Pengertian Organisasi Secara Umum



8 Tujuan Organisasi Secara Umum Kurawa Media

√ Pengertian Organisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Jelaskan pengertian organisasi ?

Apa itu organisasi ?

Apakah arti organisasi ?

Apa yang dimaksud dengan organisasi ?

Pertanyaan mengenai pengertian organisasi sering dilontarkan di setiap sesi perkuliahan manajemen ataupun di lembaga pemerintahan maupun swasta kepada para mahasiswa atau pekerja baru sebelum terjun bekerja untuk mengetes sejauh mana pemahaman yang mereka ketahui.

Arti organisasi sendiri memiliki banyak definisi baik secara umum maupun secara khusus yang dikemukakan para ahli. Pengertian teori organisasi juga erat kaitannya dengan pengertian pengorganisasian khususnya dalam pelaksanaan aktivitas manajemen.

Lebih detailnya, pengertian organisasi secara umum dan pengertian organisasi menurut para ahli serta pengertian perilaku organisasi (tujuan, ciri, jenis dan bentuk) akan dibahas secara tuntas pada artikel ini.

Pengertian Organisasi Secara Umum

Secara umum, organisasi memiliki definisi sebagai suatu sarana perkumpulan yang diperuntukkan bagi kelompok orang yang saling bekerjasama secara tertib dan terarah untuk meraih tujuan tertentu.

Pengertian organisasi tersebut menjelaskan bahwa organisasi pada umumnya menggunakan sumberdaya seperti lingkungan, manusia, metode, peralatan, uang, modal dan berbagai sumberdaya lainnya untuk meraih tujuan organisasi.

Pengertian organisasi yang pertama adalah organisasi merepresentasikan suatu lembaga ataupun suatu kelompok fungsional. Contohnya adalah organisasi perusahaan, RS, DPR atau perserikatan Olah Raga.

Pengertian organisasi yang kedua adalah berkaitan dengan proses pengorganisasian dimana menjadi sebuah metode aktivitas organisasi dialokasikan dan ditugaskan kepada para pekerja/karyawan/anggota untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien.

Menurut kamus umum bahasa Indonesia menyatakan bahwa pengertian organisasi adalah penyusunan dan aturan yang berasal dari berbagai macam bagian baik manusia ataupun lainnya menjadi satu kesatuan yang teratur. Pengertian organisasi lainnya dikemukakan pada buku Sosiologi SMU (J. Murdiyamoko dan C. Handayani) yaitu suatu sistem sosial dengan identitas bersama, list member detail, kegiatan yang jelas dan peraturan terkait perpindahan member. Definisi ini juga sangat dekat dengan pengertian organisasi sosial.

Melalui pengertian organisasi tersebut, dapat dikemukakan bahwa sumber daya manusia yang tergabung dalam suatu organisasi memiliki kesepakatan bersama untuk meraih tujuan secara teratur dan rasional dengan adanya pimpinan yang terencana.

Baca Juga : 3 Tingkatan Manajemen Dalam Organisasi Lengkap

Selain pengertian organisasi secara umum, arti organisasi juga di definisikan oleh para ahli penjelasan ini juga masuk dalam materi keorganisasian. Adapun pengertian organisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :

Organisasi adalah entitas sosial yang terkoordinir secara sengaja dan memiliki batasan yang mampu dipahami serta bergerak berdasarkan acuan yang berjalan sepanjang waktu dalam rangka meraih tujuan bersama.

Organisasi adalah rangkaian kerjasama yang tersistem dan dilaksanakan oleh 2 orang ataupun lebih.

Organisasi adalah pola yang saling berkaitan dimana sumberdaya manusia yang berada di dalamnya diarahkan oleh manajer untuk mencapai tujuan bersama.

Organisasi adalah segala bentuk perkumpulan dalam rangka peraiahan tujuan bersama.

Organisasi adalah suatu kerjasama yang terintegrasi antara anggota yang rasional dan sesuai keadilan untuk meraih tujuan-tujuan tertentu yang telah diketahui bersama.

Pengertian Pengorganisasian

Pengertian pengorganisasian (organizing) adalah proses pembentukan struktur organisasi yang cocok dengan tujuan organisasi, kepemilikan sumberdaya, dan lingkungan.

Pengertian pengorganisasian lainnya adalah proses dalam pembentukan struktur formal, pengelompokkan dan penagrahan serta membagi tugas kepada para anggota untuk mencapai tujuan organisasi.

Proses dalam pengorganisasian dijelaskan melalui 3 langkah sebagai berikut :

  1. Melakukan perincian terhadap tugas yang harus dilakukan oleh para anggota guna meraih tujuan organisasi.
  2. Pemecahan beban kerja keseluruhan menjadi aktivitas yang rasional dapat diselesaikan oleh tiap inidvidu. Pembagian tugas yang perlu diperhatikan adalah tidak terlalu membebani sehingga dapat diselesaikan dan tidak terlalu mudah karena menimbulkan ketidakefisienan pada organisasi.
  3. Menciptakan suatu aturan yang sistematis agar lebih mudah mengkoordinasikan anggota organisasi. Aturan tersebut diperlukan untuk menjaga fokus anggota organisasi pada tujuan organisasi.

Tujuan Organisasi

Setelah mengetahui pengertian organisasi menurut para ahli dan pengertian organisasi secara umum, kita harus memahami tujuan dari organisasi. Tujuan organisasi adalah sesuatu yang ingin diraih baik dalam jangka waktu tertentu dimana tujuan organisasi tersebut merupakan tujuan bersama seluruh anggota organisasi. Tujuan organisasi harus terukur, konsisten, menantang dan realistis.

Secara umum tujuan organisasi dibagi menjadi dua yaitu :

Tujuan organisasi jangka panjang merupakan tujuan yang telah disepakati sebagai hasil akhir dalam suatu organisasi yang dapat dicapai setelah melakukan Misi organisasi.

Periode waktu jangka panjang biasanya lebih dari 3 atau 5 tahun. Pencapaian tujuan ini diawali dengan pencapaian-pencapaian tujuan jangka menengah terlebih dahulu. Tujuan ini biasanya dikatakan sebagai tujuan strategis.

Contohnya : Tujuan untuk menjadi market leader dalam makanan siap saji

Tujuan organisasi jangka menengah dilakukan antara pencapaian tujuan organisasi jangka panjang dan pendek. Periode waktu pencapaiannya adalah sekitar 1 hingga 3 tahun atau 1 hingga 5 tahun.

Tujuan organisasi jangka menengah adalah kumpulan dari peraihan tujuan jangka pendek. Tujuan organisasi ini biasa disebut dengan tujuan taktis

Contohnya : Peningkatan pangsa pasar 20%

Tujuan organisasi jangka pendek merupakan tujuan yang harus diselesaikan secara berkala biasanya dalam hitungan satu tahun sebagai dasar pencapaian tujuan jangka menengah dan jangka panjang.

Periode waktu yang biasanya diperlukan untuk meraih tujuan organisasi jangka pendek adalah kurang lebih satu tahun atau dalam satu periode kepengurusan organisasi.

Periode waktu tersebut juga disesuaikan dengan periode keuangan suatu organisasi yang biasanya 6 bulan atau satu tahun. Tujuan organisasi ini biasa juga disebut dengan tujuan operasional

Contohnya : Peningkatan penjualan pada usaha makanan siap saji sebesar 30% pada setiap outlet.

Baca Juga : Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Ciri-Ciri Organisasi

Menurut pengertian organisasi dan tujuan organisasi, organisasi memiliki ciri-ciri tersendiri yang juga perlu dipahami dalam materi keorganisasian. Adapun ciri-ciri organisasi adalah sebagai berikut :

  1. Sekumpulan/Sekolompok Orang

Pada umumnya sesuai dengan pengertian organisasi yang telah dibahas sebelumnya maka diketahui bahwa organisasi merupakan sekumpulan dua orang atau lebih yang saling bekerjasama.

Hal yang melatarbelakangi dua orang atau lebih untuk saling bekerjasama adalah memiliki tujuan bersama yang ingin dicapai. Melalui tujuan tersebut mereka saling membantu untuk meraih supaya langkah yang diambil dapat efektif dan efisien dibandingkan dengan melakukan segala sesuatu sendiri.

Kerjasama merupakan hal yang fundamental dalam pencapaian tujuan. Tanpa kerjasama maka tidak dapat dikatakan sebagai suatu organisasi. Kerjasama diperlukan demi peraihan tujuan secara Efektif dan Efisien.

Selain terdiri dari sekelompok orang yang bekerjasama, organisasi harus memiliki peraturan yang membatasi dan mengatur sumberdaya yang dimiliki agar tercipta sinergi dan harmoni dalam pencapaian tujuan dan keberjalanan proses manajemen dalam organisasi.

Ketika peraturan telah dibentuk maka diperlukan pula pembagian tugas yang jelas terhadap setiap anggota organisasi sesuai dengan kebutuhan organisasi. Pembagian tugas dapat berupa departementalisasi ataupun divisi yang nantinya akan terbagi lagi menjadi tugas individu. Pembagian tugas bertujuan untuk meringankan beban kerja tiap personel dan tiap bidang.

Baca Juga : Pengertian Kompensasi, Jenis-Jenis, Tujuan, dan Pengaruhnya

Jenis-Jenis Organisasi

Pengertian teori organisasi dapat dijelaskan secara bervariasi tidak terkecuali bahwa organisasi memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis organisasi yang ada yaitu organisasi formal, informal dan non-formal.

Bentuk-bentuk Organisasi

Lebih jauh selain mengetahui pengertian organisasi, tujuan organisasi, ciri-ciri organisasi dan jenis organisasi kita dapat melihat berbagai contoh dari bentuk-bentuk organisasi yang ada. Bentuk-bentuk organisasi yang ada diantaranya :

Organisasi politik merupakan organisasi yang bergerak di bidang politik dan memiliki tujuan yang berkaitan dnegan politik suatu daerah maupun negara. Organisasi politik dapat diwakilkan seperti partai politik.

Organisasi sosial merupakan organisasi yang concern bergerak di bidang sosial kemanusiaan seperti kesehatan, bencana alam, ekonomi sosial dll. Organisasi sosial yang ada di Indonesia seperti Rumah Zakat, TIM SAR dll.

Organisasi Olah Raga adalah pereserikatan cabang olah raga baik secara umum maupun spesifik untuk melatih dan meningkatkan performa atlit ataupun hanya sebagai pendukung suatu tim olahraga. Contohnya PSSI.

Organisasi keagamaan yaitu organisasi yang bergerak atas dasar suatu aturan agama untuk menyebarkan kebaikan dan keharmonisan dalam suatu negara serta menjadi penyeimbang norma sosial supaya tercipta masyarakat yang berakhlak. Organisasi keagamaan juga bergerak di bidang sosial, kesehatan atau pendidikan seperti Muhammadiyah, Front Pembela Islam (FPI), Nahdatul Ulama (NU) dll.

Organisasi ini merupakan perkumpulan kaum muda dalam menciptakan pergerakan dan kedinamisan untuk kemajuan suatu daerah/bangsa. Seperti halnya yang dilakukan oleh Budi Oetomo dalam membantu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Organisasi Mahasiswa hampir serupa dengan organisasi kepemudaan dikarenakan mahasiswa sendiri terdiri dari sekumpulan kaum muda. Organisasi ini lebih bersifat ilmiah dan sesuai dengan nafas pendidikan meski memiliki ciri khas tersendiri. Contohnya adalah BEM, DEMA, Himpunan Mahasiswa Program Studi, Lembaga Dakwah, Perkumpulan Peneliti Muda dll.

Gallery Pengertian Organisasi Secara Umum

Pengertian Organisasi Adalah Tujuan Bentuk Manfaat Ciri

Manajemen Organisasi Pengertian Fungsi Dan Tujuannya

Editorial Bang H A Mudjamil Pengertian Organisasi Secara

Ppt Modul 4 4 Organisasi Proyek Konstruksi 4 1 Pengertian

Pengertian Organisasi Adalah Tujuan Ciri Ciri Dan Unsur

Pengertian Organisasi Secara Umum Dan Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Organisasi Tujuan Dan Fungsinya Jagad Id

Pengertian Administrasi Fungsi Tujuan Ciri Ciri Jenis

Pengertian Struktur Organisasi Beserta Fungsinya Lengkap

Doc Kepemimpinan Dalam Organisasi Kepemimpinan Dalam

Pengertian Organisasi Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi Secara Umum Dan Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi Ialah Mediakalimantan Co Id

Pencinta Alam Dan Lingkungan Hidup Riksa Bumi Ppt Download

Kingblog11 Pengertian Organisasi Secara Umum Dan Menurut

7 Elemen Organisasi

Lingkungan Organisasi Secara Umum Kurawa Media

Pengertian Birokrasi

Pengertian Lingkungan Organisasi Secara Umum Archives

Pengertian Organisasi Ciri Unsur Manfaat Dan Pentingnya

Definisi Organisasi Secara Umum Dan Menurut Soerjono

Pengertian Manajemen Secara Umum Dan Menurut Para Ahli


0 Response to "Pengertian Organisasi Secara Umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel