Makna Sila Ke 2



Sejarah Pancasila Dan Makna Butir Butir For Android Apk

Arti dan Makna Sila ke-2, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab menunjukkan bahwa manusia diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa. Berdasarkan nilai tersebut, dikembangkan sikap saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa dan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain. Berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, maka Indonesia menentang segala macam bentuk eksploitasi, penindasan oleh satu bangsa terhadap bangsa lain, oleh satu golongan terhadap golongan lain, dan oleh manusia terhadap manusia lain, oleh penguasa terhadap rakyatnya.

Kemanusian yang adil dan beradab berarti menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian dan mengajarkan untuk menghormati harkat dan martabat manusia dan menjamin hak-hak asasi manusia. Nilai ini didasarkan pada kesadaran bahwa manusia adalah sederajat, maka bangsa Indonesia merasa dirinya bagian dari seluruh umat manusia, karena itu dikembangkanlah sikap hormat-menghormati dan bekerjasama dengan bangsa-bangsa lain.

Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, mengandung pemahaman hukum bahwa setiap warga Indonesia lebih mengutamakan prinsip manusia yang beradab dalam lingkup nilai keadilan. Kemanusiaan yang beradab mengandung bahwa pembentukan hukum harus menunjukkan karakter dan ciri-ciri hukum dari manusia yang beradab. Hukum baik yang berupa peraturan perundang-undangan dan setiap putusan hukum harus sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan. Perlakuan terhadap manusia dalam Pancasila berarti menempatkan sekaligus memperlakukan setiap manusia Indonesia secara adil dan beradab.

Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab membawa implikasi bahwa negara memperlakukan setiap warga negara atas dasar pengakuan dan harkat martabat manusia dan nilai kemanusiaan yang mengalir kepada martabatnya.

Kemanusiaan berasal dari kata manusia, yaitu makhluk berbudi yang memiliki potensi pikir, rasa, karsa, dan cipta. Kemanusiaan terutama berarti sifat manusia yang merupakan esensi dan identitas manusia karena martabatkemanusiaannya (human dignity).

Adil terutama mengandung arti bahwa suatu keputusan dan tindakan didasarkan atas norma-norma yang obyektif; jadi, tidak subyektif apalagi sewenang-wenang.

Beradab berasal dari kata adab yang berarti budaya. Jadi, beradab berarti berbudaya. Ini mengandung arti bahwa sikap hidup, keputusan, dan tindakan selalu berdasarkan nila-nilai budaya, terutama norma sosial dan kesusilaan (moral). Adab terutama mengandung pengertian tata kesopanan, kesusilaan atau moral. Dengan demikian, beradab dapat ditafsirkan sebagai berdasar nilai-nilai kesusilaan atau moralitas khususnya dan kebudayaan umumnya.

Jadi, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab adalah kesadaran sikap dan perbuatan manusia yang didasarkan kepada potensi budi nurani manusia dalam hubungan dengan norma-norma dan kebudayaan umumnya, baik terhadap diri pribadi, sesama manusia,maupun terhadap alam dan hewan.

Pada prinsipnya Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab adalah sikap dan perbuatan manusia yang sesuai dengan kodrat hakekat manusia yang berbudi, sadar nilai, dan berbudaya. Kemanusiaan yang adil dan beradab adalah mengandung nilai suatu  kesadaran sikap moral dan tingkah laku manusia yang didasarkan pada potensi budi nurani manusia dalam hubungan dengan norma-norma dan kebudayaan pada umumnya baik terhadap diri sendiri, terhadap sesama manusia maupun terhadap lingkungannya.

Gallery Makna Sila Ke 2

9137527 Makna Sila Ke Tuhanan Yang Maha Esa

Makna Nilai Nilai Pancasila

Sejarah Pancasila Dan Makna Butir Butir For Android Apk

Kupas Tuntas Makna Mengenai Sila Ke 2 Dari Pancasila

Makna Sila Ke 2

Sharing Ilmu Pengetahuan Dan Informasi Makna Makna Yang

Makna Sila Ke 3 Pengertian Makna Simbol Pengamalan Dan

Nilai Nilai Pancasila Sila Ke 1 Sampai Sila Ke 5 Implementasi

Kupas Tuntas Makna Mengenai Sila Ke 2 Dari Pancasila

Makna Sila Ke 5 Arti Isi Lambang Butir Dan Contoh

Tolong Dijawab Untuk Besok Please Brainly Co Id

Makna Sila Ke 2 Arti Isi Lambang Butir Dan Contoh

5 Makna Lambang Pancasila Dan Artinya Nazeefah Com

Bunyi Pancasila 1 Sampai 5 Lengkap Beserta Makna Dari Simbolnya

Pancasila Politics Wikipedia

Anggota Kelompok Heri Fatkhurrokhim Sri Mila Lestari Danik

Makna Lima Sila Dalam Pancasila Ppt Download

Lima Bukti Pancasila Sesuai Syariat Islam Bincang Syariah

89 Gambar Gambar Ilustrasi Sila Ke 5 Terbaik

Pancasila Indonesia For Android Apk Download

Butir Butir Pancasila Sila Ke 1 2 3 4 Dan 5 Terbaru 2019

Makna Pancasila Sila Ke 5 Music Jinni


0 Response to "Makna Sila Ke 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel