitnya tumbuh-tumbuhan dan kurangnya keberkahan. Ibnu Abbas mengatakan: “kurangnya keberkahan dikarenakan perbuatan manusia agar mereka bertaubat”

An-Nuhhas berkata: “kerusakan yang ada di laut maksudnya yaitu kurangnya hewan buruan (ikan dan sejenisnya) dikarenakan dosa manusia”, “

Ath-Thobari mengatakan: “sudah nampak kemaksiatan-kemaksiatan kepada Allah dimana-mana di darat maupun di laut. Dan itu semua

atau

karena perbuatan dosa manusia dan sudah menyebarnya kedzoliman di muka bumi”

Dan firman Allah

Allah menghendaki agar mereka merasakan sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka,  Ath Thobari mengatakan: “Allah memberikan musibah kepada manusia sebagai akibat dari perbuatan-perbuatan mereka yang telah mereka lakukan, dan karena kemaksiatan-kemaksiatan yang telah mereka lakukan dengan tujuan

Agar mereka kembali (ke jalan yang benar) dan  agar mereka kembali bertaubat dan meninggalkan maksiat”

sesungguhnya Allah SWT sudah memberikan semua yang ada di bumi hanya untuk manusia, dan marilah kita renungkan bersama Allah SWT sudah memberikan kepada kita yang terbaik, tidak pernak dan mustahil Allah memberikan sesuatu yang buruk bagi kita, hanya saja kita sebagai manusia kurang pandai bersyukur, yaitu dengan menjaga apa yang sudah di amanahkan kepada kita.

Sebagaimana firman Allah SWT di dalam Al Qur’an bahwasannya bumi beserta isinya adalah amanah buat manusia agar mereka dapat menjaganya yaitu sebagai KHOLIFAH di muka bumi. Maka apakah kita sudah siap untuk mempertanggungjawabkan amanah tersebut??? Sedangkan kita sudah melihat bumi kita tercinta sekarang sudah banyak kerusakan dimana-mana dikarenakan ulah manusia?? Bahkan termasuk kita??!!

Inilah satu hal disamping hal-hal yang lain yang harus kita berikan perhatian lebih tentang firman Allah SWT di surat Ibrahim ayat 3:

“dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengatakan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Q.S: Ibrahim: 7).

Sekiranya cukup bagi kita dengan satu ayat ini sebagai renungan, kenapa negeri kita banya permasalahan yang tidak kunjung selesei, banyak musibah dimana-mana, keberkahan waktu, ilmu, tenaga bahkan harta seakan hilang dan msih banyak sekali masalah-masalah negeri ini, itu semua tidak luput dari pribadi kita masing-masing sejauh mana ketergantungan kita dengan Allah SWT, semakin kita menjauh dariNya dan takabur maka semakin buruklah kita dan sebaliknya semakin kita terus berusaha untuk selalu bersamaNya dan bersyukur maka janji Allah SWT adalah pasti.

Saudaraku… marilah kita benahi diri kita masing mulai dari SEKARANG, jangan sampai kita tunda-tunda lagi, kita tidak tau kapan tamu Allah yang akan menjemput kita kembali ke hadiratNya. Ya Robb ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa para memimpin dan rakyat ini khususnya Indonesia, jadikan semua musibah ini sebagai ujian untuk selalu meningkatkan derajat kami di sisiMu ya Robb..

Mari kita jaga amanah Allah dengan menjaga bumi… ingat kita semua KHOLIFAH di muka bumi…

Wallahu a’lam bish-showab

Sumber: Tafsir Al Qurtubiy dan Ath-Thobari

Gallery Surat Ar Rum Ayat 41

Latin Surat Ar Rum Ayat 41 42 Brainly Co Id

Quran Surah Al Maidah 3 Qs 5 3 In Arabic And English

Surah Ar Rum Chapter 30 From Quran Arabic English

Islamicity Org Al Ma Idah The Table Spread 5 110

Presentasi 1 Al Qur An Surat Ar Rum 41 42 Hisbulloh Huda

Quran Juz 5 The Noble Qur An Read Qur An In English

H Muammar Za Ar Ruum Ayat 21

Surah Ar Rum Arabic Text With Urdu And English Translation

Kultum 008 Kerusakan Didarat Dan Laut Pondok Tadabbur

Surat Ar Rahman Latin M34mg9v6jm46

Surat Ar Rum The Noble Qur An القرآن الكريم

Quran Surah Ar Rum Arabic English Translation By

Islamic Art And Quotes And Of His Signs Surat Ar Rum 30

Ar Rum Wikipedia

Ruum 41 Google Search Arabic Calligraphy Calligraphy

Sura Al Ahzab Wikishia

Al Quran Translation In English Surah Ar Ruum

Answering Christianity The Noble Quran Search Engine By

Quran Surah Ar Rum Arabic English Translation By


0 Response to "Surat Ar Rum Ayat 41"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel