Kepada Yth Di Tempat



Kepada Yth Bapak Ibu Saudara Saudari Warga Masyarakat

10 Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Masuk Sesi Wawancara

Ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dunia kerja tentu Anda harus menyiapkan berkas lamaran. berkas lamaran kerja biasanya terdiri dari surat lamaran, curiculum vitae, foto copy ijazah, foto copy nilai dan mungkin juga sertifikat-sertifikat pelatihan. Banyak orang yang asal-asalan untuk menyiapkan berkas lamaran. Banyak hal yang sepertinya kurang diperhatikan.

Penyebab orang tidak dipanggil untuk wawancara kerja yaitu karena surat lamaran yang dibuat ala kadarnya sehingga HRD merasa pelamar tidak bersungguh-sungguh untuk melamar kerja.

Sebelum menulis sebuah surat lamaran kerja, ada 3 hal yang harus kita perhatikan,

(1).  Perhatikan dan cermati darimana anda mendapat informasi lowongan tersebut

Biasanya kita dapat dari situs lowongan kerja, media masa atau informasi dari teman. Jika kasusnya Anda mendapat informasi dari situs penyedia lowongan kerja atau media masa, maka sudah terpampang dengan jelas kualifikasi dan syarat-syarat yang harus dipenuhi, jika kasusnya kamu mendapat informasi dari teman, maka kamu harus tanya apa syarat dan ketentuanya.

(2). Sesuaikan lowongan pekerjaan dengan keterampilan Anda

Jangan asal dalam melamar posisi pekerjaan jika kamu tidak menguasai bidang tersebut. Meskipun beberapa perusahaan seperti perbankkan tidak mensyaratkan karyawanya dari lulusan keuangan.

Namun alangkah baiknya sesuaikan dengan keterampilan dan keahlian Anda. Informasi ini akan sangat bermanfaat saat Anda membuat CV yang sesuai. Jangan melakukan kesalahan sekecil apapun, apalagi melakukan kesalahan membuat CV dan surat lamaran pekerjaan.

(3). Ketahui komponen surat lamaran kerja benar

Biasanya ada 7 komponen penting dalam surat lamaran pekerjaan, dan ketujuh komponen ini biasanya terpenuhi dalam format surat lamaran pekerjaan yang benar.

Kepala Surat –Terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, dan email Anda. Letaknya di sebelah kanan.

Tanggal – Ingat format urutan tanggal dalam bahasa Indonesia adalah

>> hari, bulan, dan tahun <<

(misal 12 Desember 2017).

Sementara dalam bahasa Inggris adalah

>> bulan, hari, dan tahun<<, December 12, 2017

Alamat tujuan – Cantumkan divisi yang dituju, beserta nama dan alamat perusahaan.

Pembuka –  biasanya berupa Salam, atau menggunakan pembuka “Dengan hormat” Jika dalam bahasa inggris, maka Dear Sir/Madam.

Bagian Isi surat – Adalah komponen utama surat lamaran pekerjaan. Biasanya berisi empat paragraf.

Paragraf pertama >> Mengulas posisi yang Anda lamar dan sumber informasi lamaran.

Paragraf kedua dan tiga >> menjelaskan mengapa Anda memilih posisi dan merasa layak diterima diposisi tersebut.

Paragraf keempat >> ungkapan rasa terima kasih serta harapan Anda.

Penutup – Salam penutup berada di bagian surat lamaran Anda. Salam ini umumnya berupa ‘Hormat saya,’ atau ‘Sincerely’.

Bagian Tanda Tangan – Bagian tanda tangan terdiri dari tanda tangan asli Anda dan nama terang.

Setelah mengetahui komponen dalam surat lamaran pekerjaan, mari kita langsung masuk pada contoh dan penerapan dalam surat lamaran pekerjaan. Saya akan mengambil 10 contoh surat lamaran pekerjaan yang  beberapa diantaranya disesuaikan dengan instansi perusahaan yang akan kita lamar.

Berikut ini beberapa contoh surat lamaran kerja yang benar agar dipanggil untuk wawancara.

#1. Contoh surat lamaran kerja 1 (Umum)

Jakarta, 11 Februari 2017

Hal                          : Lamaran Pekerjaan

Lampiran             : Satu Berkas

Kepada                 : Yth. Bapak/Ibu Kepala Bagian HRD

Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                    :  Arif Hidayat

Tempat, tanggal lahir      : Jakarta, 5 Juli 1990

Alamat                                  : Jalan Pegangsaan no.5 Jakarta Pusat

Pendidikan terakhir        : SLTA

Status                                   : Menikah

No HP                                   : 08657826448

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai …………. di perusahaan Bapak/Ibu. Sebagai bahan pertimbangan bersama surat ini saya lampirkan:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotocopy Ijazah pendidikan terakhir
  3. Fotokopi KTP
  4. Pas foto 4×6

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya dapat diterima bekerja disini. Atas waktu dan perhatian yang bapak/ibu berikan saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

( …………… )

#2. Contoh Surat Lamaran Kerja 2 (umum)

Bandung, 18 Februari 2017

Kepada Yth,

HRD PT. ………….

di Tempat

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi pada website resmi Perusahaan, bahwa PT …………..   membutuhkan tenaga  kerja sebagai …………. , maka yang bertanda tangan dibawah ini, saya:

Nama                                    : Ananda kahfi, S.T

Alamat                                  : Desa Jatimakmur RT.05 RW.10 Bandung

Tempat, Tanggal lahir     : Bandung, 5 Agustus 1987

Pendidikan Akhir              : S1

Nomor Handphone         : 08567492989

Email                                     : [email protected]

Status Pernikahan           : Belum menikah

Bermaksud untuk melamar kerja di PT……………. sebagai………… Bersama ini, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya.

Besar harapan saya untuk dapat bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

……………….

#3. Jenis Contoh Surat Lamaran kerja 3

Hal    :    Lamaran Pekerjaan                                                                                            Jakarta, 20 Januari 2017

Lamp    :    6 ( enam ) lembar

Kepada,

Bapak / Ibu Pimpinan

H R D / Personalia Department

Di Tempat

Dengan Hormat,

Perkenankan nama saya …………. . Lulusan ………….  di …………. .

Bersama ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan pada perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan antara lain :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Lampiran ijasah
  3. Lampiran Transkip Nilai
  4. Lampiran sertifikat
  5. Lampiran KTP
  6. Lampiran surat keterangan sehat

Besar harapan saya jika dapat turut memajukan Perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Atas perhatian serta kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( ………….)

#4. Contoh Surat Lamaran kerja 4

Surakarta,10 November 2018

Hal : Lamaran Pekerjaan.

Kepada Yth.

Bapak / Ibu Pimpinan (HRD)

Di

Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi yang memberitakan bahwa saat ini Perusahaan Bapak/Ibu Pimpin membutuhkan beberapa karyawan untuk di tempatkan di perusahaan Bapak/Ibu Pimpin. Dengan ini saya sangat tertarik dan berminat untuk ikut bergabung di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pada jabatan : ………….

Saat ini saya berusia …………. tahun dan sudah menyelesaikan Ujian …………. , …………. .

Saya tidak memiliki ikatan kerja formal dengan perusahaan manapun, sehingga saya dapat bekerja secara maksimal pada perusahaan ini, baik dalam team maupun individual, dapat berkomunikasi dengan baik, jujur, bertanggung jawab dan saya juga menyukai tantangan dalam hal-hal yang baru.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu Pimpinan bersama dengan lamaran ini turut saya lampirkan:

  1. Surat lamaran Kerja :  ………….Lembar
  2. Daftar Riwayat Hidup (CV) :  ………….Lembar
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)                                 :  ………….Lembar
  4. Photo copy Transkrip nilai :  …………. Lembar
  5. Photo copy Surat Keterangan Tanda Lulus :  …………. Lembar
  6. Photo copy KTP :  …………. Lembar
  7. Pas poto berwarna ukuran 4 x 6                         :  …………. Lembar
  8. Photo copy Sertifikat :  …………. Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(…………. )

#5. Contoh Surat Lamaran Kerja 5

Jakarta, Tanggal, Bulan, Tahun

Kepada Yth:

Bagian Personalia

Di tempat

Dengan Hormat,

Perkenalkan nama saya …………. telah menyelesaikan pendidikan …………. , Di …………., …………. dan …………. Jurusan …………. dengan IPK …………. .

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai …………. di ………….  yang merupakan perusahaan ………….. Saya mampu mengoperasikan komputer, menguasai Ms. Office, dan beberapa aplikasi multimedia sperti: Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver, Adobe Illustrator, Adobe After Effects, dan Autodesk 3ds Max. Selain itu saya juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris Pasif.

Bersama dengan surat ini, saya lampirkan surat lamaran pekerjaan, surat Tanda Kelulusan, Transkip Nilai Semester…………. , foto terbaru, ktp, dan Curiculum Vitae.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya sendiri.

Demikian Surat lamaran ini, dan terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya,

(……………….)

#6. Contoh surat lamaran kerja 6

Kupang, 6 februari 2019

Kepada Yth :

HRD PT Maju Musik

Jl. Pahlawan 12, Kupang

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                    : Tahrir, S.Pd

Tempat/Tanggal Lahir    : Kupang, 22 Juni 1995

Jenis Kelamin                     : Laki-laki

Pendidikan                         : S1-Pendidikan

Alamat                                  : Jl. Cinta setia No. 11 RT.99 RW.11

Telepon                               : 082222222222

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.Pas foto.

2.Foto copy KTP

3.Daftar Riwayat Hidup

4.Foto copy Ijazah Terakhir

5.Foto copy Sertifikat Competensi

6.Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya

Tahrir, S.Pd

#7. Contoh surat lamaran pekerjaan 7

Samarinda, 18 Oktober 2019

Kepada Yth :

HRD PT. Indo Abadi,

Jl. sehat No. 90 Kota Samarinda

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                                    : Ahmad Munif

Tempat, Tgl. Lahir            : Balikpapan, 2 Januari 1999

Alamat                                  : Jl. Majapahit 22 Samarinda barat

No. HP                                  : 0812345678

Pendidikan                         : SMK

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai …………..

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai …………… di salah satu perusahaan terkemuka di …………, dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan dedikasi dan kompetensi baik waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy Ijazah
  3. Foto copy sertifikat
  4. Foto copy KTP
  5. Foto copy transkrip nilai
  6. Pas photo terbaru
  7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

Ahmad Munif

#8. Contoh surat lamaran kerja 8

Jakarta, 06 Agustus 2014

Kepada Yth.

Manager Personalia PT. SAMUDERA HINDIA INDONESIA

Jl. Pangeran Diponegoro, Jakarta

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Dengan ini saya bermaksud mengajukan diri untuk dapat bekerja sebagai salah satu karyawan di perusahaan yang Bapak pimpin.

Sehubungan itu, saya mengajukan surat lamaran pekerjaan dengan kualifikasi sebagai berikut :

Nama                                    : Anggit Pandu

Tempat, Tgl. Lahir            : Malang, 23 Mei 1988

Jenis Kelamin                     : Laki-laki

Alamat                                  : Desa Kaligangsa Timur No. 60, Jakarta

HP                                          : 081211111111

Pendidikan Terakhir        : SMA

Adapun kemampuan Saya yaitu dapat mengoperasikan MS.Office (MS.Word, MS.Excel), Dan Saya telah menamatkan pendidikan pada tahun lalu. Dengan bekal ilmu yang saya miliki, saya yakin akan mampu melaksanakan tugas yang diberikan kapada saya.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya melampirkan :

  1. Foto copy SKCK 1 lbr
  2. Sertifikat PKL 1 lbr
  3. Foto copy ijazah SMK
  4. Pas Photo ukuran 4×6 2 lbr
  5. Foto copy KTP 1 lbr
  6. Daftar riwayat hidup 1 lbr

Besar harapan saya untuk diterima di Perusahaan Bapak/Ibu, atas perhatian dan pertimbangannya saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Anggit Pandu

#9. Contoh surat lamaran kerja 9 (Khusus Bank Syariah)

Malang, 11 April 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth

Bagian Personalia PT. Bank Muamalat Syariah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Perkenankan saya, John Sudirman, umur 22 tahun mengajukan lamaran untuk dapat mengikuti PROGRAM MUAMALAT OFFICER DEVELOPMENT.

Latar belakang pendidikan S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang dengan IPK 3.32. Pengalaman Sebagai operator komputer di rental komputer selama hampir 4 tahun menjadikan saya terbiasa untuk bekerja keras. Besar harapan saya untuk dapat berkontribusi di perusahaan ini dan ikut membangun dan maju bersama Bank Muamalat Syariah.

Sebagai bahan pertimbangan, keahlian saya adalah menguasai komputer dengan berbagai macam program seperti paket Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, mengatasi Troubleshoot, Manajemen dan Administrasi.

Sebagai tambahan informasi saya lampirkan riwayat hidup dan copy identitas diri. Semoga Surat lamaran ini dapat ditindaklanjuti, dan kami sangat mengharapkan informasi selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat saya,

John Sudirman

#10. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 10 (Khusus Bank Konvensional)

Bandung, 12 Desember 2015

Kepada Yth.

HRD PT. Bank BNI

Jl. Pahlawan No.41 – 42

Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima melalui bursa kerja (job fair) yang diadakan di Land Mark Braga pada tanggal 11-12 November 2015. bersama surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk bekerja di PT. Bank BNI Bandung sebagai Customer Service Officer (CSO).

Berikut ini data singkat tentang diri saya:

Nama                                    : Denial Aris

Tempat & tgl. Lahir          : Bandung, 31 Januari 1989

Pendidikan Akhir              : Sarjana Public Relation, Universitas Indonesia

Alamat                                  : Jl. Pahlawan No.30 Cikutra Bandung

HP                                          : 083897655511.

E-mail                                    : [email protected]

Status Perkawinan          : Belum Menikah

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, berpenampilan menarik dan mampu membangun komunikasi dengan baik. Saya mampu berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan, dan mampu bekerja menggunakan aplikasi komputer seperti Ms. Office (Excel. Word. Access. PowerPoint, Outlook) dan Internet.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:

  1. Pas foto terbaru.
  2. Daftar riwayat hidup.
  3. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
  4. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  5. Foto copy surat pengalaman kerja.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secant lebih rinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatian Bapak/lbu.

Hormat saya,

Denial Aris

Surat lamaran pekerjaan menentukan apakah anda layak atau tidak untuk mengikuti wawancara tahap proses perekrutan. Hal ini sangat penting bahwa Anda mendapatkan hak mereka.

Kandidat harus fokus pada membuat sejumlah Surat lamaran pekerjaan yang wajar dan cerdas, berwawasan dan luar biasa untuk perusahaan mereka, agar mereka memiliki alasan kuat menghadirkan anda menjadi salah salah satu bagian penting dari perusahaan mereka.

Jadi sebaiknya anda mengirimkan Surat lamaran pekerjaan yang menghasilkan kualitas daripada kuantitas.

Surat lamaran pekerjaan sangat penting karena akan mencerminkan diri anda sendiri. Seorang pelamar harus fokes untuk membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja idealnya harus wajar, singkat, padat dan jelas.

Baca juga : 5 Contoh surat Resign Kerja yang Benar

Tujuannya agar perusahaan terpikat dengan anda, dan akhirnya anda akan diterima menjadi karyawan tetap atau kontrak. Jadi, sebaiknya surat lamaran kerja memberikan kualitas daripada kuantitas.

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Gallery Kepada Yth Di Tempat

13 Contoh Surat Permohonan Dana Izin Bantuan Kerja Dll

Doc Kepada Yth Bapak Ibu Manager Hr Departement Di

Kepada Yth Bapak Ibu Saudara I Warga Negara Indonesia Di

9 Langkah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Efektif Agar

Kepada Yth Bapak Ibu Di Tempat Kami Yayasan

Kepada Yth Seluruh Anggota Perhati Kl Perhati Kl

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru 2019 Lengkap Smart Blog

Semarang

Beragam Contoh Surat Izin Sesuai Kebutuhan Anda

1 Kepada Yth Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Perihal

Contoh Penulisan Lamaran Kerja Terbaru 2020 Radar Djowo

Contoh Penulisan Lamaran Kerja Terbaru 2020 Radar Djowo

Karawang Compressed

Kepada Yth Direksi Pemegang Rekening Pt Kustodian Ksei

Label Undangan

Kepada Yth Ketua Organisasi Masyarakat Kjri Toronto

Hal Permohonan Surat Keterangan Aktif Kuliah Kepada Yth Bapak

O On Twitter Kepada Yth Bapak Ibu Di Tempat

Surat Lamaran Kerja Lamaran Kerja Kepada Yth Bapak Ibu

Doc Kepada Yth Di Tempat Merlin Kalua Academia Edu

Embassy Of The Republic Of Indonesia In Tehran The

Surat Peminjaman Tempat Untuk Seminar Pernikahan Dan Contohnya

Cv Bayu Komara Putra

O On Twitter Kepada Yth Bapak Ibu Di Tempat

23 Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru Yang Baik Dan Benar


0 Response to "Kepada Yth Di Tempat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel