Teori Masuknya Islam Di Indonesia



Teori Gujarat By Resti Alawiyah On Prezi Next

Masuknya Islam Di Indonesia: Teori Persia

Teori ini sering merujuk pendapat Prof Hoesein Djajadiningrat dan Umar Amir Hus­en. Bahkan, kedua tokoh ini dianggap seba­gai pencetus teori ketiga. Kalangan ahli se­jarah sering menyebut kepulauan Nusantara sebagai bagian dari wilayah operasi dakwah dan wilayah dagang kerajaan Persia di masa lalu. Mereka menemukan beberapa bukti antara lain dalam bentuk tradisi keagamaan sejumlah daerah seperti tradisi Tabut di Beng­kulu dan tradisi maulid Cikoang di Takalar, Sulawesi Selatan. Tradisi dan lambang-lam­bang yang ditampilkan dalam upacara Tabut (atau Tabot, yang dapat dihubungkan den­gan kata taubah atau pengampunan dosa dari Allah Swt). Hal yang sama juga sering ditampilkan dalam tradisi Maulud Lompoa di Cikoang, sangat diperkaya dengan tradisi yang mirip seperti apa yang dilakukan di se­jumlah wilayah di Iran.

Tradisi-tradisi sejumlah wilayah umat Is­lam di Indonesia masih dekat dengan tradi­si Syi'ah meskipun mereka menolak kalau tradisi itu bersumber dari Syi'ah. Sejumlah daerah di Indonesia juga masih terus me­meringati Hari Asyura yang sesungguhnya adalah bagian tak terpisahkan dengan tradi­si Syi'ah atau tradisi Islam Persia. Integrasi tradisi Syi'ah di dalam tradisi keagamaan di Indonesia dahulu tidak pernah dipersoalkan, karena tradisi itu diterima sebagai fenomena budaya ketimbang sebagai fenomena agama (Islam). Persoalan mulai muncul ketika tadin­ya sebuah fenomena budaya tersebut dikem­bangkan menjadi fenomena agama. Tentu saja mulai muncul sikap resisten, misalnya lahirnya isu bid'ah, syinkretik, dan bisa jadi si'atisasi umat Sunni. Allahu a'lam.

Kenyataan lain yang dijadikan bukti ialah banyaknya kosa kata Persia yang menjadi kosa kata Bahasa Melayu atau Bahasa Indo­nesia. Kosa kata di sekitar aktivitas pelabu­han seperti kata Syahbandar, sampai seka­rang ini masih tetap menjadi bahasa aktual di pelabuhan Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Kantor Kedutaan Besar Iran di Jakarta per­nah menerbitkan sebuah buku lumayan tebal tentang bahasa-bahasa Persia yang masuk di dalam perbendaharaan Bahasa Indone­sia, baik sebagai bahasa resmi maupun se­bagai bahasa atau istilah prokem.

Kehadiran pengaruh Persia dalam masyarakat Indonesia memang tak terbantahkan. Persoalannya, apakah itu muncul sejak awal Islam yakni abad ke-7 Masehi atau datang belakangan, hal ini masih terus dalam perde­batan. Yang pasti, sejarah panjang Per­sia penuh dengan beberapa kebanggaan. Sejumlah besar ulama dan ilmuan di abad pertengahan berasal dari wilayah kekuasaan Persia. Ada yang mengatakan, seandainya sejak dahulu kala ada Hadiah Nobel (Noble Price) maka yang mendominasi Hadiah No­bel itu berasal dari kawasan Persia.

Kelemahan teori ini sama dengan teori lain, masih diperlukan bukti-bukti historis yang cukup untuk mengatakan teori ini paling benar. Kita berharap kiranya para peneliti sejarah terus lebih giat mencari bukti-bukti otentik masuknya Islam di Indonesia.

Gallery Teori Masuknya Islam Di Indonesia

Penjelasan Teori Teori Masuknya Islam Ke Indonesia Ms Word

Teori Masuknya Islam Ke Nusantara

Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia

Penyebaran Islam Di Indonesia Pengertian Sejarah Proses

Teori Masuknya Islam Ke Indonesia Learn Sejarah

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Kumparan Com

Were There Persian And Arab Colonies In Pre Dutch Indonesia

Teori Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia

Masuknya Agama Islam Ke Indonesia Sejarah Sbmptn Un Sma Teori Masuknya Agama Islam Ke Indonesia

Teori Teori Masuk Nya Islam Ke Indonesia Dan Saluran

Teori Masuknya Islam Ke Indonesia

Teori Masuknya Islam Ke Indonesia Haizka Aleine

Bantu Dong Tugas Ni Kalian Baik Kan Hehehe Brainly Co Id

Masuknya Islam Ke Nusantara Marvin Bimbingan Belajar

Perdebatan Dan Ragam Versi Masuknya Islam Ke Nusantara

Sejarah Singkat Dan Teori Masuknya Islam Ke Indonesia

Teori Masuknya Agama Dan Budaya Islam Ke Indonesia Ppg Dalam

Teori Masuknya Islam Di Indonesia

Teori Masuknya Islam Ke Indonesia Ppt Download

Teori Masuknya Islam Ke Indonesia Ppt Download

Teori Masuknya Agama Dan Budaya Islam Ke Indonesia Atno

Nisan Kuno Di Azerbaijan Dan Teori Masuknya Islam Ke Nusantara

Kesultanan Islam Maritim Di Nusantara Banten Dan Tidore

Jelaskan Teori Masuknya Islam Ke Indonesia Menurut Teori


0 Response to "Teori Masuknya Islam Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel