Soal Bangun Ruang Kelas 6
Rumus Bangun Ruang Dan Contoh Soal Pembahasan Lengkap
Latihan Soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD Kelas 6
Artikel ini menyajikan latihan-latihan soal USBN Matematika Kelas 6 SD. Melatih siswa-siswi untuk memahami soal melalui pembahasan yang disajikan.
--
Ciyeee sebentar lagi kamu mau UASBN ya? Wah degdegan nggak sih kalau udah deket-deket hari ujian gini? Hmm kayaknya kalau anak kaya kamu enggak akan deg-degan deh, soalnya kamu pasti udah dari jauh-jauh hari memelajari materi yang diajarin guru. Ditambah lagiii materi yang kamu pelajarin pasti bukan cuma kamu hapal, tapi kamu pahami dan pamu praktekin di kehidupan sehari-hari. Benar begitu nggak nih Squad?
Nah, biar makin siap dan percaya diri, yuk kita latihan soal USBN matematika kelas 6 bareng. Biar asik, latihannya sambil makan biskuit, atau buah, atau sayur juga boleeh. Jumlah soalnya ada 20 nih, simak baik-baik ya.
1. Topik: Bilangan
Subtopik: Operasi Hitung Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya
Hasil dari 15 x 50 ÷ 30 adalah....
a. 25 c. 45
b. 35 d. 55
Kunci: A
Pembahasan:
15 x 50 ÷ 30 = = = 25
2. Topik : Bilangan
Subtopik: Pangkat dan Akar Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar
Hasil dari 172 – 152 adalah....
a. 4 c. 64
b. 16 d. 128
Kunci: C
Pembahasan:
172 – 152 = (17 x 17) – (15 x 15)
= 289 – 225
= 64
3. Topik : Bilangan
Subtopik: Pecahan
Indikator: Peserta didik mampu mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
diubah ke persen menjadi....
a. 125% c. 165%
b. 145% d. 175%
Kunci: D
Pembahasan:
Ubah pecahan campurannya ke percahan biasa
= 74→kalikan dengan 100%
= 74×100% = 175%
4. Topik: Bilangan
Subtopik: Operasi Hitung Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
Hasil dari 70 – (–25) adalah....
a. –95 c. 45
b. –45 d. 95
Kunci: D
Pembahasan:
Ketika tanda negatif (–) bertemu dengan negatif (–), maka operasi bilangannya akan berubah menjadi positif (+), sehingga:
70 – (–25) = 70 + 25
= 95
5. Topik: Bilangan
Subtopik: FPB dan KPK
Indikator: Peserta didik mampu menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi
FPB dari 48, 72 dan 96 adalah....
a. 25 x 3 c. 23 x 3
b. 24 x 3 d. 22 x 3
Kunci: C
Pembahasan:
Maka FPB nya adalah = 23×3
6. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.
Kebun Pak Warno berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 4,2 dam dan lebar 370 dm. Keliling kebun Pak Warno adalah...meter
a. 82,4 c. 158
b. 124 d. 225
Kunci: C
Pembahasan:
Karena hasil yang ditanya dalam bentuk meter, maka ubah terlebih dahulu satuan panjang dan lebarnya ke dalam meter
Panjang = 4,2 dam = 4,2 x 10 m = 42 m
Lebar = 370 dm = 370 : 10 m = 37 m
Keliling = 2 x (panjang + lebar)
= 2 x (42 m + 37 m)
= 2 x 79 m
= 158 meter
Jadi, keliling kebun Pak Warno adalah 158 meter
7. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.
Di sebuah tempat penyewaan peralatan pesta terdapat 6 gros piring. Sebanyak 4 lusin dipinjam oleh Bu Tuti dan sebanyak 2 gros dipinjam oleh Bu Ayu. Piring yang tersisa di tempat tersebut sebanyak...buah
a. 528 c. 628
b. 588 d. 688
Kunci: A
Pembahasan:
1 gross = 144 buah
1 lusin = 12 buah
Jumlah semua piring = 6 x 144 = 864 buah
Dipinjam Bu Tuti = 4 x 12 = 48 buah
Dipinjam Bu Ayu = 2 x 144 = 288 buah
Sisa piring = Jumlah semua piring – dipinjam Bu Tuti – dipinjam Bu Ayu
= 864 – 48 – 288
= 528 buah
8. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya
Perhatikan sifat-sifat bangun datar di bawah ini!
1. Memiliki 4 sisi yang sama panjang
2. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar
3. Diagonalnya saling berpotongan tegak lurus dan saling membagi dua sama panjang
Bangun datar yang mempunyai sifat-sifat di atas adalah....
a. persegi panjang c. trapesium
b. layang-layang d. belah ketupat
Kunci: D
Pembahasan:
Bangun yang memenuhi semua sifat-sifat di atas adalah belah ketupat, karena:
- pada persegi panjang semua sudutnya sama besar dan kedua diagonal berpotongan tidak tegak lurus
- pada layang-layang kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus, tetapi tidak sama panjang
- pada trapesium hanya terdapat dua pasang sudut yang sama besar dan diagonalnya sama panjang
9. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.
Tiga buah tangki masing-masing berisi minyak tanah 4,25 m3, 2.500 liter, dan 5.500 dm3. Jumlah minyak tanah seluruhnya ada...liter
a. 10.700 c. 12.250
b. 11.425 d. 13.396
Kunci: C
Pembahasan:
Ubah semua satuannya menjadi liter, maka
4,25 m3 = 4,25 x 1.000 liter = 4.250 liter
5.500 dm3 = 5.500 x 1 liter = 5.500 liter
Jumlah seluruh minyak tanah
= 4,25 m3+ 2.500 liter + 5.500 dm3
= 4.250 liter + 2.500 liter + 5.500 liter
= 12.250 liter
10. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)
Indikator: Peserta didik mampu menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya
Perhatikan sifat-sifat bangun ruang di bawah ini!
- Memiliki 6 sisi, di mana sisi-sisi yang sehadap sejajar dan sama luas
- Memiliki 8 titik sudut
- Memiliki 12 rusuk, di mana rusuk-rusuk yang sejajar sama panjang
Bangun ruang yang memiliki sifat-sifat tersebut adalah....
a. balok c. tabung
b. kubus d. kerucut
Kunci: A
Pembahasan:
Bangun yang memiliki sifat-sifat di atas adalah balok, karena:
- pada kubus terdapat 6 sisi yang berbentuk persegi sama luas
- pada tabung tidak terdapat titik sudut
- pada kerucut memiliki 1 titik puncak
11. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Satuan Ukuran
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda
Pak Imam mempunyai tiga kebun yang luasnya 3 ha, 1.900 m2, dan 1,75 are. Jika kebunnya dijual 2,5 ha, maka luas kebun Pak Imam sekarang...m2
a. 5.075 c. 7.075
b. 6.075 d. 8.075
Kunci: C
Pembahasan:
Karena hasil yang diminta dalam satuan m2, maka ubah semua satuannya menjadi m2
3 ha = 3 x 10.000 m2 = 30.000 m2
1,75 are = 1,75 x 100 m2 = 175 m2
2,5 ha = 2,5 x 10.000 m2 = 25.000 m2
Maka, luas kebun Pak Imam sekarang
= 30.000 m2 + 1.900 m2 + 175 m2 – 25.000 m2 = 7.075 m2
12. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)
Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bangun ruang
Sebuah kaleng berbentuk balok dengan ukuran panjang 25 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 18 cm diisi minyak goreng sampai penuh. Volume minyak goreng di dalam kaleng adalah...cm3
a. 7.700 c. 9.000
b. 8.200 d. 10.100
Kunci: C
Pembahasan:
Volume minyak goreng dalam kaleng = volume balok
Volume balok = p x l x t
V= p x l x t
V= 25 cm x 20 cm x 18 cm
V = 9.000 cm3
13. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Bidang Letak dan Koordinat
Indikator: Peserta didik mampu menentukan letak titik koordinat
Koordinat titik P pada gambar berikut adalah....
a. (-2, -4) c. (2, -4)
b. (-2, 4) d. (2, 4)
Kunci: D
Pembahasan:
Titik P berada di kuadran I, di mana nilai X positif dan nilai Y positif. Dari gambar terlihat P (2, 4)
14. Topik: Bilangan
Subtopik: Operasi Hitung Bilangan
Indikator: Peserta didik mampu menyelsaikan masalah penalaran yang melibatkan
operasi hitung bilangan bulat
Banyak siswa di sekolah Mekar Sari 210 orang, yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah
perkelas sama. Di kelas tiga bertambah 2 siswa pindahan. Maka jumlah siswa di kelas tiga adalah....
a. 37
b. 38
c. 39
d. 40
Kunci: A
Pembahasan:
Diketahui:
Total siswa = 210
Jumlah kelas = 6
Siswa tambahan kelas tiga = 2
Ditanya: Jumlah siswa kelas 3 = … ?
Jawab:
210 : 6 + 2 = 35 + 2 = 37 siswa
15. Topik : Geometri dan Pengukuran
Subtopik : Satuan Ukur
Indikator : Peserta didik mampu menyelsaikan soal yang berkaitan dengan operasi
hitung konversi satuan panjang yang berbeda
Hasil dari 200 km + 15 hm – 21.000 m adalah…m
a. 180.500
b. 181.680
c. 182.366
d. 183.658
Kunci: A
Pembahasan:
200 km x 1000 m = 200.000 m
15 hm x 100 m = 1500 m
Maka 200.000 m + 1500 m – 21.000 m = 180.500 m
16. Topik : Geometri dan Pengukuran
Subtopik : Sifat dan unsur bangun datar (Segitiga, Segiempat, Lingkaran)
Indikator : Peserta didik mampu menentukan luas segiempat
Perhatikan gambar di bawah ini!
Luas bangun datar di atas adalah….
a. 121
b. 169
c. 225
d. 625
Kunci: C
Pembahasan:
Luas persegi = sisi x sisi
Luas persegi = 15 x 15 = 225 cm2
17. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Bidang dan Letak Koordinat
Indikator: Peserta didik mampu menentukan letak titik koordinat
Perhatikan gambar di bawah ini!
Titik koordinat A dan C pada gambar adalah….
a. (5,-2) dan (-4, 2)
b. (5,-2) dan (-5, -3)
c. (7,4) dan (-4, -2)
d. (7,4) dan (-5, -3)
Kunci: D
Pembahasan:
Titik koordinat dimulai dari sumbu x lalu ke sumbu y
A = (7, 4)
B = (-4, 2)
C = (-5, -3)
D = (5,-2)
18. Topik: Geometri dan Pengukuran
Subtopik: Simetri dan Pencerminan
Indikator: Peserta didik mampu menentukan hasil pencerminan bangun datar
Gambar yang merupakan hasil pencerminan suatu bangun datar adalah….
Kunci: C
Pembahasan:
Gambar suatu pencerminan harus memiliki ciri-ciri: jarak benda dengan jarak bayangan sama, tinggi benda dan bayangan sama, besar benda sama, dan posisi bayangan berlawanan. Gambar yang memenuhi ciri tersebut adalah yang C.
19. Topik: Pengolahan Data
Subtopik: Mengumpulkan dan Mengolah Data
Indikator: Peserta didik mampu membaca data dalam bentuk tabel atau data
acak/random
Perhatikan tabel persediaan buah di rumah Dimas!
Persediaan buah dengan jumlah yang sama adalah….
a. manga dan manggis
b. pisang dan alpukat
c. apel dan pisang
d. jeruk dan alpukat
Kunci: C
Pembahasan:
Berdasarkan tabel persediaan buah Dimas dengan jumlah yang sama adalah apel dan pisang
20. Topik: Pengolahan Data
Subtopik: Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Data
Indikator: Peserta didik mampu menyelsaikan masalah bertema kegiatan ekonomi
yang berkaitan dengan rata-rata
Perhatikan tabel uang jajan di bawah ini!
Nama | Uang Jajan |
Andi Budi Cici Dani Emil | Rp5.000 Rp7.000 Rp6.000 Rp5.500 Rp6.500 |
Jumlah | Rp30.000 |
Rata-rata uang jajan pada tabel tersebut adalah….
a. Rp5.000
b. Rp6.000
c. Rp7.000
d. Rp8.500
Kunci: B
Pembahasan:
Mencari rata-rata adalah jumlah keseluruhan dibagi banyaknya data
Jumlah uang jajan = Rp30.000
Banyaknya data = 5
Maka Rp30.000,00 : 5 = Rp6.000
Naaaah gimana Squad? Paham kan sama penjelasannya? Ngomong-ngomong, kamu latihan soalnya bareng siapa nih? Sendiri, ditemenin orang tua, atau sama temen-temen? Sama siapapun itu, yang penting tetep fokus yaa.
Kalau kamu masih ada beberapa yang dibingungin, tenang aja. Kamu bisa mendapatkan penjelasannya dengan cara mendownload aplikasi ruangguru, kemudian kamu berlangganan ruangbelajar. Di sana kamu akan ketemu sama guru-guru yang keren, dan mereka akan menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan beragam animasi. Seru deh pokoknyaaa.
Gallery Soal Bangun Ruang Kelas 6
Lengkap 40 Contoh Soal Try Out Usbn Matematika Sd Mi
Doc Contoh Soal Dan Pembahasan Tentang Bangun Datar Segi
Soal Matematika Kelas 4 Sd Bab 6 Bangun Datar Jajargenjang
Daftar Materi Rumus Matematika Sd Kelas 6 Terlengkap
Bangun Ruang Sisi Datar Macam Sifat Rumus Soal
Soal Uh Ph Mtk Kelas 6 Bangun Ruang Campuran Kurikulum
Soal Uas Matematika Kelas 6 Semester 1 Plus Kunci Jawaban
Contoh Soal H Contoh Soal Volume Bangun Ruang Gabungan
Kisi Kisi Pts Matematika Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi 2019
Rumus Volume Kerucut Luas Permukaan Tinggi Dan Gambar
Soal Matematika Kelas 5 Sd Bab 5 Kubus Dan Balok Dan Kunci
Contoh Soal Bangun Ruag Sisi Datar Matematika Smp 3 Idschool
Rumus Tabung Luas Volume Keliling Contoh Soal
7 Macam Bangun Ruang Lengkap Dengan Rumusnya
Download Rpp Mtk Kelas 6 Semester 1 Dan 2 K13 Revisi 2018
Kisi Kisi Soal Evaluasi Final Semester Pas Matematika
Soal Uh Ph Mtk Kelas 6 Tema Bangun Ruang Kurikulum 2013
Rangkuman Pelajaran Matematika Kelas 6 Sd Lengkap
Soal Matematika Bangun Ruang Contoh Soal
Latihan Soal Bangun Ruang Sd Kelas 6
Latihan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung 1 Matematika
5 Contoh Soal Matematika Smp Kelas 9 Tentang Bangun Datar
Rumus Bangun Ruang Kubus Balok Tabung Bola Dll
Uji Kompetensi Luas Bangun Datar Dan Segi Banyak
0 Response to "Soal Bangun Ruang Kelas 6"
Post a Comment