Macam Macam Karya Ilmiah



Ppt Karya Ilmiah Powerpoint Presentation Free Download

Jenis-jenis Karya Tulis Ilmiah

Squad, banyak lho dari kita yang masih belum mengetahui atau memahami apa itu karya tulis ilmiah. Padahal, sebenarnya itu perlu kamu kuasai karena pasti akan dibutuhkan untuk kegiatan pendidikan dan pekerjaan nantinya. Jadi, daripada bertanya-tanya lagi lebih baik kita mulai saja ya penjelasannya.

Karya tulis ilmiah adalah tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah oleh seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Juga, biasa disebut sebagai tulisan akademis (academic writing) karena biasa ditulis oleh kalangan kampus perguruan tinggi, dosen, dan mahasiswa.

Karya Ilmiah (Sumber: alfidy.com)

Jenis-jenis karya tulis ilmiah

  • Artikel adalah tulisan yang berisi pendapat subjektif yang penulisannya tentang suatu masalah atau peristiwa. Dalam konteks ilmiah, artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku yang berisikan artikel. Artikel ilmiah diangkat dari hasil pemikiran dan kajian pustaka ataupun hasil pengembangan sebuah proyek.
  • Makalah adalah karya ilmiah yang menyajikan sebuah masalah yang penyelesaiannya mengandalkan bermacam-macam data yang ada di lapangan. Karya ilmiah ini bersifat empiris dan juga objektif. Dalam penyajiannya, makalah biasanya dipresentasikan dalam sebuah kegiatan seminar.
  • Skripsi adalah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana (S1)-nya. Skripsi memuat tulisan berisi pendapat penulis dengan mengacu atau berdasarkan teori yang telah ada sebelumnya.
  • Kertas Kerja atau Work paper pada dasarnya sama dengan makalah, namun dibuat dengan analisis yang lebih mendalam dan tajam serta dipresentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan.
  • Paper adalah sebutan khusus untuk makalah di kalangan mahasiswa dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi Diploma, S1, S2 dan atau S3. Sistematika penulisannya pun sama dengan artikel dan makalah, tergantung panduan yang berlaku di perguruan tinggi yang bersangkutan.
  • Tesis adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan program studi S2 atau Pascasarjana yang bersifat lebih mendalam dibandingkan dengan skripsi. Tesis mengungkapkan pengetahuan baru yang didapat dari penelitian yang dilakukan individu yang bersangkutan.
  • Disertasi atau Ph.D thesis diperuntukkan bagi mahasiswa program S3 atau meraih gelar Doktor/Dr. yang mengemukakan analisis yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan dengan data dan fakta yang sahih atau valid dengan analisis yang terinci. Disertasi berisi suatu temuan penulis sendiri yang berupa temuan orisinal.

Nah, untuk menulis yang baik kita harus mengetahui sistematika karya tulis ilmiah supaya tulisan kita dapat dipahami oleh pembaca dengan baik.Yuk, belajar menulis karya ilmiah lewat video belajar beranimasi di ruangbelajar.

Gallery Macam Macam Karya Ilmiah

Macam Kti Karya Tulis Ilmiah Ppt Download

Macam Macam Tulisan Karangan Ilmiah Ppt Download

Pengertian Historiografi Macam Macam Ciri Dan Contoh

Penulisan Karya Ilmiah Ppt Download

Tugas Karya Ilmiah

Ppt Tahap Penulisan Karya Tulis Ilmiah Wacana Dan

Contoh Makalah Tentang Karya Ilmiah Cover Pdf Docx Terbaru

Mengulang Sukses Ulama Terdahulu Kemenag Memfasilitasi

Usulan Karya Tulis Ilmiah

Menggali Wawasan Dalam Penulisan Ilmiah Ppt Download

17 Contoh Karya Ilmiah Beserta Macam Macam Karya Ilmiah

Konsep Dasar Penyusunan Karya Ilmiah Ppt Download

Jenis Jenis Karya Tulis Ilmiah

Karya Ilmiah

Sistematika Karya Tulis Ilmiah

Doc Karya Ilmiah Sulasteri Zhr Academia Edu

Teknis Penulisan Karya Ilmiah Ok

Teknis Penulisan Karya Ilmiah Ok

Macam Macam Karya Tulis Non Ilmiah Downloadaplikasi Co Id


0 Response to "Macam Macam Karya Ilmiah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel