Pengertian Iman Kepada Malaikat



Pengertian Iman Kepada Malaikat Fungsi Hukum Hikmah

Pengertian Iman Kepada Malaikat – Fungsi, Cara, Hukum, Hikmah, Manfaat, Makalah

Sayanda.com – Pengertian Iman Kepada Malaikat – Fungsi, Cara, Hukum, Hikmah, Manfaat, Makalah.

Umat Muslim percaya akan malaikat karena pada Al-Quran dituliskan bahwa Allah SWT telah menciptakan malaikat untuk menjalankan perintah-Nya.

Sebagai umat muslim yang baik, apakah Anda tahu sebenarnya apa yang dimaksud dengan iman kepada malaikat?

Iman kepada Malaikat adalah meyakini dengan sepenuh hati dengan adanya malaikat ciptaan Allah SWT, dimana para malaikat tunduk dan patuh kepada perintah-Nya dalam mengurus alam semesta ini.

Contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat adalah dengan berkata hal-hal yang baik, saling membantu, selalu menguatkan hal-hal positif yang diridhoi Allah SWT, memotivasi diri untuk selalu beramal, dan lain lain.

Makalah berikut ini akan membahas pengertian iman kepada malaikat secara lengkap dari segi fungsi, cara, hukum, hikmah, manfaat, dan juga bertujuan untuk meluruskan segala kepahaman tentang beriman kepada malaikat yang sering terjadi.

Pada bagian cara beriman kepada malaikat, blog Sayanda juga menambahkan nama-nama Malaikat dalam Al-Quran.

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Kata lain dari iman adalah kepercayaan dan keyakinan.

Sedangkan secara terminologi, iman dipahami sebagai pembenaran dalam hati, ucapan secara lisan, dan pembuktian dengan perbuatan. Tiga aspek yang menjadi satu kesatuan tak terpisahkan.

Dari pengertian tersebut, iman kepada malaikat adalah suatu kepercayaan sepenuh hati bahwa Allah menciptakan malaikat dari cahaya (nur). Indikatornya diucapkan secara verbal dan diwujudkan dalam amal perbuatan. Rukun iman kedua bagi seorang muslim, setelah percaya bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa penguasa semesta alam.

Malaikat adalah makhluk gaib yang diciptakan untuk senantiasa mengabdi pada Allah. Makhluk yang tidak pernah berbuat maksiat, selalu mengerjakan apa yang ditugaskan, tidak angkuh, dan tidak pernah letih bertasbih kepada-Nya.

Fungsi Iman Kepada Malaikat

Iman kepada malaikat memiliki banyak sekali fungsi. Beberapa di antaranya seperti:

Malaikat adalah makhluk Allah yang paling taat. Dengan beriman pada malaikat, manusia bisa mendorong pribadinya untuk turut serta menjadi hamba yang taat, disiplin, dan senantiasa mendekatkan diri pada sang pencipta.

Beriman juga berarti mengetahui dan mengenal malaikat. Termasuk mengerti tugas-tugasnya yang sebagian besar untuk mengawasi manusia. Bila mengingat hal ini akan membuat manusia untuk lebih berhati-hati menjalani kehidupan. Tujuannya tentu agar terhindar dari dosa dan pedihnya siksa neraka.

  1. Meningkatkan Rasa Sabar dan Ikhlas

Dua hal yang dinilai cukup sulit dijalankan dalam hidup. Tapi bisa dipelajari dan diamalkan dengan menegakkan keimanan. Iman yang berarti percaya kerja keras dan amal baik akan berbuah manis pada waktunya.

Cara Beriman Kepada Malaikat

Cara sederhana percaya adanya malaikat ialah dengan mengenal dan mengetahui sifat beserta tugas-tugasnya. Sifatnya seperti, malaikat tidak makan, minum, dan tidur. Mereka juga tak memiliki nafsu dan hanya menghabiskan waktunya untuk mengabdi pada Allah.

Malaikat memiliki sayap yang jumlahnya berbeda-beda dan bisa menampakkan diri sebagai manusia, bila memang diperintahkan. Dalam makalah iman kepada malaikat yang dilansir dari web Academia juga menjabarkan, bahwa malaikat bisa bergerak secepat kilat, tidak memiliki jenis kelamin, dan adalah hamba Allah yang paling dekat.

Untuk tugas-tugas malaikat banyak dan beragam, karena jumlah malaikat sendiri sangat banyak. Contohnya malaikat penjaga, malaikat pemohon ampunan, malaikat pendengar, dan masih banyak lagi. Dari banyaknya malaikat, ada 10 yang memiliki tugas khusus dan wajib dikenal nama beserta tugasnya. Di antaranya:

  • Malaikat Jibril: Menyampaikan wahyu Allah SWT
  • Malaikat Mikail: Memberikan dan membagi rezeki
  • Malaikat Israfil: Meniup sangkakala di hari akhir nanti
  • Malaikat maut: Mencabut nyawa (nama tidak ditetapkan dalam Al-Qur-an)
  • Malaikat Munkar dan Nakir: Bertanya pada manusia di alam kubur
  • Malaikat pencatat: Mencatat perbuatan baik (nama tidak ditetapkan dalam Al-Qur-an)
  • Malaikat pencatat: Mencatat perbuatan buruk (nama tidak ditetapkan dalam Al-Qur-an)
  • Malaikat Malik: Menjaga pintu neraka
  • Malaikat Ridwan: Menjaga pintu surga

Cara selanjutnya ialah dengan mengamalkan lewat perilaku sehari-hari. Menurut makalah iman kepada malaikat di web muslimah, cerminan mukmin yang beriman itu selalu meningkatkan amal saleh, tidak sombong, dan memiliki jiwa yang tentram.

Landasan Hukum Beriman Kepada Malaikat

Ada landasan hukum mengapa manusia diwajibkan untuk beriman kepada malaikat. Tuntunan atau dalil naqli iman kepada malaikat sumbernya langsung dari Al-Quran dan hadits. Di antaranya:

  • S. Al Baqarah (2) ayat 285

Terjemahannya ialah Rasul (Muhammad SAW) telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya. Demikian juga dengan orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya.

(Mereka berkata): “Kami tak membeda-bedakan antara seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka mengatakan, “kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan dan kepada-Mu tempat kami kembali.”

Terjemahannya ialah, wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kitab (Al-Quran) yang Allah turunkan kepada rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya.

Barangsiapa yang ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang tersebut telah sesat sejauh-jauhnya.

Terjemahannya ialah, segala puji bagi Allah yang menciptakan langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (mengurus berbagai macam urusan) yang memiliki sayap dan masing-masing ada yang dua, tiga, dan empat.

Allah menambahkan untuk ciptaan-Nya apa yang dikehendaki. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Terjemahannya ialah, hai orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.

Penjaganya malaikat yang kasar, keras, dan tak mendurhakai perintah Allah, serta mengerjakan apa yang diperintahkan.

Salah satu hadits riwayat Muslim dan Aisyah menjelaskan, “malaikat itu diciptakan dari cahaya, sedangkan jin dari nyala api, dan penciptaan Adam dari apa yang telah diterangkan kepadamu semua (tanah).”

Hikmah (Manfaat) Beriman Kepada Malaikat

Adapun hikmah atau manfaat beriman kepada malaikat bagi seorang muslim, antara lain:

  1. Membentuk jiwa seorang muslim sejati yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT. Ini karena iman kepada Allah dan iman kepada malaikat merupakan kesatuan yang tak terpisahkan.
  2. Mengontrol tindakan manusia untuk selalu bertindak hati-hati dan berusaha mengamalkan kebaikan. Ini karena manusia menyadari ada malaikat yang akan mengawasi dan akan mencatat sekecil apapun tindakan yang dikerjakan. Dengan demikian, manusia yang beriman akan terhindar dari perbuatan tercela.
  3. Menumbuhkan rasa cinta pada malaikat. Makhluk yang paling dekat dengan Allah, selalu membantu, dan mendoakan manusia. Rasa cinta yang akan memberikan ketenangan batin dan kebahagiaan di dunia. Rasa cinta yang akan memicu untuk mencontoh sifat baik malaikat, seperti bertasbih, mendoakan kebaikan, dan ampunan bagi sesama manusia.
  4. Semakin yakin dan percaya tentang kebesaran Allah SWT. Keyakinan yang membuat manusia berupaya masuk ke surga lewat kehidupan di dunia. Keyakinan yang pada akhirnya akan meninggikan dan mengangkat derajat manusia itu sendiri.

Abu A’la Al Maududi, tokoh pembaru dari Pakistan sempat menjelaskan bahwa beriman kepada malaikat akan membebaskan konsep tauhid dari perbuatan syirik. Pandangan ini sejalan dengan beberapa hadis Rasulullah yang melarang umatnya menyembah malaikat.

Manfaat beriman kepada malaikat sangat dekat dan erat dengan pedoman menjalankan kehidupan di dunia.

Contohnya mengerjakan amalan yang tahu akan dilihat, dicatat, dan dibantu doa oleh malaikat. Beberapa di antaranya:

– Mengerjakan ibadah di malam Lailatul Qadar

– Tidur dalam keadaan wudhu

– Mengucapkan shalawat pada Nabi Muhammad SAW

– Memberikan sedekah

– Mengunjungi orang sakit dan masih banyak lagi.

Meluruskan Kesalahpahaman Yang Umum Terjadi

Berkaitan dengan iman kepada malaikat, ada sejumlah anggapan yang berkembang di masyarakat yang perlu diluruskan kembali. Anggapan salah yang bisa merusak keimanan, bila salah dipahami. Di antaranya:

  • Malaikat bukanlah anak perempuan Allah. Hal ini yang dikatakan kaum musyrik dan telah dijelaskan dalam Al-Quran surat An-Nahl (16) ayat 57.
  • Menamakan para malaikat dengan nama yang tidak ditetapkan di Al-Quran dan tidak disampaikan Rasulullah SWT.
  • Mengatakan malaikat adalah pembantu Allah. Pandangan ini seperti menyamakan Allah dengan makhluk lain yang membutuhkan pembantu untuk mengerjakan tugasnya.

Makalah Iman Kepada Malaikat

Dalam penulisan artikel ini blog Sayanda mengutip dan menggunakan beberapa makalah iman kepada malaikat dari luar sebagai landasan penulisan artikel. Berikut adalah diantaranya:

***

Demikianlah artikel Pengertian Iman Kepada Malaikat – Fungsi, Cara, Hukum, Hikmah, Manfaat, Makalah dari Sayanda.com.

Jika sahabat Sayanda mempunyai pertanyaan seputar artikel Pengertian Iman Kepada Malaikat dari segi fungsi, cara, hukum, hikmah, manfaat; jangan sungkan untuk bertanya pada kotak komentar di bawah.

Gallery Pengertian Iman Kepada Malaikat

Hadits Tentang Iman Kepada Allah Nusagates

Penjelasan 6 Rukun Iman Beserta Pengertian Makna Dan

Iman Kepada Malaikat

Agama Penerapan Beriman Kepada Malaikat Pptx Powerpoint

Pengertian Iman Kepada Malaikat Your All In One Event

Sinau Bareng Kang Lin Rukun Iman Yang Ke 2

Kd 3 Lkpd Pdf Pages 1 10 Text Version Fliphtml5

Pengertian Iman Kepada Malaikat Allah Swt Hukum Berdasarkan

Doc Iman Kepada Malaikat Lusi Rihanani Academia Edu

Tugas Iman Kepada Allah Dan Malaikat Docx Document

Beriman Kepada Malaikat Pengertian Nama Malaikat Tugas

Pengertian Iman Kepada Malaikat Vlr0vv086zlz

Pengertian Iman Kepada Malaikat Dan Hikmahnya Catatan Anak Tkj

Makalah Iman Kepada Malaikat

E Modul Bahan Ajar Iman Kepada Malaikat Pages 1 16

Pengertian Iman Kepada Malaikat Vlr0vv086zlz

Standar Kompetensi 8 Meningkatkan Keimanan Kepada Malaikat

Iman Kepada Malaikat

Anggi Materi Pai Pengertian Fungsi Dan Hikmah Iman

Basicx4 Pengertian Beriman Kepada Malaikat Allah

Pendidikan Agama Islam Kelas X Sma Semester Genap Ppt Download

Iman Kepada Malaikat Allah Ppt Download

Iman Kepada Qodho Dan Qodar Allah Docx 9n0kqkmdk34v

Pengertian Malaikat Menjadikan Orang Yang Berguna Bagi

Iman Kepada Allah Dan Malaikat


0 Response to "Pengertian Iman Kepada Malaikat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel