Fungsi Lemak Bagi Tubuh



Lemak Garam Gula Jangan Terlalu Banyak Positive Parenting

Pengertian Definisi Jenis dan Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Lemak. Berikut ini penjelasan lengkap tentang pengertian definisi, jenis, fungsi dan sumber – sumber lemak. Setiap hari kita sering mendengar orang membicarakan lemak, namun tidak jarang … orang masih bingung menjelaskan tentang pengertian atau definisi lemak.

Jika kita mendengar istilah lemak, mungkin pikiran kita langsung mengarah bahwa lemak adalah zat yang merugikan bagi tubuh. Apalagi ini dikaitkan dengan seseorang yang sedang menjalani program diet. Dalam ilmu gizi, lemak sebenarnya merupakan salah satu unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Sebagai unsur gizi, lemak juga mempunyai fungsi penting di dalam system metabolisme tubuh. Lemak juga merupakan sumber energy selain karbohidrat dan protein. Jika seseorang kekurangan kalori, maka lemak merupakan cadangan pertama yang akan digunakan untuk mendapatkan energi setelah protein. Oleh karena itu, dengan adanya cadangan lemak, maka penggunaan protein sebagai energi dapat dihemat.

PENGERTIAN LEMAK

Pengertian lemak adalah senyawa kimia tidak larut air yang disusun oleh unsur Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Lemak bersifat hidrofobik (tidak larut dalam air), untuk melarutkan lemak dibutuhkan pelarut khusus seperti eter, klorofom dan benzen. Seperti halnya karbohidrat dan protein, lemak juga merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Lemak juga termasuk pembangun dasar jaringan tubuh karena ikut berperan dalam membangun membran sel dan membran beberapa organel sel. Bobot energi yang dihasilkan lemak 2 ¼ kali lebih besar dibandingkan karbohidrat dan protein. 1 gram lemak dapat menghasilkan 9 kalori, sedangkan 1 gram karbohidrat dan protein hanya menghasilkan 4 kalori. Selama proses pencernaan lemak akan dipecah menjadi asam lemak dan gliserol agar dapat diserap oleh organ pencernaan dan kemudian dibawa ke organ yang membutuhkannya.

STRUKTUR KIMIA LEMAK

Unsur penyusun lemak antara lain adalah Karbon(C),Hidrogenn(H),Oksigen(O) dan kadang-kadang Fosforus(P) serta Nitrogen(N).

Molekul lemak terdiri dari empat bagian,yaitu satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak.Asam lemak terdiri dari rantai Hidrokarbon(CH) dan gugus Karboksil(-COOH).Molekul gliserol memiliki tiga gugus Hidroksil(-OH) dan tiap gugus hidroksil berinteraksi dengan gugus karboksil asam lemak.

PEMBAGIAN JENIS MACAM LEMAK

 Berdasarkan komposisi kimianya, lemak terbagi menjadi tiga macam , macam lemak itu antara lain :

  • Lemak Sederhana. Jenis lemak ini tersusun oleh trigliserida, yang terdiri dari satu gliserol dan tiga asam lemak.Contoh senyawa lemak sederhana adalah lilin(wax) malam atau plastisin(lemak sederhana yang padat pada suhu kamar),dan minyak(lemak sederhana yang cair pada suhu kamar).
  • Lemak Campuran. Lemak jenis ini merupakan gabungan antara lemak dengan senyawa bukan lemak.Contoh lemak campuran adalah lipoprotein(gabungan antara lipid dan dengan protein),Fosfolipid(gabungan antara lipid dan fosfat),serta fosfatidilkolin(yang merupakan gabungan antara lipid,fosfat dan kolin).
  • Lemak Asli (Derivat Lemak). Jenis  lemak yang satu ini merupakan senyawa yang dihasilkan dari proses hidrolisis lipid.misalnya kolesterol dan asam lemak. Berdasarkan ikatan kimianya asam lemak dibedakan menjadi 2,yaitu: (1) Asam lemak Jenuh,bersifat non-esensial karena dapat disintesis oleh tubuh dan pada umumnya berwujud padat pada suhu kamar. Asam lemak jenuh berasal dari lemak hewani,misalnya mentega. (2) Asam lemak tidak jenuh, bersifat esensial karena tidak dapat disintesis oleh tubuh dan umunya berwujud cair pada suhu kamar.Asam Lema tidak jenuh berasal dari lemak nabati,misalnyya minyak goreng.

FUNGSI LEMAK

Selain beberapa fungsi yang telah saya sebutkan pada paragraph di atas, berikut ini juga merupakan fungsi lemak :

  • Sumber energi. Lemak dioksidasi di dalam tubuh guna memberikan energi bagi aktivitas jaringan dan mempertahankan suhu tubuh.
  • Membangun jaringan tubuh. Sebagian lemak masuk ke dalam sel – sel tubuh dan menjadi bagian penting dari struktur sel tersebut.
  • Perlindungan. Endapan jaringan lemak di sekitar organ tubuh berfungsi mempertahankan organ tersebut agar posisinya tetap.
  • Penyekatan ( isolasi ). Jaringan lemak menjaga panas tubuh.
  • Mencegah timbulnya rasa lapar.
  • Menyediakan vitamin – vitamin yang larut dalam lemak serta membantu penyerapannya dari dalam usus.

SUMBER – SUMBER LEMAK

Setelah kita mengetahui beberapa fungsi lemak dalam tubuh, berikut ini adalah makanan yang merupakan sumber – sumber lemak :

  • Daging,
  • ikan,
  • telur,
  • susu,
  • avokad,
  • kacang tanah.

Dalam proses metabolisme, tubuh memerlukan asam – asam lemak tak jenuh tertentu. Jenis asam lemak tersebut disebut dengan asam lemak esensial.

Artikel lainnya :

sumber : Pengantar Ilmu Gizi Dan Diet, Satiatava Rizema Putra

Gallery Fungsi Lemak Bagi Tubuh

Apa Itu Kalori Pengertian Kalori Dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kopi Hijau Bubuk Ampuh Membakar Lemak Dan Untuk Diet

Kimia Kelas 12 Fungsi Dan Kandungan Lemak Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Lemak Iya Lemak Bagi Kesehatan Tubuh Sehat Hebat

Energi Bagi Manusia Untuk Kehidupan Ppt Download

Peran Zat Makronutrien Bagi Tubuh Manusia

Klasifikasi Lemak Pengertian Struktur Sumber Fungsi Proses

Doc Tmt Ipa1 Dilla Atha Academia Edu

Metabolisme Lipid Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia

32 Komposisi Utama Produk Ganopoly Facebook

Seri Kue Sehat Favorit Tanpa Lemak Indonesian Edition

Fungsi Lemak Bagi Tubuh

Fungsi Jaringan Lemak Pengertian Ciri Komposisi Lokasi

Lemak Pengertian Fungsi Sifat Metabolisme Jenis Ilmu

10 Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Jangan Dihindari Ini Fungsi Lemak Yang Penting Untuk Tubuh

Ilmu Gizi Lemak

Lkm Pencernaan

Fungsi Lemak Bagi Tubuh Dan Jenis Jenis Lemak


0 Response to "Fungsi Lemak Bagi Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel