Karya Ilmiah Tentang Kenakalan Remaja



Karya Tulis Ilmiah Upaya Lembaga Pendidikan Slta Sederajat

karya ilmiah tentang kenakalan remaja

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Esa, yang atas rahmat dan bimbingan-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan karya ilmiah ini. Karya ilmiah ini merupakan hasil dari tugas Bahasa dan Sastra Indonesia bagi kami, untuk belajar dan mempelajari lebih lanjut tentang kenakalan remaja berikut. Penyusunan karya ilmiah ini bertujuan untuk menambah pengetahuan para remaja terutama para siswa dan siswi SMAN 1 Dusun Utara.

Dengan adanya karya ilmiah ini diharapkan dapat membantu para siswa dan siswi SMAN 1 Dusun Utara dalam mengetahui tentang berbagai sebab dan akibat kenakalan remaja serta dapat membentengi diri dan lingkungan pergaulannya dari terjerumus ke dalam berbagai bentuk kenakalan remaja tersebut.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan senantiasa menjadi sahabat dalam belajar untuk meraih prestasi yang gemilang. Kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan untuk perbaikan dan menyempurnakan karya ilmiah ini.

Pendang, 20 Pebruari 2014

Penyusun

i

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i

DAFTAR ISI. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .ii

BAB I . PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1

1.2  Rumusan Masalah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . 3

1.3  Tujuan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . 3

1.4  Manfaat. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . 3

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Definisi Kenakalan Remaja. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4

2.2 Jenis-jenis Kenakalan Remaja. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4

2.3 Faktor-faktor Penyebab Kenakalan Remaja. . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . 6

2.4 Dampak Kenakalan Remaja. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . 10

2.5 Jenis Penyakit Seks Bebas Yang Ditimbulkan Dari Kenakalan Remaja. .  . . 13

2.6 Penanggulangan Kenakalan Remaja. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . .  14

2.7 Wawancara Dengan Ibu Arni Tentang Kenakalan Remaja. . . . . . . . . .  . . . . 14

ii

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 16

3.2 Saran. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 16

DAFTAR PUSTAKA. . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 17

iii

BAB I

Pendahuluan

1.1  Latar belakang

Remaja adalah peralihan dari kanak-kanak menuju kedewasa. Seorang remaja sudah tidak dikatakan anak-anak lagi, namun ia masih belum cukup matang untuk dikatakan dewasa. Ia sering mencari pola hidup yang paling sesuai baginya dan inipun sering dilakukan melaui metode coba-coba walaupun sering terjadi kesalahan pada metode mencoba itu. Kesalahan yang dilakukan sering menimbulkan penyimpangan serta perasaan yang tidak menyenagkan bagi lingkungannya, terutama orang tua dari remaja tersebut. Kesalahan-kesalahan yang sering menimbulkan penyimpangan inilah yang sering disebut dengan “kenakalan remaja”.

Remaja merupakan asset masa depan suatu bangsa, terutama sebagai asset masa depan suatu daerah yang ia tinggali. Telah kita ketahui kenakalan remaja sangat menurunkan moral pada kita yakni para pelajar dan juga para remaja, bahkan pada daerah yang kita cintai ini, yakni Kelurahan Pendang. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus harus peduli dengan moral-moral remaja yang sudah bertolak belakang dengan aturan agama. Seperti hamil diluar nikah akibat pergaulan bebas dan juga penggunaan obat-obatan terlarang.

Tidak hanya di dunia maya, kenakalan remaja sudah banyak sekali di sekeliling kita saat ini. Bahkan anak sd pun sudah banyak yang terjerumus ke dalam kenakalan remaja. Salah satu hal yang sejak dulu menjadi permasalahan dalam masyarakat dan membutuhkan perhatian khusus adalah penyalah gunaan obat-obatan terlarang.Pada awalnya, penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang terbatas pada dunia kedokteran.Namun, belakangan terjadi penyimpangan fungsi dan penggunaannya tidak lagi terbatas pada dunia kedokteran.Penggunaan berbagai macam narkoba ini cukup meningkat, terutama di kalangan generasi muda.

Dikalangan pelajar, makin banyak yang terjerumus oleh kenakalan remaja.Umumnya bagi pelajar di kalangan menengah pertama dan menengah atas.Artinya, usia tersebut ialah usia yang masih produktif yang sedang mengalami yang namanya pubertas atau beranjak dewasa.

Karena semakin banyak yang terjerumus, maka ini sudah menjadi hal wajar, khususnya dikalangan pelajar pada saat ini.Dari kebiasaan buruk inilah kenakalan remaja dikalangan pelajar semakin meningkat.Apalagi pelajar yang sudah tergabung ke dalam lingkungan yang di dalamnya adalah orang-orang yang mengalami hal buruk ini

Kenakalan remaja ini pun banyak diakibatkan dari kurangnya perhatian orang tua, prustasi karena cinta, masalah yang ada di sekolah dan tudak berhati-hati dalam memilih teman bergaul. Sepatutnya, kita sebagai generasi penerus harus menjauhi kenakalan remaja ini, terutama orang tua dari remaja harus mendidik anaknya dengan benar dan harus memperhatikan apa yang dilakukan anak tersebut dalam bergaul.

Kenakalan remaja ini merupakan salah satu masalah yang dihadapi masyarakat yang kini semakin marak terjadi. Oleh karena itu kenakalan remaja  di desa Kelurahan Pendang harus mendapat perhatian yang serius  dan terfokus untuk mengarahkan remaja kearah yang lebih positif, untuk mengurangi kenakalan dikalangan remaja. Maka dari itu kami mengambil judul karya ilmiah kami adalah kenakalan remaja.

1.2  Rumusan Masalah

Berdasarkan dari latar belakang di atas kami merumuskan masal tentang kenakalan reamaja di Kelurahan Pendang Kecamatan Dusun Utara.

1.3  Tujuan

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk:

-          Agar para pelajar atau remaja di desa Kelurahan Pendang dapat mengetahui akibat dari kenakalan remaja

-          Agar para pelajar atau remaja paham dengan kenakalan remaja

-          Mengajak para pelajar untuk menjauhi kenakalan remaja

1.4 Manfaat

Kita dapat mengetahui sebab dan akibat dari kenakalan remaja di desa Kelurrahan Pendang Kecamatan Dusun Utara. Sebagai ilmu pengetahuan atau menambah pengetahuan tentang kenakalan remaja. Juga sebagai bahan khazanah di Perpustakaan.

BAB II

Pembahasan

2.1 Definisi Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar norma aturan atau hukum dalam masyarakat yg dilakukan pada usia remaja. Saat ini tidak terhitung berapa jumlah kenakalan remaja yang terjadi, bahkan akibat dari kenakalan remaja banyak sekali kerugian yang terjadi baik bagi remaja tersebut maupun orang-orang sekitar. Remaja adalah seorang anak yang bias dibilang  berada pada usia tanggung. Mereka bukan anak kecil yang tidak mengerti apa-apa, tapi juga bukan orang dewasa yang bias membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Dalam kehidupan para remaja sering kali diselingi hal hal yang negatif dalam rangka penyesuaian dengan lingkungan sekitar baik lingkungan dengan teman temannya di sekolah maupun lingkungan pada saat dia di rumah. Hal hal tersebut dapat berbentuk positif hingga negatif yang sering kita sebut dengan kenakalan remaja. Kenakalan remaja itu sendiri merupakan perbuatan pelanggaran norma-norma baik norma hukum maupun norma sosial.

Kenakalan remaja dapat kita kenal sebagai perilaku menyimpang yang terjadi didaerah kita, kenakalan remaja saat ini marak terjadi, kenakalan remaja

2.2 Jenis-Jenis Kenakalan Remaja

Tawuran antar pelajar

Tawuran antar pelajar adalah perbuatan yang  sangat bodoh, karena dapat              merusak fasilitas umum dan fasilitas yg terdapat di sekolah.Tawuran juga dapat merusak masa depan, karena jika tertangkap polisi nama mereka yang tertangkap akan tercemar.

Mencoret coret dinding sekolah

Mencoret coret secara ilegal adalah perbuatan yang tidak baik, karena dapat  membuat kotor sekitar lingkungan. Tetapi jika kita melakukannya dengan baik, coretan coretan itu dapat manjadi karya karya seni yang baik, dan juga dapat manghasilkan mata pancaharian  yang baik . Mencuri

Mencuri juga dapat merusak nama baik kita, karena jika kita ketahuan mencuri, kita akan merasa sangat malu, dan kita juga akan di jauhi oleh orang orang yang dekat dengan kita, karena orang itu sudah tidak percaya lagi dengan kita.

Merusak fasilitas sekolah

Merusak fasilitas sekolah akan merugikan diri saendiri dan orang lain, karena kita tidak bisa memakai atau manggunakan fasilitas fasilitas tersebut.

Perbuatan zina

Adalah hubungan seksual yang tidak syah. Islam telah melarang segala bentuk hubungan seksual diluar pernikahan, dan menetapkan hukuman yang berat terhadap pelanggaran hukum yang telah ditentukan.

Perbuatan kekerasan

Anak-anak remaja melakukan perbuatan kekerasan seperti penganiayaan dan pembunuhan pada hakikatnya perbuatan tersebut melanggar nilai-nilai yang terpuji (mahmudah). Kejahatan dan pembunuhan, penganiayaan didalam ajaran Islam dipandang sebagai perbuatan tercela. Firman Allah didalam Al-Qur’an (QS. An Nisa ayat 94).

Dalam delikuensi anak-anak, kejahatan kekerasan baik pembunuhan atau penganiayaan lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan perkelahian. Ditinjau dari segi etika Islam, kejahatan kekerasan yang dilakukan oleh anak dilinkwen pada hakikatnya dapat menghilangkan nilai kasih saying (ar rahmah, disamping sifat-sifat lain).

Anak-anak durhaka

Sebagian anak remaja menjunjung tinggi nilai-nilai akhlaqul karimah sebagai cermin nyata anak sholeh dan sebagian lainnya melanggar nilai-nilai luhurnya sebagai cirri utama anak durhaka, sebagai anak delikwensi yang suka  melakukan kejahatan.

Narkotika

Penyalahan narkotika oleh kaum remaja berakibat sosial yang negative dan desktruktif secara menyolok. Pada khaliqnya pecandu yang sedang ketagihan disamping pribadinya tersiksa, maka upaya untuk mendapatkan uang guna membeli zat-zat jenis narkotika agar ketagihannya terpenuhi akan melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak wajar, seperti pencurian, perampokan, merampas barang milik orang lain dengan paksaan.

2.3 Faktor-faktor Penyebab Kenakalan Remaja

Faktor yang menyebabkan terjadinya kenakalan remaja secara umum dapat dikelompokan ke dalam dua faktor, yaitu sebagai berikut:

1.      Faktor Intern

a)      Faktor Kepribadian

Kepribadian adalah  suatu organisasi yang dinamis pada system psikosomatis dalam individu yang turut menentukan caranya yang unik dalam menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya (biasanya disebut karakter psikisnya).  Masa remaja dikatakan sebagai suatu masa yang berbahaya. Pada periode ini, seseorang meninggalkan masa anak-anak untuk menuju masa dewasa. Masa ini di rasakan sebagai suatu Krisis identitas karena belum adanya pegangan, sementara kepribadian mental untuk menghindari timbulnya kenakalan remaja atau perilaku menyimpang.

b)      Faktor Kondisi Fisik

Faktor ini dapat mencakup segi cacat atau tidaknya secara fisik dan segi jenis kelamin. Ada suatu  teori yang menjelaskan adanya kaitan antara cacat tubuh dengan tindakan menyimpang (meskipun teori ini belum teruji secara baik dalam kenyataan hidup).  Menurut teori ini, seseorang yang sedang mengalami cacat fisik cenderung mempunyai rasa kecewa terhadap kondisi hidupnya. Kekecewaan tersebut apabila tidak disertai dengan pemberian bimbingan akan menyebabkan si penderita cenderung berbuat melanggar tatanan hidup bersama sebagai  perwujudan kekecewaan akan kondisi tubuhnya.

c)      Faktor Status dan Peranannya di Masyarakat

Seseorang anak yang pernah berbuat menyimpang terhadap hukum yang berlaku, setelah selesai menjalankan proses sanksi hukum (keluar dari penjara), sering kali pada saat kembali ke masyarakat status atau sebutan “eks narapidana” yang diberikan oleh masyarakat sulit terhapuskan sehingga anak tersebut kembali melakukan tindakan penyimpangan hukum karena meresa tertolak dan terasingkan.

2.      Faktor Ekstern

a.       Kondisi Lingkungan Keluarga

Khususnya di kota-kota besar di Indonesia, generasi muda yang orang tuanya disibukan dengan kegiatan bisnis sering mengalami kekosongan batin karena bimbingan dan kasih sayang langsung dari orang tuanya sangat kurang. Kondisi orang tua yang lebih mementingkan karier daripada perhatian kepada anaknya akan menyebabkan munculnya perilaku menyimpang terhadap anaknya. Kasus kenakalan remaja yang muncul pada keluarga kaya bukan karena kurangnya kebutuhan materi melainkan karena kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua kepada anaknya.

b.      Kontak Sosial dari Lembaga Masyarakat Kurang Baik atau Kurang Efektif

Apabila system pengawasan lembaga-lembaga sosial masyarakat terhadap pola perilaku anak muda sekarang kurang berjalan dengan baik, akan memunculkan tindakan penyimpangan terhadap nilai dan norma yang berlaku. Misalnya, mudah menoleransi tindakan anak muda yang menyimpang  dari hukum atau norma yang berlaku, seperti mabuk-mabukan yang dianggap hal yang wajar, tindakan perkelahian antara anak muda dianggap hal yang biasa saja. Sikap kurang tegas dalam menangani tindakan penyimpangan perilaku ini akan semankin meningkatkan kuantitas dan kualitas tindak penyimpangan di kalangan anak muda.

c.       Kondisi Geografis atau Kondisi Fisik Alam

Kondisi alam yang gersang, kering, dan tandus, dapat juga menyebabkan terjadinya tindakan yang menyimpang dari aturan norma yang berlaku, lebih-lebih apabila individunya bermental negative. Misalnya, melakukan tindakan pencurian dan mengganggu ketertiban umum, atau konflik yang bermotif memperebutkan kepentingan ekonomi.         

d.      Faktor Kesenjangan Ekonomi dan Disintegrasi Politik

Kesenjangan ekonomi antara orang kaya dan orang miskin akan mudah memunculkan kecemburuan sosial dan bentuk kecemburuan sosial ini bisa mewujudkan tindakan perusakan, pencurian, dan perampokan. Disintegrasi politik (antara lain terjadinya konflik antar partai politik atau terjadinya peperangan antar kelompok dan perang saudara) dapat mempengaruhi jiwa remaja yang kemudian bisa menimbulkan tindakan-tindakan menyimpang.

e.       Faktor Perubahan Sosial Budaya yang Begitu Cepat (Revolusi)

Perkembangan teknologi di berbagai bidang khususnya dalam teknologi komunikasi dan hiburan yang mempercepat arus budaya asing yang masuk akan banyak mempengaruhi pola tingkah laku anak menjadi kurang baik, lebih-lebih anak tersebut belum siap mental dan akhlaknya, atau wawasan agamanya masih rendah sehingga mudah berbuat hal-hal yang menyimpang dari tatanan nilai-nilai dan norma yang berlaku.

2.4 Dampak Kenakalan Remaja

Dampak kenakalan remaja dapat kita ketahui, sebagai bberikut:

  • Kenakalan dalam keluarga: Remaja yang labil umumnya rawan sekali melakukan hal-hal yang negatif, di sinilah peran orang tua. Orang tua harus mengontrol dan mengawasi putra-putri mereka dengan melarang hal-hal tertentu.Namun, bagi sebagian anak remaja, larangan-larangan tersebut malah dianggap hal yang buruk dan mengekang mereka. Akibatnya, mereka akan memberontak dengan banyak cara. Tidak menghormati, berbicara kasar pada orang tua, atau mengabaikan perkataan orang tua adalah contoh kenakalan remaja dalam keluarga.
  • Kenakalan dalam pergaulan: Dampak kenakalan remaja yang paling nampak adalah dalam hal pergaulan. Sampai saat ini, masih banyak para remaja yang terjebak dalam pergaulan yang tidak baik. Mulai dari pemakaian obat-obatan terlarang, ugal-ugalan dijalan sampai seks bebas.Menyeret remaja pada sebuah pergaulan buruk memang relatif mudah, dimana remaja sangat mudah dipengaruhi oleh hal-hal negatif yang menawarkan kenyamanan semu. Akibat pergaulan bebas inilah remaja, bahkan keluarganya, harus menanggung beban yang cukup berat.

Gambar 1.1 remaja yang sering ugal-ugalan di jalan

  • Kenakalan dalam pendidikan: Kenakalan dalam bidang pendidikan memang sudah umum terjadi, namun tidak semua remaja yang nakal dalam hal pendidikan akan menjadi sosok yang berkepribadian buruk, karena mereka masih cukup mudah untuk diarahkan pada hal yang benar. Kenakalan dalam hal pendidikan misalnya, membolos sekolah, tidak mau mendengarkan guru, tidur dalam kelas, bermain handphone saat jam pelajaran dll.

Gambar 1.2 memainkan handphone pada saat jam pelajaran

  • Dampak kenakalan remaja pasti akan berimbas pada remaja tersebut. Bila tidak segera ditangani, ia akan tumbuh menjadi sosok yang bekepribadian buruk.
  • Remaja yang melakukan kenakalan-kenakalan tertentu pastinya akan dihindari atau malah dikucilkan oleh banyak orang. Remaja tersebut hanya akan dianggap sebagai pengganggu dan orang yang tidak berguna.
  • Akibat dari dikucilkannya ia dari pergaulan sekitar, remaja tersebut bisa mengalami gangguan kejiwaan. Yang dimaksud gangguan kejiwaan bukan berarti gila, tapi ia akan merasa terkucilkan dalam hal sosialisai, merasa sangat sedih, atau malah akan membenci orang-orang sekitarnya.
  • Dampak kenakalan remaja yang terjadi, tak sedikit keluarga yang harus menanggung malu. Hal ini tentu sangat merugikan, dan biasanya anak remaja yang sudah terjebak kenakalan remaja tidak akan menyadari tentang beban keluarganya.
  • Masa depan yang suram dan tidak menentu bisa menunggu para remaja yang melakukan kenakalan. Bayangkan bila ada seorang remaja yang kemudian terpengaruh pergaulan bebas, hampir bisa dipastikan dia tidak akan memiliki masa depan cerah. Hidupnya akan hancur perlahan dan tidak sempat memperbaikinya.
  • Kriminalitas bisa menjadi salah satu dampak kenakalan. Remaja yang terjebak hal-hal negatif bukan tidak mungkin akan memiliki keberanian untuk melakukan tindak kriminal. Mencuri demi uang atau merampok untuk mendapatkan barang berharga.

2.5 Jenis Penyakit Seks Bebas Yang Ditimbulkan Dari Kenakalan Remaja

·         HIV (Human Immunodeficiency Virus) yaitu penyakit yang menurunkan kekebalan tubuh manusia.

·         AIDS (Acquired Immune Deviciency Syndrome) yaitu sekumpulan gejala penyakit yang ditimbulkan kanrena turunnya kekebalan tubuh. AIDS disebabkan oleh inveksi HIV.

·         Gonore (kencing nanah, uretritis spesifik, GO) disebabkan oleh kuman  Neisseria Gonorrhea. Menyerang laki-laki dan perempuan semmua usia terutama kelompok dewasa dan muda.

·         Kalamidia (Uretriitis non-gonore, uretritis non-spesifik UNS) disebabkan oleh Chalamydia Trachomatis, yang terjadi secara umum di dunia. Pada perempuan penyakit ini bias menyebabkan radang leher rahim.

·         Sifilis (raja singa) menyerang dewasa dan muda dari usia 20 samapai 35 tahun.

·         Harpes Genitalis (harpes).

2.6 Penanggulangan Kenakalan Remaja

Masa remaja sebagai periode merupakan suatu periode yang sarat dengan perubahan dan rentan munculnya masalah kenakalan remaja. Untuk itu perlu adanya perhatian khusus serta pemahaman yang baik serta penanganan yang tepat terhadap remaja merupakan faktor penting bagi keberhasilan remaja di kehidupan selanjutnya, mengingat masa ini merupakan masa yang paling menentukan.

Selain itu perlu adanya kerjasama dari remaja itu sendiri, orang tua, guru dan pihak-pihak lain yang terkait agar perkembangan remaja di bidang pendidikan dan bidang-bidang lainnya dapat dilalui secara terarah, sehat dan bahagia.

2.7 Wawancara Dengan Ibu Arni Tentang Kenakalan Remaja

Saya                : Menurut ibu kenakalan remaja itu seperti apa?

Ibu Arni          : Kenakalan remaja adalah perilaku dari seorang atau sekelompok orang  yang melanggar norma hukum dan norma agama.

Saya                : Faktor penyebab kenakalan remaja.

Ibu Arni          : faktor penyebabnya yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, ingin terlihat gaul, ikut-ikutan teman bergaul dan kurangnya pengetahuan tentang agama.

Saya                : contoh kenakalan remaja

Ibu Arni          : tawuran, seks bebar penggunaan obat-obatan terlarang

Saya                : menurut ibu cara menanggulangi kenakalan remaja itu seperti apa?

Ibu Arni          : meningkatkan pengetahuan tentang agama, orang tua dari anak harus memperhatikan anaknya dalam bergaul, berhati hati dalam memilih teman bergaul.

Gambar 1.3 wawancara dengan Ibu Arni tentang kenakalan remaja

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Bahwa masih banyak remaja yang terjerumus kedalam kenakalan remaja terutama dalam seks bebas, maka dari itu orang tua harus memperhatikan pergaulan anaknya serta pemerintah harus lebih tegas terhadap remaja.

3.2 Saran

            a. Dihararapkan agar para siswa dapat menjauhi kenakalan remaja

            b. Diharapkan kepada pembaca untuk member kritik dan saran untuk karya ilmiah ini.

c.. Saran terakhir dari saya kepada para pembaca, jaga perilaku kalian, dengarkan apa yang dikatakan oleh orang tua dan selalu berhati hati dalam bergaul. Karena tidak selamanya hal yang terlihat baik akan selalu baik.

DAFTAR PUSTAKA

jika ingin copas sertakan alamat yang ada copas

Gallery Karya Ilmiah Tentang Kenakalan Remaja

Karya Tulis Tentang Kenakalan Remaja Docx

Karya Tulis Ilmiah By Agustina Fitri On Prezi

Contoh Makalah Kenakalan Remaja Pdf Awan Danny Media

Doc Karya Ilmiah Tentang Bahaya Merokok Rhovy Latif

Pengaruh Jam Pelajaran Kosong Terhadap Kenakalan Peserta

Pendekatan Behavioristik Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di

2 Agar Banyak Pelajar Yang Dapat Mengetahui Pemahaman

Doc Makalah Kenakalan Remaja Nur Afni Academia Edu

Karya Tulis Ilmiah Kenakalan Remaja Docx

Artikel Kenakalan Remaja Karya Ilmiah

Karya Tulis Kenakalan Remaja Blognewbe

Doc Makalah Kenakalan Remaja Doc Bayu Sugara Academia Edu

Karya Tulis Ilmiah Complete

Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Kenakalan Remaja

Pendekatan Behavioristik Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di

2 Agar Banyak Pelajar Yang Dapat Mengetahui Pemahaman

Tinjauan Kriminologis Terhadap Kenakalan Remaja

Cara Membuat Kesimpulan Skripsi Makalah Karya Tulis

Kenakalan Remaja

Contoh Karya Ilmiah Tentang Teknologi Rasmi Ri

Karya Ilmiah Pergaulan Bebas Di Kalangan Remaja

Persepsi Remaja Tentang Penyebab Perilaku Kenakalan Remaja

Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kenakalan Remaja Ums

Analisis Tingkat Kenakalan Siswa Sekolah Dasar Studi

Pdf Analisis Psikologi Terhadap Perilaku Kenakalan Remaja

Pdf Peran Pendidikan Karakter Di Masa Remaja Sebagai

Peranan Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang


0 Response to "Karya Ilmiah Tentang Kenakalan Remaja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel