Modul Produk Kreatif Dan Kewirausahaan



Modul Prakarya Dan Kewirausahaan Pdf Free Download

Modul 5 - Humas dan Keprotokolan

  • MODUL HYBRID PPG DALAM JABATAN 

    HUMAS DAN KEPROTOKOLAN

    DOSEN: DR. RISMA NISWATY, SS., M.SI

    risma.niswaty@unm.ac.id

    Assalamualaikum....

    Para sahabat ku peserta program. Perkenalkan saya RISMA NISWATY.  Dosen dari Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Makassar (UNM) ..            

    RASIONAL DAN DESKRIPSI SINGKAT

    Masalah penting yang dihadapi oleh lembaga-lembaga ekonomi, bisnis, social dan politik pasca terjadinya revolusi industry adalah masalah pada hubungan (relationship).  Masalah hubungan yang dihadapi lembaga-lembaga tersebut berkisar pada pertanyaan: bagaimana membangun dan mengembangkan hubungan-hubungan yang baik antara lembaga-lembaga tersebut dan masyarakat (public) demi tercapainya tujuan organisasi.  Dalam pemenuhan fungsi manajemen tersebut, maka dibutuhkan fungsi manajemen yang disebut sebagai Hubungan Masyarakat (Public Relations).

     Modul ini dikemas dalam empat kegiatan belajar (4 KB) dan seluruhnya diberi alokasi waktu 32 jam pelajaran (JP), di mana masing masing kegiatan belajar terdiri atas 8 JP. Empat kegiatan belajar tersebut disusun dengan urutan sebagai berikut:

    1)      Kegiatan Belajar 1   : Tata Kelola Humas dan Keprotokolan

    2)      Kegiatan Belajar 2   : Layanan Prima

    3)      Kegiatan Belajar 3   : Prosedur Tata Kelola Humas dan Keprotokolan

    4)      Kegiatan Belajar 4   : Media Humas dan Keprotokolan

    Kegiatan belajar dalam modul ini akan dimulai dengan pemahaman terhadap peserta mengenai tata kelola humas dan keprotokolan serta regulasinya.  Selain itu, peserta juga akan dibekali mengenai penerapan pelayanan prima kehumasan.

    Kegiatan belajar selanjutnya adalah penerapan prosedur tata kelola humas dan keprotokolan.  Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan tambahan secara praktis mengenai tata kelola kehumasan.

    Kegiatan belajar berikutnya akan memberikan wawasan kepada peserta tentang penerapan kegiatan kehumasan dan keprotokolan pada media baik secara manual maupun digital, sehingga dapat menerapkannya kepada siswa-siswinya.

    RELEVANSI

    Keberadaan hubungan masyarakat bukan hanya perlu untuk membina hubungan dengan pihak luar. Namun sangat penting untuk memberikan informasi ke dalam, baik kepada pimpinan maupun sesama karyawan dan guru sendiri, jadi jelaslah bahwa dalam public relation terdapat suatu usaha untuk mewujudkan suatu hubungan yang harmonis antara sekolah dengan piublik sehingga akan muncul opini public yang menguntUngkan bagi kehidupan sekolah tersebut.  Pada hakekatnya keterlibatan masyarakat mempunyai peran yang cukup besar bagi kesuksesan suatu organisasi. Untuk itulah bagi setiap organisasi perlu meningkatkan kerja sama yang baik dengan masyarakatnya sehingga keberhasilan akan diraih sesuai dengan harapan.

    • Assegaff, Dja’far. 1983. Jurnalistik Masa Kini (Pengantar Praktek Kewartawanan). Jakarta: Ghalia Indonesia.

      Darmastuti, Rini. 2012. Media Relations. Konsep, Strategi& Aplikasi. Yogyakarta. ANDI OFFSET.

      Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori & Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

      Jefkins, Frank. 1995. Public Relations. Jakarta. Erlangga.

      Lattimore, Dan Et all. 2010. Public Relations : Profesi dan Praktik.Jakarta: Salemba Humanika.

      Liliweri, Alo. 2007. Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

      Moleong, Lexy J, 2005. Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosda Karya

      Mutojo, Siswanto.2004. Membangun Citra Perusahaan : Sebuah Sarana Penunjang Keberhasilan Pemasaran.Jakarta: Damar Mulia Pustaka

      Nurjasman&Usman. 2012. Komunikasi Public Relations. Bandung. Pustaka Setia.

      Nuruddin,Muhammad Syaifullah. 2004. Media Relations :Panduan Praktis Praktisi Public Relations. Malang: Cespur

      Raharjo, Sumantri. 2011. Komodifikasi Budaya Lokal dalam Televisi :Studi Wacana Kritis Komodifikasi Pangkur Jenggleng TVRI Yogyakarta.dalam Jurnal Komunikasi Vol. 5 No 2 .Program Studi Ilmu Komunikasi UII

      Rumanti, Maria Assumpta. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Jakarta. Grasindo.

      Ruslan Rosady, 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

      Saputra,Wahidin, Rulli Nasrullah. 2010. Public Relations 2.0:Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber. Depok: Gramata.

      Soemirat&Ardianto, 2004, Dasar-Dasar Public Relations, Bandung, REMAJA ROSDAKARYA.

      Sutopo. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

      Wardhani, Diah. 2008. Media relations, Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

      Yosal Iriantara,2005. Media Relations; Konsep, Pendekatan dan Praktik. Bandung :Simbiosa Rekatama Media

      Yosal Iriantara. 2008. Media Relations, Konsep Pendekatan dan Praktik. Bandung, Simbiosa Rekatama Media.

      Yosef, Jani. 2009. To Be A Journalist Menjadi Jurnalis TV, Radio, dan Surat Kabar yang Profesional. Yogyakarta: Grahailmu.

Gallery Modul Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Konsep Dasar Kewirausahaan Modul 2

Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Perbankan Dan Keuangan

Doc Modul 2 Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas Xi Tkj

Soal Essay Pkk Dan Kwu

Materi Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Xi K13 Rev 2017

Materi Produk Kreatif Kewirausahaan Bab 4 Desain Produk

1157 D5 3 Ku 2019 Bantuan Pengembangan Produk Kreatif Dan

Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Facebook

Doc Penjabaran Ki Kd Indikator Dan Tujuan Pembelajaran

Pkwu Smk 12

Mgmp Kewirausahaan Kota Bandung Pendidikan 26 Foto

Modul Materi Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Terbaru Definisi Kewirausahaan Secara Umum Dan Menurut

Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas Xii Buku Pedoman

Harga Spesifikasi Buku Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Smk

Course Modul 6 Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Produk Kreatif Kewirausahaan Jilid 1 Untuk Smk

Inovasi Siswa Prodi Tkr Smk Nuris Jember Moris Surya Tuai

386430207 Pembukaan Modul Produktif Kreatif Dan Kewirausahaan

Buku Produk Kreatif Dan Kewirausahaan


0 Response to "Modul Produk Kreatif Dan Kewirausahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel