Negara Diantara Prancis Dan Spanyol



5 Juara Bertahan Yang Pulang Lebih Dulu Di Sejarah Piala Dunia

Negara Spanyol

MAKALAH

NEGARA SPANYOL

Disusun untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester Geografi Regional Dunia

Dosen Pengampu : Sodikin M.Si

Disusun Oleh:

ZELA (1113015000074)

JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS SYARIF HIDAYATULLAH

JAKARTA

2015/2016

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat iman, nikamAt islam dan nikmat sehat wal’afiat, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Salawat dan salam mudah-mudahan tercurah limpahkan kepada nabi akhirul zaman Nabi Muhammad Saw kepada keluarganya, sahabatnya dan kita semua, semoga mendapat syafaat-Nya. Aamiin

Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Geografi Regional Dunia. Selama pembuatan makalah ini, banyak hambatan yang dihadapi penulis baik dari kekurangan pengetahun penulis sendiri ataupun dari ketersedian sarana dan prasarana, namun berkat beberapa pihak yang telah membantu baik berupa moril ataupun materiil,  penulis dapat menyelesaikan makalah ini.

Semoga Allah SWT membalas segala kebaikannya dengan pahala dan karunia yang setimpal, Amin. Untuk itu tiada ungkapan yang paling tepat disampaikan kecuali, jazaakumullahhu khairan katsiran.

Akhir kata penulis sampaikan permohonan maaf apabila dalam makalah ini terdapat kesalahan dan kekurangan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Tangerang, Juni 2015

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Realm atau wilayah adalah bagian permukaan yang teritorialnya ditentukan atas pengertian, batasan, dan perwatakan geografis tertentu. Konsep wilayah menurut Theis Kalla Manta, suatu wilayah dalam pengertian geografis merupakan kesatuan alam yaitu alam yang serba guna atau bersifat homogen atau seragam dan kesatuan manusia yaitu masyarakat yang serba sama yang mempunyai ciri khas sehingga wilayah tersebut dapat dibedakan dari wilayah lain (Jayadinata, 1986: 35). Menurut Adisasmita (1986: 52-60), bahwa konsep wilayah mengandung tiga macam pegertian yakni: wilayah homogen, wilayah nodal.

Wilayah homogen adalah wilayah yang batasnya ditentukan berdasarkan keseragaman atau seperangkat ciri atau karakteristik tertentu dari aspek fisik, sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan beserta kombinasi dan turunannya. Wilayah homogeny dibatasi oleh keseragaman secara internal (internal uniformity). Sifat dan cirri homogenitas dalam hal ekonomi seperti struktur produksi dan konsumsi yang homogem dan tingkat pendapatan yang homogen. Dalam hal geografi yaitu wilayah yang mempunyai topografi dan iklim yang sama.

Wilayah nodal adalah wilayah yang secara fungsional memiliki sifat saling ketergantungan antara pusat (inti) dan daerah dibelakangnya (hinterland). Ketergantungan antara pusat dan daerah dapat dilihat dari faktor produksi, penduduk, barang dan jasa, komunikasi, transportasi serta perhubungan di antara keduanya. Wilayah nodal digunakan dalam analisis mengenai ekonomi wilayah (ekonomi ruang yang dikuasai oleh satu atau beberapa pusat kegiatan ekonomi).

Batas wilayah nodal didasarkan pada pengaruh suatu pusat kegiatan ekonomi jika digantikan oleh pusat kegiatan ekonomi lainya. Struktur dari wilayah nodal dapat digambarkan berupa suatu sel hidup dengan adanya inti dan plasma yang saling melengkapi. Intergrasi fungsional merupakan dasar hubungan ketergantungan atas dasar kepentingan masyarakat di wilayah tersebut.

B.     Rumusan Masalah

a.       Bagaimanakah sejarah berdirinya negara Spanyol?

b.      Bagaimanakah kondisi geografis negara Spanyol?

c.       Bagaimanakah kondisi kependudukan negara Spanyol?

d.      Bagaimanakah kondisi perekonomian negara Spanyol?

e.       Bagaimanakah kegiatan pariwisata negara Spanyol?

C.    Tujuan Penulisan

a.       Untuk mengetahui sejarah berdirinya negara Spanyol.

b.      Untuk mengetahui kondisi geografis negara Spanyol.

c.       Untuk mengetahui kondisi kependudukan negara Spanyol.

d.      Untuk mengetahui kondisi perekonomian negara dan Spanyol.

e.       Untuk mengetahui kegiatan pariwisata negara dan Spanyol.

BAB II

PEMBAHASAN

A.             Sejarah Berdirinya Negara Spanyol

Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol: Reino de España) adalah sebuah negara di Eropa barat daya yang, bersama Portugal, terdapat di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pirenia dengan Perancis dan Andorra. Wilayahnya juga terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudra Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah. Wilayah Spanyol juga termasuk Kepulauan Balearic di Mediterania, Kepulauan Canary di Samudera Atlantik lepas pantai Afrika, dan dua kota otonom di Afrika Utara, Ceuta dan Melilla, yang berbatasan Maroko, ditambah Alboran, Kepulauan Chafarinas, Alhucemas, Vélez de la Gomera dan pulau kecil lainnya termasuk Perejil. Selain itu, kota Llívia adalah eksklave Spanyol terletak di dalam wilayah Prancis. Dengan luas 505.992 kilometer persegi (195.365 mil persegi), Spanyol adalah negara terbesar kedua di Eropa Barat dan Uni Eropa dan negara terbesar kelima di Eropa. Manusia modern pertama kali tiba di Semenanjung Iberia sekitar 35.000 tahun yang lalu. Ini berada di bawah kekuasaan Romawi sekitar 200 SM, setelah wilayah itu bernama Hispania.

Pada Abad Pertengahan itu ditaklukkan oleh suku-suku Jermanik dan kemudian oleh bangsa Moor ke selatan. Spanyol muncul sebagai negara bersatu di abad ke-15, menyusul pernikahan Monarki Katolik dan penyelesaian penaklukan selama berabad-abad, atau Reconquista, semenanjung dari Moor pada 1492. Spanyol menjadi imperium global berpengaruh pada periode modern awal, menjadi salah satu negara pertama yang menjajah Dunia Baru dan meninggalkan warisan lebih dari 500 juta penutur Spanyol hari ini, sehingga kedua yang paling diucapkan bahasa pertama di dunia. Spanyol adalah negara demokrasi yang diselenggarakan dalam bentuk pemerintahan parlementer di bawah monarki konstitusional. Ia adalah negara maju dengan ekonomi terbesar ketiga belas di dunia dengan PDB nominal. Spanyol juga memiliki standar hidup yang tinggi dengan kualitas kehidupan kesepuluh tertinggi peringkat indeks di dunia pada 2005. Ini adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, NATO, OECD, dan WTO.

B.                 Kondisi Geografis

  • Letak Astronomis Negara Spanyol

 Letak Negara Spanyol berada pada 36 derajat LU-43 derajat 48’ LU dan 3 derajat 15’ BT-9 derajat 18 BB.

  • Letak Geografis atau Batas-batas wilayah

Wilayah Spanyol dibatasi oleh Portugal di barat, serta Gibraltar dan Maroko di selatan. Spanyol berbatasan dengan Perancis dan Andorra di timur laut melalui Pegunungan Pirenia. Batas lautnya adalah Samudra Atlantik di barat dan Teluk Biscay di utara serta Laut Tengah di timur, di mana Spanyol memiliki wilayah Kepulauan Balearik. Di selatan, terdapat Selat Gibraltar. Kota-kota di Spanyol dengan jumlah penduduk terbanyak ialah Madrid, Barcelona, Valencia, Sevilla, dan Málaga. Lansekap Spanyol didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pirenia dan Sierra Nevada. Dari tempat-tempat tersebut, mengalirlah berbagai sungai.

·         Iklim

Keadaan iklim spanyol sebelah utara dan barat laut adalah satu-satunya daerah yang hujannya cukup memadai sedangkan di selatan iklim spanyol berubah menjadi iklim laut tengah .

·

C.  Kondisi kependudukak

Jumlah penduduk spanyol perkirakan tahun 2006 adalah 44.395.286 dan sensus pada tahun 2001 sebanyak 40.847.371 dan kepadatan 85/ .

Agama yang dianut oleh warga Negara Spanyol Khatolik Roma dan Kristen.

Kebudayaan khas Spanyol adalah matador, yaitu bagaimana seorang tetore (ahli petarung melawan banteng) mempermainkan seekor banteng sampai akhirnya membunuhnya. Seorang torero yang ahli akan menjadi matador jika ia sudah mencapai level ahli dan melakukan pertarungan yang disebut alternative. Pada pertarungan ini, seorang torero junior harus mempertunjukkan keahliannya didepan para penonton untuk menaklukkan banteng.

     Lagu kebangsaan Negara Spanyol yaitu Marcha Real (Mars Kerajaan).

     Bahasa yang digunakan Negara Spanyol yaitu bahasa Spanyol. 

     D. Kondisi Perekonomian

Ekonomi kapitalis Spanyol berada pada posisi ke-14 terbesar di dunia dan ke-5 terbesar di Uni Eropa. Pemerintahan terpusat dari mantan perdana menteri José María Aznar sukses dalam membuat negara ini meluncurkan mata uang bersama euro tahun 1999. Pengangguran berada pada angka 7,6% bulan Oktober 2006, tingkat yang rendah apabila dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Titik kelemahannya adalah inflasi tinggi, ekonomi bawah tanah besar, dan sistem pendidikan yang paling buruk diantara negara-negara maju, menurut laporan OECD. Sejak tahun 1990-an, beberapa perusahaan asal Spanyol memperoleh status multinasional. Mereka mengembangkan ke pasar Amerika Latin yang dekat secara kultur. Spanyol merupakan investor asing terbesar kedua di kawasan itu setelah Amerika Serikat. Di Asia, perusahaan-perusahaan Spanyol mencari pasar di Tiongkok dan India. Perusahaan-perusahaan ini kompetitif untuk bersaing dengan perusahaan lain di Eropa. Selain itu, juga disebabkan karena meningkatnya ketertarikan terhadap budaya dan bahasa Spanyol. Perusahaan Spanyol berinvestasi di banyak bidang, seperti komersialisasi energi terbaharui (Iberdrola adalah operator energi terbarui terbesar sedunia), perusahaan teknologi seperti Telefónica, Abengoa, Mondragon Corporation, Movistar, Hisdesat, Indra, produsen kereta api seperti CAF, Talgo, perusahaan tekstil seperti Inditex, perusahaan minyak seperti Repsol, serta firma konstruksi transportasi seperti Ferrovial, Acciona, ACS, OHL dan FCC.

Turbin angin di Galicia. Spanyol adalah produsen tenaga angin terbesar keempat dunia. Spanyol juga merupakan salah satu negara terdepan dalam pengembangan dan produksi energi terbaharui. Tahun 2010 Spanyol merupakan yang terdepan dalam tenaga cahaya matahari mengalahkan AS dengan pembangkit listrik La Florida, dekat Alvarado, Badajoz. Spanyol juga produsen tenaga angin utama di Eropa. Tahun 2010, produksi listrik dari angin menghasilkan 42.976 GWh, menyumbang 16.4% energi listrik Spanyol. Energi terbarui lain yang digunakan di Spanyol adalah pembangkit listrik tenaga air, biomassa, dan laut (2 pembangkit dalam pembangunan). Energi non-terbarui yang digunakan di Spantol adalah nuklir (8 reaktor), gas, batu bara, dan minyak. Energi dari bahan bakar fosil menyumbang 58% energi listrik Spantol tahun 2009. Nuklir menyumbang 19%, sedangkan air 12%.

       E. Kegiatan Pariwisata Negara Spanyol

Spanyol adalah salah satu negara yang mempunyai banyak tempat berlibur yang menarik. Spanyol lebih dikenal dengan sebutan “Sun Drenched and Wild Land”, sebagai negara dengan tempat wisata yang menakjubkan. Negara ini tidak hanya dikenal karena keindahan dan kemegahannya, namun menyaksikan berbagai atraksi, melihat keagungan arsitektur, serta pesona alam yang menyegarkan. Berikut tempat wisata di Spanyol yang paling populer.

  • La ConchaLa. Concha yang ada di San Sebastian merupakan salah satu pantai terbaik di Eropa, khususnya di Spanyol. Di pantai ini, Anda dapat berselancar, bermain surfing, dengan beragam pilihan restoran di sepanjang balkon dan menikmati pemandangan yang indah. La Concha dikelilingi dengan tebing curam dan pulau-pulau dengan suasana pepohonan hijau Spanyol yang khas. Salah satu tempat wisata di Spanyol ini menyuguhkan beberapa tempat spektakuler di seberang Teluk, diantara pohon berlapis dari Santa Clara. Dengan kombinasi budaya dan ketenangan alamnya, ini menjadi salah satu pantai terbaik yang Anda dapatkan di sebuah kota. 
  • Sagrada Familia. Sagrada Familia merupakan sebuah gereja besar Katolik Roma di Barcelona. Gereja ini di desain oleh Antoni Gaudi, arsitek Catalan yang bekerja selama hampir 40 tahun hingga kematiannya di tahun 1926. Gereja luar biasa ini layak dikunjungi. Anda dapat masuk dalam ruang bawah tanah dimana Antoni Gaudí dimakamkan serta transept di bagian tengah nave, seperti pohon pilar dan kubah yang spektakuler. Sebuah museum yang menyimpan sejarah gereja dan kisah arsitek terkenal ini. di bagian atas, Anda dapat melihat menara, Lift, dan berjalan-jalan di puncak menara dengan pesona indah di atas kota Barcelona.
  • Real Palacio. Real Palacio Madrid adalah tempat tinggal resmi raja Spanyol, namun kini hanya digunakan untuk upacara-upacara kenegaraan. Royal Palace didirikan antara tahun 1738 sampai tahun 1755 oleh Raja Carlos III. Salah satu istana terbesar dan terbaik di Eropa ini memiliki luas lantai Istana, sekitar 135.000 meter persegi, dengan 3418 kamar. Interior istana menampilkan kekayaan seni Spanyol, dengan lukisan karya seniman seperti Caravaggio, Velázquez dan Francisco de Goya.
  • Istana Al Hambra. Istana yang dibangun pada abad ke-14 oleh sultan Banu ini merupakan peninggalan kerajaan zaman Andalusia yang berada di sebuah bukit di tepi kota provinsi Granada, Spanyol Selatan. Al Hambra merupakan salah satu tampilan budaya teratas yang pernah diraih oleh Eropa. Kompleks istana yang sudah berusia 1300 tahun, pernah menjadi pemukiman empat puluh ribu orang, lengkap dengan perumahan, sekolah dan taman dan kebun mereka. 
  • Saluran air Segovia. Saluran air kuno ini memiliki air yang berasal dari Sungai Frio ke Segovia dan dibangun dari 24.000 blok granit besar tanpa memakai mortar. Saluran air ini menjadi penyedia air untuk kota di abad ke-20. Kini, saluran air yang ada di Semenanjung Iberia ini sudah menjadi salah satu tempat wisata di Spanyol dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Letak Negara Spanyol berada pada 36 derajat LU-43 derajat 48’ LU dan 3 derajat 15’ BT-9 derajat 18 BB. Wilayah Spanyol dibatasi oleh Portugal di barat, serta Gibraltar dan Maroko di selatan. Spanyol berbatasan dengan Perancis dan Andorra di timur laut melalui Pegunungan Pirenia. Batas lautnya adalah Samudra Atlantik di barat dan Teluk Biscay di utara serta Laut Tengah di timur, di mana Spanyol memiliki wilayah Kepulauan Balearik. Di selatan, terdapat Selat Gibraltar.

Keadaan iklim spanyol sebelah utara dan barat laut adalah satu-satunya daerah yang hujannya cukup memadai sedangkan di selatan iklim spanyol berubah menjadi iklim laut tengah. Jumlah penduduk spanyol perkirakan tahun 2006 adalah 44.395.286 dan sensus pada tahun 2001 sebanyak 40.847.371. Agama yang dianut oleh warga Negara Spanyol Khatolik Roma dan Kristen. Bahasa yang digunakan Negara Spanyol yaitu bahasa Spanyol. Ekonomi kapitalis Spanyol berada pada posisi ke-14 terbesar di dunia dan ke-5 terbesar di Uni Eropa. Pemerintahan terpusat dari mantan perdana menteri José María Aznar sukses dalam membuat negara ini meluncurkan mata uang bersama euro tahun 1999.

B.     Saran

Demikianlah tugas penyusunan makalah ini saya persembahkan. Harapan saya dengan adanya tulisan ini bisa memahami lebih memahami segala indikator yang ada di Geografi Regional Dunia. Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para pembaca, khususnya dari dosen pengampu mata kuliah Geograsi Regional Dunia dan para mahasiswa demi kesempurnaan makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA

·         http://realitabaru.blogspot.com/2014/01/tempat-wisata-keren-di-negara-terpencil.html

·         http://id.wikipedia.org/wiki/Spanyol

·         http://lilytour.com/4/0/13/tour-cruise-holiday/5-tempat-wisata-di-spanyol-terpopuler

Gallery Negara Diantara Prancis Dan Spanyol

Lima Negara Yang Paling Berdampak Pada Budaya Dunia Bbc

Presiden Prancis Didesak Bicara Tentang Pemogokan Buruh

Spanyol Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Tragedi Christchurch Dorong Dunia Perketat Internet Antara

Sejarah Bahasa Italia

Penyerahan Kredensial Dubes Arrmanatha Nasir Kepada

Diplomasi Ambassador Diplomacy

Perangi Limbah Pangan Perancis Miliki Ketahanan Pangan Terbaik

Perselisihan Antara Prancis Dan Italia Tandai Pertempuran

Laju Argentina Terhenti Di Babak 16 Besar

Setiap 6 Bulan Perancis Dan Spanyol Bergantian Kuasai Pulau

Petisi Pak Jokowilihatkalteng Karhutla Semakin Parah Kami

Prancis Dan Jerman Berselisih Soal Penentuan Presiden Komisi

Institut Francais D Indonesie Institut Prancis Di Indonesia

Negara Apa Saja Yang Berbatasan Dengan Prancis Quora

Sejarah Terbentuknya Cikal Bakal Uni Eropa 70 Tahun Lalu

Sistem Pemerintahan Di Perancis Kompasiana Com

Kunci Jawaban Tts Pintar 44 Bahasa Indonesia Antwoorden

Prancis Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

11 Negara Yang Tak Pernah Rasakan Pahitnya Dijajah Dream Co Id

Annaceciliasings Agen Bola Terbaik Dan Terpercaya

Inilah 4 Negara Kejam Yang Pernah Menjajah Indonesia

Sportsmen S Lodge Hotel Los Angeles Harga 2020 Terbaru

Kabar Prancis Reformasi Ekonomi Macron Terganjal Sayangi Com

Kronologi 4 Aksi Protes Rompi Kuning Yang Bikin Prancis

Timnas Prancis Diarak Bak Pahlawan Di Istana Elysee


0 Response to "Negara Diantara Prancis Dan Spanyol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel