Soal Olimpiade Matematika Smp



Soal Dan Pembahasan Latihan Olimpiade Nasional Smp 1 10

(PDF) SOAL DAN PEMBAHASAN OSN MATEMATIKA SMP TINGKAT PROVINSI 2018

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-1 dari 3 Halaman

PEMBAHASAN SOAL OSP

OLIMPIADE SAINS NASIONAL JENJANG SMP

SELEKSI TINGKAT PROVINSI TAHUN 2018

BIDANG STUDI MATEMATIKA

WAKTU : 150 MENIT

21 April 2018

SOAL ISIAN SINGKAT

1. Diketahui bilangan bulat positif k sehingga

juga bilangan bulat positif. Dua nilai k yang

memenuhi adalah ....

Pembahasan:

Diketahui

, dimana k merupakan bilangan bulat positif atau bilangan asli

Untuk menemukan nikai k, perlu menggunakan startegi “manipulasi bentuk aljabar”, yakni

= a, dimana a bilangan asli 5k + 1 = a(3k 18)

5k + 1 = 3ak 18a

18a + 1 = k(3a 5)

= k

= k

= k

6

= k

Agar nilai k dihasilkan bilangan bulat positif maka (3a 5) haruslah pembagi bulat positif dari

31, yaitu: 1 dan 31

3a 5 = 1 a = 2, sehingga nilai k = 6

= 6 + 31 = 37

3a 5 = 31 a = 12, sehingga nilai k = 6

= 6 + 1 = 7

Jadi, nilai k yang memenuhi adalah k = 7 dan k = 37

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-2 dari 3 Halaman

2. Suatu partikel bergerak pada bidang Cartesius dimulai dari titik (0,0). Setiap langkah

pergerakan adalah satu satuan. Peluang partikel bergerak pada arah sumbu-X positif adalah

,

sedangkan peluang bergerak pada arah sumbu-Y positif adalah

. Setelah bergerak 10 langkah,

peluang partikel tersebut sampai pada titik (6,4) dengan melalui titik (3,4) adalah ....

Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal bahwa suatu partikel bergerak pada bidang Cartesius dimulai

dari titik (0,0), kemudian melewati titik (3,4) untuk sampai pada titik (6,4).

Dimana partikel hanya bisa bergerak pada arah sumbu-X positif dan bergerak pada arah sumbu-

Y positif dengan peluang masing-masing adalah

dan

Hal ini memiliki arti bahwa banyak cara terpendek dari titik (0,0) ke titik (6,4) dengan syarat

melewati titik (3,4)

Perhatikan ilustrasi gambar berikut

Ada 10 langkah yang harus dilakukan oleh partikel tersebut

Salah satu contoh rute paralel bergerak adalah garis warna merah + garis warna biru + garis

warna hijau, yaitu ada 3 satuan ke kanan + 4 satuan ke atas + 3 satuan ke kanan

Sehingga banyaknya rute paralel dari gambar tersebut adalah sebagai berikut.

7C4 =

= 7 × 5 = 35, kemudian ke arah kanan 3 kali

Jadi, peluang partikel tersebut adalah 35 ×

×

×

=

3. Diberikan himpunan A = {1,2,3, ..., 25}. Banyak himpunan bagian berunsur dua yang hasil kali

unsur-unsurnya kuadrat sempurna adalah ....

Pembahasan:

Diketahui himpunan A = {1,2,3, ..., 25}.

Adapun bilangan kuadrat sempurna yang terdapat pada himpunan A adalah {1, 4, 9, 16, 25}

Kemudian berdasarkan informasi dari soal bahwa terdapat himpunan berunsur dua yang hasil

kali unsur-unsurnya merupakan kuadrat sempurna, sehingga himpunannya merupakan kelipatan

dari bilangan kuadrat sempurna yang dapat ditulis menjadi {1a, 4a, 9a, 16a, 25a}, dimana nilai

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-3 dari 3 Halaman

a merupakan bilangan asli, dengan syarat hasil kalinya merupakan himpunan bagian dari

himpunan A.

Dengan demikian didapat sebagai berikut.

a) Jika nilai a = 1, maka himpunannya {1, 4, 9, 16, 25}

dipilih 2 dari 5, sehingga ada 5C2 = 10 yang memenuhi

b) Jika nilai a = 2, maka himpunannya {2, 8, 18}

dipilih 2 dari 3, sehingga ada 3C2 = 3 yang memenuhi

c) Jika nilai a = 3, maka himpunannya {3, 12}

dipilih 2 dari 2, sehingga ada 2C2 = 1 yang memenuhi

d) Jika nilai a = 4, maka himpunannya {4, 16}

terdapar di point a)

e) Jika nilai a = 5, maka himpunannya {5, 20}

dipilih 2 dari 2, sehingga ada 2C2 = 1 yang memenuhi

Jadi, banyak himpunan bagian berunsur dua yang hasil kali unsur-unsurnya kuadrat

sempurna adalah ada 10 + 3 + 1 + 1 + 1 = 16

4. Diketahui bilangan x dan y, masing-masing tidak lebih dari 2018 dan x2 + y2 habis dibagi 121.

Jika pasangan (x,y) dan (y,x) tidak dibedakan, maka banyak pasangan (x,y) yang memenuhi

adalah ....

Pembahasan:

Diketahui nilai x ≤ 2018 dan y ≤ 2018, serta dan x2 + y2 = 121a, nilai a bilangan asli

Dengan memperhatikan bahwa x2 + y2 habis dibagi 121, hal ini memiliki arti bahwa pasangan

(x, y) terkecil adalah (11, 11) dan pasangan terbesar adalah 11a ≤ 2018, yaitu (2013, 2013).

Sehingga banyaknya nilai x dan y yang memenuhi adalah

= 183

Dengan demikian banyaknya pasangan nilai x dan y yang memenuhi, didapat:

11 berpasangan dengan 11, sampai 11 berpasangan dengan 2013 (ada 183)

22 berpasangan dengan 22, sampai 22 berpasangan dengan 2013 (ada 182)

. .

. .

. .

2012 berpasangan dengan 2012, sampai 2012 berpasangan dengan 2013 (ada 2)

2013 berpasangan dengan 2013 (ada 1)

Dengan demikian, banyak pasangannya adalah 1 + 2 + ... + 182 + 183 = (184 × 91) + 92

= 16.836

Jadi, banyak pasangan (x,y) yang memenuhi adalah ada 16.836

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-4 dari 3 Halaman

5. Suatu tabung berada di dalam prisma tegak segitiga. Tabung tersebut tepat menyinggung

prisma pada alas, tutup, dan semua sisi prisma. Alas prisma berbentuk segitiga sama sisi dengan

panjang sisi 8 cm dan tinggi prisma 6 cm . Volume tabung tersebut adalah ....

Pembahasan:

Diketahui suatu tabung berada di dalam prisma tegak segitiga dengan alas prisma segitiga sama

sisi, dimana panjang sisinya 8 cm dan tinggi prisma 6 cm

Perhatikan ilustrasi gambar berikut

Volume Tabung = Luas alas × tinggi

= π r2 × t

= π

× 6

= π

× (3 × 2)

= 32π

Jadi, volume tabung tersebut adalah 32π

6. Diketahui ABC mempunyai panjang sisi AB = AC = 3 cm dan BC = 2 cm. Titik D dan E

terletak pada AC sehingga BD adalah garis tinggi dan BE adalah garis berat ABC. Luas BDE

adalah ... cm2.

Pembahasan:

Perhatikan ilustrasi gambar berikut

(8 + 8 + 8) = 12

Jari-jari lingkaran dalam

segitiga (r)

r =

Perhatikan AFB, dengan rumus pithagoras didapat panjang

AF = 2

.

Kemudian perhatikan Luas ABC dengan alas BC dan alas AC,

didapat

BD × AC = BC × AF

BD =

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-5 dari 3 Halaman

Seanjutnya perhatikan AFC dengan BDC, keduanya sebangun sehingga didapat

DC × BD = CF × AF

DC =

=

=

didapat DE = CE DC =

=

Dengan demikian, Luas BDE =

× DE × BD

=

×

×

=

Jadi, Luas BDE adalah

cm2

7. Sebuah kode terdiri dari 6 digit angka akan disusun dengan ketentuan sebagai berikut:

a) Angka pertama adalah tak nol

b) Nilai angka pertama adalah dua kali angka terakhir

c) Jika angka ke-2 dan ke-3 dipertukarkan, tidak akan mengubah nilai bilangan.

Banyaknya susunan angka kode yang mungkin adalah ....

Pembahasan:

Misalkan kode 6 digit adalah abcdef

Dengan ketentuan dari tiga hal didapat bahwa a = 2f dan b = c

Sehingga banyak susunan yang didapat ke-enam digit kode tersebut sama halnya dengan

menyusun 4 digit bdef, yaitu 10 × 10 × 10 × 4 = 4000

Jadi, banyaknya susunan angka kode yang mungkin adalah ada 4000

8. Misalkan k adalah garis yang menyinggung kurva y = x2 1 di titik (x1,y1), dengan x1 > 1. Jika k

melalui titik (1,1), maka k memotong sumbu-y di titik ....

Pembahasan:

Perhatikan ilustrasi gambar berikut

Suatu garis k yang menyinggung kurva y =

f(x) = x2 1 pada satu titik (x1,y1) memiliki

gradien garis singgung m = f’(x1), sehingga

didapat m = 2x1 dan

. Sedangkan

gardien garis k yang melalui titik (x1,y1) dan

titik (1, 1) adalah m =

, dimana

persamaan garis singgungnya adalah y y1 =

m(x x1). Berdasarkan persamaan m = 2x1

dan

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-6 dari 3 Halaman

2x1(x1 1) =

=

= 0

x1(x1 2) = 0 x1 = 0 atau x1 = 2

Dikarenakan x1 > 1, maka yang memenuhi adalah x1 = 2

Berdasarkan persamaan

dan x1 = 2, maka didapat y1 = (2)2 1 = 3

sehingga nilai m didapat m =

=

= 4

Dengan demikian, persamaan garis k didapat, y y1 = m(x x1)

y 3 = 4(x 2)

y = 4x 8 + 3

y = 4x 5

Jadi, garis y = 4x 5 memotong sumbu-y di titik (0, 5)

9. Misalkan suku-suku suatu barisan diberikan dengan x1 = 1, xn+1 = xn + n, untuk n > 1. Nilai n

terbesar sehingga x1 + x2 + x3 + ... + xn ≤ 2018 adalah ....

Pembahasan:

Diketahui x1 = 1, dan xn+1 = xn + n, dengan n > 1

Untuk n = 2, maka x3 = x2 + 2

Untuk n = 3, maka x4 = x3 + 3 = (x2 + 2) + 3 = x2 + 5

...

...

dan seterusnya,

sehingga didapat

x1 + x2 + x3 + x4 + ... + xn ≤ 2018

1 + x2 + (x2 + 2) + (x2 + 5) + (x2 + 9) + ... + (x2 +

×(n 2)(n + 1) ≤ 2018

(1 + (n 1)×x2) + [2 + 5 + 9 + ... +

×(n 2)(n + 1)] ≤ 2018

Dengan “mengabaikan” bentuk (1 + (n 1)×x2), maka menjadi

2 + 5 + 9 + ... +

× n(n + 3) < 2018

2 , 5 , 9 , 14 , .....,

× n(n + 3)

3 4 5

1 1

Sn =

!3 1)3)(2)(1(

!2 4)2)(1(

!1 5)1(

!0

2

nnnnnn

Sn = 2 + 5n 5 + 2n2 6n + 6 +

(n3 6n2 + 11n 6

Sn = 2n2 n + 3 +

(n3 6n2 + 11n 6)

Sn =

(12n2 6n + 18) +

(n3 6n2 + 11n 6

Sn =

(n3 + 6n2 + 5n + 12)

Sehingga didapat

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-7 dari 3 Halaman

2 , 5 , 9 , 14 , .....,

× n(n + 3) < 2018

(n3 + 6n2 + 5n + 12) < 2018

n3 + 6n2 + 5n + 12 < 12108

bentuk aljabar dari n3 + 3n2 + 3n + 1 < n3 + 6n2 + 5n + 12

(x + 1)3 < n3 + 6n2 + 5n + 12

Sehingga

(x + 1)3 < 12108 x + 1 = 22,963

x = 21,963

sehingga nilai x = 22

Jadi, nilai n terbesar sehingga x1 + x2 + x3 + ... + xn ≤ 2018 adalah 22

10. Nilai x dan y yang memenuhi sistem

42

13

2

163

4

3

2

3

2

xy

yx

adalah ....

Pembahasan:

dan

63

4

42

13

2

1

3

2

3

2

xx

Sehingga didapat nilai

=

Jadi, nilai x dan y yang memenuhi adalah

dan

11. Bilangan bulat dari 1, 2, 3, ..., 1000 ditulis berurutan pada keliling lingkaran. Seseorang

menendai bilangan 1, bilangan 13, bilangan 25 dan setiap bilangan ke-12 setelahnya (berarti

bilangan yang ditandai adalah 1, 13, 25, 37, ...). Proses ini berlangsung terus sampai dengan

bertemu bilangan yang pernah ditandai. Bilangan bulat pada keliling lingkaran tersebut yang

tidak ditandai ada sebanyak ....

Pembahasan:

Diketahui bilangan bulat dari 1, 2, 3, ..., 1000 ditulis berurutan pada keliling lingkaran.

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-8 dari 3 Halaman

Kemungkinan-kemugkinan bilangan yang ditandai pada setiap putaran adalah sebagai berikut.

1) 1, 13, 25, 37, 49, ...., 997 (Un = 997, a, = 1, b = 12, dan n = 84)

2) 9, 21, 33, 45, ...., 993 (Un = 993, a, = 9, b = 12, dan n = 83)

3) 5, 17, 29, 41, ...., 989 (Un = 989, a, = 5, b = 12, dan n = 83)

4) Pada putara ke-empat balik lagi seperti putaran pertama, yakni 1, 13, 25, ....., 997

Dengan demikian deret yang tebentuk adalah

1, 5, 9, 13, 17, 21, ....., 997 (Un = 997, a, = 1, b = 4, dan n = 250)

Jadi, bilangan bulat pada keliling lingkaran yang dimaksud ada 1000 250 = 750

12. Diberikan suatu segitiga samakaki ABC dengan AB = AC = 10 cm. Titik D terletak pada sisi AB

sejauh 6 cm dari A, serta titik E pada sisi AC sejauh 4 cm dari A. Selanjutnya dari A ditarik garis

tinggi dan memotong BC di F. Jika bilangan rasional

menyatakan perbandingan luas

segiempat ADFE terhadap luas segitiga ABC dalam bentuk yang paling sederhana, maka nilai

adalah ....

Pembahasan:

Perhatikan ilustrasi gambar berikut

Berdasarkan kedua gambar di atas,

maka Luas segiempat ADFE =

Luas ABCD, dan Luas ABF =

Luas ABCD

hal ini dikarenakan bahwa ABC merupakan segitiga sama kaki, panjang AE = BD = 4 cm,

panjang AD = CE = 6 cm.

Sehingga didapat bahwa Luas ADE = Luas BDF = Luas CFE = Luas DEF

Dengan demikian,

ABCLuas ADFEsegiempatLuas

=

=

, a = 1 dan b = 2, maka a + b = 1 + 2 = 3

Jadi, nilai a + b adalah 3

13. Diketahui ABC siku-siku di C. D titik tengah AC dan AC = BD =

. P pada BD sehingga

. Luas CDP adalah ....

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-9 dari 3 Halaman

Pembahasan:

Perhatikan ilustrasi gambar berikut

Dengan demikian, Luas CDP =

× DP × CP =

×

×

=

Jadi, Luas CDP adalah

14. Persegi panjang ABCD mempunyai panjang sisi AB = 4 cm dan BC = 8 cm . Titik F pada AD, G

pada BC, sehingga garis FG sejajar sisi CD, dan panjang AF = 2 cm. Titik E merupakan titik

tengah CD. Selanjutnya dilukis diagonal BD dan garis AE. Banyak segiempat pada persegi

panjang ABCD adalah ....

Pembahasan:

Perhatikan ilustrasi gambar berikut

Langkah pertama kita beri simbol pada tiap-tiap daerah, yaitu sebagai berikut:

Kemudian kita cari satu demi satu berdasarkan simbol yang telah dibuat.

1. Segiempat yang terdiri dari 1 bagian yaitu b dan f ada sebanyak 2

2. Segiempat yang terdiri dari 2 bagian yaitu ab, bc, ce, de, eg, dan gf ada sebanyak 6

3. Segiempat yang terdiri dari 3 bagian yaitu abc dan adf ada sebanyak 2

4. Segiempat yang terdiri dari 4 bagian yaitu bcde, dan defg ada sebanyak 2

5. Segiempat yang terdiri dari 7 bagian yaitu abcde ada sebanyak 1

Jadi, banyak segiempat pada persegi panjang ABCD adalah 2 + 6 + 2 + 2 + 1 = 13

Perhatikan CDB,merupakan segitiga siku-siku, sehingga panjang

BC didapat: BC =

Perhatikan CDP dengan BDC, keduanya sebangun sehingga

didapat

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-10 dari 3 Halaman

15. Didefinisikan x = bilangan bulat yang lebih kecil atau sama dengan x, contoh 2 = 2; 0,1 =

0; dan 1,8 = 1. Jika J =

+

+

+ ... +

maka nilai J

adalah ....

Pembahasan:

Diketahui x merupakan bilangan bulat yang lebih kecil atau sama dengan x,

contoh 2 = 2; 0,1 = 0; dan 1,8 = 1.

J =

+

+

+ ... +

J =

+ ..... +

+

+ ... +

J = 18 × 43 + 83 × 44

J = 774 + 3652

J = 4.426

Jadi, nilai J adalah 4.426

SOAL URAIAN

16. Tentukan semua penyelesaian dari sistem persamaan

.01035

;036

22

22

yyxx

yxxyyx

Pembahasan:

x2 6y2 xy x + 3y = 0 (x2 6y2 xy) (x 3y) = 0

(x 3y)(x + 2y) (x 3y) = 0

(x 3y)[(x + 2y) (1)] = 0

(x 3y)(x + 2y 1) = 0

x = 3y atau x = 1 2y

Untuk x = 3y x2 5x 3y2 y + 10 = 0

(3y)2 5(3y) 3y2 y + 10 = 0

9y2 15y 3y2 y + 10 = 0

6y2 16y + 10 = 0

3y2 8y + 5 = 0

(3y 5)(y 1) = 0

y =

atau y = 1 sehingga didapat x = 5 atau x = 3

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-11 dari 3 Halaman

pasangan (x,y) didapat (5,

); (3, 1)

Untuk x = 1 2y x2 5x 3y2 y + 10 = 0

(1 2y)2 5(1 2y) 3y2 y + 10 = 0

4y2 4y + 1 5 + 10y 3y2 y + 10 = 0

y2 + 5y + 6 = 0

(y + 3)(y + 2) = 0

y = 3 atau y = 2 sehingga didapat x = 7 atau x = 5

pasangan (x,y) didapat (7, 3); (5, 2)

Jadi, semua penyelesaian yang memenuhi adalah (5,

); (3, 1); (7, 3); (5, 2)

17. Sebuah permainan dengan nama “Halang Rintang” mempunyai aturan permainan bahwa jika

seseorang berada pada rintangan ke-n, orang tersebut harus melemparkan dadu sebanyak n kali.

Jika jumlah mata dadu dari n pelemparan ini lebih besar dari 2n, maka orang tersebut berhasil

melewati rintangan. Tentukan peluang bahwa seseorang berhasil melewati tiga rintangan

pertama. Diasumsikan bahwa dadu yang digunakan adalah dadu yang setimbang.

Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal bahwa terdapat suatu permainan “Halang Rintang” dengan

aturan yang sudah ditentukan. Peserta yang berhasil melewati rintang apabila jumlah mata dadu

dari n pelemparan > 2n.

Rintangan pertama

Pelemparan pertama agar berhasil melewati rintangan maka jumlah mata dadu yang muncul

harus lebih dari 21, sehingga didapat

n(S) = 61 = 6

n(A) = 61 2 (1 dan 2 : ada 2)

P(A) =

=

=

Rintangan kedua

Pelemparan kedua agar berhasil melewati rintangan maka jumlah mata dadu yang muncul harus

lebih dari 22 = 4, sehingga didapat

n(S) = 62 = 36

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-12 dari 3 Halaman

Kemudian dicari jumlah mata dadu 4, atau x1 + x2 = 4, x1 + x2 = 3, dan x1 + x2 = 2, dimana

nilai x1 dan x2 merupakan bilangan asli

untuk persamaan dari x1 + x2 = 4, bisa menggunakan aturan kombinasi 3C1 = 3

untuk persamaan dari x1 + x2 = 3, bisa menggunakan aturan kombinasi 2C1 = 2

untuk persamaan dari x1 + x2 = 2, bisa menggunakan aturan kombinasi 1C1 = 1

Dengan demikian,

n(A) = 62 6 (3 + 2 + 1 : ada 6)

n(A) = 36 6 (3C1 + 3C1 + 3C1)

n(A) = 30

P(A) =

=

=

Rintangan ketiga

Pelemparan kedua agar berhasil melewati rintangan maka jumlah mata dadu yang muncul harus

lebih dari 23 = 8, sehingga didapat

n(S) = 63 = 216

Kemudian dicari jumlah mata dadu 8, atau x1 + x2 + x3 = 8, x1 + x2 + x3 = 7, x1 + x2 + x3 = 6, x1

+ x2 + x3 = 5, x1 + x2 + x3 = 4, dan x1 + x2 + x3 = 3, dimana nilai x1, x2, dan x3 merupakan

bilangan asli

Dengan cara yang sama, amak didapat

n(A) = 63 (7C2 + 6C2 + 5C2 + 4C2 + 3C2 + 2C2)

n(A) = 216 (21 + 15 + 10 + 6 + 3 + 1)

n(A) = 216 56

n(A) = 160

P(A) =

=

=

Dengan demikian, peluang seluruhnya adalah

×

×

=

Jadi, peluang bahwa seseorang berhasil melewati tiga rintangan pertama adalah

18. Seseorang mengamati Pelat Nomor Kendaraan Bermotor (PNKB) yang terdiri atas empat

angka. Dengan angka pertama tak nol. Orang tersebut mendefinisikan PNKB istimewa jika

memenuhi dua syarat, yaitu:

PNKB tersebut memuat tiga atau empat suku barisan aritmetika

beda atau selisih barisan tersebut merupakan bilangan bulat positif.

Tentukan banyak PNKB istimewa dimaksud.

Pembahasan Soal OSN Matematika SMP Tingkat Provinsi Tahun 2018

Mohammad Tohir: Guru SMP Negeri 2 Jember

http://olimattohir.blogspot.co.id/ Halaman Ke-13 dari 3 Halaman

Pembahasan:

Menurut informasi dari soal bahwa terdapat empat angka PNKB istemewa dengan syarat

memuat tiga atau empat suku barisan aritmatika.

Misalkan empat angka tersebut adalah abcd

Ada dua kemungkinan yang didapat,

1) d bebas dengan abc membentuk barisa aritmetika

2) a bebas dengan bcd membentuk barisa aritmetika

Kasus 1 (d bebas)

abc d

a ; 1 7

b ; 2 8

c ; 3 9

d ; 0 9

ada 10 × 7 = 70

abc d

a ; 1 5

b ; 3 7

c ; 5 9

d ; 0 9

ada 10 × 5 = 50

abc d

a ; 1 3

b ; 4 6

c ; 7 9

d ; 0 9

ada 10 × 3 = 30

abc d

a ; 1

b ; 5

c ; 9

d ; 0 9

ada 10 × 1 = 10

Jadi, total ada sebanyak 70 + 50 + 30 + 10 = 160

Kasus 2 (a bebas)

a bcd

a ; 1 9

b ; 0 7

c ; 1 8

d ; 2 9

ada 9 × 8 = 72

a bcd

a ; 1 9

b ; 0 5

c ; 2 7

d ; 4 9

ada 9 × 6 = 54

a bcd

a ; 1 9

b ; 0 3

c ; 3 6

d ; 6 9

ada 9 × 4 = 36

a bcd

a ; 1 9

b ; 0 1

c ; 4 5

d ; 8 9

ada 9 × 2 = 18

Jadi, total ada sebanyak 72 + 54 + 36 + 18 = 180

Dengan memperhatikan kasus 1 dan 2, masih ada double hitungan, yaitu pada barisan

Pada beda 1: 1234, 2345, 3456, 4567, 5678, 6789 (ada 6)

Pada beda 2: 1357, 2468, 3579 (ada 3)

Jadi, banyak PNKB istimewa dimaksud adalah ada (160 + 180) (6 + 3) = 340 9 = 331

Dibahas oleh : Mohammad Tohir

Jika ada saran, kritik maupun masukan

silahkan kirim ke- My email: olimattohir@gmail.com

Terima kasih.

My blog : http://matematohir.wordpress.com/

http://olimattohir.blogspot.com/

Gallery Soal Olimpiade Matematika Smp

Buku Olimpiade Matematika Smp Gratis Trekinstalzone

5 Cara Praktis Untuk Memecahkan Soal Olimpiade Matematika Sd

Soal Dan Pembahasan Osn Matematika Smp Tingkat Nasional 2014

Pembahasan Lengkap Soal Osn Matematika Tahun 2011 Tingkat

Buku Matematika Olimpiade Smp Gagas Pedia

Olimpiade Matematika Smp Pembahasan Soal Isian Singkat Osn

Kisi Kisi Soal Olimpiade Matematika 17 Gebyar Matematika

Kumpulan Soal Olimpiade Matematika By Devi Saidatuz Zaenab

Soal Olimpiade Sains Nasional Smp Seleksi Tingkat Soal Osn

Sciencefasr Blog

Soal Dan Pembahasan Osn Matematika Smp Tingkat Kota

Pdf Modul Pembinaan Olimpiade Guru Mgmp Matematika Smp

Bank Soal Matematika Smp Statistika Pdf Document

Soal Soal Olimpiade Matematika Smp Polarxpert8h

Soal Olimpiade Matematika Smp Aljabar

Kumpulan Pembahasan Olimpiade Matematika Smp Osk Tahun

Pembahasan Olimpiade Matematika Its 2011 Tingkat Smp Babak

Kumpulan Soal Pelajaran 2 Contoh Soal Olimpiade Matematika Smp

Soal Olimpiade Matematika Smp On Windows Pc Download Free

Download Soal Kunci Jawaban Osn Matematika Smp 2019


0 Response to "Soal Olimpiade Matematika Smp"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel