Pengertian Studi Kelayakan Bisnis



Studi Kelayakan Bisnis Tujuan Dan Manfaatnya Karinov Co Id

“Studi Kelayakan Bisnis” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Pihak Yang Membutuhkan – Aspek )

DosenPendidikan.Com – Kelayakan bisnis merupakan penelahan atau analisis tentang apakah suatu kegiatan investasi memberikan manfaat atau hasil bila dilaksanakan “Nurmalina, 2009”. Banyak peluang dan kesempatan yang ada dalam kegiatan bisnis telah menuntut perlu adanya penilaian sejauh mana kegiatan dan kesempatan tersebut dapat memberikan manfaat bila bisnis dilakukan.

Proyek merupakan suatu tugas yang perlu didefinisikan dan terarah ke suatu sasaran yang dituturkan secara konkrit serta yang harus diselesaikan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan tenaga manusia yang terbatas dan menggunakan alat-alat terbatas, sehingga diperlukan suatu jenis pimpinan dan bentuk kerjasama yang tidak seperti biasa. Rangkaian dasar dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek adalah siklus proyek yang terdiri dari tahap-tahap identifikasi, persiapan dan analisis penilaian pelaksanaan dan evaluasi “Noor, 2009”.

Studi kelayakan bisnis adalah penelitian tentang dapat tidaknya suatu bisnis dilaksanakan dengan berhasil, analisis kelayakan dilakukan untuk melihat apakah suatu bisnis dapat memberikan manfaat atas investasi yang akan ditanamkan “Husnan dkk, 2000”.

Menurut Umar “1999” studi kelayakan bisnis adalah suatu penelitian tentang layak atau tidaknya suatu investasi dilaksanakan. Hasil kelayakan merupakan perkiraan suatu bisnis menghasilkan keuntungan yang layak bila telah dioperasikan. Perkiraan keberhasilan mungkin dapat ditafsirkan berbeda-beda sesuai dengan pihak yang menjalankan tujuan bisnis.

Pihak Yang Membutuhkan Studi Kelayakan Bisnis

Analisis kelayakan bisnis penting dilakukan sebagai evaluasi bisnis yang dijalankan. Pihak yang membutuhkan studi kelayakan antara lain:

Investor

Investor merupakan pihak yang menanamkan dana atau modal suatu bisnis yang lebih memperhatikan prospek usaha tersebut “tingkat keuntungan”.

Kreditor

Pihak yang membutuhkan studi kelayakan untuk memperhatikan segi keamanan dana yang dipinjamkan untuk kegiatan bisnis.

Pemerintah

Pihak yang lebih berkepentingan dengan manfaat bagi perekonomian nasional dan pendapatan pemerintah atas pajak yang diberikan bisnis tersebut.

Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Hal-hal yang mendasari untuk menjalankan studi kelayakan bisnis investasi jika seseorang melihat suatu kesempatan usaha yaitu apakah kesempatan usaha tersebut bisa dimanfaatkan secara ekonomis serta apakah kita bisa mendapatkan suatu tingkat keuntungan yang cukup layak dari usaha tersebut.

Menurut Husnan “2000” suatu studi kelayakan menyangkut tiga aspek yaitu:

  • Manfaat ekonomi bisnis tersebut bagi bisnis itu sendiri atau manfaat finansial, artinya apakah bisnis tersebut cukup menguntungkan bila dibandingkan dengan risiko bisnis.
  • Manfaat ekonomi bisnis tersebut bagi negara tempat bisnis tersebut dilaksanakan yang menunjukkan manfaat bisnis tersebut bagi ekonomi makro suatu negara.
  • Manfaat sosial bisnis tersebut bagi masyarakat disekitar bisnis.

Proyek investasi umumnya memerlukan dana yang cukup besar dan mempengaruhi perusahaan dalam jangka panjang. Maka dari itu tujuan dari dilakukannya studi kelayakan bisnis adalah untuk menghindari keberlanjutan penanaman modal yang cukup besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan.

Demikianlah pembahasan mengenai “Studi Kelayakan Bisnis” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Pihak Yang Membutuhkan – Aspek ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Gallery Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Doc Pengertian Manfaat Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Sap Studi Kelayakan Bisnis

Pdf Modul Skb Muh Asdar Se Mm Academia Edu

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Tujuan Dan Manfaat Penaindo

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Menurut Ahli Manfaat

Studi Kelayakan Bisnis Skb 0leh Ervita Safitri Se Msi Ppt

Skb 1 3

Technopreneurship Pengertian Studi Kelayakan

Studi Kelayakan Bisnis Universitas Ciputra

Bab I Pengertian Manfaat Studi Kelayakan Bisnis Ppt Download

Studi Kelayakan Bisnis Universitas Ciputra

Telatpaham Blogspot Com Pengertian Tujuan Mempelajari

Studi Kelayakan Bisnis

Bab I Studi Kelayakan Bisnis

Ppt Studi Kelayakan Bisnis Powerpoint Presentation Free

Studi Kelayakan Bisnis

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Ide Bisnis Rumahan

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Menurut Ahli Manfaat

Contoh Soal Dan Contoh Pidato Lengkap Apa Itu Studi

Apa Yang Dimaksud Dengan Studi Kelayakan Bisnis Feasibility

Modul Studi Kelayakan Bisnis Pada Hotel Dan Jasa Pariwisata

Matakuliah Studi Kelayakan Bisnis Ppt Download

Bab 2 Landasan Teori Perpustakaan Pusat Husein Umar

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Dadah Sang Pena

Proposal Studi Kelayakan Bisnis Pdf Telegraph


0 Response to "Pengertian Studi Kelayakan Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel