Rumus Volume Prisma Segitiga



Area Dasar Prisma Heksagonal Biasa Rumus Luas Segi Enam

Cara Mencari Volume Prisma

wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, 23 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu.

Ada 5 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman.

Dalam Artikel Ini:Menghitung Volume Prisma SegitigaMenghitung Volume KubusMenghitung Volume Prisma Persegi PanjangMenghitung Volume Prisma TrapesiumMenghitung Volume Prisma Segilima Beraturan5 Referensi

Prisma adalah bentuk geometri padat dengan dua bagian yang identik dan semua sisinya datar. Prisma ini diberi nama berdasarkan bentuk alasnya, sehingga prisma dengan alas segitiga disebut Prisma Segitiga. Untuk mencari volume sebuah prisma, kamu hanya perlu menghitung luas alasnya dan mengalikannya dengan tingginya – menghitung luas alas dapat menjadi bagian yang sulit. Berikut adalah cara untuk menghitung volume bermacam-macam prisma. Volume dan kapasitas hampir sama tetapi ini merupakan cara menghitung volume prisma.

  1. 1

    Tuliskan rumus untuk mencari volume prisma segitiga. Rumusnya hanyalah V = 1/2 x panjang x lebar x tinggi. Akan tetapi, kita akan memecah rumus ini untuk menggunakan rumus V = luas alas x tinggi. Kamu bisa mencari luas alas dengan menggunakan rumus untuk mencari luas segitiga – mengalikan 1/2 dengan panjang alas dan tinggi segitiga.

  2. 2

    Carilah luas sisi alasnya. Untuk menghitung volume prisma segitiga, kamu harus terlebih dahulu mencari luas alas segitiga. Carilah luas alas prisma dengan mengalikan 1/2 dengan panjang alas segitiga dikali dengan tinggi segitiga. [1]

    • Contoh: Jika tinggi alas segitiga adalah 5 cm dan panjang alas prisma segitiga adalah 4 cm, maka luas alasnya adalah 1/2 x 5 cm x 4 cm, yang adalah 10 cm2.

  3. 3

    Carilah tingginya. Misalkan tinggi prisma segitiga ini adalah 7 cm.

  4. 4

    Kalikan luas sisi alas segitiga dengan tingginya. Kalikan saja luas alas dengan tingginya. Setelah kamu mengalikan luas alas dan tingginya, kamu akan mendapatkan volume prisma segitiga.

    • Contoh:10 cm2 x 7 cm = 70 cm3

  5. 5

    Tuliskan jawabanmu dalam satuan kubik. Kamu harus selalu menggunakan satuan kubik saat menghitung volume karena kamu bekerja dengan benda tiga dimensi. Jawaban akhirnya adalah 70 cm. 3.

  1. 1

    Tuliskan rumus untuk mencari volume kubus. Rumusnya hanya V = sisi3. Sebuah kubus adalah prisma yang kebetulan memiliki tiga sisi yang sama besar.[2]

  2. 2

    Carilah panjang dari salah satu sisi kubus. Semua sisinya sama panjang, sehingga tidak masalah sisi mana yang kamu pilih.

  3. 3

    Pangkatkan tiga. Untuk memangkatkan tiga sebuah angka, kalikan saja angka itu dengan dirinya sebanyak dua kali. Misalnya, pangkat tiga dari a adalah a x a x a. Karena semua panjang sisi kubus sama panjang, kamu tidak perlu mencari luas alasnya dan mengalikannya dengan tingginya. Mengalikan dua sisi kubus manapun akan memberikan luas alasnya dan sisi ketiga akan menjadi tingginya. Kamu masih dapat membayangkannya sebagai perkalian panjang, lebar, dan tingginya dengan panjang yang kebetulan sama.

    • Contoh: 3 cm3 = 3 cm * 3 cm * 3 cm = 27 cm.3

  4. 4

    Tuliskan jawabanmu dalam satuan kubik. Jangan lupa untuk menuliskan jawabanmu dalam satuan kubik. Jawaban akhirnya adalah 27 cm.3

  1. 1

    Tuliskan rumus untuk mencari volume prisma persegi panjang. Rumusnya hanyalah V = panjang * lebar * tinggi. Prisma persegi panjang adalah prisma dengan alas persegi panjang.

  2. 2

    Carilah panjangnya. Panjang adalah sisi terpanjang dari permukaan datar persegi panjang di bagian atas atau bawah dari prisma persegi panjang.

  3. 3

    Carilah lebarnya. Lebar dari prisma persegi panjang adalah sisi terpendek dari permukaan datar di bagian atas atau bawah dari prisma persegi panjang.

  4. 4

    Carilah tingginya. Tinggi adalah bagian prisma persegi panjang yang vertikal. Kamu bisa membayangkan tinggi prisma persegi panjang sebagai bagian yang memanjang dari persegi panjang yang datar dan membuatnya menjadi tiga dimensi.

  5. 5

    Kalikan panjang, lebar, dan tingginya. Kamu bisa mengalikan ketiganya dengan urutan apapun untuk mendapatkan jawaban yang sama. Dengan menggunakan cara ini, kamu akan menemukan luas alas persegi panjang (10 x 8) dan mengalikannya dengan tingginya, 5. Tetapi untuk mencari volume prisma ini, kamu bisa mengalikan panjang sisinya dengan urutan apapun.

    • Contoh: 10 cm * 8 cm * 5 cm = 400 cm.3

  6. 6

    Tuliskan jawabanmu dalam satuan kubik. Jawaban akhirnya adalah 400 cm.3

  1. 1

    Tuliskan rumus untuk menghitung volume prisma trapesium. Rumusnya adalah: V = [1/2 x (alas1 + alas2) x tinggi] x tinggi prisma. Kamu sebaiknya menggunakan bagian pertama rumus untuk mencari luas alas trapesium dari alas prisma sebelum melanjutnya. [3]

  2. 2

    Carilah luas sisi alas trapesium. Untuk melakukannya, masukkan saja dua alas dan tinggi trapesium ke dalam rumus.

    • Misalkan alas 1 = 8 cm, alas 2 = 6 cm, dan tinggi = 10 cm.
    • Contoh: 1/2 x (6 + 8) x 10 = 1/2 x 14 cm x 10 cm = 80 cm2.

  3. 3

    Carilah tinggi prisma trapesium. Misalkan tinggi prisma trapesium adalah 12 cm.

  4. 4

    Kalikan luas sisi alas dengan tingginya. Untuk menghitung volume prisma trapesium, kalikan saja luas sisi alas dengan tingginya.

    • 80 cm2 x 12 cm = 960 cm3.

  5. 5

    Tuliskan jawabanmu dalam satuan kubik. Jawaban akhirnya adalah 960 cm3

  1. 1

    Tuliskan rumus untuk mencari volume prisma segilima beraturan. Rumusnya adalah V = [1/2 x 5 x sisi x apotema] x tinggi prisma. Kamu bisa mengunakan bagian pertama rumus untuk mencari luas sisi alas segilima. Kamu bisa membayangkan seperti mencari luas lima segitiga yang menyusun sebuah segilima beraturan. Sisinya adalah lebar salah satu segitiga dan apotemanya adalah tinggi salah satu segitiga. Kamu akan mengalikannya dengan 1/2 karena itu merupakan bagian dari mencari luas segitiga dan kemudian mengalikannya dengan 5 karena 5 segitiga membentuk segilima. [4]

    • Untuk informasi lebih lanjut tentang mencari apotema jika tidak diketahui, lihat di sini.[5]

  2. 2

    Carilah luas sisi alas segilima. Misalkan panjang sisinya adalah 6 cm dan panjang apotemanya adalah 7 cm. Masukkan angka-angka ini ke dalam rumus:

    • A = 1/2 x 5 x sisi x apotema
    • A = 1/2 x 5 x 6 cm x 7 cm = 105 cm2

  3. 3

    Carilah tingginya. Misalkan tinggi bentuk adalah 10 cm.

  4. 4

    Kalikan luas sisi alas segilima dengan tingginya. Kalikan saja luas sisi alas segilima, 105 cm2, dengan tingginya, 10 cm, untuk mencari volume prisma segilima beraturan.

    • 105 cm2 x 10 cm = 1050 cm3

  5. 5

    Tuliskan jawabanmu dalam satuan kubik. Jawaban akhirnya adalah 1050 cm3.

  • Cobalah untuk tidak bingung antara alas dan sisi alas. Sisi alas menunjukkan bentuk 2 dimensi yang membentuk alas dari keseluruhan prisma (biasanya, sisi atas dan bawahnya). Tetapi, sisi alas mungkin memiliki alas sendiri --- panjang 1 dimensi yang berada di bagian bawah yang berperan sebagai alas saat mencari luas bentuk 2 dimensi tersebut.

wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, 23 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu.

Daftar kategori: Matematika

Bahasa lain:

English: Calculate the Volume of a Prism, Italiano: Calcolare il Volume di un Prisma, Deutsch: Das Volumen von einem Prisma berechnen, Español: calcular el volumen de un prisma, Français: calculer le volume d’un prisme, Русский: найти объем призмы, 中文: 计算一个棱柱的体积, Português: Calcular o Volume de um Prisma, Nederlands: Het volume van een prisma berekenen, ไทย: คำนวณปริมาตรของปริซึม, العربية: حساب حجم المنشور, 日本語: 角柱の体積を求める, हिन्दी: एक प्रिज्म के आयतन की गणना करें

Halaman ini telah diakses sebanyak 327.749 kali.

Apakah artikel ini akurat?

Gallery Rumus Volume Prisma Segitiga

Rumus Volume Prisma Segitiga Dan Luas Permukaannya

Rumus Prisma Segitiga Luas Dan Volume Beserta Contohnya

Pembuatan Alat Peraga

Prisma Rumus Luas Volume Contoh Soal

Rumus Prisma Segitiga Belajarpedia Co Id

Rumus Prisma Volume Prisma Dan Luas Permukaan Prisma

Rumus Volume Prisma Segitiga Beserta Luas Permukaannya

Prisma Matematika Kelas 8 Definisi Elemen Dan Contoh

Rumus Prisma Pengertian Unsur Beserta Contoh Soal Smp Sm

Rumus Cara Menghitung Luas Permukaan Prisma Segitiga Lengkap

International Journal Of Education And Research Vol 2 No 8

Rumus Prisma Volume Prisma Dan Luas Permukaan Prisma

Mempelajari Rumus Dan Soal Volume Pada Suatu Bangun Ruang

Prisma Segtiga Segiempat Luas Permukan Rumus Dan Contoh Soal

Volume Prisma Segitiga Siku Siku Konsep Mudah Matematika Sd

Volume Limas Rumus Segitiga Dan Segi Empat Serta Contoh Soalnya

Rumus Volume Prisma Rumus Luas Permukaan Serta Soal Dan

Pembuktian Rumus Volume Limas Jlkq95eww0l5

Rumus Volume Prisma Materi Lengkap Contoh Soal

Soal Bangun Ruang Prisma Segitiga Plus Kunci Jawaban

Contoh Soal Pelajaran Anak Sd Contoh Soal Volume Prisma

Study Tugas Matematika

Artikel Prisma Segitiga

Menentukan Volume Prisma Mikirbae Com

Rumus Prisma Pengertian Unsur Beserta Contoh Soal Smp Sm

Rumus Bangun Ruang Dan Contoh Soal Pembahasan Lengkap

Prisma Segitiga Pengertian Jaring Jaring Sifat Rumus

Rumus Luas Prisma Dan Rumus Volume Prisma

Rumus Volume Dan Luas Permukaan Kubus Balok Prisma


0 Response to "Rumus Volume Prisma Segitiga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel