Pengertian Belajar Dan Pembelajaran



Belajar Dan Pembelajaran Agnes Mutia Academia Edu

Pengertian Belajar dan Pembelajaran Bahasa

Kegiatan pembelajaran bahasa melibatkan aspek bahasa, belajar bahasa, dan pembelajaran bahasa. Pengertian - pengertian dibawah ini akan mengkaitkan aspek- aspek tersebut untuk memahami tentang pembelajaran bahasa.
Keanekaragaman pengertian bahasa yang dikemukakan oleh para ahli bahasadengan latar belakang yang berbeda. Namun, dari beberapa pendapat yang memiliki perbedaan itu, pada dasarnya terdapat kesamaan bahwa bahasa merupakan alat komunikasi antara mahkluk sosial di dunia. Djarjowidjojo, (2003: 16) memberikan definisi bahasa adalah suatu sistem simbol lisan yang arbitrer yang dipakai oleh anggota suatu masyarakat bahasa untuk berkomunikasi dan berinteraksi antar sesamanya, berlandaskan pada budaya yang mereka miliki bersama. Pendapat lain dari Kridalaksana (2008: 24) mendefinisikan bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh suatu anggota masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan untuk mengidentifikasikan diri. 
Manusia telah belajar bahasa sejak zaman dahulu kala, khususnya yang diperlukan dalam berkomunikasi dengan keluarga serta dengan orang lain disekelilingnya. Jadi, untuk dapat hidup sebagai mahklu sosial, manusia harus dibekali dengan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa ibunya.
Belajar bahasa yang bukan bahasa pertama ini disebut bahasa kedua atau bahasa asing. Berdasarkan pengalaman diketahui bahwa belajar bahasa kedua termasuk sukar, baik bahasa yang digunakan secara umum dalam masyarakat luas (bukan bahasa rumah tangga) maupun bahasa yang hanya dipakai oleh orang asing. Kedua macam bahasa yang bukan buhasa pertama ini disebut secara teknis ”bahasa kedua” ( yang digunakan masyarakat secara umum) dan “bahasa asing” (yang tidak dipakai masyarakat secara umum). Untuk proses belajar yang sukar seperti inilah “tata cara memudahkan” atau yang biasa disebut “metodologi” yang perlu dicari dan dikembangkan secara sesungguhnya (Ahmad, 2010:22).
Pembelajaran bahasa harus melibatkan empat faktor, yakni guru, pengajaran bahasa, metode pengajaran bahasa, dan materi pelajaran. Empat fakto tersebut menjadi bagian terpenting dalam usaha membantu dan memudahkan proses belajar mengajara bahasa.
Guru merupakan faktor yang terpenting dalam proses permudahan dalam proses belajar. Karena guru merupakan fasilitator dalam proses pembelajaran yang memerlukan cara-cara atau meode dalam pembelajaran. Jadi, guru yang baik, pada umumnya selalu berusaha untuk menggunakan metode pengajaran yang efektif, serta memakai alat-alat media yang terbaik dalam melaksanakan pembelajaran bahasa. Pencarian metode yang paling efektif tetap saja dilakukan dari zaman ke zaman.
Pengajaran bahasa melibatkan tiga disiplin ilmu linguistic, psikologi, dan ilmu pendidikan. Ilmu linguistic memberikan informasi kepada kita tentang bahasa secara umum dan bahasa-bahasa tertentu. Ilmu psikologi Menguraikan bagaimana orang belajar sesuatu, dalam ilmu pendidikan memungkinkan seseorang bisa meramu semua keterangan itu menjadi satu cara atau metode yang sesuai untuk digunakan di kelas sehingga memudahkan proses belajar mengajar bahasa oleh pelajar (Ahmad, 2010:24).
Daftar Pustaka
  • Izzan, Ahmad. 2010. Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humoniora
  • Darjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • Krisdalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gallery Pengertian Belajar Dan Pembelajaran

Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Docx

Hakikat Belajar Dan Pembelajaran

Doc Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Rodiah Nazalia

Pengertian Dan Definisi Pembelajaran

Ppt Teori Belajar Dan Pembelajaran Powerpoint Presentation

Agromartcenter Hakikat Belajar Dan Pembelajaran

Pengertian Belajar Dan Pembelajaran Hidayatullah88 S Blog

Proses Pembelajaran Konsumen Ppt Download

Kumpulan Metode Pembelajaran 1 Pdf Document

Pengertian Belajar Dan Pengertian Pembelajaran Coretanzone

Pengertian Belajar Dan Prestasi Belajar Matra Pendidikan

Pengertian Kualitas Pembelajaran Dan Indikator Kualitas

Bab Ii Kajian Pustaka Pengertian Belajar Secara

Pengertian Belajar Menurut Teori Konstruktivisme Beserta

Teori Belajar Dan Pembelajaran Buku

1 Teori Belajar Dan Pembelajaran

Bab Ii Tinjauan Pustaka A Belajar Dan Pembelajaran 1

Belajar Dan Pembelajaran Or

13 Bab Ii Kajian Teori A Belajar Dan Pembelajaran


0 Response to "Pengertian Belajar Dan Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel