Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan



Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Permintaan

Definisi dan Faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran

Squad, kamu pernah nggak mengamati harga kebutuhan pokok ketika menjelang hari raya lebaran?  Atau harga gas elpiji 3 kg saat terjadi kelangkaan hingga adanya antrian panjang untuk mendapatkannya? Kira-kira mengapa harga-harga tersebut cenderung naik ya? Penasaran? Yuk, bahas sekarang.

Antrian kelangkaan elpiji 3 kg (Sumber: tirto.id)

Dalam ilmu ekonomi, kenaikan harga dan kelangkaan disebabkan oleh penawaran (supply) dan pemintaan (demand) yang tidak seimbang. Dalam teori penawaran dan permintaan, menggambarkan hubungan-hubungan di pasar, antara calon pembeli dan penjual dari suatu barang atau jasa. Ketidakseimbangan yang terjadi menyebabkan kenaikan harga dan kelangkaan seperti yang terjadi di atas.

Lalu apa sih sebenarnya permintaan dan penawaran?

Permintaan adalah jumlah keseluruhan barang/jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga. Hukum permintaan menyatakan bahwa ketika harga suatu barang meningkat, ceteris paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap), jumlah permintaan barang tersebut akan menurun (berbanding terbalik/negatif). Permintaan yang terjadi dipasar ini dipengaruhi beberapa faktor lho, antara lain:

1. Harga barang itu sendiri

 Apabila harga suatu barang semakin murah, kecenderungan permintaan terhadap barang itu akan bertambah dan hal ini berlaku juga sebaliknya.

2. Harga barang lain yang terkait

  • Apabila harga barang substitusinya turun, maka permintaan akan barang tersebut akan berkurang. Namun apabila harga barang substitusinya naik, maka permintaan barang tersebut akan meningkat. (hubungannya positif/berbanding lurus)
  • Apabila harga barang komplementernya turun, maka permintaan akan barang tersebut akan menurun pula. Sebaliknya, jika harga barang komplementernya naik, maka permintaan akan barang tersebut akan meningkat pula. (hubungannya negatif/berbanding terbalik)

3. Tingkat Pendapatan

Tingkat pendapatan konsumen akan menunjukkan daya beli konsumen. Semakin tinggi tingkat pendapatan, maka semakin meningkat permintaan terhadap suatu barang tersebut. Contohnya, di suatu pasar malam terdapat bazar baju murah, Caca memutuskan hanya membeli satu baju seharga Rp80.000 karena Caca hanya memiliki penghasilan Rp500.000/bulan. Berbeda dengan Amed yang berpenghasilan Rp1.000.000/bulan, ia membeli 2 baju di bazar tersebut.

4. Selera Masyarakat

Selera atau kebiasaan juga akan memengaruhi permintaan suatu barang. Jika selera masyarakat terhadap suatu barang meningkat, permintaan terhadap barang itu pun akan meningkat.

Contoh, celana panjang sedang menjadi tren sekarang, akibatnya jumlah permintaan model celana panjang cenderung meningkat.

5. Jumlah Penduduk

Semakin besar jumlah penduduk suatu daerah atau negara, semakin tinggi permintaan suatu barang untuk harga tertentu.

6. Prediksi Konsumen tentang Kondisi pada Masa Mendatang.

Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, adalah lebih baik membeli barang itu sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa mendatang.

Selanjutnya yuk bahas mengenai penawaran.

Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menyerahkan berbagai barang pada tingkat harga dalam waktu tertentu dan keadaan tertentu. Hukum penawaran menyatakan bahwa ketika harga suatu barang meningkat, ceteris paribus (faktor-faktor lain dianggap tidak ada perubahan), jumlah penawaran barang tersebut juga akan meningkat (berbanding lurus/positif). Seperti halnya pada permintaan maka pada penawaranpun dipengaruhi oleh beberapa faktor, Squad. Antara lain:

1. Harga

  • Harga barang itu sendiri. Produsen atau perusahaan akan menawarkan lebih banyak barang jika harga naik. Begitupun berlaku sebaliknya.
  • Harga barang lain yang terkait. Contohnya seorang petani memiliki lahan yang dapat ditanami jagung atau kacang-kacangan. Ketika harga jagung naik, petani akan mengurangi penanaman kacang dan menggantinya dengan jagung karena lebih menguntungkan.

2. Biaya Produksi

Produsen membutuhkan/membeli berbagai faktor produksi untuk dapat menghasilkan barang dan jasa. Oleh karena itu, jika biaya produksi mengalami kenaikan, maka harga barang akan cenderung naik. Produsen cenderung mengurangi jumlah produksinya, akibatnya jumlah penawarannya pun akan berkurang. Hal ini berlaku sebaliknya.

3. Tingkat Teknologi

Perusahaan yang menggunakan teknologi pada tingkat yang lebih tinggi dapat meningkatkan hasil produksinya dengan cepat. Di samping itu, penggunaan teknologi yang tinggi juga akan menyebabkan biaya produksi semakin murah. Peningkatan hasil produksi dan biaya produksi yang semakin murah, akan menyebabkan jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak pada tingkat harga tertentu.

Ilustrasi penggunaan teknologi (Sumber: media.giphy.com)

4. Jumlah Produsen

Semakin banyak jumlah produsen, semakin banyak pula jumlah barang yang ditawarkan. Misalnya, jika beberapa produsen es krim memutuskan untuk berhenti berjualan dan keluar dari pasar, maka tentu jumlah es krim yang dijual/ditawarkan di pasar akan turut berkurang.

5. Kebijakan Pemerintah

  • Pajak. Asumsi bahwa pajak menjadi beban penjual (penambah harga yang ditawarkan) dan mengurangi laba. Maka semakin besar pajak, jumlah barang yang ditawarkan akan menurun, begitu pula sebaliknya.
  • Subsidi. Mampu mengurangi biaya produksi, sehingga menjadi pengurang harga yang ditawarkan dan menambah laba. Karena itu, semakin besar subsidi, jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah.

6. Faktor Alam

Pengaruh alam akan memengaruhi penawaran produk pertanian dan perikanan. Misalnya, bagi para petani padi, iklim yang tidak menentu dapat menyebabkan gagal panen. Oleh karena itu, jumlah beras yang ditawarkan akan berkurang.

7. Prediksi Produsen tentang Kondisi pada Masa Mendatang

Sebagai contoh, jika produsen meramalkan akan terjadi kenaikan harga beras bulan depan. Maka, pada saat ini produsen akan mengurangi stok penjualannya dan menunggu hingga bulan depan untuk mengeksploitasi keuntungan yang mungkin akan diperoleh akibat naiknya harga.

Nah, setelah memelajari pengertian permintaan dan penawaran beserta faktor-faktor yang memengaruhinya, kita jadi tahu kalau kelangkaan dan kenaikan harga dipengaruhi oleh banyak hal ya, Squad. Untuk menguji lebih jauh lagi pemahaman kamu tentang materi ini, yuk coba daftar di ruanguji. Kamu bisa menguji kemampuan kamu dengan handphone kamu sendiri dan gratis lho. Yuk, daftar sekarang juga!

Gallery Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

16 Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Tenaga

19 Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Tenaga

33 Berikut Adalah Faktor Faktor Yang Mempengaruhi

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Barang Jasa

Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Uang Di

Update Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Akan

Fillable Online Repository Usu Ac Analisis Faktor Faktor

Faktor Daya Beli Masyarakat

Pdf Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Gula Di

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Dan Contoh

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Ips Febrian Home

Berikut Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kecuali

Ppt Permintaan Powerpoint Presentation Free Download Id

Tugas Elastisitas Permintaan Dan Penawaran Ekonomi Mikro

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Barang Dan Jasa

4 1 Definisi Dan Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Ekonomi

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Tenaga Kerja

Apabila Harga Barangjasa Turun Maka Jumlah Barangjasa Yang

Sk3 Kd3 1 Faktor An Dan Penawaran

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Komoditi Kopi

13 Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Tenaga Listrik Sektor

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dagang Sapi

Judul Ke 2 Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi

Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kedaraan

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Perilaku

X 1 Permintaan Dan Penawaran

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Penggunaan

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Gadai Di Pegadaia


0 Response to "Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel