Cara Membuat Laporan Prakerin Yang Baik Dan Benar



Laporan Praktik Kerja Lapangan Pada Bagian Pelayanan Sosial

Cara Membuat Laporan yang Baik dan Benar (Hanya 5 Langkah!)

Punya tugas untuk membuat laporan?

Tapi bingung harus mulai dari mana?

Jangan panik!

Di sini, kamu akan belajar tentang segala hal mengenai cara membuat laporan yang meliputi:

Penasaran?

Langsung saja, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Laporan

Laporan adalah sebuah karya tulis yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan sebagai bukti pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas yang diberikan.

Agar dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan atau pengambilan keputusan, sebuah laporan harus memuat data yang benar, objektif, dan sistematis.

Struktur Laporan

1. Cover

Cover merupakan halaman yang letaknya berada di bagian paling awal sebuah laporan. Sama halnya dengan makalah, di dalam cover sebuah laporan juga memuat judul, identitas, dan keterangan dari si penulis.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat sebuah laporan.

Halaman ini nantinya berfungsi untuk mengantarkan pembaca agar dapat memahami laporan seperti apa yang telah kamu buat.

Untuk membuat kata pengantar di sebuah laporan, kamu bisa melihat berbagai contoh kata pengantar yang baik dan benar sebagai referensi.

3. Daftar Isi

Sesuai namanya, daftar isi merupakan halaman yang di dalamnya memuat pemetaan halaman untuk setiap bagian, mulai dari kata pengantar sampai halaman terakhir.

Untuk membuat daftar isi, kamu bisa memanfaatkan fitur table of content yang ada pada Microsoft Word atau aplikasi sejenis.

4. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian awal dari laporan yang berisi beberapa sub-bab seperti latar belakang dan tujuan kegiatan.

a. Latar Belakang

Latar belakang berisi tentang faktor apa saja yang membuat kamu menyusun laporan tersebut.

Biasanya, latar belakang mencakup sebuah jawaban dari “Apa yang membuatmu melakukan penelitian/kegiatan tersebut?”.

b. Tujuan

Di bagian ini, kamu bisa menjelaskan tentang tujuan dibuatnya kegiatan atau penelitian yang kamu lakukan.

Dalam penulisannya, cukup deskripsikan tujuan secara singkat dan jelas.

5. Pembahasan

Pembahasan atau juga bisa disebut sebagai isi, merupakan bagian inti dari laporan yang kamu buat.

Di bagian ini, sebisa mungkin jelaskan secara detail dan mencakup unsur 5W + 1H.

Misalnya, jika laporan yang kamu buat adalah laporan kegiatan, maka kamu bisa mengisinya dengan:

  • Kegiatan apa yang kamu lakukan?
  • Siapa saja yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut?
  • Di mana kegiatan tersebut dilaksanakan?
  • dll.

6. Penutup

Penutup biasanya berisi kesimpulan tentang kegiatan dan laporan yang telah kamu buat.

Kamu bisa menuliskan ringkasan tentang hal-hal yang telah kamu paparkan sebelumnya pada bagian ini.

Selain kesimpulan, kamu juga bisa menambahkan saran untuk para pihak terkait atau kendala yang kamu alami selama kegiatan berlangsung.

7. Lampiran

Bagian terakhir merupakan lampiran.

Lampiran adalah halaman yang memuat berbagai dokumentasi tentang kegiatan yang telah kamu lakukan.

Dokumentasi tersebut dapat berupa foto/gambar, tabel, surat, dan sebagainya.

Lampiran tersebut nantinya akan mewakili kelengkapan laporan yang kamu buat.

Bagaimana Cara Membuat Laporan yang Baik dan Benar?

1. Memilih Topik

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat laporan tentunya adalah memilih sebuah topik.

Topik dalam hal ini bisa ditentukan oleh guru/dosen atau pihak lainnya, bisa juga merupakan topik yang kamu pilih sendiri untuk melakukan sebuah penelitian atau kegiatan.

Jika kamu memilih topik kamu sendiri, usahakan untuk memilih topik yang kamu sukai atau kamu kuasai.

Jika topik sudah ditentukan oleh guru/dosen, pastikan kamu memahami syarat dan ketentuan yang telah diberikan.

2. Melakukan Penelitian/Kegiatan

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah melakukan sebuah penelitian atau kegiatan yang sesuai dengan topik tersebut.

Selain melakukan penelitian atau kegiatan, kamu juga harus mencari berbagai referensi yang berhubungan dengan topik yang kamu pilih.

Hal tersebut nantinya akan membantu kamu dalam menulis dan melengkapi isi dari laporan yang akan kamu buat.

3. Buat Kerangka Laporan

Setelah kedua hal di atas kamu lakukan, sekarang saatnya untuk membuat kerangka laporan.

Kerangka laporan berisi sekumpulan gagasan utama yang menggambarkan inti dari laporan yang kamu buat.

Misalnya, jika kamu membuat sebuah laporan kegiatan KKN, maka kamu bisa menulis terlebih dahulu gagasan utamanya seperti berikut:

  1. Profil Lokasi KKN
  2. Potensi Lokal Lokasi KKN
  3. Kegiatan Utama KKN
  4. Hasil Kegiatan KKN
  5. dst.

Pembuatan kerangka ini bertujuan untuk mempermudah pengaturan dan penyusunan laporan yang akan kamu buat.

4. Mulai Menulis Laporan

Setelah membuat kerangka, sekarang saatnya kamu mulai menulis laporan.

Jangan lupa, tulis laporan dengan struktur yang baik dan benar.

Mulailah menulis dari bagian pendahuluan sampai dengan penutup.

Untuk menulis laporan, gunakanlah kalimat yang jelas serta berdasarkan data dan fakta yang ada.

Perhatikan juga format laporan jika sebelumnya telah ditentukan oleh guru/dosen kamu.

5. Menyunting Laporan

Setelah selesai menulis laporan, jangan lupa untuk mengeceknya terlebih dahulu.

Perhatikan setiap kalimat dan kata. Perhatikan apakah terdapat kesalahan penulisan atau kesalahan ejaan.

Jika terdapat kesalahan, segera sunting bagian tersebut agar laporan bisa segera kamu publikasikan, entah itu dikumpulkan dalam bentuk cetak (hardcopy) atau file (softcopy).

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang bisa kamu pelajari tentang cara membuat laporan.

Beberapa hal di atas bisa kamu terapkan dalam pembuatan segala jenis laporan mulai dari laporan kegiatan, laporan prakerin (pkl), dan sebagainya.

Dalam membuat sebuah laporan, kamu harus memperhatikan setiap detailnya mulai dari keterkaitan dengan topik, kelengkapan laporan, sampai referensi yang digunakan.

Semoga setelah ini, kamu bisa membuat laporan yang baik dan benar serta isinya dapat bermanfaat untuk banyak orang.

Sekian, semoga bermanfaat!

Gallery Cara Membuat Laporan Prakerin Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Daftar Gambar Untuk Laporan Praktik Kejuruan

Laporan Praktik Kerja Lapangan Pada Bagian Sales Dan

8 Rujukan Latar Belakang Laporan Pkl Prakerin Yang Baik

Contoh Laporan Prakerin Pkl Magang Singkat Padat Jelas

Contoh Daftar Isi Laporan Pkl Yang Baik Dan Benar

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin Tanya Doel

Contoh Laporan Pkl Praktek Kerja Lapangan Smk Yang Baik

7 Contoh Laporan Kegiatan Perjalanan Observasi Dan Pkl

Doc Contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan Divah Ayu

Tips Dan Contoh Judul Laporan Prakerin Pkl Smk Baik Dan Benar

Cara Membuat Daftar Isi Manual Dan Otomatis Pada Ms Word

Doc Aturan Untuk Membuat Laporan Pkl Dan Contoh Laporan Pkl

12 Contoh Kata Pengantar Yang Benar Dan Terbaru

Contoh Laporan Pkl Di Pt Dae Hwa Indonesia Dhi

Contoh Laporan Dan Cara Membuat Laporan Docx Document

Laporan Hasil Praktek Kerja Industri Smk Pemasaran

Contoh Laporan Pkl Lasoparating

Contoh Penutup Kesimpulan Dan Saran Laporan Pkl

10 Contoh Kata Pengantar Dalam Makalah Laporan Pkl

Laporan Prakerin Jurusan Adm Perkantoran

Contoh Penutup Makalah Pengertian Cara Pembuatan Dan

Laporan Prakerin Dian Aditya 2008 2009

8 Contoh Daftar Isi Laporan Pkl Magang Penelitian Dll

Contoh Daftar Pustaka Laporan Pkl Otomotif

Contoh Power Point Presentasi Pkl

Pengertian Buku Besar Adalah Contoh Cara Membuat


0 Response to "Cara Membuat Laporan Prakerin Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel