Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi



Ppt Indikator Keberhasilan Pembangunan Powerpoint

Cara Menghitung Laju Pertumbuhan Ekonomi

Economic Growth atau di dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah pertumbuhan ekonomi yaitu sebuah perkembangan aktivitas di dalam perekonomian yang menimbulkan jasa dan barang yang diproduksi di dalam masyarakat mengalami penambahan dan pada akhirnya tingkat kemakmuran dari masyarakat akan meningkat. Adapun masalah dari pertumbuhan ekonomi bisa dilihat sebagai salah satu permasalahan makro ekonomi dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Perkembangan dari Kemampuan memproduksi jasa dan barang sebagai akibat dari pertambahan berbagai macam faktor produksi secara umum tidak selalu diikuti oleh proses pertambahan produksi jasa dan barang yang sama besarnya. Adanya penambahan potensi memproduksi jasa dan barang kerap kali lebih besar dibandingkan dengan pertambahan produksi yang sesungguhnya.

Adapun proses pertumbuhan ekonomi bisa diartikan sebagai suatu proses naiknya kapasitas produksi pada sebuah perekonomian yang diwujudkan di dalam bentuk kenaikan pendapatan skala nasional.

Suatu perekonomian dikatakan akan mengalami pertumbuhan Jika jumlah dari balas jasa riil terhadap pemakaian sejumlah faktor produksi di tahun tertentu memiliki nilai lebih besar dibandingkan pada tahun yang sebelumnya. Proses berkelanjutan nya pertumbuhan ekonomi wajib selalu mengarah ke standar hidup yang memiliki skala lebih tinggi serta adanya kerja yang meningkat.

Adapun indikator yang dipakai guna menghitung tingkat pertumbuhan perekonomian yaitu:

  1. Tingkat pertumbuhan produk nasional bruto atau PNB
  2. Tingkat pertumbuhan produk domestik bruto atau PDB

Sumber dari kenaikan pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi pada umumnya diartikan sebagai sebuah kenaikan GDP riil perkapita. Adapun GDP atau gross domestic product atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai produk domestik bruto merupakan suatu nilai pasar keluaran secara total dari suatu negara, yang mana merupakan nilai pasar seluruh barang jadi dan juga jasa pada bagian akhir yang diproduksi dalam masa periode tertentu oleh sejumlah faktor produksi yang berlokasi pada suatu negara.

Adapun kenaikan GDP bisa muncul lewat:

  1. Kenaikan produktivitas
  2. Kenaikan modal fisik maupun sumber daya manusia
  3. Kenaikan penawaran tenaga kerja

Sejumlah faktor pertumbuhan ekonomi

  1. Sumber daya modal
  2. Faktor budaya
  3. Faktor teknologi dan ilmu pengetahuan
  4. Faktor SDA atau sumber daya alam
  5. Faktor SDM atau sumber daya manusia

Fungsi pertumbuhan ekonomi

Fungsi dari pertumbuhan ekonomi diantaranya yaitu:

Laju dari pertumbuhan ekonomi yaitu digunakan untuk mengukur kemajuan ekonomi sebagai salah satu hasil pembangunan nasional pendapatan perkapita yang dipakai guna mengukur tingkat kemakmuran pada penduduk suatu negara apa di mana kondisi tersebut dikarenakan semakin naik pendapatan perkapita dengan jumlah konstan maka akan semakin tinggi tingkat dari kemakmuran penduduk serta Sisi produktivitasnya.

Sebagai landasan dari pembuatan proyeksi maupun perkiraan penerimaan negara pada proses perencanaan pembangunan nasional serta sektoral dan juga regional.Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga digunakan sebagai dasar untuk menentukan prioritas dari pemberian bantuan pihak luar negeri oleh bank dunia maupun sejumlah lembaga internasional yang lainnya

Sebagai salah satu dasar pembuatan Prakiraans, khususnya adalah persamaan penjualan untuk perusahaan yang digunakan sebagai dasar untuk membuat perencanaan produk serta perkembangan sumber daya baik Sumber daya modal maupun sumber daya tenaga kerja

Pertumbuhan ekonomi bisa diartikan sebagai suatu proses kenaikan keluaran setiap kapita dalam jangka waktu yang cukup panjang. Terdapat tiga aspek yang wajib untuk diperhatikan di dalam definisi tersebut, diantaranya adalah:

  1. Jangka panjang di mana proses pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah proses, bukanlah suatu gambar ekonomi pada suatu saat tertentu saja
  2. Keluaran atau output setiap kapital
  3. Proses

Guna bisa mengetahui tingkat dari pertumbuhan ekonomi maka wajib untuk dipahami terlebih dahulu Apakah yang dimaksud dengan PDB atau produk domestik bruto dan GDP atau gross domestic product. GDP ataupun PDB merupakan jumlah total dari produksi jasa dan barang yang dihasilkan pada suatu wilayah di periode khusus, contohnya adalah dalam waktu 1 tahun. Di negara Indonesia, rata-rata dikenal dengan istilah produk domestik regional bruto atau PDRB. PDB apabila dibagi dengan jumlah dari penduduk, maka akan berubah menjadi PDB perkapita.

Terdapat beberapa cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi atau GDP, diantaranya adalah:

  1. Expenditure approach atau pendekatan pengeluaran, yaitu dengan langkah menjumlahkan total akhir yang berasal dari sejumlah unit di dalam perekonomian. Adapun proses pendekatan tersebut sering digunakan dengan menggunakan rumus yang cukup terkenal, yaitu:

Y= C + I + G + (X – M) yang digunakan pada perekonomian terbuka

Y = C + I + G yang digunakan pada perekonomian tertutup

Keterangan nya adalah:

I adalah impor

X Adalah ekspor

G adalah pengeluaran dari pihak pemerintah

I adalah investasi

C adalah konsumsi

Y adalah expenditure atau pengeluaran

Pada rumus di atas, maka total pengeluaran haruslah sama dengan total pendapatan sehingga pada akhirnya bisa saling mempengaruhi.

  1. Income approach atau pendekatan pendapatan, yaitu dengan langkah menghitung pendapatan berdasarkan aliran barang produksi yang dibuat
  2. Production approach atau pendekatan produksi yaitu dengan cara melakukan penjumlahan dari nilai tambah kotor atau gross value added yang berasal dari semua sektor produksi
  3. Adapun rumus yang bisa digunakan untuk menghitung pertumbuhan ekonomi bisa dilihat pada bagian di bawah ini:

R(t-1),t = {pdbt – PDBT-1} : PDBT-1 x 100%

Keterangan nya adalah R merupakan pertumbuhan ekonomi setiap tahun di tahun terhadap tahun t dikurangi 1

Pada pendapat data yang lebih valid dipakai perhitungan rata-rata pada periode tertentu pada waktu beberapa tahun. Contohnya adalah dari tahun 2002 sampai dengan 2006, maka akan dihitung terlebih dahulu proses pertumbuhan setiap tahunnya di tahun 2016 2005, 2004, 2003 dan 2002. Selanjutnya, hasil yang didapat akan dirata-ratakan dengan dibagi 5 tahun.

PDB negara Indonesia di tahun 2008 yaitu 467 miliar. Sementara itu, PBB pada tahun 2007 yaitu 420 triliun. Berapakah tingkat dari pertumbuhan ekonomi di tahun 2008 apabila diasumsikan harga tahun dasarnya berada di tahun 2007?

Jawaban:

G = {(467-420):420} * 100% = 11,19%

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi yang bisa saya ulas di kesempatan kali ini. Informasi mengenai laju pertumbuhan ekonomi tentunya sangat bermanfaat untuk mengetahui pendapatan bersih pada sebuah perusahaan Sehingga nantinya bisa dilakukan suatu analisa untuk pengembangan Perusahaan supaya lebih maju lagi dari sisi pendapatan. Terima kasih.

Gallery Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi

Cara Menghitung Laju Pertumbuhan Ekonomi Dengan Menggunakan

Makalah Pertumbuhan

Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi

Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi Secara Sederhana Melalui

Mari Belajar Secara Menyenangkan Pertumbuhan Dan

Pertumbuhan Ekonomi Pengertian Teori Cara Mengukurnya

Pertemuan 3 Pertumbuhan Ekonomi Dan Perubahan Struktur

Pengertian Valuasi Startup Dan Cara Hitungnya Pada Tahap

Rumus Ekonomi 2 Sektor

Cara Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Location Quotient Lq Provinsi Ntt 2006 2010 Ellen Nainupu

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Ciri Faktor Yang

Teori Pertumbuhan Ekonomi Pengertian Rumus Contoh Soal

Doc Bab Iv Metodologi Ririn Lailatul Academia Edu

Teori Pertumbuhan Ekonomi Pengertian Rumus Contoh Soal

Mamat Bolota On Twitter Bang Faldomaldini Gimana Cara

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi Icopass Id

Teori Pertumbuhan Ekonomi Pengertian Rumus Contoh Soal

Makalah Perhitungan Pendapatan Nasional

Apa Itu Pertumbuhan Ekonomi Dan Teori Teori Pendukungnya

Cara Menghitung Pertumbuhan

Cara Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara


0 Response to "Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel