Renang Gaya Kupu Kupu



Asian Games 2018 4 Perenang Di Final Glenn Tantang Peraih

Cara Melakukan Renang Gaya Kupu-kupu

Renang gaya kupu-kupu adalah salah satu gaya renang kompetitif dan tercepat. Meskipun sulit untuk dikuasai, namun gaya ini cukup menyenangkan. Siapa yang tidak ingin berenang seperti lumba-lumba? Sebentar-sebentar terbang di atas air dan terjun langsung ke air! Melakukannya secara teratur akan membuat kamu bugar, kencang, meningkatkan kekuatan, kesehatan jantung, dan menurunkan kolesterol. Jadi, simak baik-baik bagaimana cara menguasai renang gaya kupu-kupu dengan demonstrasi video dan 6 proses latihan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah belajar, berlatih, menerapkan teknik yang benar, dan bersabar.

Mempelajari Renang Gaya Kupu-kupu (Dengan Video)

Renang gaya kupu-kupu merupakan metode renang dada, dengan kedua lengan bergerak secara bersamaan untuk menggantikan air dan kaki menendang untuk mendorong tubuh ke depan. Gerakan seluruh tubuh yang terkoordinasi ini akan membantu kamu bergerak lebih cepat daripada gaya bebas. Jadi, bagaimana kamu bisa melakukannya? Lihatlah tutorial video yang memecah setiap langkah dan mengajarkan kamu teknik yang benar untuk melakukan gaya kupu-kupu ini.

Hebat, bukan? Nah, inilah poin utama yang harus diingat untuk melakukan renang gaya kupu-kupu dengan benar.

Tendangan Lumba-lumba

Ya, kamu harus menendang kaki lalu meniru ekor lumba-lumba. Jaga lutut dan kaki tetap dekat dan gerakkan ke atas dan ke bawah. Juga, kamu harus berlatih melakukan tendangan lumba-lumba kecil dan besar untuk setiap pengulangan. Lakukan tendangan lumba-lumba kecil saat kamu mendorong air di belakang, dan lakukan tendangan lumba-lumba besar saat lengan keluar dari air.

Gerakan Lengan
Gerakan Lengan

Ada tiga fase gerakan lengan – dorong, tarik, dan pemulihan.

Tarik – Tangan harus selebar bahu. Panjangkan di atas kepala, tarik tangan ke arah tubuh hingga setengah lingkaran. Jaga siku Anda lebih tinggi dari tangan. Telapak tangan Anda harus menghadap ke luar.

Dorong – Tepat ketika tangan selesai menelusuri setengah lingkaran, dorong telapak tangan ke belakang sepanjang sisi badan dan pinggul. Seluruh tarikan dan dorongan dapat dibayangkan sedang menelusuri lubang besar dengan tanganmu.

Pemulihan – Saat telapak tangan mencapai paha, keluarkan tangan dari air dan masukkan kembali ke dalamnya.

Gerakan tubuh

Seiring dengan lengan dan kakimu, tubuh juga harus membantumu bergerak maju. Gerakkan tubuh dengan cara seperti gelombang. Ketika dada naik, pinggul harus rendah, dan ketika dada turun, pinggul harus naik.

Bernafas
Bernafas

Selama fase pemulihan, ketika lengan mulai bergerak keluar dari air, kepala naik dan dagu berada pada ketinggian air. Di sini kamu bisa bernapas. Saat lengan kembali ke air, jatuhkan kepala dan keluarkan dagu di atas dada. Berlatihlah bernafas selama melakukan gaya kupu-kupu atau sesering mungkin.

Jadi, membagi langkah-langkah renang gaya kupu-kupu ini membantu kamu memahami caranyadengan lebih baik dan juga akan meningkatkan teknik renangmu. Sekarang, ada hal lain yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan keterampilan gaya kupu-kupu  Apa itu? Cari tahu selanjutnya.

Latihan untuk Meningkatkan Keterampilan Renang Gaya Kupu-kupu

Latihan untuk Meningkatkan Keterampilan Renang Gaya Kupu-kupu
Mempersingkat Tendangan Lumba-lumba

Mulailah dengan tangan ditempatkan di atas kepala dan dikunci. Gunakan perut dan otot untuk menendang. Pastikan kamu menggunakan tekanan yang sama pada bagian atas dan bawah tendangan. Pegang pelampung di antara lutut. Ini akan memastikan bahwa kamu melakukannya dengan benar dan ototmu melakukannya dengan baik. Coba lakukan latihan yang sama ke samping, seperti kamu melakukan tendangan lumba-lumba. Teruslah menendang dari perut dan bukan lutut. Perlakukan lengan, kepala, dan bahu sebagai satu kesatuan.

Hanya Lengan Tangan

Ini semua tentang membuat gerakan dorong dan tarik menggunakan lengan. Kamu membutuhkan pelampung untuk cara ini. Pegang di antara paha dan berlatihlah untuk mendorong dan menarik dalam setengah lingkaran. Jangan mencoba menendang; fokus pada dorongan dan tarikan dan tidak ada yang lain. Istirahat setelah setiap latihan yang panjang dan ulangi latihan ini sampai kamu menyelesaikan empat kali pengulangan.

Tekanan Dada

Jaga tangan di sisi samping saat memasuki air dan menghadap ke bawah. Tekan tubuh terutama dada dan kepala kamu ke dalam air sehingga tubuh mulai terasa ringan. Bayangkan seolah-olah kamu harus menekan paru-paru ke dalam air. Yang harus kamu lakukan adalah tekan dan lepaskan. Kamu tidak memerlukan apa pun untuk latihan ini, bahkan tidak juga pelampung. Setelah kamu mempelajari dasar-dasarnya, lebarkan tangan ke depan. Secara perlahan tambahkan lebih banyak tekanan pada tekanan ini.

Tendangan Vertikal

Tendangan vertikal adalah perpanjangan dari posisi latihan tendangan. Ini adalah metode gaya kupu-kupu yang lebih seimbang yang digunakan banyak perenang internasional. Untuk melakukannya, silangkan lengan di depan dada. Posisikan tubuh secara vertikal, jagalah kepala tetap di atas air, dan tendang kedua kaki. Lakukan latihan ini selama setengah menit dan kemudian istirahat selama setengah menit. Setelah kamu menyempurnakan latihan ini, keluarkan tangan dari air sedemikian rupa sehingga siku ditekuk dan berada di dalam air. Kamu juga dapat menggunakan bobot untuk menambah daya danlebih banyak ketahanan saat latihan.

Satu Lengan Saja

Jika kamu ingin meningkatkan kekuatan lengan, cobalah latihan satu lengan. Beli pelampung sirip dan papan luncur untuk melakukan latihan ini. Pegang papan luncur dengan kedua tangan dan posisikan di lengan. Wajahmu harus turun menghadap ke air. Lepaskan tangan kanan dan terus pegang papan dengan tangan kiri. Buang napas saat melakukan dorongan dan tarikan. Kamu bisa bernapas hanya saat mendorong.

Empat Tendangan Per Lengan

Kamu perlu pelampung sirip untuk melakukan latihan ini. Pakailah sirip dan berlatih empat tendangan lumba-lumba di bawah garis air. Selanjutnya, coba satu gaya penuh. Tujuan dari dua tendangan pertama adalah untuk memastikan posisimu sedang menangkap. Tendangan ketiga melatih lengan, dan tendangan keempat adalah untuk pemulihan di bawah air.

Kamu bisa tetap bernafas selama melakukan gaya ini. Tetapi pastikan kamu tidak mengambil napas dalam-dalam dan tinggi. Untuk setiap gaya, tarik tubuh ke depan sedemikian rupa sehingga dagu menjadi rendah, dan pinggul meninggi. Lalu hembuskan. Latihan yang sama dapat dilakukan dalam lima atau enam tendangan dan satu pukulan untuk meningkatkan tingkat kesulitannya.

Ini adalah latihan yang akan membantu meningkatkan teknik renang gaya kupu-kupu. Tapi, bagaimana kamu bisa cepat? Lihatlah tips di bawah ini.

Cara Renang dengan Cepat

  • Lakukan pemanasan sebelum berenang.
  • Berlatihlah latihan yang disebutkan di atas.
  • Berlatihlah rentangan punggung.
  • Lakukan latihan penguatan perut.
  • Berlatihlah menendang dengan pelampung sirip di air.
  • Hindari membuat kesalahan umum.

Jika kamu berpikir, “apa kesalahan umum tersebut?”, Inilah daftarnya.

Hindari Kesalahan Ini

Hindari Kesalahan Ini
  • Lihat ke depan saat kamu mengangkat kepala keluar dari air dan tidak turun.
  • Tendangan kecil berguna agar tenaga tidak terlalu cepat habis.
  • Saat kamu beralih dari pemulihan ke fase tarikan, pastikan jempol masuk ke air terlebih dahulu.
  • Jangan terlambat bernafas.
  • Posisikan tubuh dengan benar.

Identifikasi di mana kesalahan yang mungkin bisa diperbaiki. Juga, minta bantuan perenang lain atau pelatih agar kamu tidak melukai diri sendiri. Berenang adalah latihan yang bagus untuk seluruh tubuh, dan renang gaya kupu-kupu memiliki keunggulan tersendiri.

Gallery Renang Gaya Kupu Kupu

Gambar Kolam Waktu Luang Renang Perenang Ras

7 Teknik Renang Gaya Kupu Kupu Yang Benar Olahragapedia Com

Makalah Renang

Renang Ppt Renang Gaya Kupu Kupu Renang Gaya Kup Kupu

Renang Gaya Kupu Kupu Pengertian Teknik Dasar Artikel

Gaya Renang Pengertian Sejarah Teknik Macam Dan Peraturan

Berenang Gaya Kupu Kupu Olahraga Paling Efektif Turunkan

Pengertian Olahraga Renang Gaya Kupu Kupu Dan Berbagai Hal

Macam Macam Gaya Renang Beserta Teknik Gambar Dan Penjelasannya

Renang Gaya Kupu Kupu Pengertian Sejarah Teknik

Renang Gaya Kupu Kupu Pengertian Teknik Dasar Artikel

Mengenal Teknik Renang Gaya Kupu Kupu

Teknik Renang Gaya Kupu Kupu Sebagai Teknik Yang Paling Sulit

Macam Macam Gaya Renang Dan Penjelasan Tekniknya Gambar

Gaya Kupu Kupu Guru Penjas Net

Teknik Dasar Renang Gaya Kupu Kupu Secara Singkat

Renang Indonesia On Twitter Adinda Larasati Dewi Akan

Mari Berlatih Olahraga Renang Gaya Kupu Kupu Beauty Fimela Com

Latihan Renang Gaya Kupu Kupu Langkah Bugar

Teknik Renang Gaya Kupu Kupu Lengkap Butterfly Stroke

6 Teknik Dasar Renang Gaya Kupu Kupu Materi Lengkap

Gaya Kupu Kupu Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

7 Teknik Renang Gaya Kupu Kupu Yang Benar Olahragapedia Com

Teknik Renang Gaya Kupu

Adinda Larasati Dewi Berhasil Pertajam Rekornas 100 M Gaya

Just For Fun Renang Gaya Kupu Kupu


0 Response to "Renang Gaya Kupu Kupu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel