Sinopsis Negeri 5 Menara



Negeri 5 Menara 2012 Imdb

Sinopsis Negeri 5 Menara

Judul Novel         : Negeri 5 Menara

Pengarang           : A. Fuadi

Penerbit             : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit       : Agustus 2010

Kota Terbit         : Jakarta

Jumlah Halaman : 424 halaman + xi 

·        Penokohan

Ø Alif : Penuh motivasi, bakat, semangat untuk maju dan tidak kenal menyerah, rajin dan berbakti kepada orang tua.

Kutipan Novel :

“Semua hasil kerja keras belajar dua hari dua malam dan sisa – sisa ingatan bertahun – tahun di SD dan MTsN aku kerahkan” (hal 38)

Ø Raja : Pintar dan memiliki pengetahuan yang luas. Baik dan suka berbagi pengetahuan dengan temannya.

 Kutipan Novel :

 “Judulnya oxford dictionary of current idiomatic english itu buku yang sangat baik buat yang ingin mempelajarai bagaimana meletakkan idiom dalam konteks yang tepat buku ini diterbitkan hanya oleh oxford” kata raja dengan panjang lebar (hal 125).

Ø Said : Baik, suka mentraktir, berjiwa pemimpin, bersikap dewasa dan selalu optimis memberikan saran –sarannya

Kutipan Novel :

“Said dengan senyum lebar khasnya menyambut kami dengan lengan terbuka lebar. Tangan tiang betonnya memeluk kami. Kawanku yang satu ini memang selalu bisa menunjukkan ekspresi persahabatan yang kental.” (hal 223)

Ø Dulmajid : Baik, rajin, suka bercanda, dan setia kawan.

Kutipan Novel :

“Aku saja belum siap, walau sudah belajar sejak seminggu lalu, “ ujar dulmajid dengan ekspresi yang membikin aku makin khawatir(hal 38)

Ø Atang : Baik, mudah mengenal seseorang, patuh terhadap aturan dan rajin.

Kutipan Novel :

“Aku juga tidak punya duit sekarang, tapi aku bisa menjamin tinggal kalian selama diBandung. Pergi ke Bandung jelas tidak bayar karena naik mobil bapakku, untuk ongkos kembali dari Bandung ke PM aku bisa meminjamkan nanti,” bujuk Atang pada saat ingin mengajak Alif dan Baso. (hal 217)

Ø Baso : Baik, paling rajin, bertanggung jawab,  pekerja keras danberbakti kepada orang tua

Kutipan Novel :

“Karena itulah aku belajar keras tanpa istirahat, karena aku tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini” (hal 361) 

“Hanya hapalan ... hanya hapalan Quran inilah yang bisa aku berikan untuk membalas kebaikan mereka kepadaku. Aku mereka punya jubah kemuliaan di depan Allah nanti,”katanya sambil mematut – matut foto itu, seakan baru pertama kali melihatnya. (hal 362) 

Ø Sinopsis

Alif  menyangka dan tak percaya bisa menjadi seperti sekarang ini. Pemuda asal Desa Bayur, Maninjau, Sumatera Barat itu adalah pemuda desa yang diharapkan bisa menjadi seorang guru agama seperti yang diinginkan kedua orangtuanya. Keinginan kedua orangtua Alif tentu saja tidak salah. Sebagai “amak” atau Ibu kala itu, menginginkan agar anak-anaknya menjadi orang yang dihormati di kampung seperti menjadi guru agama.

“Mempunyai anak yang sholeh dan berbakti adalah sebuah warisan yang tak ternilai, karena bisa mendoakan kedua orangtuanya mana kala sudah tiada,” ujar Alif mengenang keinginan Amak di kampung waktu itu.

 Namun ternyata Alif mempunyai keinginan lain. Ia tak ingin seumur hidupnya tinggal di kampung. Ia mempunyai cita-cita dan keinginan untuk merantau. Ia ingin melihat dunia luar dan ingin sukses seperti sejumlah tokoh yang ia baca di buku atau mendengar cerita temannya di desa. Namun, keinginan Alif tidaklah mudah untuk diwujudkan. Kedua orangtuanya bergeming agar Alif tetap tinggal dan sekolah di kampung untuk menjadi guru agama. Namun berkat saran dari ”Mak Etek” atau paman yang sedang kuliah di Kairo, akhirnya Alif kecil bisa merantau ke Pondok Madani, Jawa Timur. Dan, disinilah cerita kemudian bergulir. Ringkasnya Alif kemudian berkenalan dengan Raja, Atang,Dulmajid, Baso dan Said.

Keenam bocah yang menuntut ilmu di Pondok Pesantren Madani ini setiap sore mempunyai kebiasaan unik. Menjelang Azan Maghrib berkumpul di bawah menara masjid sambil melihat ke awan. Dengan membayangkan awan itulah mereka melambungkan impiannya. Misalnya Alif mengaku jika awan itu bentuknya seperti benua Amerika, sebuah negara yang ingin ia kunjungi kelak lulus nanti. Begitu pula lainnya menggambarkan awan itu seperti negara Arab Saudi, Mesir dan Benua Eropa.

Namun salah satu dari keenam bersahabat tersebut yaitu Baso terpaksa harus keluar dari pesantren. Ia meninggalkan Pondok Madani saat kelas lima untuk menjaga neneknya dan berusaha menghafal Al-Qur`an di kampung halamannya.

Melalui lika liku kehidupan di pesantren yang tidak dibayangkan selama ini, ke enam santri itu digambarkan bertemu di London, Inggris beberapa tahun kemudian. Dan, mereka kemudian bernostalgia dan saling membuktikan impian mereka ketika melihat awan di bawah menara masjid Pondok Pesantren Madani, Jawa Timur.

Belajar di pesantren bagi Alif ternyata memberikan warna tersendiri bagi dirinya. Ia yang tadinya beranggapan bahwa pesantren adalah konservatif, kuno, ”kampungan” ternyata adalah salah besar. Di pesantren ternyata benar-benar menjujung disiplin yang tinggi, sehingga mencetak para santri yang bertanggung jawab dan komitmen. Di pesantren mental para santri itu ”dibakar” oleh para ustadz agar tidak gampang menyerah. Setiap hari, sebelum masuk kelas, selalu didengungkan kata-kata mantera ”Manjadda Wajadda” jika bersungguh-sungguh akan berhasil.

Gallery Sinopsis Negeri 5 Menara

Blog Archives Endfasr

100 Gambar Cover Novel Negeri 5 Menara Hd Paling Baru

Bukupedia Negeri 5 Menara Oleh A Fuadi Sinopsis Alif

Maxstream Negeri 5 Menara Series

Negeri 5 Menara By Ahmad Fuadi

Resensi Novel Negeri 5 Menara

Resensi Novel Negeri 5 Menara D47egojo57n2

Resensi Novel 5 Cm Qn856wqpd8n1

Negeri 5 Menara By Ahmad Fuadi

Jual Negeri 5 Menara A Fuadi Jakarta Utara Book Archive Tokopedia

Ranah 3 Warna By Ahmad Fuadi

Novel Negeri 5 Menara Pengarang A Fuadi

Blog Archives Rabbitfasr

Resume Buku Negeri 5 Menara Halaman All Kompasiana Com

Book Review The Trilogy Of The Land Of Five Towers By

Tugas Resensi Buku Negeri 5 Menara

Pdf Nilai Pendidikan Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad

Analisis Novel Novel Negri 5 Menara

Negeri 5 Menara Film Wikipedia Bahasa Indonesia

Dhimas Widya Kusuma Resensi Novel Negeri 5 Menara

Resensi Novel Negeri 5 Menara


0 Response to "Sinopsis Negeri 5 Menara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel