Perbedaan Respirasi Aerob Dan Anaerob



Soal Biologi

5 Perbedaan Utama Respirasi Aerob dan Anaerob Beserta Contohnya Terlengkap 2017!

Sebelum membahas respirasi aerob dan anaerob, apakah Anda sudah tahu apa itu respirasi?

Secara umum, respirasi memiliki arti proses pergerakan atau mobilisasi energi oleh makhluk hidup dengan cara memecah senyawa menjadi energi tinggi. Energi tinggi atau SET yang akan digunakan sebagai penyokong aktifitas dalam keseharian makhluk hidup tersebut.

Kegiatan respirasi ini berlangsung pada semua makhluk hidup baik itu hewan, tumbuhan maupun manusia. Secara umum, terdapat dua macam respirasi. Perbedaannya bisa dilihat pada keterlibatan oksigen di dalam proses tersebut. Kedua jenis ini adalah respirasi aerob dan respirasi anaerob.

quantumhhc.com

Respirasi yang satu ini dapat diartikan sebagai reaksi katabolisme yang memerlukan aerobic. Dengan demikian, dalam prosesnya keberadaan oksigen sangat diperlukan. Hasil dari reaksi ini adalah energi dengan jumlah yang banyak.

Energi tersebut disimpan dalam bentuk energi kimiawi yang dikenal dengan nama ATP. Energi ATP ini nantinya akan digunakan oleh sel di dalam tubuh makhluk hidup untuk menunjang kepentingan tubuh. Seperti pertumbuhan, gerak, transportasi, reproduksi dan kegiatan lainnya. Secara singkat, rumus yang umumnya menggambarkan respirasi aerob adalah C6H12 + 6O2 = 6CO2 + 6H20.

Respirasi Anaerob

resident.blogspot.com

Respirasi Anaerob merupakan pernapasan yang tidak memerlukan oksigen atau o2. Respirasi satu ini terjadi pada bagian sitoplasma yang memiliki tujuan untuk mengurai senyawa bersifat organik. Berbeda dengan respirasi aerob, respirasi anaerob hanya menghasilkan sedikit energi, yaitu sekitar 2 ATP.

Proses respirasi anaerob ini bisa Anda dijumpai pada reaksi fermentasi juga pernapasan intra-molekul. Jika pada reaksi aerob, terdapat pembebasan CO2 dan H2O secara sempurna. Maka, pada respirasi anaerob, glukosa akan dipecah secara tidak sempurna menjadi senyawa H2O dan juga CO2.

Pada respirasi anaerob ini, hidrogen bercampur bersama sejumlah komponen. Seperti asam piruvat dan asetaldehida, yang kemudian membentuk asam laktat juga etanol. Sementara itu pada respirasi aerob, hydrogen yang dibebaskan akan bersatu dengan O2 dan membentuk H2O

http://cullinanelaw.com

Jika dilihat dari pengertiannya, respirasi aerob adalah reaksi katabolisme yang berlangsung dalam suasana aerob (ada oksigen) yang umumnya dilakukan oleh organisme tingkat tinggi. Sementara respirasi anaerob adalah reaksi katabolisme yang berlangsung dalam suasana anaerob yang umumnya dilakukan oleh organisme tingkat rendah.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat kita simpulkan beberapa perbedaan antara respirasi aerob dan anaerob. Perbedaan ini antara lain meliputi proses, lokasi, dan produk yang dihasilkannya masing-masing. Berikut perbedaan respirasi aerob dan anaerob:

1. Perbedaan Kebutuhan Oksigen

Seperti disinggung pada pengertian keduanya, perbedaan mendasar antara respirasi aerob dan anerob adalah terletak pada butuh atau tidaknya organisme kepada oksigen. Biasanya oksigen ini dipakai dalam proses respirasi.

Ketika respirasi aerob, oksigen sangatdibutuhkan karena termasuk dalam unsur utama yang menunjang keberhasilan proses katabolisme. Sedangkan dalam proses respirasi aerob, organisme tidak membutuhkan keberadaan oksigen.

2. Perbedaan Tempat

Proses respirasi aerob dan anaerob juga terjadi pada tempatyang berbeda. Respirasi aerob umumnya terjadi di organel sel yang disebut mitokondria, sementara respirasi anaerob biasanya berlangsung di sitoplasma.

3. Perbedaan Proses dan Tahapan

Perbedaan respirasi aerob dan anaerob juga adapada proses dan tahapannya. Proses respirasi aerob cenderung lebih rumit dan banyak, karena melalu tahapan berikut ini: Glikolisis, siklus krebs, dan transpor elektron. Sementara respirasi anaerob memiliki proses yang cenderung sederhana, yakni melalui tahapan glikolisis atau fermentasi saja.

4. Perbedaan Produk Energi yang Dihasilkan

Proses respirasi aerob akan menghasilkan energi yang jauh lebih besar dibandingkan proses respirasi anaerob. Jika dihitung, respirasi aerob umumnya menghasilkan energi sebesar 36 ATP, sementara respirasi anaerob hanya menghasilkan energi sebesar 2 ATP.

jflynninsurance.com

Selain dari produk energi yang dihasilkannya, perbedaan respirasi aerob dan anaerob juga terletak pada hasil samping atau sisa yang terbentuk selama proses. Respirasi aerob merombak substrat menjadi CO2dan H2O secara sempurna. Akhirnya, semua hidrogen yang terlepas dari substrat selama proses akan bereaksi dengan oksigen dan menghasilkan air.

Sementara itu, dalam respirasi anaerob biasanya substrat dirombak menjadi air secara tidak sempurna. Sebagian hidrogen yang terlepas dari substrat selama proses akan bereaksi dengan senyawa lain dan membentuk berbagai jenis asam. Seperti asam piruvat, asam laktat. dan etanol.

Sebenarnya masih ada banyak lagi perbedaan antara kedua proses respirasi ini. Hanya saja beberapa perbedaan di atas adalah perbedaan yang paling utama. Sehingga sudah cukup dengan ini saja sudah bisa menjelaskan proses antara kedua respirasi tersebut dengan jelas.

pestleanalysis.com

Baik hewan dan tumbuhan pasti akan melepaskan energi dari makanan dengan menggunakan proses respirasi. Karena respirasi adalah pelepasan energi dari glukosa atau bahan kimia organik lain. Ini merupakan seperangkat reaksi kimia di dalam tubuh.

Asupan makanan yang kita oksidasi oleh aktivitas metabolik (kimia) di dalam sel-sel tubuh. Sehingga mendapat hasil energi dan kita dapat melakukan pekerjaan.

Energi kimia dalam glukosa bisa digunakan untuk menyediakan energi yang dibutuhkan  bagi tubuh untuk pertumbuhan, perbaikan dan gerakan. Agar lebih mudah memahaminya lagi. Berikut contoh dari Respirasi aerob dan anaerob:

1. Contoh Respirasi Aerob

ytimg.com

Biasanya contoh dari respirasi aerob lebih mudah dilakukan di permukaan atau media yang cair. Karena naninya akan langsung bersinggungan dengan udara. Dalam hal ini, bakteri aerob melakukan tiga tahap contoh dari respirasi, yaitu:

  • Glikolisis, dimana di dalam proses ini terjadi pemecahan molekul gula menjadi senyawa asam piruvat atau dikenal dengan rumus kimia C3.
  • Siklus Krebs, dari tahap ini akan dihasilkan oksaloasetat dan asam nitrat.
  • Transport Elektron, yakni reaksi reduksi atau oksidasi NADH2 dan molekul FADH2 yang pada akhirnya menghasilkan H2O juga energi berupa ATP.

2. Contoh Respirasi Anaerob

ace-chn.com

Dalam keadaan anaerob, asam piruvat hasil glikolisis akan diubah menjadi karbon dioksida dan etilalkohol. Proses pengubahan ini lalu dikatalisis oleh enzim dalam sitoplasma. Dalam respirasi anaerob, jumlah ATP yang dihasilkan hanya 2 molekul untuk setiap satu molekul glukosa.

Hal ini dikarenakan respirasi anaerob hanya menghasilkan karbon yang masih reduktif, seperti etanol dan asam laktat. Dalam respirasi anaerob biasanya terjadi contoh peristiwa peristiwa :

a. Peristiwa Asam Laktat

Tidak hanya makhluk hidup prokariotik yang mengalami respirasi anaerob, manusia juga bisa mengalaminya, tepatnya pada bagian sel otot. Peristiwa ini terjadi pada saat manusia menggunakan ototnya secara maksimal sehingga oksigen dalam tubuh berkurang berkurang.

Hal itu menyebabkan terjadinya penimbunan asam laktat pada otot yang menyebabkan elastisitas otot menjadi berkurang. Ketika elastisitas otot berkurang, otot akan terserang kram dan kelelahan.

b. Fermentasi Alk*hol

Fermentasi alk*hol yang menggunakan jamur ragi. Ragi tersebut akan mengalami respirasi anaerob dan merubah menjadi lebih bercita rasa lagi. Perubahan yang terjadi adalah dari asam piruvat menjadi etil alk*hol.

c. Respirasi Sulfat

Respirasi sulfat adalah respirasi yang dilakukan oleh bakteri heterotrofik, contohnya adalah yang berjenis desulfovibrio. Dalam proses respirasi sulfat ini, bakteri membutuhkan sulfat untuk dirubah menjadi sulfit.

Itulah informasi seputar perbedaan respirasi aerob dan anaerob beserta contohnya yang sudah saya rangkum agar mudah dipahami. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam proses belajar.

Gallery Perbedaan Respirasi Aerob Dan Anaerob

Mekanisme Pernapasan Aerob Dan Anaerob Pdf Document

Perbedaan Respirasi Aerob Dan Anaerob Docx Docx Document

Pengertian Katabolisme Dan Anabolisme Karbohidrat

4 Respirasi Aerob Vs Anaerob Pengertian Tahapan Perbedaan

Perbedaan Respirasi Aerob

Resain Makalah Respirasi Sel Aerob

Mengenal Bakteri

Pengertian Respirasi Aerob Dan Anaerob

Biologi Kelas 12 Pengertian Tahapan Dan Perbedaan

Akseptor Hidrogen Pada Tahap Respirasi Mashpeecommons Com

Respirasi Anaerob Pengertian Skema Tabel Tahapan

Perbedaan Bakteri Aerob Dan Anaerob Pengertian Respirasi

Katabolisme Karbohidrat Lemak Protein Pengertian Dan

7 Perbedaan Respirasi Aerob Dan Anaerob Dalam Tabel Dan

Respirasi Aerob Dan Anaerob Pengertian Perbedaan Contoh

Tugas Khusus

Respirasi Aerob Dan Anaerob Pptx Powerpoint

Respirasi Anaerob Dan Aerob Pengertian Tahapan Perbedaan

Pengertian Perbedaan Respirasi Aerob Dan Anaerob Lengkap

Makalah Biokimia

Perbedaan Anaerob Dan Aerob

Respirasi Anaerob Pengertian Skema Tabel Tahapan

Aerob Aerobic 2019 10 27

7 Perbedaan Respirasi Aerob Dan Anaerob Dalam Tabel Dan

Praktikum Fistum Respirasi Aerob

Tamba Han

Respirasi Anaerob Pengertian Skema Tabel Tahapan

Perbedaan Respirasi Aerob Dan Anaerob Budisma


0 Response to "Perbedaan Respirasi Aerob Dan Anaerob"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel